Cara Melaporkan Paket yang Hilang ke Amazon

Amazon mungkin salah satu pengecer global terbesar saat ini, tetapi itu tidak membuatnya sempurna. Meskipun biasanya menjulang di atas sebagian besar pesaingnya, ia masih menghadapi masalah yang sama seperti yang dihadapi pesaing, termasuk barang rusak, barang yang salah dikirim, dan kadang-kadang, paket tidak langsung dikirim.

Amazon dan pengecer lain terus berupaya untuk membuatnya luar biasa nyaman untuk berbelanja online. Namun, lebih banyak belanja internet berarti lebih banyak peluang untuk pembelian Anda hilang atau bahkan dicuri. Paket Amazon Anda hilang bisa menjadi mimpi buruk mutlak, tetapi mencari tahu apa yang salah dan bagaimana memperbaikinya tidak harus.

Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Paket Amazon Anda Belum Tiba?

Dengan maraknya belanja online dalam beberapa tahun terakhir , pencurian paket juga meningkat di sampingnya. Sayangnya, semakin banyak belanja dilakukan secara online, semakin besar kemungkinan Anda menjadi target pencurian tersebut. Salah satu cara Amazon berupaya memerangi gelombang paket yang hilang dan dicuri adalah melalui A-to-Z Guarantee.

1 mereka. Gunakan Jaminan Amazon A-to-Z untuk Pesanan Pihak Ketiga

Jadi apa jaminan Amazon A-to-Z, dan bagaimana tepatnya cara kerjanya? Pertama-tama mari kita asumsikan bahwa Anda baru saja membeli barang dari penjual pihak ketiga yang tidak tercakup oleh perlindungan “Terpenuhi oleh Amazon”. Penjual tanpa ini berarti tidak ada pelacakan paket yang tersedia melalui portal akun Amazon Anda. Jadi penjual mana pun bisa menjadi nakal, menagih Anda untuk produk tersebut, dan mengklaim paket Anda sedang dalam perjalanan padahal pada kenyataannya, paket itu belum dikirim sama sekali.

Situasi di atas adalah saat jaminan A-to-Z Amazon berperan. Jaminan ini untuk setiap pembelian pihak ketiga di Amazon yang tidak dipenuhi atau dijual oleh Amazon. Mandat yang ditetapkan oleh Jaminan menyatakan bahwa barang apa pun yang dibeli dari penjual melalui situs web Amazon memenuhi syarat untuk mendapatkan kompensasi. Tentu saja, beberapa persyaratan harus dipenuhi sebelum Anda dapat membuat klaim A-to-Z.

Anda harus menghubungi penjual terlebih dahulu melalui akun Amazon Anda dan memberi mereka waktu 48 jam untuk merespons.

Hal yang perlu diketahui: 
Anda hanya dapat ajukan klaim setelah Anda menghubungi penjual. Anda dapat menghubungi penjual melalui akun Amazon Payments Anda. Pada tautan “Rincian Transaksi”, Anda akan melihat opsi untuk “Hubungi Penjual.” Anda harus memberi waktu 48 jam kepada penjual untuk merespons .
Jika respon penjual tidak memuaskan, Anda dapat menindaklanjutinya dengan klaim.

Untuk mengajukan klaim A-to-Z:
Klaim dapat diajukan selambat-lambatnya 90 hari setelah perkiraan tanggal pengiriman maksimum.Jika barang tiba dalam keadaan rusak , rusak, atau salah, Anda harus mengajukan klaim dalam waktu 14 hari setelah mengatur pengembalian melalui penjual. Untuk mengajukan klaim, buka Daftar Pesanan Anda dan pilih “Lihat/Ajukan Klaim” pada pesanan. Ikuti petunjuk di -Petunjuk layar, yang mengharuskan Anda memilih alasan untuk r klaim.
Lima alasan untuk mengajukan klaim jaminan A-to-Z:
Anda tidak menerima barang dalam waktu tiga hari setelah perkiraan tanggal pengiriman terakhir.Barang Anda rusak, cacat, atau berbeda secara material dari yang Anda pesan. Anda mengembalikan barang ke Amazon tetapi tidak menerima pengembalian dana. Anda perlu mengembalikan barang secara internasional, tetapi penjual tidak memberikan alamat AS atau label pengiriman internasional. Penjual salah menghitung bea cukai dan/atau biaya pengiriman, dan Anda harus membayar biaya tersebut pada saat pengiriman.
Anda harus memberikan penjelasan dan bukti terdokumentasi untuk alasan klaim. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Amazon A-to-Z Guarantee.

Setelah klaim diajukan:
Anda dapat melihat klaim di akun Amazon Payments Anda.Jika penjual menyelesaikan masalah sebelum keputusan klaim diselesaikan, Anda dapat menarik klaim dengan menanggapi email konfirmasi Amazon. Amazon akan membuat keputusan. Jika klaim disetujui, Anda akan mendapatkan pengembalian dana.
Amazon berhak menolak klaim Anda jika satu atau lebih kondisi berikut terpenuhi:
Item yang diterima sama seperti yang dijelaskan oleh penjual pihak ketiga.Item telah diterima dan penjual pihak ketiga memberikan verifikasi pengiriman.Anda gagal menanggapi permintaan untuk informasi lebih lanjut.Klaim diajukan karena penyesalan pembeli dan bukan masalah sebenarnya dengan item.Anda mengajukan tolak bayar dengan pemroses pembayaran atau bank Anda. Anda tidak ingin mengembalikan barang tersebut ke penjual pihak ketiga.
Terlepas dari itu, jika klaim Anda ditolak, Anda dapat mengajukan banding atas klaim tersebut. Amazon kemudian dapat memilih untuk menyelidiki situasi lebih lanjut. Bukti tambahan untuk mendukung klaim Anda yang mungkin tidak Anda berikan untuk klaim awal akan membantu kasus ini.

Jika Anda membeli sesuatu tetapi paket Amazon tidak pernah tiba, apa yang dapat Anda lakukan? Saluran sengketa mana yang tersedia untuk Anda? Teruslah membaca untuk mengetahuinya.

2. Solusi Lain Untuk Masalah Pengiriman dengan Penjual Pihak Ketiga

Beberapa masalah pengiriman lebih sering terjadi daripada yang lain. Sebelum Anda mulai panik, lihat beberapa masalah umum yang mungkin Anda hadapi saat berurusan dengan penjual Amazon dan cara terbaik untuk memperbaiki situasi sebelum melakukan tindakan ekstrem.

Barang Sudah Dipesan Tapi Belum Dikirim

Pencarian cepat Google untuk pengiriman Amazon masalah akan mengungkapkan bahwa masalah khusus ini terjadi relatif sering. Apa yang dapat Anda lakukan jika Anda telah memesan, tetapi penjual masih belum melakukan pengiriman setelah beberapa hari, minggu, atau bahkan berbulan-bulan?

Jangan panik. Ada perbaikan mudah untuk masalah Anda. Amazon tidak akan menagih kartu kredit Anda sampai pesanan telah dikonfirmasi. Ini berarti bahwa tidak ada yang akan muncul di laporan mutasi bank Anda yang menunjukkan bahwa Anda telah membayar untuk produk yang bahkan tidak pernah dikirim. Selama ini masih terjadi, dan Anda bosan menunggu, Anda masih dapat membatalkan pesanan dengan:
Menuju ke Akun dan Daftar.Mengklik Akun Anda.Kemudian klik Pesanan Anda dan pilih Batalkan Pesanan.
Shows As Delivered Tapi Belum Tiba

Amazon mengeluarkan pedoman untuk situasi seperti ini. Beberapa di antaranya mungkin tampak jelas, tetapi tetap penting untuk dicentang:
Pastikan bahwa alamat pengiriman yang diberikan sudah benar pada pesanan Anda.Cari pemberitahuan yang mungkin tertinggal yang menunjukkan upaya pengiriman.Periksa di sekitar lokasi pengiriman yang diharapkan. Periksa dengan tetangga Anda untuk melihat apakah mereka telah menerima paket atas nama Anda. Apakah Anda memiliki Amazon Locker? Lihat di kotak surat Anda karena beberapa pengiriman akan menggunakan beberapa operator yang menyertakan layanan pos standar. Berikan sekitar 36 jam sebelum meningkatkan kekhawatiran Anda. Terkadang paket mungkin ditampilkan sebagai terkirim saat masih dalam perjalanan.
Setelah menunggu 36 jam, Anda dapat menghubungi Amazon secara langsung jika paket Anda masih belum muncul. Jika masih belum ada tanda-tanda pengiriman Anda, berikut adalah bagaimana Anda dapat menghubungi Amazon secara langsung:
Masuk ke akun Amazon Anda. Gulir ke bawah ke footer dan pilih Bantuan, temukan di bagian “Biarkan Kami Membantu Anda”. Di bagian “Jelajahi” Help Topics”, dari menu sebelah kiri pilih Need More Help?. Kemudian, di jendela utama klik Hubungi Kami. Anda akan melihat semua pesanan terbaru Anda di sana, di layar. Temukan pesanan khusus yang menyebabkan Anda kesulitan. Gulir lebih jauh ke bawah, tepat di bawah pesanan, hingga Anda melihat menu tarik-turun. Itu akan terletak tepat di bawah judul “Beri tahu kami lebih banyak”. Dari menu tarik-turun, pilih “Di mana Barang-Barang Saya?”. Kemudian, di menu tarik-turun baru yang muncul, pilih Acara pelacakan terkirim tetapi pengiriman tidak diterima.
Situs ini kemudian akan memungkinkan Anda untuk menghubungi Amazon melalui email, telepon, atau obrolan langsung. Pilih opsi mana yang paling cocok untuk Anda. Amazon kemudian akan menyelidiki kasus ini dan, dalam sebagian besar kasus, memberi Anda pengembalian dana.

Penjual Palsu

Ini jelas merupakan salah satu masalah yang lebih luas yang terjadi di situs web resmi Amazon. Sudah menjadi sangat mudah bagi penjual palsu untuk menipu orang melalui metode penipuan dalam beberapa tahun terakhir, dan Amazon, serta pelanggannya, telah melihat bagian mereka yang adil dari tren yang mengkhawatirkan ini. Akun penjual Amazon dan mulailah menjajakan barang-barang populer untuk dijual. Ini benar-benar hanya membutuhkan beberapa detik saat menggunakan platform penjual Amazon.

Apa yang terjadi adalah mereka akan mencantumkan barang dengan harga lebih murah daripada pengecer lain untuk mendapatkan lebih banyak pemberitahuan. Setelah pembeli yang tidak curiga melakukan pembelian dan penjahat menerima pesanan, mereka akan segera memberi tahu pembeli bahwa barang tersebut sedang dalam perjalanan ke kurir. Ini berarti bahwa pembelian diterima, dan dana untuk produk dilepaskan ke akun mereka.

Dengan memberikan perkiraan tanggal pengiriman empat minggu, pedagang yang teduh dapat mengalahkan siklus pembayaran dua minggu Amazon dan menghilang sebelum pembeli mulai mengeluh tentang produk yang tidak pernah muncul. Ini adalah situasi yang cukup kacau untuk masuk.

Untungnya, sebenarnya cukup mudah untuk menghindari penjual palsu yang mencoba menghasilkan uang dengan cepat dari kesengsaraan Anda. Skor umpan balik cenderung menjadi cara yang bagus untuk mengetahui apakah penjual dapat dipercaya dan tidak mencuri uang Anda.

Untuk memeriksa skor umpan balik penjual:
Saat melihat produk, klik nama penjual.Anda dapat menemukan nama tersebut di tempat yang sama dengan tag Fulfilled by Amazon.Ini akan ditampilkan sebagai: Terjual oleh dan Terpenuhi oleh Amazon.Saat berada di halaman profil penjual, pastikan Anda berada di tab “Umpan Balik”. Tab ini harus dibuka secara default.
Dari halaman ini, Anda akan dapat melihat peringkat umpan balik seumur hidup penjual. Ini juga termasuk ulasan produk yang diberikan kepada penjual dari pelanggan sebelumnya. Di sebelah kanannya, Anda akan menemukan skor keseluruhan penjual selama sebulan terakhir, tiga bulan, dua belas bulan, dan seumur hidup.

3. Gunakan Jaminan Pengiriman Amazon untuk Pesanan Perdana

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Paket Perdana Amazon Hilang

Anggota Amazon Prime yang pesanannya belum tiba masih harus mengikuti semua proses yang telah dibahas sebelumnya dalam artikel ini kecuali jika Anda membeli barang yang dijual dan dipenuhi oleh Amazon atau dibeli item pihak ketiga yang memenuhi syarat untuk pengiriman Perdana. Barang-barang tersebut termasuk dalam Jaminan Pengiriman Amazon daripada Jaminan A-to-Z. Anda akan bekerja melalui Amazon dan layanan layanan pelanggan mereka untuk memperbaiki situasi.

Catatan: Jika item pihak ketiga memenuhi syarat untuk Amazon Prime Delivery dan diubah setelah melakukan pemesanan, item tersebut akan tetap tunduk pada kebijakan Jaminan Pengiriman Amazon.

Amazon akan bertanggung jawab atas klaim pengiriman apa pun dan akan mengeluarkan pengembalian uang hingga biaya semua biaya pengiriman terkait (biaya pengiriman, biaya layanan, biaya bea cukai, dll.).

Opsi Terbaik Anda: Beli Saja Dari Penjual “Terpenuhi oleh Amazon”

Anda dapat menemukan barang yang dijual dari Amazon dan penjual pihak ketiga saat mencari produk di situs web. Saat menggunakan penjual pihak ketiga, berhati-hatilah dalam berurusan dengan mereka karena Anda mungkin melihat pesan yang berbunyi Terpenuhi oleh Amazon pada produk.

A Pesan dipenuhi oleh Amazon menyiratkan bahwa bahkan ketika dijual oleh pengecer pihak ketiga, Amazon akan yang mengirimkannya ke rumah Anda melalui salah satu Pusat Pemenuhan Amazon mereka. Ini berarti Anda dapat melacak kemajuan paket menggunakan portal Amazon dari akun Anda. Ini juga berarti bahwa Amazon bertanggung jawab atas layanan pelanggan dan pengembalian produk apa pun yang mungkin terjadi. Klaim jaminan -to-Z yang membutuhkan waktu untuk diproses dan diselesaikan. Selain itu, pesanan Amazon yang tidak terpenuhi dapat berisiko karena penjual dapat membuat klaim palsu atau berlebihan, yang membebani Anda.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: