Cara Memasang Ekstensi Chrome di Android

Bisakah Anda menginstal ekstensi Chrome di Android? Pertanyaan ini muncul setiap saat baik di kotak surat kami dan online. Mengingat Chrome dan Android dibuat oleh Google, Anda akan berpikir bahwa Anda dapat menggunakan Chrome secara maksimal. Sayangnya, ekstensi Chrome tidak kompatibel dengan browser Chrome Android.

Dengan itu, bagaimana Anda bisa menggunakan ekstensi favorit di ponsel Anda? Gunakan peramban lain. Ada lusinan browser di luar sana yang bekerja dengan Android sehingga Anda tidak kekurangan pilihan.
Cara Menggunakan Ekstensi Chrome di Android

Chrome menggunakan platform Chromium open-source untuk browsernya, tetapi begitu juga banyak pesaingnya. Cara termudah untuk mengatasi keterbatasan Chrome tetapi tetap menjaga pengoperasian yang familier dan dapat menggunakan ekstensi apa pun yang Anda inginkan di desktop adalah dengan menggunakan browser berbasis Chromium.

Salah satu opsi browser yang lebih populer adalah Yandex. Browser ini tersedia di Google Play Store sehingga tidak perlu melakukan sideload file apa pun. Yandex juga menawarkan dukungan penuh untuk Toko Web Chrome. Jika Anda ingin menggunakan Ekstensi Chrome di perangkat Android Anda, ini adalah tempat yang baik untuk memulai.

Untuk mengakses Toko Web Chrome, lakukan ini:
Buka Google Play Store dan unduh Yandex. Setelah terpasang, ketuk bilah alamat di atas. Ketik chrome.google.com/webstore. Tentu saja, Anda juga dapat mengetuk tautan ini. Saat Toko Web terbuka, ketuk bilah pencarian dan ketik ekstensi yang ingin Anda tambahkan. Catatan: Gunakan dua jari untuk memperkecil karena Anda mungkin akan melihat versi desktop. Ketuk ‘Instal’ di sudut kanan atas.
Ekstensi Anda sekarang akan muncul di browser web untuk Anda gunakan kapan pun Anda mau. Beberapa pengguna mengeluh tentang Yandex karena banyak konten di Rusia. Jadi, jika ini bukan browser yang Anda sukai, kami telah mencantumkan yang lain di bagian berikutnya yang dapat Anda coba.
Ekstensi Lain

Ada banyak di luar sana dan beberapa di antaranya berfungsi dengan ekstensi. Berikut adalah beberapa yang mungkin ingin Anda coba.
Brave

Brave browser adalah browser populer untuk pengguna desktop dan Android. Pertama, browser ini tidak mendukung ekstensi, tetapi tidak selalu membutuhkannya. Ini memiliki kontrol privasi bawaan dan pemblokiran iklan yang sangat efektif. Jika Anda menggunakan ekstensi untuk menghentikan iklan atau memblokir video putar otomatis, browser ini melakukannya secara default.

Jika Anda menggunakan ekstensi lain, Brave mungkin bukan browser yang Anda cari tetapi jika Anda mengutamakan privasi, itu pasti satu untuk dipertimbangkan.
Kiwi Browser

Kiwi Browser adalah browser berbasis Chromium lain yang mendukung ekstensi. Kiwi juga memiliki pemblokiran iklan bawaan dan bekerja sangat cepat. Ini adalah unduhan yang ringan, menginstal dengan cepat, dan juga menyala dengan cepat. Ini adalah peramban yang bagus untuk penggunaan umum dan memblokir sebagian besar iklan secara default.

Setelah dimuat, pilih ikon menu tiga titik, pilih Ekstensi dan Anda akan melihat tautan ke Kiwi Web Store, yang berhadapan dengan Google Play Store. Pilih ekstensi Anda dari sana dan Anda siap untuk pergi.
Bromite Browser

Bromite Browser adalah proyek GitHub dengan pemblokiran iklan bawaan. Ini didasarkan pada Chromium tetapi telah dipreteli seminimal mungkin untuk mempercepat penjelajahan dan meminimalkan pengumpulan data. Karena banyak ekstensi yang kami gunakan untuk memblokir iklan dan untuk menghentikan Google mengumpulkan data kami, ini juga merupakan browser yang layak untuk dicoba.

Bromite tidak cukup memenuhi ringkasan kerja dengan ekstensi, tetapi seperti Brave, penawaran inti mencakup sebagian besar ekstensi yang kami gunakan setiap hari.

Firefox

Firefox terkenal dan untuk alasan yang baik. Itu selalu menjadi pesaing dekat Chrome karena sama-sama cepat, lebih aman, dan lebih tertarik pada privasi Anda. Itu tidak mendapat dukungan dari raksasa internet tetapi itu tidak menghentikannya untuk berkinerja sangat baik.

Firefox untuk Android mendukung pengaya sendiri sehingga menawarkan pengalaman yang sangat mirip di Android seperti halnya di desktop. Sebagian besar ekstensi Chrome akan memiliki Firefox yang setara, jadi jika Anda memiliki pengaturan favorit di laptop atau desktop, Anda dapat menirunya hampir persis di ponsel.
Dolphin Browser

Dolphin Browser adalah performa terbaik lainnya untuk Android yang mendukung add-on. Saya telah menggunakannya selama bertahun-tahun dan sementara pembaruan terkini belum memindahkannya sejauh yang saya inginkan, itu masih merupakan browser Android yang solid yang mendukung add-on. Ini juga memiliki pemblokir iklan dan bekerja dengan Flash juga. Untungnya, internet telah beralih dari Flash, tetapi jika Anda memainkan game lawas apa pun yang menggunakannya, Dolphin akan memainkannya.

Dolphin bekerja dengan cepat, memblokir sebagian besar iklan secara default dengan hanya beberapa yang lolos, dan bekerja persis seperti yang Anda harapkan dari browser . Ini layak untuk dicoba.

Sangat disayangkan bahwa Chrome tidak berfungsi dengan ekstensi di Chrome. Untungnya, Anda memiliki beberapa opsi bagus untuk peramban alternatif yang berfungsi dengan ekstensi atau menyediakan layanan inti tanpa memerlukannya.

Pertanyaan Umum

Kami menyertakan bagian ini untuk menjawab lebih banyak pertanyaan umum Anda.
Dari mana saya mendapatkan Ekstensi Chrome?

Biasanya Anda bisa mendapatkan ekstensi untuk Chrome dari Toko Web Chrome. Namun, browser Chrome versi seluler tidak memilikinya. Opsi pencarian bahkan tidak tersedia bagi Anda untuk mencari ekstensi favorit Anda. Inilah sebabnya mengapa kita harus menggunakan browser alternatif. Beberapa dari yang tercantum di atas tidak menawarkan ekstensi itu sendiri, tetapi mereka menawarkan banyak fitur yang mungkin Anda cari di sebuah ekstensi.

Apa yang dilakukan Ekstensi Chrome?

Ekstensi Chrome mirip dengan aplikasi di ponsel Anda. Ada cukup banyak satu untuk semuanya. Untuk menghemat uang dengan ekstensi Honey untuk menyempurnakan Grammar Anda dengan Grammarly, ada banyak opsi yang tersedia. Halaman beranda Toko Web Chrome mencantumkan beberapa opsi yang lebih populer, jadi jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda cari, mulailah dari sana.

Apakah Anda memiliki saran untuk alternatif Chrome untuk Android? Beri tahu kami tentang hal itu di bawah jika Anda melakukannya!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: