Cara Melihat Riwayat Pencarian Google Anda

Apakah Anda ingin menemukan halaman web atau situs web yang Anda kunjungi beberapa waktu lalu, tetapi tidak dapat mengingat di mana lokasinya? Mungkin Anda menemukannya di ponsel Anda saat itu, tetapi Anda kesulitan menemukannya lagi di PC Anda. Untungnya, Google melacak semua situs web dan tautan yang pernah Anda buka.

Anda dapat menggunakan fitur riwayat untuk menemukan laman web yang telah Anda jelajahi dan mengunjunginya kembali seolah-olah Anda tidak pernah kehilangannya di dunia maya—atau di otak Anda. Berikut cara menggunakan fungsi riwayat pencarian Google.

Catatan: Anda dapat mengakses riwayat akun Google Anda kapan saja dan dari perangkat apa pun, selama profil Gmail Anda disinkronkan di semua perangkat Anda. Google menyimpan riwayat terperinci dari penelusuran web dan produk, gambar yang dilihat, video yang ditonton, aplikasi yang digunakan, dan entri blog yang telah Anda baca.

Melihat Riwayat Penelusuran Anda

Anda dapat mengakses riwayat akun Google Anda dari perangkat apa pun dengan browser, seperti PC Windows , Mac, ponsel, atau tablet. Prosesnya sangat sederhana karena Anda hanya membutuhkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Inilah yang perlu dilakukan:
Buka browser Anda dan muat beranda Google. Klik tombol “Masuk” yang terletak di sudut kanan atas (jika saat ini Anda belum masuk) dan masukkan kredensial Anda. Klik ikon profil Anda di sudut kanan atas dan pilih “Kelola Akun Google Anda”.Pilih tab “Data & Personalisasi”. Gulir ke bawah ke bagian “Aktivitas dan Timeline”, lalu klik “Aktivitas Saya.” Gulir ke bawah halaman untuk menggunakan bilah pencarian umum atau opsi “Filter menurut Tanggal dan Produk” (Android, Maps, YouTube, dll.), atau cukup gulir ke bawah daftar dan jelajahi menurut tanggal dan waktu.
Saat menggunakan berbagai opsi tampilan di atas, Anda mendapatkan daftar yang mencakup situs web, aplikasi, dan/atau pembaruan untuk semua perangkat yang terkait dengan Google Anda. Akun. Bilah pencarian memungkinkan Anda menemukan aktivitas, aplikasi, atau situs web tertentu. Opsi yang difilter termasuk pengurutan berdasarkan tanggal, rentang tanggal, dan aplikasi.

Halaman aktivitas yang digunakan di atas mengingat semua yang Anda lakukan melalui akun Google Anda sejak terakhir kali Anda menghapus riwayat, jika pernah.

Menghapus Riwayat Akun Google Anda Secara Manual

Anda dapat menghapus seluruh riwayat Anda atau hanya kegiatan tertentu. Anda dapat menghapus satu item pada satu waktu dengan mengklik tiga titik di samping setiap aktivitas. Anda juga dapat menghapusnya secara massal dengan menentukan seberapa jauh Anda ingin menghapus aktivitas.

Inilah yang perlu Anda lakukan:
Buka browser Anda dan tulis “Aktivitas Saya” di bilah pencarian untuk mengakses halaman aktivitas.Google Aktivitas Saya harus muncul sebagai hasil teratas. Jika tidak, temukan dan klik di atasnya. Sesampai di sana, pilih “Kontrol aktivitas” di sisi kiri. Anda akan melihat bahwa aktivitas akun Google dibagi menjadi beberapa grup. Anda dapat menghapus setiap fitur secara terpisah. Ini termasuk penelusuran dan riwayat web, lokasi, informasi perangkat, aktivitas suara dan audio, serta riwayat YouTube. Jika Anda mengeklik tombol kecil di sebelah opsi, Google tidak akan mengingat tindakan Anda di masa mendatang.
Anda juga dapat menghapus item menurut waktu. Di sisi kiri jendela “Aktivitas Web & Aplikasi”, Anda akan melihat beberapa opsi. Klik “Hapus aktivitas menurut” untuk memilih seberapa jauh Anda ingin menghapus aktivitas Anda.

Ini dapat berupa tanggal tertentu atau Anda dapat memilih salah satu opsi yang telah dirancang sebelumnya dan menghapus semuanya seminggu, sebulan, atau sepanjang perjalanan kembali ke akun Anda penciptaan. Anda juga dapat memilih jenis data yang akan dihapus.

Penghapusan Otomatis

Namun, Anda juga dapat memilih untuk menghapus riwayat Anda secara otomatis. Di bagian atas halaman yang sama, Anda akan melihat opsi yang mengatakan “Pilih untuk menghapus secara otomatis.” Itu memungkinkan Anda untuk mengaktifkan fitur penghapusan otomatis, jadi Anda tidak perlu menghapusnya sendiri.

Tinjau Tindakan Anda Kapan Saja

Fitur riwayat Akun Google dapat berguna jika Anda tidak dapat mengingat nama beberapa situs web yang ingin Anda kunjungi lagi atau jika Anda ingin memeriksa ulang apakah Anda telah memperbarui perangkat Anda. Google menyimpan semuanya untuk Anda, dan Anda dapat dengan cepat kembali ke tautan apa pun kapan saja. Anda juga dapat menghapus riwayat aktivitas untuk menghapus lokasi, pembaruan perangkat, dan item lainnya.

Apakah Anda lebih suka menyimpan riwayat tindakan akun Google Anda? Opsi pelacakan mana yang Anda gunakan? Beri tahu kami pendapat Anda tentang fitur ini di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...