Cara Melihat Sejarah Clipboard Windows 10

Fungsi terbatas dari Clipboard Windows yang sederhana telah lama dibayangi oleh perangkat lunak pihak ketiga. Kebutuhan yang berkembang untuk fungsionalitas tambahan menciptakan lingkungan yang kaya bagi apa yang disebut manajer clipboard untuk mendapatkan popularitas. Jika Anda adalah pengguna yang kuat, kemungkinan Anda telah menggunakan clipboard manager untuk waktu yang lama, tetapi itu akan segera berubah.

Pada Oktober 2018, versi 1809 dari Windows 10 membawa serta fitur Clipboard History yang telah lama ditunggu-tunggu. Mengambil isyarat dari pengalaman pengguna, Microsoft memutuskan untuk mengintegrasikan lebih banyak fungsi ke clipboard asli mereka. Untuk beberapa pengguna, ini akan menghilangkan kebutuhan akan pengelola clipboard pihak ketiga.

Bagaimana Cara Kerja Riwayat Clipboard Windows?

Clipboard History, singkatnya, memungkinkan Anda menyalin beberapa item ke clipboard Anda daripada menimpa yang terakhir ketika yang lain ditambahkan . Proses ini adalah kemajuan paling dasar, tetapi fitur yang lebih berharga juga ditambahkan. Clipboard History juga memungkinkan Anda untuk menyematkan item, yang kemudian tetap ada di riwayat Anda, serta menyinkronkan riwayat Anda di seluruh perangkat. Bagian terakhir ini berguna untuk pekerjaan jarak jauh, karena memungkinkan akses cepat ke file tanpa mengunggah atau mentransfernya secara fisik.

Untuk menggunakan Riwayat Clipboard Windows, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Aktifkan Riwayat Clipboard jika belum selesai. Untuk melakukannya, buka “Pengaturan” Windows dan klik “Sistem.” Di panel Sistem, klik “Clipboard” dan geser penggeser untuk riwayat clipboard ke “On.” Di panel yang sama, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menyinkronkan papan klip Anda dengan perangkat lain yang Anda masuki. Untuk melakukan ini, geser penggeser di bawah “Sinkronkan di Seluruh Perangkat” ke posisi “Aktif”.
Pertimbangan penting saat menggunakan sinkronisasi otomatis adalah Anda akan mencatat semua yang Anda salin di semua perangkat yang disinkronkan. Proses ini dapat mencakup informasi sensitif seperti kata sandi atau gambar pribadi. Pastikan Anda menghapus riwayat secara berkala atau menonaktifkan sinkronisasi otomatis.

Menggunakan Riwayat Clipboard Anda

Setelah Riwayat Clipboard Windows diaktifkan, ia menunggu langkah Anda berikutnya. Berikut cara menggunakan Windows Clipboard History.
Tekan tombol “Windows” dan “V” bersamaan. Sebuah jendela muncul yang menunjukkan item yang telah Anda potong dari yang terbaru ke terlama. Dari panel ini, klik salah satu konten untuk rekatkan ke aplikasi Anda. Setiap item memiliki tombol “Menu” dalam bentuk tiga titik horizontal di sudut kiri atas. Tombol ini membuka menu tempat Anda dapat menyematkan item apa pun yang disimpan untuk menyimpannya dalam riwayat saat dihapus. Anda juga dapat menghapus item satu per satu atau menghapus seluruh daftar dari menu yang sama.
Fitur Sinkronisasi Otomatis

Fitur sinkronisasi Windows dapat secara otomatis mentransfer riwayat clipboard Anda ke semua komputer yang masuk.

Jika Anda mengaktifkan opsi ini, pengaturan default menyinkronkan semua yang Anda salin terlepas dari jenis file. Sesuai namanya, Sinkronisasi Otomatis berfungsi tanpa tindakan tambahan apa pun dari Anda. Anda juga memiliki opsi untuk tidak menyinkronkan secara otomatis tetapi melakukannya secara manual. Anda dapat menyinkronkan file individual dari jendela clipboard melalui menu tarik-turun. Pertimbangan

A adalah bahwa riwayat clipboard memiliki batas ukuran 4MB, jadi meskipun Anda dapat menyalin item yang lebih tinggi dari 4MB dalam ruang, mereka akan mengikuti “terakhir masuk, first out” protocol.

Bagaimana Jika Anda Membutuhkan Lebih Banyak?

Sejarah Clipboard Windows tentu saja menambahkan banyak fungsi ke clipboard standar. Namun, untuk beberapa pengguna, ini pun tidak akan cukup. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fungsi, Anda mungkin ingin melihat apa yang tersedia dari pengembang pihak ketiga.

Seperti yang telah disebutkan, manajer clipboard telah lama menjadi pokok penggemar produktivitas, sehingga banyak pilihan tersedia. Jika Anda ingin mencoba solusi all-in-one dengan hampir semua fitur yang Anda perlukan, Clipboard Master adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Perangkat lunak ini benar-benar akan menawarkan lebih banyak fungsi daripada yang Anda tahu apa yang harus dilakukan, dan juga mendukung gambar, file, dan teks. Fitur pencarian bawaan memudahkan untuk menemukan apa yang Anda cari di antara 10.000 entri yang dapat ditangani aplikasi. Clipboard Master memiliki fitur Fixed Clipboard untuk menyimpan item paling umum yang Anda gunakan untuk akses cepat. Ia bahkan memiliki pengelola kata sandi terenkripsi.

Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, cobalah Clipboard Master hari ini.

The Copycat’s Out of the Bag

Fitur Clipboard History Microsoft yang baru memecahkan masalah yang diketahui dengan sangat sederhana dan elegan. Rata-rata pengguna akan merasa lebih dari pas untuk merampingkan proses kerja mereka, dan desain tanpa embel-embel membuatnya sangat mudah digunakan. Tentu saja, beberapa pengguna akan menginginkan fungsi yang lebih luas, dan tidak diragukan lagi ada banyak pilihan di luar sana yang melampaui fungsi yang ditambahkan oleh Microsoft.

Apakah Anda memiliki manajer clipboard favorit?

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: