Cara Memblokir Seseorang di TikTok

Meskipun cukup ketat dalam kebijakan konten dan komunikasi, TikTok tidak kebal terhadap penyalahgunaan. Bahkan, beberapa tuntutan pidana telah diajukan terkait penyalahgunaan pengguna di bawah umur. Dan fakta yang menyedihkan adalah bahwa akan selalu ada pikiran kriminal yang mencoba mengambil keuntungan dari jaringan sosial yang menyenangkan dan bermaksud baik.

Bahkan intimidasi online bisa menyayat hati, meskipun biasanya tidak ada kriminal dalam hal itu. Jadi, Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk memblokir dan melaporkan pengguna yang menyulitkan Anda. Teruslah membaca untuk mengetahui cara melakukannya.
Memblokir Orang di TikTok

Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk memblokir atau melaporkan pengguna di TikTok – tindakannya hampir sama dengan kebanyakan platform jejaring sosial lainnya. Namun demikian, ada baiknya untuk memperhatikan langkah-langkah yang diperlukan.
Step 1

Luncurkan aplikasi dan temukan orang yang ingin Anda blokir. Hebatnya adalah Anda tidak perlu mengikuti orang tersebut untuk memulai pemblokiran.

Setelah Anda melihat postingan orang itu, ketuk nama pengguna mereka, dan pilih tiga titik vertikal di sudut kanan atas layar.
Langkah 2

As segera setelah Anda melakukannya, jendela pop-up dengan lebih banyak tindakan akan muncul. Ketuk tombol “Blokir” di bawah opsi berbagi yang berbeda, dan Anda siap melakukannya.

Anda juga dapat melaporkan pengguna di sini. Ketuk tombol “Laporkan”, dan TikTok akan membawa Anda ke jendela “Pilih alasan”. Anda perlu mencentang beberapa kotak sebelum mengirimkan, tetapi menunya intuitif dan mudah digunakan, jadi Anda tidak perlu lebih dari satu menit untuk melaporkan seseorang.

Catatan Penting

TikTok memberi tahu Anda bahwa laporan telah dikirim melalui pemberitahuan kecil. Namun, masih belum jelas apakah Anda mendapatkan umpan balik setelah platform memproses permintaan Anda. Misalnya, sesuatu seperti email yang mengatakan bahwa orang yang meniru identitas Anda telah diblokir dari platform. Jika Anda memiliki pengalaman dengan ini, jangan ragu untuk membagikannya di bagian komentar di bawah.

Di sisi lain, pengguna langsung diblokir, dan konten dari profil menghilang. Platform mencatat preferensi Anda, dan Anda tidak akan melihat kiriman dari pengguna tersebut di umpan. Plus, ada opsi untuk mengelola blokir Anda.

Cara Mengelola Pengguna yang Diblokir di TikTok

Untuk melihat pengguna yang telah Anda blokir dan mungkin membatalkan tindakan, ketuk ikon ‘Profil’ di kanan bawah layar. Kemudian tekan tiga garis horizontal untuk mengakses menu ‘Lainnya’.

Pilih “Privasi” di bawah tab Akun dan geser ke bawah di jendela berikutnya. Ketuk “Blokir akun”. Ketuk tombol “Buka Blokir” jika orang tersebut tidak lagi layak berada di sana.

Dengan mengingat hal ini, ada lebih banyak hal di jendela “Privasi” daripada sekadar daftar pengguna yang diblokir. Lihat cara menjaga profil Anda aman dari ujaran kebencian, pengganggu online, dan penjahat digital.

Melemahkan Fitur Keamanan TikTok

Perlu dicatat bahwa opsi dan menu Keamanan berada di bawah jendela “Privasi”. Karena Anda sudah tahu cara menuju ke sana, kami tidak akan mengulangi langkah-langkahnya.

Bagaimanapun, ada tujuh opsi berbeda untuk memfilter konten yang Anda dapatkan, dan orang lain dapat melihatnya. Pertama, ada menu untuk membatasi komentar di postingan Anda dan mencegah orang lain berduet dengan Anda. Secara default, kedua fitur disetel ke Semua Orang, meskipun Anda menyetelnya ke Teman atau menonaktifkannya sama sekali.

Hal yang sama berlaku untuk reaksi TikTok, tetapi yang keren adalah Anda dapat membatasi pengguna yang diizinkan mengirimi Anda pesan hanya ke Teman. Aplikasi harus disetel seperti itu sejak awal, dan Anda juga dapat menonaktifkan pesan sama sekali.

Ada opsi untuk memberi tahu orang lain video mana yang Anda suka, menyetel filter komentar, dan mengizinkan pengunduhan video Anda. Komentar yang menyinggung dan berisi spam difilter secara otomatis, meskipun ada tombol untuk menonaktifkan fitur tersebut. Anda juga dapat memfilter komentar berdasarkan kata kunci tertentu.

Kedua fitur ini cukup berguna untuk akun TikTok anak Anda, dan jika Anda menggunakan platform untuk pemasaran dan promosi.

Hal Lain yang Dapat Anda Laporkan

Fitur keamanan tidak digunakan; Anda harus tahu bahwa ada juga opsi untuk memblokir atau melaporkan setiap komentar, video, serta pesan obrolan.

Untuk melaporkan komentar, ketuk kotak obrolan di sebelah kanan di jendela pratinjau video. Gesek komentar dan ketuk dan tahan komentar yang ingin Anda laporkan. Ketika jendela pop-up muncul, Anda menekan “Laporkan,” dan jelaskan alasannya. Jika Anda ingin melaporkan video itu sendiri, ketuk ikon panah di kanan bawah layar dan pilih “Laporkan.”

Melaporkan pesan obrolan individual mirip dengan memblokir/melaporkan pengguna. Setelah Anda berada di dalam obrolan, tekan tiga titik vertikal, dan pilih Laporkan atau Blokir. Dan jika pengguna sangat kasar, jangan ragu untuk melakukan keduanya.

Frequently Asked Questions
Apakah TikTok akan memberi tahu pengguna jika saya memblokir mereka?

No. TikTok tidak memberikan pemberitahuan atau indikator kepada orang lain bahwa Anda telah memblokirnya. Mereka hanya akan melihat bahwa mereka tidak dapat lagi mengirimi Anda pesan dan tidak dapat lagi melihat konten Anda.

Namun, jika Anda memilih untuk membuka blokir pengguna di kemudian hari, Anda perlu mengetuk tombol ‘Ikuti’ lagi di profil mereka untuk mengirim permintaan mengikuti. Ini adalah indikasi yang cukup bagus bahwa ada sesuatu yang salah dan Anda mungkin ingin bersiap untuk menjawab pertanyaan.

Blok TikTok Terakhir

Tanpa diragukan lagi, jejaring sosial seperti TikTok akan tetap ada, dan akan selalu ada orang yang akan mencari cara untuk menyalahgunakannya . Oleh karena itu, sangat penting untuk menjadi pintar dalam menggunakan platform dan berusaha menjaga privasi dan semenyenangkan mungkin.

Siapa yang mengganggu Anda di TikTok? Apakah Anda sudah memblokir mereka? Bagikan pengalaman Anda dengan komunitas TechJunkie lainnya di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: