Cara Membandingkan Kecepatan Hard Drive atau SSD Anda

Benchmarking telah menjadi cara populer untuk menguji kinerja atau perangkat keras selama bertahun-tahun. Ini terutama berlaku untuk prosesor, tetapi Anda juga dapat membandingkan perangkat keras lain, termasuk hard drive dan SSD Anda. Ikuti terus dan kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin membandingkan hard drive atau SSD Anda serta beberapa alat untuk melakukannya.

Baca dan tulis berurutan

Untuk memberi Anda ikhtisar singkat tentang apa yang diharapkan saat Anda membandingkan hard drive drive atau SSD, salah satu tes akan menjadi tes berurutan. Ini akan menguji kecepatan baca dan tulis berurutan dari hard drive. Pembacaan berurutan pada dasarnya adalah pola akses disk di mana pengguna mengakses sebagian besar data (misalnya film, foto, dll). Biasanya diukur dalam megabita per detik dalam perangkat lunak pembandingan.

Kecepatan tulis berurutan adalah pola akses disk lain yang digunakan untuk menulis blok data ke lokasi di hard drive atau SSD (misalnya, proses yang terjadi saat Anda menginstal perangkat lunak). Pola akses disk ini mirip dengan pembacaan sekuensial, kecuali bahwa itu terjadi saat Anda menulis (menginstal) file besar ke drive, seperti video, musik, foto, dll. Ini juga diukur dalam megabita per detik.

4K baca dan tulis acak

Tes lain yang akan Anda temukan pada perangkat lunak pembandingan adalah 4K (Format Lanjutan, lihat definisi di sini) baca dan tulis acak. Sejauh penulisan acak 4K, ini adalah pola akses disk lain di mana blok data 4K ditulis — Anda dapat menebaknya — lokasi acak dari hard atau SSD. Juga diukur dalam megabyte per detik, perangkat lunak pembandingan akan menunjukkan kepada Anda seberapa cepat dan efektif perangkat penyimpanan dalam menyimpan potongan informasi di lokasi acak pada disk.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, pembacaan acak 4K serupa, hanya saja ia mengukur seberapa efektif pembacaan data dari lokasi acak pada hard drive atau SSD. Perangkat lunak benchmarking pada dasarnya akan menunjukkan kepada Anda seberapa baik kinerja hard drive atau SSD Anda dalam mengambil data dengan cepat dari lokasi acak.

Mendapatkan benchmarking

Itu adalah bagian utama dari bahasa yang harus Anda ketahui sebelum melompat ke perangkat lunak benchmarking. Ini akan membantu Anda memahami lebih baik seberapa baik kinerja hard drive atau SSD Anda. Namun, perlu dicatat bahwa, tergantung pada perangkat lunak pembandingan yang Anda ambil, Anda akan melihat tes yang berbeda. Beberapa perangkat lunak hanya menampilkan pengujian acak dan berurutan, sementara perangkat lunak lain juga melakukan pengujian di dunia nyata (misalnya berapa lama waktu yang dibutuhkan pengguna untuk menulis file ISO (atau file serupa) ke lokasi di hard disk drive).

Berikut ini hanya beberapa alat yang kami sarankan Anda lakukan untuk melakukan benchmark pada perangkat penyimpanan Anda.

ATTO Disk

ATTO Disk adalah bagian populer dari perangkat lunak pembandingan gratis yang direkomendasikan oleh beberapa produsen berbeda. ATTO menggunakan data yang dapat dikompresi untuk membandingkan perangkat penyimpanan Anda. Sekarang, menggunakan data yang dapat dikompresi dapat meningkatkan angka kinerja, namun, Anda dapat membayangkannya sebagai semacam “memalsukan” angka, karena angka kinerja ekstra tersebut tidak selalu akan berkorelasi langsung dengan penggunaan di dunia nyata. Produsen

top menggunakan ATTO untuk membangun dan drive uji, menawarkan ukuran transfer dari 512B hingga 64MB, panjang transfer dari 64KB hingga 32GB, dan bahkan dukungan untuk I/O yang tumpang tindih dan berbagai kedalaman antrian.

[ATTO Disk]

As SSD

Opsi lain yang sangat baik adalah As SSD Benchmark. Ini menggunakan data yang tidak terkompresi untuk menguji SSD. Ini memastikan bahwa itu benar-benar menempatkannya melalui pemeras. Pada gilirannya, ini memberi Anda kecepatan yang lebih rendah, tetapi juga memberi Anda gambaran tentang apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda benar-benar menggunakan SSD Anda.

[AS SSD]

Crystal Disk

Terakhir dalam daftar kami adalah Crystal Disk. Ini pada dasarnya melakukan hal yang sama dengan dua opsi lainnya di sini, tetapi merupakan pilihan tambahan lain yang Anda miliki. Ini mengukur kinerja baca dan tulis acak dan berurutan, sama seperti yang lain, tetapi juga menawarkan beberapa tema/UI tambahan untuk dipilih.

[Crystal Disk]

Video

Closing

Membandingkan hard drive dan SSD Anda bisa sangat berguna jika Anda hanya ingin mengetahui kinerja perangkat penyimpanan Anda saat ini atau bahkan membandingkan berbagai jenis secara berdampingan. Dengan menggunakan alat di atas, Anda akan bisa mendapatkan tampilan yang akurat baik membaca dan menulis berurutan serta membaca dan menulis acak Anda.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: