Cara Membuat Avatar Kartun dari Foto

Banyak situs media sosial memungkinkan penggunanya untuk membuat avatar — gambar seperti kartun dari orang atau pengguna. Avatar digunakan secara luas di semua jenis situs web, termasuk Facebook dan Bitmoji. Rekan kartun online Anda dapat melakukan banyak petualangan di berbagai situs, dan banyak orang senang membuat avatar baru untuk berbagai platform media sosial mereka. Dengan bantuan salah satu dari banyak platform online, Anda dapat membuat kartun sendiri dengan atau tanpa foto.

Membuat avatar kartun sangat mudah, dan Anda dapat melakukannya dengan perangkat lunak gratis dan situs web yang dapat ditemukan secara online. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan dasar-dasar membuat avatar kartun untuk diri sendiri, baik dari foto maupun dari awal.
Cara Membuat Kartun dari Foto di Android

Membuat versi kartun dari foto favorit Anda sangat mudah di Android perangkat. Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga karena editor foto asli, meskipun memiliki banyak opsi hebat, tidak menawarkan opsi untuk membuat kartun.

Kami menjelajahi Google Play Store untuk aplikasi berkualitas tinggi yang gratis, dan kami menemukan Cartoon Photo Editor.

Pertama, Anda harus menginstal aplikasi dan membiarkannya mengakses foto yang tersimpan di perangkat Android Anda. Kemudian, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk membuat foto Anda menjadi kartun:
Buka aplikasi dan ketuk ‘Foto’. Pilih foto dari galeri ponsel Anda. Kemudian, gulir melalui pilihan di bagian bawah hingga Anda melihat opsi ‘Cartoon+’. Tentu saja, Anda dapat memilih salah satu opsi yang Anda inginkan. Ketuk ikon unduh untuk menyimpan foto ke galeri ponsel Anda.
Hanya itu saja! Foto Anda sekarang akan terlihat seperti kartun, dan disimpan di galeri Anda, siap untuk Anda bagikan dengan siapa pun. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store, jadi jika Anda ingin lebih banyak fitur, pasti mencari aplikasi lain. Perlu diingat, sebagian besar aplikasi yang Anda temui akan memiliki biaya berlangganan bulanan.
Cara Membuat Kartun dari Foto di iOS

Editor foto asli di iPhone tidak akan mengubah gambar Anda menjadi kartun. Untungnya, ada aplikasi pihak ketiga untuk pengguna iOS juga.

Salah satu aplikasi yang tersedia untuk pengguna iOS adalah ToonMe. Aplikasi sederhana ini gratis dan mudah digunakan.

Begini cara mengubah foto menjadi kartun jika Anda menggunakan iPhone atau iPad:

Buka aplikasi ToonMe dan ketuk ikon ToonMe di sudut kiri bawah.

Ketuk untuk mengunggah foto pilihan Anda. Jika ini pertama kalinya Anda menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mengetuk ‘Izinkan’ sebelum Anda dapat mengunggah foto apa pun.

Aplikasi ini akan secara otomatis melakukan semua pekerjaan untuk membuat foto Anda menjadi kartun. Kemudian, Anda dapat mengetuk ikon unduh untuk menambahkan foto ke galeri Anda. ToonMe versi gratis akan mengubah foto Anda menjadi kartun. Tetapi jika Anda menginginkan lebih banyak fungsi, Anda dapat mendaftar untuk versi Pro hanya dengan $4,99/bln.

Seperti yang telah kita bahas di atas, ada banyak aplikasi yang tersedia di App Store yang akan memberikan tampilan kartun pada foto Anda. Jika Anda ingin melakukan lebih dari yang ditawarkan ToonMe, pencarian sederhana di App Store pasti akan memunculkan beberapa opsi hebat lainnya.
Cara Membuat Kartun dari Foto di PC

Pengguna PC memiliki begitu banyak kemungkinan untuk mengedit foto sehingga sulit untuk mempersempit pilihan. Anda dapat menggunakan aplikasi, situs web, dan perangkat lunak. Untuk keperluan artikel kami, kami mencari yang sederhana dan gratis. Pencarian cepat di internet akan memunculkan banyak situs web dan aplikasi yang siap untuk tugas itu.

Kami menyukai PhotoCartoon.net. Mudah digunakan, gratis, dan tidak memerlukan kredensial login atau informasi pribadi apa pun.

Berikut cara mengubah foto apa pun menjadi kartun di PC:
Buka situs web Cartoon.net dan klik ‘Jelajahi’ untuk memilih foto yang Anda inginkan ingin berubah menjadi kartun.Klik ‘Cartoonize Online.’Situs web akan melakukan semua pekerjaan untuk Anda. Klik ‘Download.’
Versi kartun foto Anda akan muncul di file yang Anda pilih. Mirip dengan aplikasi Android yang kami soroti di atas, Anda dapat menggunakan foto apa pun yang Anda suka; situs web ini tidak membatasi Anda untuk selfie.
Opsi Lain

Dengan begitu banyak aplikasi yang tersedia, menemukan aplikasi yang tepat mungkin sulit. Untuk melihat daftar semua aplikasi yang tersedia, ketik “pembuat foto avatar kartun” ke dalam bilah pencarian Apple App Store atau Google Play Store.

Pilihan Anda akan bergantung pada gaya karakter kartun yang Anda cari, serta tingkat kontrol dan jumlah opsi pengeditan yang Anda inginkan dalam perangkat lunak Anda. Beberapa contoh yang dapat Anda coba adalah Editor Foto Kartun oleh Game Brain dan foto kartun oleh Pixelab. Keduanya adalah editor foto dan dapat diunduh gratis dari toko aplikasi.

Catatan: Jika Anda memiliki perangkat iOS, Anda mungkin ingin melihat:
Pembuat animasi Wajah Kartun oleh VicMan LLCClip2Comic & Pembuat Karikatur oleh DigitalMasterpieces GmbHSketch Me! oleh Bluebear Technologies Ltd.
Sebagian besar aplikasi editor foto seperti yang disebutkan gratis untuk diunduh, tetapi perlu diingat bahwa pembelian dalam aplikasi sering kali berlaku.

Saat Anda mengunduh aplikasi yang Anda suka, cukup ikuti proses penyiapan dan pastikan bahwa aplikasi memiliki akses ke foto ponsel Anda. Setiap aplikasi akan memiliki opsi unggah. Ketuk itu dan unggah foto yang ingin Anda gunakan.

Jika Anda lebih suka tidak menginstal perangkat lunak apa pun atau menggunakan aplikasi, ada banyak layanan berbasis web yang akan menghasilkan avatar untuk Anda berdasarkan foto Anda. Mari kita lihat beberapa opsi untuk melihat seperti apa tampilannya.

BeFunky One-Click Converter

BeFunky adalah layanan grafis online dengan banyak fitur dan opsi berbeda, dan salah satu opsi yang mereka miliki adalah pembuat kartun foto sekali klik . Ini adalah peningkatan dari produk gratis mereka, tetapi Anda dapat mencobanya tanpa biaya. Gambar di atas adalah contoh hasil akhir. Seperti yang Anda lihat, ini memiliki nuansa yang sama sekali berbeda dari kartun sebelumnya, jadi Anda mungkin ingin bermain-main dengan opsi berbeda untuk memilih gaya untuk Anda.

LunaPic

LunaPic adalah editor foto online lain dengan kemampuan untuk mengubah foto menjadi kartun. Situs ini juga memiliki berbagai macam alat pengeditan lainnya. Gambar di atas adalah filter kartun default.

Buat Avatar Tanpa Foto

Opsi lain yang mungkin ingin Anda periksa adalah pembuat avatar kartun. Aplikasi ini tidak memerlukan foto atau kemampuan artistik apa pun dan memungkinkan Anda memilih dan memilih fitur yang paling mewakili Anda.

Ada pembuat karakter untuk gaya artistik yang berbeda. Coba Cartoon Maker – Avatar Creator oleh Picfix Art Studio untuk avatar kartun generik yang mengingatkan kita pada Wii-moji. Jika Anda lebih suka karakter anime, Anda mungkin ingin melihat Avatar Maker: Anime oleh Avatars Makers Factory. Tentu saja, aplikasi seperti Bitmoji memiliki pembuat kartun internal.

Pembuat avatar kartun nyaman jika Anda menginginkan representasi sederhana dari diri Anda yang sebenarnya bukan foto Anda. Avatar seperti ini mungkin berguna ketika Anda membutuhkannya untuk forum publik atau tempat online lainnya di mana Anda ingin merahasiakan identitas Anda tetapi tetap ingin mengekspresikan diri Anda yang sebenarnya.

Ada juga beberapa situs web yang dapat Anda gunakan untuk mengubah foto Anda menjadi kartun. Kami menulis artikel tutorial di situs web tempat Anda dapat membuat kartun sendiri secara gratis!

Pertanyaan Umum

Mengedit foto sangat menyenangkan! Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang cara membuat foto menjadi kartun, lanjutkan membaca!
Apa perbedaan antara Bitmoji dan avatar kartun?

Bitmoji telah menjadi sangat populer di platform Media Sosial dalam beberapa tahun terakhir. Mereka adalah versi kartun dari diri Anda tetapi dengan satu perbedaan besar; mereka tidak mengubah foto Anda yang ada menjadi kartun. Sebagai gantinya, Anda pergi ke situs atau aplikasi Bitmoji, membuat akun, dan membuat tampilan serupa dari awal. Memilih warna rambut, warna kulit, warna mata, dan bahkan pakaian.

Jika Anda menggunakan Snapchat dan sekarang Facebook, Anda dapat mengubah Bitmoji kapan saja Anda ingin mencerminkan suasana hati Anda saat ini.
Dapatkah saya mengubah foto saya menjadi kartun tanpa menggunakan aplikasi atau situs web pihak ketiga?

Meskipun alat pengeditan ponsel telah menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya, mereka belum mengizinkan kita untuk mengubah foto menjadi avatar kartun. Mungkin kita akan segera melihat fungsi asli ini.

Final Thoughts

Banyak aplikasi kamera memiliki filter “artistik” yang dapat Anda gunakan pada foto yang ada. Daripada mengunduh aplikasi lain, Anda mungkin ingin memeriksa apakah Anda sudah memiliki kemampuan ini. Anda lebih cenderung memiliki jenis filter ini jika Anda memiliki aplikasi kamera yang berbeda dari yang disertakan dengan ponsel Anda.

Terakhir, jika Anda menggunakan kamera stok, Anda masih memiliki opsi. Cukup periksa aplikasi yang direkomendasikan atau coba beberapa yang baru. Sebagian besar gratis dari toko aplikasi Anda, jadi cobalah beberapa sampai Anda menemukan yang tepat untuk Anda.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: