Cara Hard Reset Apple AirPods

Dekade ini, salah satu kesuksesan terbesar Apple bukanlah Apple Watch, HomePod, atau bahkan iPad. Sebagai gantinya, ini adalah AirPods—earbud nirkabel Apple, yang awalnya dirilis Apple setelah melepas jack headphone dari iPhone 7.

AirPods telah menemukan basis penggemar yang besar berkat kemudahan penggunaan, masa pakai baterai yang lama, dan fitur koneksi otomatis. Earbud bekerja dengan mulus dengan produk Apple lainnya, menjadikannya sempurna untuk pelanggan yang berinvestasi di ekosistem Apple.

Tentu saja, AirPods dapat mengalami masalah. Jika Anda baru saja mendapatkan ponsel baru yang menyebabkan masalah pada AirPods Anda, atau ponsel tersebut hanya berfungsi karena alasan yang tidak diketahui, Anda mungkin perlu mengatur ulang AirPods agar berfungsi kembali.

Namun, desain AirPods yang minimalis dapat membuat banyak hal sulit dalam hal pemecahan masalah. Tanpa tombol atau sakelar yang terlihat, bagaimana cara Anda mengatur ulang AirPods?

Berikut cara mengatur ulang Apple AirPods ke setelan pabrik dan memahami kode pencahayaan untuk menentukan apakah penyetelan ulang diperlukan.

Cara Hard Reset Apple AirPods

Jika Anda mengalami masalah dengan AirPods, memulai reset pabrik akan sering memperbaiki masalah.

Menyetel ulang AirPods dapat menjadi perbaikan cepat untuk banyak masalah umum. Terutama, proses tersebut memecahkan masalah terkait baterai atau pengiriman audio yang tidak konsisten, seperti saat hanya satu AirPod yang menghasilkan suara. Menyetel ulang AirPods juga dapat memecahkan masalah konektivitas.

Petunjuk ini berfungsi untuk model generasi lama dan Airpods Pro saat menggunakan kasing nirkabel. Airpods Generasi ke-1 dan ke-2 awalnya dilengkapi dengan kasing pengisi daya USB standar, tetapi Anda dapat memilih peningkatan nirkabel yang menggunakan pengisian daya yang mendukung Qi. Namun, kompatibilitas perangkat dengan versi AirPods tertentu bervariasi, yang berpotensi menjadi masalah Anda juga. Pastikan untuk memeriksa kompatibilitas versi iOS sebelum Anda mempelajari pemecahan masalah yang lebih lanjut.

Untuk menyetel ulang Apple AirPods Anda, lakukan hal berikut:
Tempatkan AirBuds Anda dalam wadah nirkabel, tutup penutupnya, tunggu 30 detik, lalu buka kembali penutupnya. Pastikan untuk meninggalkan earbud di dalam. Di iPhone Anda, buka “Pengaturan,” lalu pilih “Bluetooth.” Di bawah “Perangkat,” ketuk ikon “i” (informasi) di sebelah nama perangkat AirPods Anda. Di menu bluetooth Airpods, pilih “Lupakan Perangkat Ini,” lalu pilih “Lupakan Perangkat” untuk mengonfirmasi. Biarkan kasing pengisi daya nirkabel terbuka dengan AirPods masih di dalam, dan tekan dan tahan tombol di bagian belakang. Tunggu hingga lampu menyala depan untuk mengedipkan warna kuning, lalu lepaskan tombol.
Catatan: Ini akan memutuskan sambungan AirPods Anda dari semua perangkat yang terhubung. Anda harus melalui wizard pengaturan lagi untuk menggunakannya. Tunggu sampai lampu berkedip putih lagi. Itulah sinyal bahwa Anda dapat mencoba membangun kembali satu atau beberapa koneksi.

Dalam banyak kasus, melakukan langkah-langkah di atas sudah cukup untuk menyelesaikan masalah apa pun yang Anda alami dengan AirPods Anda. Jika tidak, teruskan membaca untuk beberapa tips pemecahan masalah lainnya.

Apa Arti Lampu pada Casing Pengisian Daya AirPods?

Apple AirPods Gen 1 dan 2 menampilkan lampu status di bagian atas kompartemen earbud, di bawah tutupnya saat menggunakan casing pengisi daya berkabel yang disertakan .

Untuk upgrade casing pengisi daya nirkabel, LED berada di bagian depan luar casing. AirPods Pro hadir dengan kasing nirkabel secara default.

Apa pun pengaturan yang Anda miliki, kombinasi lampu tertentu dapat menunjukkan berbagai masalah, tergantung di mana AirPods Anda berada saat itu.

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai penyetelan ulang, penting untuk memahami masalah apa diwakili oleh lampu yang berbeda.

Status Baterai

Pertama, lampu status LED memberi tahu Anda berapa banyak daya yang tersisa di AirPods Anda.

Jika Anda melihat lampu hijau saat AirPods berada dalam wadahnya, itu berarti AirPods Anda memiliki sisa masa pakai baterai yang cukup untuk penggunaan reguler menggunakan. Jika Anda melihat lampu hijau dan AirPods Anda tidak berada dalam casing, berarti casing masih memiliki setidaknya satu daya yang tersisa.

Meskipun Anda tidak dapat melihat persentase masa pakai baterai, lampu status ini merupakan indikasi yang cukup baik tentang berapa banyak baterai yang Anda miliki tertinggal di AirPods dan casing pengisi daya. Jika Anda benar-benar ingin mengetahui persentase kasing AirPods atau bahkan pod, buka kasing dan lihat iPhone Anda.

Sambungan AirPods

Apakah lampu kuning berkedip?

Lampu kuning berkedip menunjukkan kesalahan penyandingan dengan satu atau beberapa perangkat Anda perangkat. Ini mungkin berarti Anda harus memutuskan koneksi dan mencoba lagi dengan mengatur ulang AirPods. Lampu berkedip putih menunjukkan bahwa AirPods siap terhubung ke perangkat Apple Anda.

Jika tidak ada lampu di casing dan AirPods Anda ada di dalamnya, berarti baterai casing benar-benar habis dan perlu diisi ulang.

Tips Mengatasi Masalah AirPods Lainnya

Mengandalkan lampu bukan satu-satunya cara untuk menentukan apa yang salah dengan AirPods Anda.

Lihat Persentase Baterai untuk Memastikan Kinerja yang Tepat

Jika Anda membuka casing di dekat perangkat iOS yang terhubung, Anda dapat menekan tombol di bagian belakang casing dan membuka tampilan pembacaan di iPhone Anda. status baterai. Tindakan ini memberi tahu Anda dengan tepat berapa banyak masa pakai baterai yang tersisa. Anda dapat melakukan ini saat lampu tidak berfungsi dengan benar, jika Anda lupa apa yang ditunjukkan oleh setiap urutan, atau jika Anda mendengar bunyi lonceng mati.

Perbaiki Suara Teredam

Jika suara AirPods Anda teredam, hal pertama yang harus Anda periksa adalah apakah suara AirPods Anda teredam atau tidak. kembali bersih. Singkirkan kotoran telinga, debu, dan semua kotoran lainnya sebelum menguji lagi.

Atau, coba AirPods di perangkat lain sebelum repot mengatur ulang. Terkadang, pengaturan audio pada perangkat memengaruhi output.

Ubah Nama AirPods Anda untuk Memperbaiki Masalah Konektivitas

Tergantung pada masalah Anda, Anda selalu dapat mengubah nama AirPods Anda untuk membantu konektivitas. Buka kasing AirPods Anda dengan AirPods masih ada di dalamnya, akses pengaturan Bluetooth di Perangkat Apple yang dipasangkan, lalu ketuk ikon “i” (informasi) dengan lingkaran di sekitarnya. Perbarui nama AirPods Anda dan coba sambungkan ke perangkat baru lagi.

Coba Sambungkan ke Perangkat Lain

Anda dapat mencoba menyambungkan AirPods ke perangkat lain untuk mengesampingkan masalah khusus perangkat apa pun. Jika model iPhone lama Anda tidak berfungsi dengan AirPods Anda, tetapi Mac Anda, iPhone kemungkinan besar adalah masalahnya dan bukan AirPods.

Coba Membersihkan Koneksi Pengisian Daya

Satu hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah bahwa reset mungkin tidak memperbaiki masalah pengisian daya AirPods Anda . Anda dapat mencoba membersihkannya sedikit dan memastikan konektor berfungsi dengan benar. Namun gagal mengisi daya biasanya merupakan masalah perangkat keras yang tidak dapat diselesaikan dengan mudah.

Coba Mengganti AirPods

Jika Anda tidak dapat memperbaiki masalah melalui hard reset atau dengan metode pemecahan masalah lainnya, ada kemungkinan AirPod Anda memiliki perangkat keras masalah yang mungkin tidak dapat diperbaiki. Dalam hal ini, pilihan terbaik Anda adalah menggantinya dengan pasangan baru atau memeriksa dengan Apple untuk opsi garansi apa pun.

Anda dapat membuat janji temu di Apple Store terdekat untuk perbaikan dan bantuan jika perlu. Mungkin menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa Anda dapat membeli satu AirPod atau kasing dari perusahaan.

Mengingat biaya penggantian AirPods lengkap, harga untuk satu komponen saja tidak terlalu buruk, terutama jika Anda terikat pada model Anda sudah memilikinya.

A Pemikiran Akhir

Apple AirPods sangat mudah dioperasikan, terutama jika Anda menggunakannya bersama perangkat Apple lainnya. Namun, pemecahan masalah dan pemeliharaan bisa menjadi rumit. Sebagai gantinya, pengguna harus menggunakan tutorial online untuk memandu mereka melalui proses sederhana ini.

Biasakan diri Anda dengan pola dan warna cahaya yang disebutkan dalam artikel ini untuk mengidentifikasi jenis masalah yang Anda alami, dan Anda akan dapat memperbaiki sebagian besar masalah Anda sendiri. Seperti yang telah Anda perhatikan, menyetel ulang AirPods tidak akan memperbaiki semuanya, tetapi dapat menjadi perbaikan cepat untuk beberapa masalah umum.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: