Cara Membagikan Tautan dari Dropbox

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Berbagi file di Dropbox dibuat sangat mudah. Anda dapat menggunakan tautan untuk membagikan file Anda dengan orang lain yang memungkinkan mereka mengedit, berkomentar, atau hanya melihat file. Tidak perlu permintaan khusus untuk mengakses file atau menambahkan email seseorang ke file. Tetapi bagaimana Anda membagikan file melalui tautan di Dropbox? Artikel ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk berhasil membagikan file Dropbox melalui tautan.

Cara Berbagi Tautan Dropbox Dari PC

Situs web Dropbox dan perangkat lunak desktop menyederhanakan pengiriman tautan untuk file atau folder. Ingatlah bahwa jika Anda membagikan tautan dengan izin “hanya lihat”, orang yang mengakses dokumen tidak dapat mengeditnya.

Tautan bersama dapat disesuaikan dengan akun profesional untuk klien Dropbox Professional dan Business.

Jika Anda ingin berbagi tautan menggunakan situs web Dropbox dalam tampilan-saja, langkah-langkahnya adalah:
Masuk ke akun Anda. Arahkan penunjuk mouse ke file atau folder yang ingin Anda bagikan dan pilih ikon “Bagikan”. Tampilannya seperti persegi panjang dengan panah atas. Klik “Buat” jika tidak ada tautan yang dibuat. Jika Anda sudah membuat tautan, klik tautan “Salin”. Tautan Anda sekarang ada di papan klip. Anda kemudian dapat membagikannya dengan menyalin dan menempelkannya di email atau pesan.
Jika Anda ingin melakukannya melalui klien desktop Dropbox, berikut caranya:
Luncurkan File Explorer (Windows) atau Finder dan buka folder Dropbox.Untuk berbagi file atau folder, klik kanan atau klik perintah.Pilih “Bagikan….”Jika belum membuat tautan, klik tautan “Buat”. Jika telah menghasilkan tautan, pilih “Salin tautan” di samping “Dapat melihat”. Anda dapat menyalin dan menempelkan tautan untuk membagikannya dengan seseorang.
Namun, langkah-langkah ini adalah membagikan file dalam mode hanya lihat. Ini adalah pengaturan default saat membuat tautan. Jika Anda ingin mengizinkan orang lain untuk mengedit, Anda harus menyesuaikannya di pengaturan. Untuk melakukannya, cukup ikuti langkah-langkah berikut:
Masuk ke situs web Dropbox. Arahkan kursor ke nama file dan pilih tombol “Bagikan”. Navigasikan ke Setelan”. Bergantung pada preferensi Anda, klik “Tautan untuk mengedit” atau “Tautan untuk dilihat.”Klik tombol “Simpan” .
Cara Berbagi Tautan Dropbox Dari iPhone

Aplikasi seluler memberi Anda kemudahan mengakses file saat bepergian. Ini menawarkan semua fitur yang sama dengan versi desktop, termasuk berbagi tautan. Untuk membagikan tautan Dropbox dari iPhone, ikuti langkah-langkah berikut:
Luncurkan aplikasi seluler Dropbox.Tekan “…” di samping file atau folder untuk membagikannya.Pilih “Bagikan”.Pilih “Salin tautan”.Salin tautan dan tempel di tempat Anda ingin membagikannya.
 Cara Berbagi Tautan Dropbox Dari Perangkat Android

Aplikasi seluler Dropbox untuk perangkat Android mirip dengan aplikasi iPhone. Karena itu, langkah-langkahnya juga serupa. Ingatlah bahwa langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat Android, tetapi ide utamanya tetap sama. Begini caranya:
Buka aplikasi seluler Dropbox di perangkat Android Anda.Untuk berbagi file atau folder, tekan tiga titik vertikal.Tekan “Bagikan”.Pilih “Salin tautan” untuk menyalinnya ke papan klip.Salin dan tempel tautan ke email atau pesan untuk membagikannya.
Cara Berbagi Tautan Dropbox Dari iPad

iPad dan iPhone menggunakan sistem operasi yang sama, artinya aplikasi selulernya sama. Akibatnya, langkah-langkah untuk membagikan tautan Dropbox di iPad mirip dengan membagikannya di iPhone.
Luncurkan aplikasi Dropbox di iPad Anda.Untuk membagikan file atau folder, ketuk “…” yang ada tepat di sebelahnya.Klik “ Bagikan.” Pilih “Salin tautan.” Salin dan tempel tautan untuk membagikannya.
Cara Berbagi Tautan Dropbox melalui Email?

Anda juga dapat membagikan tautan ke file Dropbox langsung melalui email. Berbagi dapat dilakukan di versi desktop dan seluler.

Untuk melakukannya di desktop, ikuti langkah-langkah berikut:
Masuk ke situs web Dropbox atau buka klien desktop. Arahkan penunjuk mouse ke file atau folder yang ingin Anda bagikan dan klik ikon Ikon “Bagikan”. Masukkan alamat email, nama orang yang ingin Anda ajak berbagi file atau folder, lalu pilih seseorang dari hasil. Anda dapat menambahkan orang dalam jumlah tidak terbatas.Pilih antara “Dapat mengedit” dan “Dapat melihat”. Tambahkan pesan, jika perlu, lalu centang kotak untuk membagikan pesan ini sebagai komentar.Bagikan file atau folder dengan mengeklik “Bagikan .”
Berikut cara melakukannya di aplikasi seluler:
Luncurkan aplikasi seluler Dropbox.Untuk berbagi file atau folder, ketuk tiga titik vertikal di Android atau “…” di sebelah file atau folder.Pilih “Bagikan.”Pilih “ Undang.” Tekan “Kirim ke” dan masukkan alamat email atau nama orang yang ingin Anda ajak berbagi file atau folder. Pilih “Dapat melihat” atau “Dapat mengedit” di bawah daftar penerima. Pilih “Bagikan .”
Cara Berbagi Tautan Dropbox Dengan Non-Anggota

Anda dapat berbagi file dengan siapa saja, termasuk mereka yang tidak memiliki akun Dropbox, dengan mengirimkan tautan. Tautan dapat dibagikan melalui email, jaringan media sosial, SMS atau pesan instan, platform perpesanan, di mana pun Anda merasa nyaman.

Tautan publik hanya dapat dilihat, dan secara default, siapa pun yang memiliki tautan dapat melihat dan mengunduh file. Namun, pengguna Dropbox Professional dan Dropbox Business dapat menyetel tanggal kedaluwarsa dan kata sandi untuk tautan yang mereka bagikan.

Jika Anda memiliki akun bisnis dan ingin menambahkan kata sandi ke tautan, berikut cara melakukannya:
Masuk ke versi desktop atau seluler dari Dropbox.Pilih ikon “Bagikan”.Jika tautan belum dibuat, klik Buat, lalu salin tautannya.Pilih tombol roda gigi di sudut atas untuk membuka “Pengaturan”. Tekan “Tautan untuk Dilihat.”Pilih “Orang dengan sandi” selain “Siapa yang memiliki akses.”Buat sandi.Klik “Simpan.”
Kerja Tim Membuat Impian Berhasil

Sekarang Anda dapat membagikan tautan Dropbox untuk memungkinkan orang lain mengakses file dan folder Anda guna melihat atau mengeditnya. Fitur ini memberikan peluang kolaborasi yang lebih besar, memungkinkan banyak orang mengedit satu dokumen sekaligus. Menggunakan tautan memudahkan untuk menambahkan sesuatu, melakukan koreksi, atau memantau proyek tim.

Selain itu, jika Anda tidak ingin tautan Anda dapat diakses untuk waktu yang lama, Anda dapat menambahkan tanggal kedaluwarsa. Ini membuat file dan folder Anda lebih aman karena hanya ada sedikit waktu untuk mengakses file. Dikombinasikan dengan fitur kata sandi, Anda dapat memastikan bahwa semua file Anda aman dan terlindungi.

Pernahkah Anda membagikan file Dropbox? Apa pendapat Anda tentang berbagi seluruh file dan folder dengan orang lain? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: