Cara Memblokir Situs Web di

Ada banyak alasan bagus untuk memblokir situs web tertentu. Jika Anda bekerja dari rumah, menjelajahi beberapa halaman dapat mengganggu produktivitas Anda. Anda mungkin orang tua yang mencoba melindungi anak-anak Anda dari konten eksplisit, atau mungkin Anda ingin memastikan mereka tidak mengunjungi situs web yang mungkin menyebarkan virus.

Jika Anda pengguna Windows 10, ada lebih dari satu cara untuk memblokir situs web di perangkat Anda. Terkadang menyesuaikan pengaturan browser sudah cukup.

Namun, Anda juga dapat menyesuaikan komputer Anda untuk memblokir situs web tertentu. Sangat penting untuk mengetahui semua opsi Anda, jadi kami akan membahas semua cara Anda dapat memblokir situs web saat menggunakan PC Windows 10.

Blokir Situs Web di PC Windows 10 Dengan File Host

Salah satu cara paling efisien untuk memastikan situs web akan diblokir terlepas dari browser mana yang Anda gunakan untuk memodifikasi file host.

Dengan melakukannya, Anda dapat mengganti DNS dan mengarahkan ulang URL dan IP ke lokasi yang berbeda. Prosesnya cukup mudah, dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Klik pada menu Start dan pilih “Windows Accessories.” Klik kanan pada Notepad, pilih “More” diikuti oleh “Run as administrator.” Ketika Notepad terbuka, pilih ” File” dari bilah alat dan “Buka” dari menu tarik-turun. Buka lokasi “C:WindowsSystem32Driversetc”. Pastikan untuk memilih opsi “Semua file” agar file muncul. Kemudian buka file “host”. Gulir ke bagian bawah halaman dan klik pada baris terakhir. Pastikan untuk membuat spasi.Masukkan URL yang ingin Anda blokir.Buka File dan pilih “Simpan.”
Agar ini berfungsi, Anda harus memiliki izin untuk mengakses file host. Juga, pastikan untuk me-restart komputer Anda untuk memastikan situs web diblokir.

Cara Memblokir Situs Web di Windows 10 Defender Firewall

Windows 10 telah terbukti sangat efisien untuk memfilter dan memblokir aplikasi berbahaya dari merusak komputer. Ini juga merupakan alat yang hebat untuk diandalkan saat menggunakan jaringan publik.

Tapi tahukah Anda bahwa Anda dapat meningkatkan Windows 10 Defender Firewall dengan memblokir situs web tertentu?

Jika firewall mengizinkan akses ke situs yang meragukan, Anda dapat mengaturnya sehingga tidak ada seorang pun di Anda rumah, sekolah, atau kantor membukanya juga. Begini cara kerjanya:
Luncurkan Control Panel di komputer Anda. Pilih “Windows Defender Firewall” diikuti oleh “Advanced Settings” di panel sebelah kiri. Klik kanan pada “Outbound Rules” dari menu di sebelah kiri dan pilih “New Aturan.” Ketika jendela baru muncul, pilih opsi “Kustom” diikuti oleh “Berikutnya.” Pada jendela berikutnya, pilih “Semua program” dan pilih lagi “Selanjutnya.” Pilih opsi “Alamat IP ini” di bawah “Yang mana alamat IP jarak jauh apakah aturan ini berlaku?” Klik “Tambah” dan masukkan alamat IP yang ingin Anda blokir. Kemudian pilih “Selanjutnya.” Pastikan untuk memilih opsi “Blokir koneksi” dan klik “Berikutnya.” Pilih apakah aturan berlaku untuk Domain, Pribadi, atau Publik. Anda juga dapat memilih ketiganya. Pilih “Berikutnya”, tambahkan nama atau deskripsi untuk aturan ini, dan pilih “Selesai” untuk menyelesaikan tindakan.
Alamat IP yang Anda blokir tidak akan tersedia melalui browser apa pun.

Cara Menemukan IP Alamat Situs Web

Untuk berhasil menggunakan Windows Defender Firewall untuk memblokir situs web, Anda harus memiliki alamat IP yang akurat. Misalnya, katakanlah Anda ingin memblokir Facebook di komputer Anda agar tidak terganggu saat bekerja. Sebelum mengatur aturan baru melalui Defender, cari IP dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka Administrator Prompt Perintah dengan memasukkan “CMD” ke dalam kotak pencarian. Masukkan “nslookup www.facebook.com” dan tekan tombol Enter. Anda akan melihat dua IP terdaftar, IPv4 dan IPv6. Anda perlu menyalin keduanya saat memasukkan informasi ke dalam pengaturan Windows Defender.
Cara Memblokir Situs Web di Chrome pada PC Windows 10

Jika Anda mengelola perusahaan dan memiliki hak istimewa akun admin Google, Anda dapat memblokir situs web tertentu. Jika anggota organisasi menggunakan Chrome, mereka tidak akan memiliki akses ke situs web yang telah Anda blokir. Berikut cara memblokir situs web di Chrome sebagai admin:
Masuk ke Google Workspace sebagai akun admin. Di halaman Beranda, klik “Perangkat” diikuti oleh “Chrome” dan kemudian “Pengaturan.” Dari sana, pilih “Pengguna & browser.” Pilih unit organisasi untuk memblokir situs web. Pilih “Pemblokiran URL” dan masukkan alamat yang ingin Anda blokir. Anda dapat menambahkan hingga 1.000 situs web. Pilih “Simpan.”
Jika Anda ingin memblokir situs web di komputer pribadi Anda di Chrome, Anda harus memilih ekstensi yang benar.
Buka Toko Web Chrome.Masukkan “BlockSite” atau cari opsi lain di bawah bagian “Produktivitas” di kotak pencarian .Klik “Tambahkan ke Chrome” diikuti dengan “Tambahkan ekstensi.”
Cara Memblokir Situs Web di Firefox pada PC Windows 10

Banyak pengguna Windows lebih suka menjelajahi web dengan Firefox. Anda dapat memfilter konten yang tidak diinginkan dengan membatasi akses ke situs web tertentu.

Untuk melakukannya, Anda harus menggunakan salah satu pengaya Firefox yang ditunjuk. Anda dapat mengunduh dan menyiapkan ekstensi dalam beberapa menit. Begini caranya:
Luncurkan Firefox di komputer Windows 10 Anda.Buka situs web add-on resmi untuk Mozilla Firefox.Cari “Block Site” atau telusuri ekstensi di bawah kategori “Privasi & Keamanan”. Pilih add-on dan klik ” +Tambahkan ke Firefox.” Ketika jendela izin muncul, klik “Tambah” diikuti dengan “Oke, saya mengerti.”
Setelah ekstensi ditambahkan ke browser Anda, Anda dapat menggunakannya untuk memblokir domain yang tidak diinginkan, menjadwalkan pemblokiran situs web, dan bahkan memilih pesan khusus pada halaman yang diblokir.

Cara Memblokir Situs Web di Edge pada Windows 10 PC

Microsoft Edge adalah browser asli untuk Windows 10 dan tidak memiliki fitur pemblokiran situs web bawaan.

Seperti browser lainnya, pengguna harus menemukan ekstensi yang efektif untuk memblokir akses ke situs web tertentu. Untungnya, penjelajahan aman hanya dengan beberapa klik saja. Berikut cara melakukannya:
Luncurkan Microsoft Edge di komputer Windows 10 Anda. Klik pada tiga titik horizontal di sudut kanan atas layar. Dari menu tarik-turun, pilih “Ekstensi.” Pilih “Dapatkan ekstensi untuk Microsoft” Tepi” tombol.Telusuri “Blokir Situs” atau telusuri di bawah bagian “Produktivitas”. Saat Anda membuat pilihan, klik “Dapatkan” di sebelah ekstensi. Ketika jendela pop-up muncul, pilih “Tambahkan ekstensi.”
After penginstalan selesai, buka situs web yang ingin Anda blokir dan klik ikon “Blokir Situs” pada bilah alat browser.

Ingat untuk memastikan untuk mengonfirmasi tindakan.

Sejak saat itu, ketika Anda membuka situs web itu, Anda’ akan melihat logo ekstensi dan pesan bahwa situs web diblokir.

Blokir Situs Web Dewasa Windows 10

Jika Anda orang tua atau pengasuh yang khawatir tentang konten yang dapat diakses anak Anda secara online, ada cara untuk meminimalkan masalah ini.

Untuk memulai, Anda perlu mengubah pengaturan akun Microsoft Anda s dan buat profil khusus untuk anak tersebut. Kemudian, Anda dapat memanfaatkan fitur filter yang memblokir situs web dewasa. Ini bukan pengaturan yang rumit. Berikut semua langkahnya:
Buka halaman Keamanan Keluarga Microsoft dan masuk ke akun Anda.Klik opsi “Tambahkan anggota keluarga”.Masukkan alamat email anak. Pastikan itu adalah akun Outlook atau Hotmail. Jika anak Anda sudah memiliki akun, klik bagian “Filter konten”. Pilih tab “Web dan cari” dan nyalakan sakelar “Filter situs web yang tidak pantas”.
Microsoft menyebutnya sebagai fitur “TelusurAman”, dan memblokir semua konten dewasa saat aktif. Selanjutnya, ketika filter ini aktif, itu akan memblokir penggunaan semua browser lain kecuali Microsoft Edge.

Menjelajah dengan Aman di Komputer Windows 10 Anda

Kami masih belum memiliki satu tombol bawaan yang mengaktifkan fitur pemblokiran situs web di Windows 10. Sampai itu menjadi mungkin, pengguna harus menggunakan berbagai metode untuk memblokir situs web yang ingin mereka hindari atau tidak aman.

Organisasi memiliki beberapa opsi lagi, tetapi setiap pendekatan memiliki keterbatasannya. Anda dapat memblokir situs web melalui file host, Windows Defender Firewall, atau mengunduh ekstensi situs web blokir di browser Anda.

Mengenai penyaringan konten untuk anak-anak, Anda dapat mengatasi masalah tersebut melalui Family Safety di akun Microsoft Anda. Itu akan memastikan situs dewasa diblokir, dan Anda juga dapat memblokir aplikasi tertentu dan bahkan memberlakukan batasan waktu.

Apa metode pilihan Anda untuk memblokir situs web di Windows 10 Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: