Cara Melihat Data Pengguna tentang Siapa yang Menonton Video YouTube Anda

YouTube mengumpulkan data dari pemirsanya. Informasi ini berguna untuk mengembangkan pemahaman tentang tipe orang yang menonton video tertentu. Jika Anda ingin tahu tentang orang-orang yang menonton video Anda, Anda berada di tempat yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan aplikasi YouTube Studio dari desktop Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan wawasan penting tentang siapa yang melihat konten Anda.

Dapatkah Anda Melihat Siapa yang Menonton Video YouTube?

YouTube memiliki alat analisis bawaan yang dapat diakses dari “YouTube Analytics”. Melalui tab “Pemirsa”, Anda dapat mengetahui informasi spesifik tentang orang-orang yang menonton video di saluran Anda, termasuk jenis kelamin, lokasi, dan rentang usia.

Usia dan Jenis Kelamin

Informasi dalam laporan ini memberi tahu Anda rentang usia, jenis kelamin, dan lamanya waktu setiap individu menonton video Anda. Dengan membandingkan hasilnya dengan video Anda yang lain, Anda dapat melihat kelompok orang mana yang paling menikmati konten Anda.

Ini adalah informasi berharga jika Anda ingin menarik kelompok tertentu. Untuk menemukan laporan ini, masuk ke akun “YouTube Studio” Anda, lalu ikuti langkah-langkah berikut:
Masukkan penelusuran untuk video yang ingin Anda ketahui.Klik ikon grafik “Analytics” tepat di bawah hasil.Pilih “Audiens” di bagian atas. Temukan “Usia dan jenis kelamin” dan klik “LIHAT LEBIH LANJUT.” Di kanan atas, klik panah yang mengarah ke bawah untuk memilih rentang tanggal. Klik ikon “Filter” di kiri atas untuk memfilter data jika Anda mau. Setelah selesai, klik “X” di kanan atas untuk menutup laporan.
Geografi Atas

Laporan ini memberi tahu Anda dari bagian dunia mana orang-orang menonton video Anda. Anda dapat menelusuri informasi ini lebih jauh dan menemukan hal-hal seperti jenis perangkat paling populer yang digunakan untuk menonton konten Anda.

Ini sangat berguna jika Anda ingin fokus pada pertumbuhan pemirsa yang berbasis di AS tetapi statistik Anda menunjukkan bahwa kebanyakan orang menonton dari negara lain. Misalnya, Anda dapat melihat mengapa video Anda lebih menarik bagi orang-orang di negara lain.

Laporan juga dapat dilihat menurut rentang usia dan jenis kelamin di antara demografi lainnya. Untuk menemukan laporan “Geografi teratas” melalui “YouTube Studio”, berikut yang perlu Anda lakukan:
Masuk ke akun “YouTube Studio” Anda.Telusuri video yang ingin Anda ketahui.Tepat di bawah hasil, klik tombol ” ikon grafik Analytics.Pilih tab “Audiens” di bagian atas.Ke arah bawah, di “Geografi teratas”, klik “LIHAT LEBIH LANJUT”.Untuk memilih rentang tanggal, di kanan atas, klik panah yang mengarah ke bawah.Untuk filter data, klik ikon “Filter” di kiri atas. Setelah selesai, klik “X” di kanan atas untuk menutup laporan.
Saat Pemirsa Anda berada di YouTube

Informasi ini memberi tahu Anda kapan pemirsa Anda berada di platform YouTube. Anda akan melihat tanggal dan waktu saat sebagian besar dari mereka online. Mempelajari pola penggunaan pemirsa memungkinkan Anda merencanakan waktu terbaik untuk mengunggah video.

Untuk melihat laporan ini, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik “Analytics”.Pilih tab “Pemirsa” di bagian atas.Tepat di bawah “Pemirsa” grafik, grafik “Saat pemirsa Anda berada di YouTube” akan ditampilkan.
Sekarang mari kita lihat beberapa laporan YouTube untuk membantu memahami preferensi pemirsa Anda.

Saluran Lain yang Ditonton Pemirsa Anda

Data dalam laporan ini menunjukkan saluran lain yang biasa ditonton pemirsa Anda selain milikmu. Ini memberikan gambaran nyata tentang topik lain yang diminati pemirsa Anda. Info ini dapat digunakan untuk inspirasi konten baru dan menemukan peluang untuk bekerja dengan pembuat konten lain.

Untuk menemukan laporan ini, masuk ke “YouTube Studio” dan ikuti ini langkah:
Pilih “Analytics.”Klik “Audiens” dari tab tepat di atas grafik “Audiens”.Laporan grafik “Channel lain yang ditonton pemirsa Anda” akan ditampilkan di sebelah kanan, tepat di bawah grafik “Audiens”.
Video Lainnya Anda Pemirsa Ditonton

Dalam laporan ini, Anda akan melihat video lain yang ditonton pemirsa di luar saluran Anda. Mirip dengan data saluran yang ditonton, info ini sangat cocok untuk inspirasi, topik video baru, serta ide gambar mini. Untuk mengakses laporan “Video lain yang ditonton pemirsa Anda”, masuk ke akun “YouTube Studio” Anda dan lakukan hal berikut:
Klik “Analytics”.Klik “Pemirsa” dari tab di bagian atas grafik.”Video lainnya laporan yang ditonton pemirsa Anda” akan ditampilkan tepat di bawah laporan “Saluran lain yang ditonton pemirsa Anda” di sebelah kanan.
Mengenal Pemirsa YouTube Anda

YouTube tidak mengungkapkan identitas khusus pemirsa tetapi memberikan informasi mendetail untuk membantu membangun persona pemirsa.

In hanya beberapa klik melalui YouTube Studio, Anda dapat mengetahui detail demografis dan menganalisis preferensi. Informasi ini berharga dalam hal mengidentifikasi pemirsa yang cocok untuk video Anda dan untuk menjaga agar saluran Anda terus berkembang – jika itu adalah rencana Anda.

Jenis video apa yang Anda suka buat? Menurut Anda, bagaimana fitur YouTube Studio dapat membantu Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: