Cara Melihat Peserta Saat Presentasi di Google Meet

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Google Meet telah memberikan layanan konferensi video lain untuk mendapatkan uang mereka. Ini membantu Anda mengubah PC atau perangkat seluler Anda menjadi ruang rapat virtual, papan tulis, atau area presentasi hanya dengan beberapa klik. Jika Anda memiliki presentasi yang akan datang, Google Meet dapat menyediakan semua alat yang Anda butuhkan untuk menyampaikan pesan Anda secara efisien dan efektif. Anda bahkan tidak perlu mengunduh dan menginstal apa pun.

Hanya ada satu masalah: setelah presentasi dimulai, Anda tidak dapat melihat audiens lagi. Dalam situasi ini, mengumpulkan umpan balik dari peserta bisa jadi sulit.

Untungnya, masih ada beberapa cara kreatif untuk mempresentasikan dan melihat peserta pada saat yang bersamaan. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Cara Mempresentasikan dan Melihat Peserta di PC

A PC bisa dibilang menyajikan cara paling nyaman dan efisien untuk mempresentasikan di Google Meet karena memungkinkan Anda menjalankan banyak aplikasi berbeda di satu kali. Misalnya, Anda dapat menyajikan spreadsheet Excel dan dokumen PowerPoint sambil menjalankan perangkat lunak akuntansi di jendela lain. Semua ini akan membutuhkan lebih banyak waktu (dan energi) di ponsel atau tablet.

Sekarang mari kita telusuri langkah-langkah yang dapat membantu Anda berbagi layar dan presentasi sambil tetap melihat peserta lain.

Metode 1: Memasang Monitor Lain ke PC Anda

Salah satu yang terbaik hal-hal tentang PC modern adalah bahwa mereka datang dengan input untuk setidaknya satu monitor lagi. Dengan memasang monitor lain sebelum memulai presentasi Google Meet, Anda dapat menempatkan peserta di satu monitor, lalu menggunakan monitor lainnya untuk presentasi sebenarnya. Anda bahkan dapat memasang monitor ketiga jika Anda menginginkan lebih banyak kemampuan manuver selama presentasi Anda.

Sebagian besar komputer desktop/laptop modern memiliki setidaknya satu port VGA yang dapat Anda gunakan untuk memasang monitor lain. Jika komputer Anda tidak memilikinya, kemungkinan besar komputer tersebut memiliki port HDMI yang memiliki tujuan yang sama. Tetapi jika tidak memilikinya, Anda dapat menggunakan salah satu port USB yang tersedia, tetapi Anda memerlukan adaptor USB-HDMI untuk memfasilitasi koneksi.

Setelah Anda memasang monitor kedua, lakukan hal berikut:
Klik pada ikon Windows di kiri bawah layar Anda dan kemudian gulir ke bawah dan klik “Pengaturan.” Klik “Sistem.” Klik “Tampilan.” Di bawah subjudul “Beberapa Tampilan”, ubah pengaturan dari “Tampilan Duplikat” ke “Perpanjang Tampilan ini.” Ini akan memungkinkan Anda untuk menggabungkan layar Anda menjadi satu desktop yang diperluas.Klik “Simpan Perubahan” untuk mengonfirmasi perubahan.Pada titik ini, luncurkan Google Meet.Pisahkan tab Google Meet dari tab yang menghosting konten yang ingin Anda presentasikan.Seret Tab Google Meet ke monitor kedua. Saat Anda siap untuk memulai, klik tombol “Presentasikan” di bagian bawah tab Google Meet, lalu pilih “Seluruh Layar Anda”. Windows kemudian akan menampilkan semua monitor yang terpasang pada sistem Anda dan memungkinkan Anda untuk memilih salah satu yang memiliki konten yang ingin Anda tampilkan. Klik “Bagikan” untuk memulai presentasi Anda.
Dengan pengaturan ini, semua konten yang ingin Anda presentasikan akan berada di satu monitor, dan audiens Anda akan berada di monitor lainnya. Ini akan memungkinkan Anda untuk melibatkan semua peserta sepanjang sesi. Anda bahkan dapat menjeda dan mengundang pertanyaan atau komentar.

Metode 2: Menggunakan Ekstensi Chrome Tanpa Ganda

Kebanyakan orang menyukai Google Meet karena Google Meet menyediakan layanan konferensi video nirkabel tanpa kerumitan. Karena alasan ini, gagasan untuk memasang monitor tambahan mungkin tidak terlalu menarik. Bisa jadi Anda bahkan tidak memiliki ruang ekstra untuk monitor tambahan. Mungkin Anda tidak memiliki monitor cadangan sama sekali. Apa pun masalahnya, Ekstensi Tanpa Ganda bisa menjadi solusi sempurna.

Ekstensi Tanpa Ganda membantu Anda membagi jendela browser menjadi dua layar dengan rasio variabel. Anda dapat mendedikasikan salah satu bagian untuk presentasi dan menggunakan yang lain untuk umpan langsung Google Meet Anda.

Berikut cara kerja metode ini:
Buka toko web Chrome dan instal Ekstensi Tanpa Ganda.Setelah diinstal, ikon ekstensi akan muncul di kanan atas sudut browser Anda. Jika tidak, Klik tombol ekstensi. Pilih Ekstensi Tanpa Ganda dari daftar ekstensi yang ditambahkan ke browser Anda, Klik ikon “pin” di sebelah ekstensi. Ini akan menyematkan ekstensi ke bilah alamat Anda untuk kenyamanan. Luncurkan Google Meet dan klik ikon ekstensi. Ini akan memulai proses pemisahan layar Anda menjadi dua. Pilih rasio pemisahan. Anda akan diberikan saran, termasuk 7:3, 6:4, 5:5, 4:6, dan 3:7. Anda dapat beralih di antara mereka dan memilih yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Pada titik ini, tab Google Meet akan dibagi menjadi dua layar. Sekarang Anda dapat berbagi layar di satu sisi dan menggunakan yang lain untuk umpan langsung Google Meet Anda.
Meskipun ekstensi Chrome Tanpa Ganda adalah opsi yang menarik jika Anda tidak memiliki monitor cadangan, ekstensi ini hanya dapat berguna saat konten Anda ingin ditampilkan ada di browser Anda.

Metode 3: Bergabung ke Rapat Menggunakan Perangkat Kedua

Jika konten yang ingin Anda tampilkan tidak ada di browser dan Anda tidak ingin repot memasang monitor tambahan ke PC Anda, mengapa tidak bergabung ke rapat untuk kedua kalinya?

Salah satu hal terbaik tentang Google Meet adalah Anda dapat menjalankan dua instance dalam rapat yang sama: satu sebagai penyaji dan lainnya sebagai peserta. Agar ini berfungsi, Anda jelas membutuhkan perangkat kedua. Ini bisa berupa PC lain, ponsel Android, atau perangkat iOS. Pengaturan ini memungkinkan Anda menggunakan satu perangkat untuk presentasi dan perangkat lainnya untuk pemantauan audiens.

Berikut cara melakukannya:
Luncurkan Google Meet dan buat kode undangan.Gunakan kode untuk bergabung ke rapat dari perangkat kedua.Mulai berbagi layar dan mulai menyajikan.
Jika Anda menggunakan opsi ini, pastikan untuk mematikan mikrofon dan suara speaker di perangkat kedua Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu berurusan dengan suara gema selama presentasi.

Cara Berbagi Tampilan Layar Peserta dari iPhone

Saat melakukan presentasi dari iPhone di Google Meet, opsi Anda untuk melihat dan melibatkan peserta sangat terbatas. Itu karena layarnya relatif kecil, dan segala upaya untuk melakukan kedua tindakan ini tidak akan berfungsi secara asli. Anda tidak dapat menghubungkan layar tambahan seperti yang Anda lakukan di komputer. Namun, Anda masih dapat menjalankan dua instans dalam rapat yang sama: sebagai penyaji dan sebagai peserta. Begini caranya:
Rakit perangkat Anda (iPhone Anda dan perangkat tambahan yang mendukung Google Meet).Mulai video call dari iPhone Anda.Bergabung dengan rapat dari perangkat kedua.Ketuk “Bagikan Layar” di iPhone.Ketuk “Mulai Siaran .”
Cara Berbagi Layar untuk Mempresentasikan dan Melihat Peserta di Perangkat Android

Seperti iPhone, solusi dengan perangkat kedua direkomendasikan. Anda masih dapat bergabung ke rapat baik sebagai penyaji maupun sebagai peserta jika memiliki perangkat tambahan yang mendukung Google Meet. Begini caranya:
Kumpulkan perangkat Anda (ponsel Android Anda dan perangkat tambahan).Mulai video call dari Android Anda.Bergabung dengan rapat dari perangkat kedua.Di ponsel Android Anda, ketuk “Bagikan Layar”. Ketuk “Mulai Sekarang. ”
Tanya Jawab Tambahan
Berapa Banyak Orang yang Dapat Saya Lihat Sekaligus Saat Presentasi?

Anda dapat melihat dan berinteraksi dengan hingga 49 peserta saat melakukan presentasi dari PC.

Buat Audiens Anda Terlibat

Untuk membuat presentasi yang luar biasa di Google Meet, penting untuk melibatkan audiens Anda dan mengundang pertanyaan atau komentar sepanjang sesi. Namun, tidak mudah untuk membuat semua orang tetap terlibat jika Anda tidak dapat melihatnya saat Anda melakukan presentasi. Meskipun desain Google Meet untuk berbagi layar tidak memungkinkan penyaji melihat peserta lain selama sesi, Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan monitor tambahan, perangkat yang kompatibel, atau ekstensi Chrome Tanpa Ganda.

Sudahkah Anda mencoba menggunakan salah satu alat yang dibahas di panduan ini selama presentasi Anda? Bagaimana hasilnya?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: