Cara Membuat Background Transparan di GIMP

Jika Anda sering menggunakan GIMP (GNU Image Manipulation Program) sebagai alat pengeditan, maka Anda mungkin perlu membuat latar belakang transparan.

Menghapus latar belakang adalah prosedur standar yang mungkin ingin dilakukan editor karena berbagai alasan. Mungkin Anda tidak menyukai latar belakang saat ini dan ingin menambahkan gambar yang berbeda. Atau mungkin Anda lebih suka tidak memiliki latar belakang sama sekali.

Untungnya, prosesnya relatif mudah dilakukan dengan GIMP, dan perangkat lunak pengeditan menawarkan beberapa cara berbeda untuk mendapatkan latar belakang transparan. Artikel ini akan memandu Anda melalui proses langkah-demi-langkah.

Terus membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara Membuat Latar Belakang Transparan

Tersedia di Mac dan Windows, GIMP adalah alternatif yang bagus dan gratis untuk Adobe Photoshop dengan banyak fitur yang sama tersedia .

Saat membuat latar belakang transparan, beberapa alat dapat diterapkan tergantung pada gambar yang diedit. Beberapa cocok untuk pemula, sedangkan yang lain ditujukan untuk pengguna GIMP yang lebih berpengalaman. Di sini, kami akan mencantumkan berbagai metode ini.

Menggunakan Fuzzy Select Tool

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan latar belakang di GIMP adalah dengan menggunakan alat Fuzzy Select. Ini memungkinkan pengguna untuk memilih bagian tertentu dari gambar berdasarkan kesamaan warna. Metode ini ideal untuk gambar dengan banyak warna di bagian belakang yang ingin Anda hapus.

Untuk berhasil menggunakan alat Fuzzy Select, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

Pada Windows:
Buka GIMP di komputer Windows Anda dan pilih gambar yang Anda inginkan edit.Dari menu di sisi kanan bawah layar, pilih layer gambar Anda. Klik kanan dan pilih “Add Alpha Channel.” Ini akan memastikan bahwa gambar Anda transparan, bukan hitam atau putih. Jika Anda tidak dapat memilih “Add Alpha Channel”, maka latar belakang sudah memiliki pengaturan. Dari panel alat di sudut kiri atas layar, klik ikon Fuzzy Select. (Tampak seperti tongkat dengan bintang di atasnya.)Klik dan seret pada gambar untuk membuat area pilihan untuk disimpan. Garis putus-putus akan dibuat di sekitar subjek utama Anda. Ini dikenal sebagai “pilihan.” Jika pilihan dibuat dengan mengklik latar belakang, tekan “Hapus” pada keyboard Anda. Latar belakang kemudian harus transparan.
Pada Mac:
Buka GIMP dan pilih gambar yang ingin Anda edit.Pilih lapisan gambar Anda dari menu kanan bawah.Klik kanan pada tombol “Saluran Baru” dan pilih “Tambah Saluran Alfa” dari menu tarik-turun. Jika opsi tidak tersedia, ini berarti gambar sudah memiliki pengaturan latar belakang transparan. Pilih ikon Fuzzy Select dari panel alat di sebelah kiri (terlihat seperti tongkat ajaib, dengan bintang di atasnya). Dengan menggunakan alat ini, klik dan seret di sekitar gambar di mana Anda ingin memisahkan latar belakang. Pergi ke “Edit,” lalu “Hapus.” Latar belakang sekarang harus transparan.
Menggunakan Alat Pilih dengan Warna

Alat “Pilih berdasarkan Warna” adalah metode sempurna lainnya untuk pemula. Ia bekerja dengan membuat seleksi di sekitar piksel yang Anda pilih dan piksel lain yang memiliki warna yang sama. Alat ini sangat ideal untuk latar belakang yang hanya menggunakan satu warna atau mungkin beberapa warna.

Berikut cara menggunakan alat “Pilih berdasarkan Warna” untuk membuat latar belakang transparan.

Pada Windows:
Buka GIMP, lalu gambar yang ingin Anda edit.Dari panel alat dari sisi kiri, klik ikon “Select by Color” (ini terlihat seperti tiga lingkaran dalam bentuk segitiga dengan kotak putus-putus di sekitar lingkaran atas). Anda juga dapat mengakses alat ini dengan menekan “Shift+O.” Klik pada bagian gambar yang berisi warna yang ingin Anda hapus. Tingkatkan ukuran pilihan dengan mengklik dan menyeret ke arah kanan (untuk memperkecil ukuran, lakukan ini ke arah kiri). Setelah area dipilih, tekan “Hapus” pada keyboard Anda untuk membuat latar belakang transparan.
Pada Mac:
Buka gambar yang ingin Anda edit di GIMP. Pilih ikon “Select by Color” (tiga lingkaran dengan kotak putus-putus di sekitar lingkaran atas) dari panel alat di sisi kiri. Pilih bagian gambar yang ingin Anda hapus. Pergi ke “Edit,” lalu “Clear.” Latar belakang sekarang akan tampak transparan.
Menggunakan Foreground Select Tool

Metode ini mungkin tampak sedikit lebih maju tetapi masih layak dipelajari. Ini sangat menguntungkan jika subjek utama gambar Anda memiliki banyak bulu halus yang ingin Anda potong.

Petunjuk penggunaannya sama apakah Anda menggunakan komputer Windows atau Mac:
Buka GIMP, lalu gambar yang Anda inginkan edit.Dari panel alat di sebelah kiri, pilih alat “Pilihan Latar Depan”. Alat ini terlihat seperti dua kotak di atas satu sama lain dengan garis luar seseorang menjadi satu. Gambar garis besar kasar dengan menyeret alat di sekitar subjek. Melakukannya akan mengubah gambar menjadi biru tua di mana latar belakang Anda berada dan biru muda di mana subjek utama Anda berada. Langkah selanjutnya adalah menyikat area yang lebih halus dari subjek utama secara manual. Ukuran kuas dapat disesuaikan dengan menekan tombol braket. Alihkan pengaturan pratinjau untuk melihat pekerjaan Anda. Jika puas, tekan “Enter” pada keyboard Anda. Klik “Pilih”, lalu “Balikkan”, dan “Hapus.” Ini akan berhasil menghapus latar belakang.
Menggunakan Layer Masks

Metode ini mungkin lebih cocok untuk editor GIMP yang lebih canggih karena mencakup penyetelan detail spesifik dari suatu gambar.

Daripada menggunakan alat tunggal, metode ini menggunakan serangkaian fungsi untuk membantu pengguna mencapai transparansi Latar Belakang. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan gambar ke pengaturan hitam dan putih, setelah itu Anda dapat memisahkan antara latar belakang dan latar depan.

Gambar harus memiliki latar belakang yang lebih terang untuk rasio subjek untuk menjalankan metode ini dengan sukses. Begini cara kerjanya:
Buka gambar Anda di GIMP. Buat layer duplikat dengan memilih tombol “Duplicate Layer” di kanan bawah layar. Lakukan ini dua kali untuk membuat dua duplikat. Dari bagian atas halaman, pilih “Colors” lalu “Saturate.” Gunakan alat ini untuk membuat kontras yang lebih jelas antara subjek dan latar belakang. Klik “Warna” lagi, tapi kali ini pilih “Desaturate.” Ini akan membuat gambar Anda menjadi abu-abu. Klik “OK” untuk menerapkan. Pilih “Warna,” lalu “Level.” Gelapkan subjek utama untuk memberikan kualitas seperti siluet untuk mempermudah pemotongan. Buka “Edit” dan klik “Copy Visible.” Matikan visibilitas layer yang Anda kerjakan dengan mencentang kotak di sisi kanan. Klik kanan pada layer kedua dan pilih “Add Layer Mask.” Pilih “White Full Opacity.” Buka “Edit,” lalu “Tempel.” Anda akan melihat subjek utama dihapus. Untuk membalikkan ini, buka “Warna”, lalu “Balikkan.” Subjek utama akan muncul kembali saat latar belakang sekarang transparan.
Transparansi Adalah Kunci

Menyertakan latar belakang transparan dalam proyek pengeditan Anda dapat meningkatkan keseluruhan pekerjaan Anda secara signifikan. Mengetahui cara menggunakan alat ini sangat berguna, apakah Anda seorang pemula dengan GIMP atau ahli pengeditan. Metode yang ingin Anda gunakan sepenuhnya tergantung pada tingkat keterampilan dan preferensi pribadi. Namun, ada baiknya menguji berbagai cara untuk membangun pengetahuan Anda tentang perangkat lunak.

Sudahkah Anda mencoba membuat latar belakang transparan di GIMP? Jika demikian, kami ingin mendengar tentang pengalaman Anda. Beri tahu kami pendapat Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: