Cara Mematikan Video Putar Otomatis di Facebook

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneMacWindowsPerangkat Hilang?
Anda sedang duduk di bus atau ruang tunggu dan dengan santai menelusuri Facebook. Tiba-tiba semua mata menoleh ke arah Anda saat suara video keras di perangkat Anda mulai diputar. Rasa malunya hampir terlalu banyak. Pada titik tertentu, sebagian besar dari kita telah menjadi korban video putar otomatis yang ditawarkan oleh Facebook. Meskipun konten terkadang dapat sesuai dengan minat Anda, lebih sering daripada tidak fitur tersebut menjadi ketidaknyamanan.

Terlebih lagi, terkadang konten putar otomatis bahkan dapat berbahaya dan menyinggung Anda atau orang lain. Untuk alasan ini, penting untuk mengetahui cara menonaktifkan fitur ini.

Penting untuk diingat bahwa proses untuk menonaktifkan putar otomatis berbeda-beda tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Beruntung bagi Anda, dalam artikel ini, kami telah menyoroti cara melakukannya.

Cara Mematikan Putar Otomatis di Facebook di Windows PC

Keputusan Facebook untuk menampilkan video putar otomatis di garis waktu telah menimbulkan reaksi beragam. Di antara kekhawatiran yang muncul adalah bahwa fitur tersebut memakan terlalu banyak ruang dan mengalihkan perhatian dari konten lain di desktop.

Jika Anda menggunakan Facebook versi web, berikut cara menghentikan autoplay.
Buka menu akun dengan mengeklik ikon akun di sudut kanan atas Facebook. Buka “Pengaturan & Privasi,” lalu “Pengaturan.” Gulir hingga Anda melihat opsi untuk “Video.” Cari opsi “Putar Otomatis Video” dan pilih “Nonaktif.”
Catatan: Mengubah pengaturan untuk putar otomatis di browser desktop Anda tidak secara otomatis memperbarui pengaturan di aplikasi Facebook seluler Anda. Ada banyak browser yang memungkinkan Anda mematikan putar otomatis serta beberapa yang tidak. Google Chrome, misalnya, tidak memiliki fungsi untuk mematikan autoplay. Microsoft Edge, Firefox, dan Safari, bagaimanapun, melakukan.

Cara Mematikan Autoplay di Facebook di Mac

Menonaktifkan fungsi autoplay di Mac adalah proses yang relatif mudah. Kami di sini untuk membuatnya lebih dari itu dengan membimbing Anda melalui setiap langkah. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Buka Safari dan klik “Preferensi” yang terletak di bilah menu atas. Klik “Situs Web.” Pilih “Putar Otomatis” di menu samping. Saat Anda melihat menu tarik-turun di bagian bawah -kanan jendela, pilih “Never Autoplay.”
Cara Mematikan Autoplay di Facebook di iPhone App

Autoplay bisa sangat mengganggu saat menavigasi smartphone karena mungkin lebih sulit untuk menghindari video tertentu yang tidak ingin Anda lihat (* batuk * Bayi Hiu batuk). Untuk menonaktifkan fitur putar otomatis di iPhone Anda, Anda dapat melakukan hal berikut:
Buka aplikasi Facebook di perangkat iOS Anda. Klik tombol menu yang terletak di bagian bawah layar Anda. Ketuk “Pengaturan & Privasi” lalu “Pengaturan.” Gulir ke bawah hingga Anda melihat “Media dan Kontak,” lalu ketuk “Video dan Foto.” Ketika Anda melihat “Putar Otomatis”, Anda akan diberikan opsi untuk mematikannya. nonaktifkan putar otomatis melalui pengaturan “Aksesibilitas” Anda. Begini caranya:
Ketuk “Pengaturan.” Ketuk “Aksesibilitas.” Ketuk “Gerakan.” Anda akan melihat opsi untuk “Putar Otomatis Pratinjau Video” dengan bilah hijau di sebelahnya. Geser bilah ke kiri untuk mematikan autoplay.
Cara Mematikan Autoplay di Facebook di Aplikasi Android

Untuk menonaktifkan fitur Autoplay di Android ikuti langkah berikut:
Tekan ikon tiga garis di pojok kanan atas aplikasi Facebook Anda.Pilih opsi “Pengaturan & Privasi”, lalu “Pengaturan.” Gulir hingga Anda melihat “Media dan Konten” lalu ketuk “Video dan Foto.” Ketuk “Putar Otomatis” dan atur ke “Jangan Pernah Putar Video Otomatis.”
Cara Mematikan Putar Otomatis aktif Facebook di iPad

Untuk menonaktifkan putar otomatis di iPad Anda, Anda hanya perlu melakukan hal berikut:
Buka aplikasi Facebook. Ketuk “Pengaturan & Privasi” lalu ketuk “Pengaturan.” Gulir ke “Preferensi” lalu ketuk “Media.” Gulir ke “Putar Otomatis” dan pilih “Never Play Autoplay Videos.”
Cara Mematikan Autoplay di Facebook Stories

Facebook kini telah menyertakan fitur ini di Facebook Stories. Karena mereka telah membuka fitur Cerita mereka ke Halaman, perusahaan sekarang dapat memasukkan video dengan suara ke dalam konten iklan melalui putar otomatis. Untuk menghindari fitur ini cukup ikuti petunjuk di bawah ini.

Dari desktop Anda:
Masuk ke Facebook.Klik panah yang menghadap ke bawah di bilah alat dan klik “Pengaturan.” Klik “Video.” Di sebelahnya tertulis “Putar Otomatis Video” pilih “Mati ” dari menu drop-down.
FAQs
Apa Tujuan Autoplay?

Tujuan autoplay adalah untuk menarik perhatian pengguna. Video biasanya berisi konten promosi dan upaya untuk memikat pemirsa dengan stimulasi suara dan visual.

Fitur ini sangat bagus untuk merek yang ingin meluncurkan produknya di platform yang lebih luas.
Apakah Autoplay Hanya untuk Iklan?

Jawabannya adalah tidak . Facebook telah mengaktifkan fungsi putar otomatis untuk konten video yang dibagikan oleh pengguna mana pun. Hal ini memberikan ruang bagi sejumlah besar konten untuk dibagikan di platform oleh siapa saja termasuk perusahaan.

Pikiran Akhir

Dengan meningkatnya popularitas berbagi video selama beberapa tahun terakhir, konsumen dihadapkan pada lebih banyak konten video daripada sebelumnya. Selain itu, semakin populernya aplikasi seperti TikTok dan Instagram (dan fitur Reel-nya) dapat mendorong perusahaan seperti Facebook untuk berpikir di luar kebiasaan. Dengan menjadikan fitur putar otomatis sebagai default di seluruh platformnya, Facebook tampaknya berharap dapat bersaing dengan aplikasi lain dan membuat komunitasnya tetap terlibat.

Apakah Anda yakin Facebook mengambil langkah yang tepat untuk berinteraksi dengan audiensnya? Mungkinkah ada alternatif untuk putar otomatis? Jika demikian, apa itu? Jika Anda memiliki jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini atau mungkin ingin mengajukan pertanyaan Anda sendiri, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: