Cara Membangun Perkebunan Massa yang Bermusuhan di Minecraft

Permainan Minecraft tampaknya cukup sederhana di permukaan. Pada siang hari Anda mengumpulkan sumber daya dan membangun apa pun yang Anda inginkan, dan pada malam hari Anda bersembunyi atau melawan kawanan monster yang keluar dalam kegelapan. Sebagian besar pemain melihat monster ini sebagai pengganggu atau momok paling buruk di tanah, tetapi pada kenyataannya, mereka adalah sumber daya yang harus dikumpulkan seperti halnya batu bulat dan besi dan itulah yang akan kita lihat hari ini, bagaimana cara membangun peternakan massa yang bermusuhan.

Mekanika 

Jadi, langkah pertama dalam membuat peternakan massa musuh Anda sendiri adalah menggali mekanika permainan dan mempelajari kondisi apa yang diperlukan agar massa musuh dapat muncul. Tentu saja, semua orang sudah tahu bahwa gerombolan musuh muncul di malam hari, jadi kegelapan akan menjadi kebutuhan. Secara khusus, level cahaya 7 atau lebih rendah akan diperlukan untuk memungkinkan monster bertelur.

Artinya kita perlu mengontrol level cahaya di area yang kita inginkan mobs untuk bertelur yang bisa kita sebut sebagai spawning area atau platform spawning kita. Ada banyak cara melakukan ini. Pertama-tama, kita bisa membangun sebuah ruangan dan memasang atap langsung di atasnya. Ini akan menghalangi sinar matahari dan cahaya dari sumber lain (obor di pangkalan Anda, kolam lava, dll.) yang mungkin cukup dekat untuk memancarkan cahaya ke peternakan massa yang bermusuhan. Metode kedua mirip dengan yang pertama tetapi mengharuskan Anda untuk membangun atap terpisah yang lebar yang memanjang setidaknya 8 blok melewati tempat Anda ingin gerombolan muncul. Atapnya membentuk pilar bayangan lurus ke bawah menghalangi sinar matahari dari platform pemijahan Anda. Ini sangat berguna jika karena alasan tertentu Anda tidak menginginkan dinding di peternakan monster Anda, tetapi Anda masih harus menjauhkan sumber cahaya yang kuat dari area pemijahan.

Ini juga berarti bahwa jika kita menginginkan pencahayaan statis (alias, lampu yang tidak dapat kita nyalakan dan matikan), kita perlu menggunakan benda-benda yang menghasilkan tingkat cahaya tidak lebih tinggi dari 7 (obor Redstone, dua atau satu kandil, jamur, dll. .). Yang mengatakan, jelas tidak ada salahnya memiliki kegelapan total di dalam area pemijahan jadi jangan ragu untuk membiarkannya gelap.

Selanjutnya, gerombolan musuh membutuhkan blok yang kokoh dan tidak tembus pandang untuk bertelur dengan blok udara tepat di atasnya (kebanyakan gerombolan musuh membutuhkan 2 blok udara untuk mengakomodasi ketinggian mereka. Enderman membutuhkan 3 blok udara). Artinya, kami ingin memastikan platform pemijahan kami terbuat dari balok padat (setengah lempengan berfungsi selama mereka berada di posisi atas dan sama rata dengan bagian atas balok normal di sekitarnya). Kami juga ingin memastikan bahwa tidak ada apa pun di balok yang akan mencegah massa untuk bertelur (air, debu Redstone, pelat tekanan, dll.).

Akhirnya, monster musuh muncul di area sekitar pemain. Jelas, perancang game tidak ingin hal-hal muncul tepat di sebelah Anda sehingga massa yang bermusuhan tidak dapat muncul dalam 24 blok dari tempat Anda berdiri. Mereka dapat bertelur di mana saja dalam radius 144 blok dari tempat Anda berdiri, tetapi mereka berusaha untuk bertelur paling sering antara 25 dan 32 blok jauhnya dari pemain.

Ini berarti kita akan menginginkan tempat bagi pemain kita untuk berdiri yang menempatkan area pemijahan di sweet spot yang terdiri dari 25 hingga 32 blok. Kenyataannya adalah, akan sulit untuk mendapatkan seluruh peternakan di area ini, tapi tidak apa-apa, selama tidak ada area pemijahan yang berjarak 24 blok atau lebih dekat ke tempat Anda akan berdiri untuk menggunakan peternakan.

Sementara secara teknis ini adalah semua informasi yang Anda benar-benar perlukan untuk merancang mob farm yang berfungsi, ada satu mekanik lain yang perlu dipertimbangkan; topi massa yang bermusuhan. Anda dapat memiliki hingga 70 gerombolan musuh di suatu area sebelum permainan tidak mengizinkan gerombolan musuh baru untuk muncul. Jadi, jika kita membuat mob farm kita dan memenuhi semua syarat di atas, mob akan muncul di dalamnya sampai ada 70 dan kemudian akan berhenti. Untuk membuat pertanian efisien, kita perlu memindahkan massa dari mana pun mereka bertelur ke tempat di mana mereka dapat dibunuh dan tetesan mereka dikumpulkan untuk menjaga agar pertanian tidak mengenai batas itu sehingga dapat terus menelurkan massa. Ini bisa menjadi mekanisme pembunuhan pasif atau area penahanan bagi pemain untuk berinteraksi (memungkinkan Anda mendapatkan XP dan drop langka selain drop normal).

The Farm 

Sekarang setelah kita memahami persyaratan untuk peternakan kita, mari kita lihat bagaimana membangun peternakan kita. Ada ratusan desain di luar sana, dan saya mendorong Anda, sekarang setelah Anda mengetahui mekanisme di baliknya untuk menghasilkan desain Anda sendiri yang sesuai dengan kebutuhan dunia Anda. Namun, untuk memberi Anda titik awal, saya akan menunjukkan kepada Anda sebuah peternakan mob bermusuhan yang sering saya gunakan di dunia saya yang mudah dibangun di awal permainan dan relatif mudah untuk ditingkatkan nanti dengan fitur tambahan seperti sistem pencahayaan untuk menghentikan pemijahan, atau sistem pembilasan air untuk memaksa massa keluar dari platform pemijahan lebih cepat.

Pertama-tama mari kita bangun platform pembunuhan di mana kita akan berdiri untuk membunuh massa. Untuk peternakan ini, kami akan menempatkan peti ganda, lalu menempatkan hopper yang mengarah ke bawah ke peti dengan dua hopper lagi yang mengarah ke hopper itu.

Selanjutnya, kita akan menempatkan tiga hopper lagi yang mengarah ke hopper yang sudah kita tempatkan.

Sekarang, kita akan melakukan hal yang sama di sisi lain untuk membuat platform hopper 3×3. Di sinilah massa yang bermusuhan akan berdiri menunggu pemain untuk membunuh mereka.

Selanjutnya, kami akan meletakkan karpet di atas semua hopper agar massa tidak jatuh ke hopper dan terjebak secara tidak sengaja. Anda tidak benar-benar ingin menggunakan pelat penekan untuk ini karena mereka membuat banyak suara ketika massa berjalan di atasnya (tidak relevan secara mekanis, tetapi dapat mengganggu untuk didengarkan) dan ketika massa menginjaknya, itu menghasilkan sinyal Redstone yang akan mengunci hopper yang menyala, mencegah hopper mengambil barang.

Setelah karpet Anda turun, letakkan semacam dinding atau pagar di sekeliling platform hopper 3×3. Anda dapat menggunakan bahan apa pun yang Anda suka atau ada di tangan. Saya lebih suka bahan batu untuk ini.

Selanjutnya, Anda akan menempatkan blok sementara di salah satu segmen dinding atau pagar, kemudian membangun cincin blok padat tepat di atas dinding/pagar. Setelah Anda memiliki cincin ini, Anda dapat menghapus blok sementara yang membuat celah 1 blok antara bagian atas pagar dan bagian bawah cincin blok Anda yang baru ditempatkan.

Setelah ini, kita akan membuat cincin ini menjadi tabung setinggi 21 blok. Jadi, buat 20 “cincin” lagi di atas yang pertama.

Selanjutnya, kita akan membangun platform yang memanjang dari atas tabung. Bangun satu di setiap arah di luar tabung, lebarnya 5 blok dan keluar dari tabung 8 blok.

Sekarang bangun tembok di atas platform setinggi 3 blok ini. Setelah selesai, ini akan terlihat seperti tanda plus besar dari atas.

Sekarang kita akan membangun platform spawning yang sebenarnya. Sejajarkan dengan bagian atas dinding yang baru saja Anda bangun, isi sudut tanda plus dengan balok padat sehingga ketika Anda selesai semuanya terlihat seperti berlian dari atas.

Selanjutnya, kita akan membangun tembok setinggi 3 blok di sekeliling berlian ini.

Sekarang kita butuh air. Ambil beberapa ember air dan tempatkan air di ujung tanda plus sehingga air mengalir ke bawah menuju tabung di tengah.

Selanjutnya, Anda akan memerlukan beberapa pintu jebakan. Tempatkan ini di sepanjang tepi platform pemijahan di dalam dinding dan tutup. Ini akan membuat massa berpikir ada balok di sana untuk berdiri padahal sebenarnya tidak ada, dan mereka akan bebas berkeliaran ke aliran air yang akan mendorong mereka ke dalam tabung.

Akhirnya, Anda perlu memasang atap di pertanian untuk menyelesaikannya. Karena peternakan ini menggunakan air untuk memindahkan mob di sekitar, itu tidak akan bagus untuk enderman jadi kami akan mencegah mereka bertelur sepenuhnya dengan menempatkan tingkat atap dengan blok atas dinding (untuk memungkinkan enderman bertelur, pasang atap di atas dinding sebagai gantinya). Anda juga ingin memastikan untuk menelurkan bukti atap dengan menyalakannya, menutupinya menjadi setengah lempengan, atau menutupinya dengan air.

Sekarang, duduk saja di bawah dan tunggu gerombolan itu muncul dan jatuh ke dalam perangkap Anda. Anda dapat membunuh mereka sesuka Anda. Mereka seharusnya cukup lemah dari musim gugur sehingga Anda dapat meninju mereka jika Anda suka, tetapi pada akhirnya, Anda harus mendapatkan pedang sihir yang memperbaiki dan menjarah III untuk mendapatkan hasil maksimal dari pertanian.

Tidak hanya membunuh monster itu sendiri akan memberi Anda pengalaman, tetapi Anda juga bisa mendapatkan tetes langka seperti batangan besi, wortel, dan kentang dari zombie, mata laba-laba dari laba-laba, dan bahkan senjata dan baju besi dari zombie dan kerangka. Ini semua selain daging busuk normal, tulang, panah, tali, dan bubuk mesiu yang Anda dapatkan dari monster biasa, dan debu Redstone dan debu Glowstone yang bisa Anda dapatkan dari penyihir.

Nikmati peternakan mafia baru Anda yang bermusuhan dan semua sumber daya baru yang mengkilap itu!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: