Cara Berbagi Audio di Google Meet

Tautan Perangkat
ChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Bekerja dari kenyamanan rumah Anda memiliki banyak manfaat. Terutama ketika Anda bisa menggunakan aplikasi konferensi yang luar biasa seperti Google Meet. Namun, ketika Anda membagikan layar Anda, Anda akan melihat bahwa fitur audio mungkin hilang.

Untuk saat ini, Google Meet belum memberikan solusi yang ideal, tetapi ada beberapa solusi yang dapat Anda coba. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari semua tentang berbagai opsi yang tersedia. Lain kali Anda memulai rapat dengan klip YouTube, semua orang akan dapat mendengarnya.

Google Presentasi dengan PC Sound

Mempersiapkan rapat kerja online sedikit berbeda dengan melakukannya di kantor, terutama karena Anda harus memastikan semua prasyarat teknis berada dalam urutan. Jika Anda pengguna Windows, Anda dapat memastikan bahwa video instruksional yang telah Anda siapkan memiliki audio yang menyertainya atau membagikan video, animasi, gif, musik, dan lainnya di rapat Anda.

Saat ini, Anda memiliki tiga opsi. Anda dapat mengubah setelan mikrofon di Windows 10 dan Google Meets atau menggunakan opsi “Presentasikan” di Google Meets di Chrome. Fitur “Present a Chrome tab” dirilis “sepenuhnya” pada Mei 2021. Berikut adalah opsi Anda.

Opsi 1: Sesuaikan Pengaturan Mikrofon untuk Berbagi Audio di Google Meet

Berikut cara menyesuaikan pengaturan mikrofon Anda di Windows 10.
Buka Windows 10 Anda Menu “Mulai”. Selanjutnya, buka “Pengaturan.” Lalu, buka “Sistem”> “Suara.” Sekarang, klik “Kelola perangkat suara.” Di bawah “Perangkat input”, pastikan Anda mengaktifkan opsi “Stereo Mix” .Juga, pastikan Anda mengaktifkan fitur Mikrofon yang berada tepat di bawah “Opsi Campuran Stereo.” Setelah Anda mempresentasikan kepada semua orang menggunakan Google Meets, klik “Pengaturan” (tiga titik vertikal di sudut kanan bawah). Di bawah Tab “Audio”, ubah mikrofon default Anda menjadi “Stereo Mix.” Buka klip yang ingin Anda presentasikan dan tekan “Putar.”
Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, peserta rapat tidak akan mendengar suara Anda karena Anda menyetel studio untuk suara PC. Oleh karena itu, pastikan Anda memberi tahu semua orang bahwa itu akan terjadi sebelum Anda membuat perubahan. Jika tidak, skenario mungkin membuat kebingungan.

Setelah memutar audio yang Anda inginkan, Anda dapat kembali dan mengubah pengaturan ke mikrofon default Anda. Beralih dari satu setelan mikrofon ke setelan mikrofon lainnya mungkin bukan solusi yang ideal, tetapi hanya itu yang tersedia saat ini.

Opsi 2: Gunakan Tab “Present a Chrome” untuk Berbagi Audio di Google Meet

Umpan resmi dari tim Google Workspace menunjukkan bahwa Opsi “Presentasikan…” tersedia untuk pengguna G Suite, tetapi kami mengonfirmasi bahwa opsi ini juga berfungsi untuk akun Google umum. Fitur ini hanya menampilkan tab yang saat ini Anda pilih. Namun, saat Anda beralih ke tab baru, pemberitahuan akan muncul menanyakan apakah Anda ingin beralih ke tab saat ini. Berikut adalah cara menggunakan fungsi “Present a Chrome tab”.
Klik ikon “People” di bagian kanan atas untuk membuka lebih banyak opsi. Pilih “Present now,” lalu pilih “A tab” dari opsi yang terdaftar.Klik tab yang ingin Anda tampilkan dari daftar yang ditampilkan di layar Anda, lalu klik Bagikan. Pemberitahuan ditampilkan yang memberi tahu Anda bahwa Anda sedang berbagi tab. Beralih ke tab baru jika perlu. Prompt ditampilkan di bagian atas menanyakan apakah Anda ingin membagikan tab ini atau berhenti. Pilih “Berhenti” untuk mengakhiri presentasi atau pilih “Bagikan tab ini sebagai gantinya” untuk beralih. Anda juga dapat mengklik tab yang ditampilkan saat ini (menunjukkan persegi panjang biru) untuk mengabaikan perintah jika Anda ingin tab yang sama tetap berjalan. Untuk menutup presentasi Anda, klik “Hentikan presentasi” di jendela utama, pemberitahuan presentasi Windows, atau “Anda sedang mempresentasikan -> Hentikan presentasi” dari sudut kanan bawah jendela utama Anda.
Opsi 3: Gunakan Perangkat Lain untuk Berbagi Audio di Google Meet

Selain mengubah pengaturan mikrofon Anda di Windows 10 dan Google Meets, Anda juga dapat menggunakan perangkat smartphone secara bersamaan dengan menggunakan fitur “Gunakan telepon untuk audio”. Oleh karena itu, Anda dapat berbicara sekaligus menyajikan video atau gambar dari PC Anda. Namun, menggunakan ponsel Anda untuk audio di Meets saat ini terbatas hanya untuk host Google Workspace. Ini juga membisukan audio PC saat melakukan panggilan.

Cara Mematikan Suara Peserta di Google Meet

Jika Anda berencana berbagi audio selama presentasi Google Meet, Anda mungkin khawatir dengan terlalu banyak suara atau obrolan. Alangkah baiknya jika ada tombol “Nonaktifkan Semua” yang dapat Anda klik saat berbagi audio aktif.

Untungnya, Google Meet baru saja mulai memperkenalkan opsi untuk membisukan semua orang mulai Mei 2021 dengan memberikannya kepada host Google Meet di Google Ruang kerja untuk domain Education Fundamentals dan Education Plus. Semua pengguna lain harus menunggu hingga pemberitahuan lebih lanjut. Untuk bisnis dan pengguna umum, itu tidak berarti semuanya hilang. Anda dapat mencoba menggunakan add-on browser pihak ketiga, atau Anda dapat membisukan peserta Google Meet satu per satu hanya dengan beberapa klik.

Google Meet: Menonaktifkan Semua Orang menggunakan Pilihan Individu

Cara paling terjamin untuk membisukan semua orang selama presentasi Google Meet Anda adalah dengan membisukan suara setiap peserta, satu per satu kecuali Anda memiliki kemampuan untuk menggunakan “Bungkam Semua”. Berikut cara menonaktifkan semua orang satu per satu.
Saat Anda melakukan presentasi, buka ikon “Orang” di sudut kanan atas jendela Google Meet.Pada daftar peserta, pilih nama yang ingin Anda bisukan.Anda akan memiliki tiga ikon muncul, klik yang di tengah (“ikon mikrofon”). Anda akan diminta untuk mengonfirmasi apakah Anda ingin menonaktifkan peserta ini. Tekan “Bungkam.”
Sekarang, mikrofon orang ini akan dimatikan. Anda dapat mengulangi proses ini sebanyak yang Anda perlukan jika Anda ingin membisukan semua orang.

Google Meet: Bisukan Semua Orang menggunakan Fitur “Bisukan semua”

Bila Anda menggunakan Google Meet untuk tujuan pendidikan, dengan banyak siswa yang berpartisipasi, mengetahui cara menonaktifkan suara akan sangat membantu kebisingan yang tidak perlu, terutama karena guru sering menggunakan klip audio dan video di kelas. Bagi mereka yang menggunakan domain Meet for Education Plus atau Google Workspace for Education Fundamentals (seperti yang disebutkan sebelumnya), Anda beruntung. Jangan ragu untuk membisukan semua orang dalam satu gerakan. Hanya saja, jangan lupa bahwa Anda tidak dapat mengaktifkan suara. Jadi, sertakan sesuatu dalam presentasi Anda untuk memberi tahu peserta bahwa mereka dapat membunyikan mikrofon sesuai kebutuhan! Berikut cara membisukan semua orang di Google Meet.
Selama sesi Google Meet, klik “Orang” dari menu sesi kanan atas. Pilih “Bungkam semua”. Ikon bisu akan beralih dari hitam ke warna untuk menunjukkan status aktif, dan teksnya akan berubah menjadi “All muted.”
Google Meet: Pertama Datang Mendengarkan, Kemudian Datang Berbicara

Terkadang sulit untuk tidak mau melontarkan komentar, bahkan ketika itu bukan saat yang tepat. Jika Anda yang membagikan audio, Anda ingin semua orang mendengarnya terlebih dahulu. Mungkin Anda bahkan harus menonaktifkan peserta, terutama jika Anda berurusan dengan siswa.

Kedua, hingga Google Meet menemukan cara yang lebih baik untuk berbagi audio, Anda selalu dapat beralih dari satu setelan mikrofon ke setelan mikrofon lainnya, seperti yang dibahas di atas, atau gunakan ponsel cerdas Anda untuk menyediakan audio. Ini tidak sempurna, tetapi berfungsi.

Audio dan Google Meet

Untungnya, Google Meet telah berkembang pesat dalam hal kemampuan audio, tetapi pasti ada ruang untuk peningkatan.

Apakah Anda berhasil menambahkan audio ke Google Meet? Apakah Anda tahu cara lain untuk berbagi audio? Bagikan pemikiran Anda dengan komunitas di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: