Cara Memainkan Flash Game Lama

Menjelang akhir tahun 2020, layanan Adobe Flash dihentikan, yang juga menandakan kematian game Flash. Flash tidak dapat berjalan di perangkat seluler dan sekarang sudah usang. Tapi bagaimana dengan game Flash?

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa game Flash masih ada, dan dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara memainkannya melalui metode lain. Ya, Anda masih dapat menikmati beberapa game Flash klasik yang Anda nikmati dan tumbuh bersama.

Adobe Flash Altenatives

Sejak Adobe Flash Player diblokir untuk mencegahnya menjalankan file Flash lagi, Anda kurang beruntung jika ingin menggunakannya. Untungnya, ada beberapa metode yang dikembangkan untuk membantu orang-orang menghidupkan kembali masa-masa indah Flash-game. Banyak penggemar telah berhasil melestarikan game Flash yang menarik dan menyenangkan ini, dan mereka merilisnya untuk dinikmati dunia.

Perlu diingat bahwa bergantung pada perangkat lunak yang Anda putuskan untuk dijalankan; Anda mungkin harus menginstal beberapa hal lagi. Namun, game Flash tidak menuntut untuk dijalankan, jadi Anda selalu dapat menikmatinya bahkan di komputer yang lebih lambat.

Cara Memainkan Game Flash Lama menggunakan Flashpoint

Flashpoint adalah proyek yang dimulai pada tahun 2018 ketika Adobe mengumumkan bahwa mereka ingin menghentikan Flash karena untuk banyak kelemahan keamanan. BlueMaxima, perusahaan yang menciptakan Flashpoint, bekerja dengan lebih dari 100 kontributor yang menyimpan semua game yang dapat mereka temukan untuk generasi mendatang. Saat ini, setidaknya 90.000 game dan ribuan animasi Flash telah disimpan untuk diunduh siapa saja sesuai keinginan.

Flashpoint menjalankan game Flash menggunakan Apache, peluncur khusus, dan perangkat lunak buatan BlueMaxima. Aman digunakan karena tidak membawa kelemahan keamanan Flash dan tidak meninggalkan lubang keamanan pada PC Anda. File hanya digunakan sesuai permintaan. Tidak ada penulisan permanen yang terjadi dibandingkan dengan program terinstal yang membuat folder dan file yang tersisa di PC Anda.

Perangkat lunak ini hadir dalam dua versi, Flashpoint Ultimate dan Flashpoint Infinity. Yang pertama adalah unduhan master yang berisi semua 90.000+ game dan animasi, dan membutuhkan ruang hard drive yang cukup besar. Flashpoint Infinity jauh lebih kecil—pada dasarnya hanya perangkat lunak yang Anda perlukan untuk menjalankan game. Anda dapat memilih dan memilih game mana yang akan diunduh sesuai keinginan.

Seperti yang disebutkan, Flashpoint Ultimate cukup besar, dengan 600GB data terkompresi dan 700GB setelah ekstraksi. Flashpoint Infinity hanya 650MB, tetapi dengan setiap game atau animasi yang Anda unduh, file menjadi lebih besar dari ukuran instal 2.5GB. Jika Anda mampu membeli ruang untuk Ultimate, maka, tentu saja, unduh, meskipun Flashpoint Infinity adalah opsi yang disarankan.

Anda bisa mendapatkan Flashpoint untuk Windows, Mac, dan Linux.

Berikut ini cara memainkan game Flash lama menggunakan Flashpoint:
Kunjungi situs resmi Flashpoint.Pilih dan unduh versi Flashpoint pilihan Anda.Tunggu hingga unduhan selesai. Bersabarlah. Instal “Flashpoint.” Luncurkan “Flashpoint.” Pilih game yang ingin Anda mainkan. Jika Anda menggunakan “Flashpoint Infinity”, Anda harus mengunduh game dan itu akan dimuat dengan lambat selama proses berlangsung. Tutup game. Sekarang, ini akan berjalan lebih cepat, dan Anda dapat memainkannya secara offline. Ulangi untuk game lain, jika diperlukan.
Apa pun versi Flashpoint yang Anda gunakan, Anda dapat menjalankan game secara offline, selama game tersebut diunduh. Mungkin sangat sulit untuk memilih dari puluhan ribu game, tetapi ini hanya berarti Anda memiliki semua waktu di dunia untuk menikmatinya.

Cara Memainkan Game Flash Lama menggunakan Ruffle

Ruffle adalah emulator game Flash hebat lainnya yang dapat Anda bangun dan jalankan sangat cepat.

Ruffle hadir dalam tiga bentuk: program mandiri, ekstensi browser, atau program yang berjalan di situs web Anda dengan menambahkan sebaris kode HTML.

Meskipun Ruffle sepenuhnya open-source, Ruffle masih dalam proses pengembangan awal. Itu tidak mendukung Actionscript 3, yang mencegahnya menjalankan game Flash yang dibuat setelah tahun 2006 yang menggunakan versi tertentu. Mungkin suatu hari, ia akan menjalankan semua game dari yang tertua hingga yang dibuat tepat sebelum Flash dihentikan.

Ruffle dengan mudah mengatasi masalah ini dengan menjalankan di PC Anda untuk mengatasi masalah keamanan awal Flash.

Versi ekstensi browser tidak dibuat di Flash, jadi lebih aman daripada menjalankan plugin Flash. Anda tidak perlu khawatir tentang pelanggaran keamanan dan masalah memori yang dialami format lama selama bertahun-tahun.

Sama seperti Flashpoint, Ruffle memungkinkan Anda memainkan game Flash secara offline, terutama dengan versi mandiri dan ekstensi browser. Anda bahkan bisa menjalankannya di Android dan iOS jika Anda menginstalnya di situs web. Kami akan membahas cara menginstal edisi mandiri lebih lanjut di artikel ini.

Ikuti langkah-langkah ini untuk memainkan game Flash di Ruffle:
Buka situs web resmi Ruffle. Unduh “versi mandiri” dan instal. Buka “Ruffle.” Ruffle akan meminta Anda untuk membuka file game “SWF”, yang dapat Anda unduh dari situs web lain. Setelah dibuka, Anda dapat memainkan game Flash secara offline.
Di masa mendatang, Anda dapat mengeklik kanan file SWF mana pun dan menyetel aplikasi default untuk membuka file tersebut ke Ruffle. Ini memungkinkan Anda mengklik dua kali pada file SWF apa pun, dan Anda dapat memutarnya secara instan. Kedengarannya sangat berguna jika Anda bertanya kepada kami.

Sama seperti Flashpoint, Ruffle sepenuhnya gratis untuk diunduh. Pengembang meminta sumbangan karena akan membantu mereka meningkatkan perangkat lunak lebih lanjut.

Cara Memainkan Game Flash Lama menggunakan Arsip Game Flash

Arsip Game Flash adalah emulator game Flash lain yang dapat Anda unduh untuk menikmati game Flash lama yang bagus. Ini tidak sama dengan dua yang kita bahas di atas, tetapi memiliki kelebihan. Flash Game Archive juga merupakan unduhan yang sangat kecil, dan Anda mengisi perpustakaan Anda dengan mengunduh game dari arsipnya.

Selain ukuran unduhannya yang kecil, Arsip Flash Game memiliki kelebihan berikut:
Kontrol resolusi gameSelalu diperbarui secara gratisSkor tinggi diaktifkan sehingga Anda dapat bersaingPassword melindungi game Anda
Tim pengembangan terus bekerja untuk memastikan Arsip memungkinkan orang menikmati game Flash favorit mereka. Faktanya, FGA 2.0 sudah dalam pengembangan.

Untuk bermain game dengan Flash Game Archive, ikuti petunjuk berikut:
Kunjungi “Flash Game Archive.”Unduh versi yang benar untuk sistem operasi Anda.Instal “Flash Game Archive.”Setelah proses instalasi selesai, luncurkan.Muat semua game Flash yang Anda miliki.Mulai mainkan.
Anda bisa mendapatkan banyak game dari situs web, tetapi Anda juga bisa mendapatkannya dari internet. Permainan dibagi ke dalam kategori sehingga Anda dapat menemukan apa yang Anda inginkan.

Cara Memainkan Game Flash Lama menggunakan Debugger Konten Proyektor Flash Player

Debugger Konten Proyektor Flash Player adalah rahasia yang agak tersembunyi, dan Adobe masih memungkinkannya bekerja di komputer Anda. Karena tidak online, tidak mengalami banyak celah keamanan yang dimiliki Adobe Flash berbasis web.

Anda hanya berhak mengunduh Debugger Konten Proyektor Flash Player untuk penggunaan pribadi, dan dilarang mendistribusikannya.

Untuk menggunakan perangkat lunak ini, ikuti langkah-langkah berikut:
Kunjungi situs web resmi Pusat Dukungan Adobe Flash Player.Unduh Debugger Konten Proyektor Flash Player yang benar untuk sistem operasi Anda.Jalankan proyektor secara instan. Tidak diperlukan instalasi. Temukan file SWF di komputer Anda. Ini akan menjalankan game Flash secara instan. Ubah ukuran jendela sesuai kebutuhan.
Karena ini adalah alat debugging, Adobe tidak memiliki rencana untuk menghentikan perangkat lunak ini. Anda selalu dapat mengunduhnya dari situs web yang sesuai. Pastikan Anda memiliki beberapa game Flash untuk dijalankan.

Gunakan Arsip Internet

Arsip Internet mengumumkan pada tahun 2020 bahwa mereka juga akan mulai melestarikan game Flash, animasi, dan banyak lagi. Jika Anda berhasil menemukan game Flash favorit Anda di sana, Anda memiliki pilihan untuk memainkannya secara online atau mengunduhnya. Memainkannya secara online jauh lebih baik karena Anda tidak perlu mengunduh apa pun yang dapat merusak komputer Anda.

Selain game yang ada di sana, kreasi Flash Anda sendiri dapat diunggah ke Arsip Internet. Dibandingkan dengan Flashpoint dan Flash Game Archive, Internet Archive memiliki jumlah permainan yang terbatas. Namun, kemampuan untuk memainkannya di sana menarik bagi mereka yang tidak ingin mengunduh game apa pun.

Sin tidak perlu mengunduh, kunjungi game Flash apa pun di situs web, dan Anda dapat mengeklik tombol besar untuk mulai bermain. Anda harus menunggu hingga game “mengunduh”, tetapi waktu yang dibutuhkan sangat sedikit.

Mainkan game Flash menggunakan The Internet Archive dengan melakukan hal berikut:
Kunjungi Internet Archive.Temukan game Flash yang ingin Anda mainkan.Pilih URL internet game .Klik tombol “Mulai”.Tunggu permainan dimuat.Mulai bermain.
Ada banyak permainan untuk membuat Anda sibuk, dan karena selalu ditambahkan, Anda selalu dapat kembali dan melihat apakah permainan favorit Anda akhirnya diunggah .

Remake Modern dari Game Flash Lama Favorit Anda

Sementara kebanyakan game Flash adalah kreasi sederhana yang dimulai sebagai proyek menyenangkan, beberapa terpilih berhasil “lulus” dan menjadi video game yang lengkap. Game seperti Hatoful Boyfriend dan Super Meat Boy saat ini menghasilkan keuntungan bagi pencipta aslinya. Anda masih dapat menemukan versi lama di arsip, tetapi remake secara inheren lebih unggul dalam banyak hal.

Jika Anda merasa bahwa remake dan remaster ini lebih baik, tentu saja, belilah. Sebagian besar waktu, pengembang telah memperbaiki bug mereka dan memperbarui grafik, di antara banyak peningkatan lainnya.

Seri Bloons, sementara itu, dapat diakses melalui Steam, dan semua game sepenuhnya gratis untuk dimainkan. Anda memang harus mengunduh Steam dan mendaftar untuk sebuah akun, tetapi itu juga gratis. Atau, Anda juga dapat mengunduh versi PC mandiri.

Sementara game Bloons dapat ditemukan di arsip lain, NinjaKiwi telah mengarsipkan gamenya di situs webnya sendiri. Versi lama mungkin masih menarik bagi Anda, jadi tidak apa-apa untuk memainkannya.

Berbagai Emulator Flash Game Lainnya

Berikut adalah beberapa emulator Flash game lainnya. Semuanya gratis untuk diunduh tetapi bervariasi dalam seberapa efektif mereka meniru game Flash asli Anda. Jangan ragu untuk mencoba apa yang cocok untuk Anda.
Lightspark
Anda dapat mengunduh Lightspark untuk memainkan banyak game Flash, dan karena mendukung ActionScript 3, ini berfungsi dengan banyak game Flash yang dibuat setelah tahun 2006. Jika Ruffle tidak mendukung file SWF, coba di Lightspark.
WAFlash
Emulator berbasis web ini memungkinkan Anda menjalankan game secara instan dengan menyeret dan menjatuhkan file SWF favorit Anda. Namun, tidak diketahui apakah itu akan menjadi komersial, dan tidak ada versi offline atau ekstensi browser. Namun demikian, ini adalah cara yang nyaman untuk menikmati game Flash.
swf2js
Versi gratis “swf2js” layak untuk game Flash dan cenderung sangat akurat, dan tidak memiliki banyak gangguan visual. Namun, versi berbayar secara inheren lebih unggul.

FAQ Tambahan
Apakah Flash hilang selamanya?

Ya, itu hilang untuk selamanya. Browser Anda tidak akan pernah menjalankan Flash lagi. Satu-satunya cara untuk menikmati file Flash adalah dengan menggunakan emulator atau menemukannya di Internet Archive.
Apa yang menggantikan Flash di browser modern?

Beberapa penggantinya adalah HTML 5, WebGL, dan WebAssembly. Ini jauh lebih aman daripada Flash, yang mengalami berbagai masalah keamanan.

Ini Membawa Saya Kembali

Emulator dan cara memainkan game Flash klasik ini cukup membantu jika Anda ingin menghidupkan kembali masa lalu yang indah. Saat Flash sudah tidak ada lagi, banyak penggemar baru mulai menciptakan cara agar orang lain tetap dapat menikmati game ini. Pilih metode favorit Anda dan mulailah bermain.

Apa game Flash favorit Anda? Emulator mana yang menurut Anda paling efektif? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: