Cara Memblokir Pesan Langsung di Instagram

Fitur pesan instan untuk Instagram telah ada selama beberapa tahun. Orang-orang menggunakan pesan langsung atau “DM” untuk berbagi konten Instagram satu sama lain dan untuk mengobrol santai.

Meskipun Instagram adalah platform yang sangat ramah pengguna, tidak ada cara resmi untuk sepenuhnya mematikan fitur Pesan Langsung. Namun, ada solusi yang akan memastikan bahwa Anda tidak dapat diganggu oleh pesan langsung.
Berbagai Solusi
Ada beberapa solusi untuk tidak pernah menerima Pesan Langsung. Berikut cara mengatasinya di Android, iOS, dan desktop.

Membatasi Akun

Jika Anda bosan mendengar dari seseorang dan ingin pesan mereka diarahkan langsung ke tab Permintaan Pesan, Anda selalu dapat Membatasi akun apa pun yang Anda inginkan. Selain itu, Anda akan dapat mengontrol apakah orang lain dapat melihat komentar mereka di postingan Anda. Yang terpenting, Anda tidak perlu berhenti mengikuti atau memblokir mereka, sehingga akun tidak akan mengetahui bahwa Anda telah membatasi mereka.

Android dan iOS

Ada dua cara untuk membatasi orang di Instagram. Berikut metode pertama:
Buka percakapan Direct Message Anda dengan orang itu.Ketuk ikon “i” di pojok kanan atas.Pilih Restrict
Dan metode kedua:
Buka profil orang tersebutKetuk ‘Mengikuti.’Ketuk ‘Batasi.’Ketuk ‘ Batasi Akun.’
Desktop
Buka akun orang tersebutKlik ikon tiga titik di bagian kanan atas profilnyaPilih ‘Batasi.’Klik ‘Batasi Akun’ untuk mengonfirmasi.
Memblokir Akun

Memblokir akun akan mengakibatkan orang tersebut tidak dapat menemukan profil, cerita, atau postingan Anda di Instagram. Tentu saja, ini juga berlaku untuk Direct Messaging. Meskipun Instagram tidak akan memberi tahu akun bahwa Anda telah memblokir mereka, mereka mungkin mengetahuinya saat mereka tidak dapat menemukan profil Anda.

Android dan iOS

Memblokir orang di perangkat seluler bekerja dengan cara yang sama seperti Membatasi mereka. Arahkan ke opsi yang sama seperti untuk Pembatasan, tetapi pilih ‘Blokir’ kali ini. Kemudian, cukup konfirmasi.

Desktop

Anda dapat Memblokir akun di desktop dari menu yang Anda gunakan untuk Membatasi akun. Namun, seseorang juga dapat Diblokir dari halaman DM.
Buka Pesan Langsung Anda.Pilih percakapan dengan orang yang ingin Anda blokir.Ketuk ikon “i” di sudut kanan atas.Pilih ‘Blokir. ‘Konfirmasi dengan mengklik ‘Blokir.’
Profil Pribadi

Selama profil Anda Publik, siapa pun dapat mengirimi Anda pesan. Mereka tidak membutuhkan persetujuan Anda untuk melakukannya. Jika Anda merasa ini mengganggu, ada solusi yang sangat baik. Dengan profil Pribadi, hanya pengikut Anda yang dapat mengirimi Anda pesan secara langsung dan Anda perlu menyetujui pengikut. Jadi, inilah cara membuat profil Anda Pribadi. Ingatlah bahwa Akun Kreator tidak dapat di-private.

Android dan iOS
Buka aplikasi Instagram.Buka aplikasi Instagram.Buka profil Anda dengan mengetuk ikon profil Anda.Ketuk menu hamburger (tiga garis horizontal).Ketuk Pengaturan.Pilih Privasi.Balik tombol di sebelah Akun Pribadi .
Desktop
Buka Instagram.com dan masuk.Klik ikon profil Anda, yang terletak di sudut kanan atas browser.Pilih PengaturanNavigasi ke Privasi dan Keamanan di panel kiri.Di bagian atas layar, di bawah Privasi Akun, centang kotak di sebelah Private Account.
Matikan Notifikasi

Oke, jadi Anda tidak bisa menonaktifkan Direct Message sama sekali. Tetapi jika notifikasi yang mengganggu Anda, Anda dapat mematikannya dengan sangat cepat.

Android dan iOS
Tap ikon profil Anda. Ketuk ‘Aktivitas Anda.’ Arahkan ke tab ‘Waktu’. Pilih ‘Pengaturan Notifikasi.’Jika Anda ingin menonaktifkan notifikasi hanya untuk Pesan Langsung, ketuk ‘Pesan Langsung’ dan sesuaikan pengaturannya. Atau, jika Anda ingin semua notifikasi dimatikan, alihkan sakelar ke ‘Jeda Semua’. Seperti yang Anda lihat, Anda dapat menjeda notifikasi untuk berbagai Instagram features.

Menjadikan Profil Anda Pribadi di Desktop
Buka profil Instagram AndaBuka ‘Pengaturan’. Pilih ‘Push Notifications’ di panel sebelah kiriGulir ke bawah ke ‘Instagram Direct Requests’. Pilih Off
Sayangnya, opsi desktop terbatas. Jika Anda ingin penyesuaian yang lebih baik, gunakan perangkat seluler/tablet Anda.

Menonaktifkan Balasan Cerita

 Salah satu cara termudah bagi orang untuk mengirimi Anda Direct Message di Instagram adalah dengan membalas cerita yang Anda posting. Mereka dapat melakukannya secara langsung dengan mengklik tombol di bagian bawah cerita yang diposting. Untungnya, fitur ini dapat dinonaktifkan dengan cukup mudah.

Android dan IOS

1: Ketuk ikon Profil Anda.

2: Buka Pengaturan.

: Pilih “Privasi.”

4: Ketuk “Story”

5: Tekan “Off” di bawah “Allow Replies” dan Reaksi” Bagian.

Penolakan Pesan

Ketika seseorang yang tidak Anda ikuti mengirimi Anda pesan, Direct Message tidak akan langsung masuk ke kotak masuk Anda. Anda akan diberi tahu (kecuali jika Anda menonaktifkan opsi ini) tetapi pesan akan masuk ke tab Permintaan Pesan, sehingga orang tersebut tidak akan melihat apakah Anda telah membaca pesan tersebut. DM di tab Permintaan Pesan dapat diterima atau ditolak. Jika Anda menerima pesan seperti itu, itu akan ditransfer ke kotak masuk Anda. Jika Anda menolak permintaan tersebut, pesan tersebut akan dihapus.

Nah, yang keren dengan fitur ini adalah Anda bisa menghapus beberapa permintaan tersebut sekaligus. Jika Anda mendapatkan banyak permintaan seperti itu, cukup ketuk ‘Hapus Semua’ dan semua permintaan akan dihapus.
Buka kotak masuk Anda dengan mengetuk/mengklik ikon panah Direct Message. Pilih tab ‘Permintaan Pesan’ (jika Anda tidak memiliki permintaan saat ini, tab tidak akan ditampilkan).Ketuk/Klik ‘Hapus Semua.’
Pertanyaan Umum
Dapatkah saya memblokir hanya akun tertentu dari mengirim pesan langsung di Instagram?

Anda tidak dapat memblokir akun untuk mengirimi Anda DM tanpa berhenti mengikuti akun dan menjadikan profil Anda Pribadi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Membatasi/Memblokir akun mungkin merupakan solusi yang baik.
Berapa lama pemblokiran DM di Instagram?

Jika Anda memblokir seseorang, mereka akan tetap diblokir sampai Anda memilih untuk membuka blokirnya. Untuk membuka blokir akun, navigasikan ke profil Instagram yang diinginkan dan Anda akan melihat fungsi Buka Blokir. Ketuk dan konfirmasi pemblokiran dengan mengetuk Buka blokir. Cara kerjanya sama di desktop
Apakah DM Instagram ada batasnya?

Secara resmi, tidak ada batasan pengiriman pesan di dalamnya. Namun, akun akan diblokir agar tidak mengirim lebih banyak pesan selama 24 jam setelah mengirim 50-100 DM dalam satu hari. Namun, akun tersebut tidak diblokir – hanya dibuat tidak dapat mengirim pesan selama sehari. Instagram telah memperkenalkan batasan ini untuk melawan penyalahgunaan fitur ini.
Apakah pesan langsung Instagram kedaluwarsa?

Ketika Anda mengirim foto di Instagram dan tidak memilih mode yang memungkinkan foto tetap berada di obrolan, foto akan kedaluwarsa dan berakhir dihapus setelah dilihat. Namun, tidak demikian halnya dengan pesan langsung Instagram. Tidak seperti Snapchat, Instagram menyimpan seluruh riwayat obrolan Anda. Namun, jika Anda menghapus obrolan, riwayat ini akan dihapus.
Apakah memblokir seseorang di Instagram menghapus DM?

Meskipun orang yang Anda blokir tidak akan mendapatkan pesan apa pun yang Anda coba kirimkan dan tidak akan dapat mengakses pesan Anda. profil atau DM Anda, riwayat obrolan tidak akan dihapus. Jika Anda pernah membuka blokir orang tersebut, riwayat obrolan akan tetap utuh. Asalkan Anda tidak menghapus obrolan, tentu saja.

Menutup

Meskipun Anda tidak dapat benar-benar mematikan Direct Message di Instagram sama sekali, Anda dapat mengambil beberapa langkah solusi yang mungkin berhasil untuk Anda. Pertimbangkan pilihan Anda dan coba metode yang telah kami sebutkan di sini.

Semoga panduan ini dapat membantu Anda. Terlepas dari kenyataan bahwa solusinya tidak jelas dan langsung, kami yakin bahwa salah satu solusi ini akan bekerja untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan atau merasa bahwa kami gagal menyebutkan sesuatu, beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: