Cara Memaksa Keluar dari Aplikasi di iMac atau Macbook

Salah satu cara paling efektif untuk memperbaiki masalah dengan aplikasi adalah dengan menutupnya secara paksa. Berbeda dengan meminimalkan atau menutup aplikasi, opsi Force Quit akan mematikan semua proses, bahkan untuk aplikasi yang dibekukan dan tidak akan merespons.

Memaksa aplikasi yang tidak responsif untuk berhenti di Mac Anda adalah cara cepat dan efektif untuk menghentikan program dari memuat atau yang berjalan terlalu lambat. Ini mungkin aplikasi yang ingin tetap terbuka sepanjang waktu atau aplikasi yang tidak merespons, tetapi bagaimanapun juga, ini bisa sangat membuat frustrasi.

Ada beberapa cara untuk menutup paksa aplikasi di Mac, dan kami akan tinjau masing-masing dari mereka di artikel ini.

Cara Menutup Paksa Aplikasi di macOS

Meskipun petunjuknya dapat bervariasi tergantung pada versi macOS yang Anda jalankan (Big Sur, Catalina, dll.), menutup paksa aplikasi relatif sederhana. Ada beberapa cara untuk memaksa berhenti dan aplikasi di macOS. Kami akan membahasnya di bagian ini.

Metode 1 – Gunakan Menu Apple

Salah satu opsi yang lebih mudah dan universal untuk memaksa keluar dari aplikasi adalah menggunakan menu Apple. Apa yang baik tentang opsi ini adalah bahwa terlepas dari bagaimana aplikasi berperilaku (menggunakan semua RAM Anda, tidak responsif, dll.) Itu akan dengan cepat menutup aplikasi yang bermasalah. Berikut cara melakukannya:
Pastikan aplikasi bermasalah aktif, di atas aplikasi lain yang dijalankan Mac Anda.
Menggunakan Mac OS X Dock

Salah satu cara paling sederhana dan termudah untuk menutup paksa aplikasi yang tidak responsif adalah dengan menggunakan ‘ Option’ key:

Gunakan tombol ‘control’ dan mouse atau trackpad untuk mengklik aplikasi.

Sambil menahan tombol Option, Anda akan melihat bahwa ‘Quit’ akan berubah menjadi ‘Force-Quit’. Aplikasi akan ditutup secara otomatis down setelah Anda mengklik opsi ‘Paksa-Berhenti’.

Gunakan Monitor Aktivitas untuk Mematikan Aplikasi

Bagi siapa saja yang tidak terbiasa dengan cara kerja Monitor Aktivitas, ini sangat mirip dengan ‘Pengelola Tugas’ di Windows atau ‘Monitor Sistem’ untuk pengguna Linux. Pada dasarnya, Anda dapat dengan mudah mengontrol semua proses dan aplikasi dari Monitor Aktivitas. Untuk menggunakan Monitor Aktivitas untuk mematikan aplikasi secara paksa:

Buka ‘Finder’ dari Dock

Klik ‘Aplikasi’ lalu ‘Utilitas’

Klik ‘Monitor Aktivitas’

Klik ‘Tab Energi’ dan klik dua kali aplikasi

Klik ‘Keluar’

Gunakan Kekuatan -Keluar Jendela

Opsi lain untuk menutup aplikasi adalah dengan menggunakan Jendela Aplikasi Keluar Paksa.

Di Mac Anda, cukup tekan ‘Command’ plus ‘Option’ plus ‘Escape,’ yang akan memulai jendela force-quit. Selanjutnya, pilih nama aplikasi yang tidak responsif dan klik tombol ‘Paksa-Berhenti’ untuk segera menutup aplikasi.

Gunakan Pintasan di Keyboard

Untuk siapa saja yang lebih suka menggunakan pintasan dasar sederhana di keyboard untuk berhenti secara paksa sebuah program, ini adalah proses yang sangat mudah.

Pertama, pilih aplikasi mana yang tidak responsif dan kemudian bawa ke permukaan. Lakukan ini hanya dengan mengklik kanan pada ikon aplikasi target yang ditampilkan di Dock dan kemudian memilih ‘Tampilkan/Tampilkan Semua/Tampilkan Semua Windows’ sesuai dengan aplikasi mana yang tidak merespons.

Setelah aplikasi tertentu ditampilkan di latar depan, kemudian tahan tombol ‘Command’ plus ‘Option’ plus ‘Shift’ plus ‘Escape’ selama beberapa detik untuk memaksa aplikasi ditutup.

Menggunakan salah satu dari lima ini metode akan menyelesaikan masalah Anda dengan langsung menutup aplikasi yang tidak responsif di sistem Anda sehingga Anda dapat segera kembali bekerja.

Pertanyaan Umum

Berikut adalah beberapa jawaban lagi untuk membantu pengguna Mac kami menutup paksa aplikasi.
Saya terus mengalami masalah yang sama dengan satu aplikasi, apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda memiliki satu aplikasi yang terus membeku dan Anda sering terpaksa menutupnya, mungkin ada beberapa alasan. Pertama, periksa apakah aplikasi sudah diperbarui dengan versi terbaru. Jika ya, periksa apakah perangkat Mac OS X Anda juga menjalankan versi terbaru. Jika Anda menjalankan versi aplikasi yang lebih baru tetapi versi macOS yang lebih lama, keduanya mungkin tidak bekerja dengan baik bersama-sama.

Jika semuanya mutakhir sebagaimana mestinya, periksa apakah aplikasi tersebut berasal dari pengembang tepercaya (kemungkinan lakukan pada Mac) lalu coba instal ulang. Jika Anda masih mengalami masalah, Anda mungkin ingin menghubungi untuk mendapatkan dukungan lebih lanjut dari pengembang Aplikasi atau Apple.

Apa pintasan keyboard untuk memaksa keluar dari aplikasi? ” yang akan mengakses menu pop-up aplikasi yang sedang berjalan. Jika aplikasi yang bermasalah sudah ada di layar Anda, pintasan ini akan membawa Anda langsung ke aplikasi.

Apakah “Paksa Keluar” memengaruhi aplikasi?

Jawabannya tergantung pada aplikasi dan apa yang Anda lakukan dengannya . Jika aplikasi sedang dalam pembaruan, itu dapat menyebabkan beberapa masalah di mana Anda hanya perlu mencopot pemasangan lalu memasangnya kembali.

Jika Anda sedang mengerjakan aplikasi dan belum menyimpan kemajuan Anda, kemungkinan besar Anda akan kehilangan semua kemajuan Anda.

Seluruh layar saya beku, apa yang bisa saya lakukan?

Jika aplikasi yang Anda permasalahkan tidak dapat diakses karena seluruh komputer Anda beku, Anda dapat melakukan restart paksa pada Mac Anda. Untuk melakukan ini, Anda dapat menahan tombol daya dan menunggu hingga mati. Kemudian, tunggu selama 30 detik untuk menyalakannya kembali. Ini akan menyelesaikan masalah.

Atau, Anda dapat menggunakan tombol perintah+kontrol sambil menahan tombol daya. Tunggu beberapa saat setelah benar-benar mati lalu tahan tombol daya untuk menghidupkan kembali sistem Anda.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: