Cara Membuat Bentuk di Gimp

Device Links
CircleSquareTriangleRectanglePerangkat Hilang?
Meskipun GIMP, aplikasi pengeditan gambar, bukan program menggambar, Anda masih dapat menggunakannya untuk membuat berbagai bentuk geometris. Yang mengatakan, GIMP tidak memiliki alat bentuk bawaan, jadi satu-satunya cara untuk membuat bentuk dalam program ini adalah secara manual.

Ada dua metode untuk menggambar garis lurus dan bentuk geometris di GIMP, dan keduanya hanya akan membawa Anda beberapa menit untuk belajar. Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara membuat lingkaran, segitiga, kotak, dan persegi panjang di GIMP menggunakan alat yang berbeda.

Cara Membuat Lingkaran

Cara termudah untuk membuat bentuk di GIMP adalah dengan Select Tool. Ada dua built-in Select Tools: Rectangle Select Tool dan Ellipsis Select Tool. Untuk membuat lingkaran, kita akan menggunakan Ellipsis Select Tool.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat dokumen baru.
Buka GIMP di komputer Anda. Pilih tab “File” di sudut kiri atas jendela. Klik opsi “Baru” pada menu tarik-turun. Pilih dimensi gambar dan klik tombol “OK” di jendela sembul. Pergi ke sudut kanan bawah program dan klik ” Buat ikon Layer Baru. Pilih “OK.” Alasan mengapa Anda perlu menambahkan layer baru sebelum membuat bentuk di GIMP adalah agar Anda dapat memindahkan bentuk di sekitar dokumen. Jika Anda membuat bentuk langsung di latar belakang, Anda tidak akan dapat memindahkannya nanti. Sekarang kanvas sudah siap, saatnya membuat lingkaran. Tapi sebelum kita melakukannya, kita perlu memilih warna foreground dan warna background. Begini caranya: Buka tab “Tools” di menu atas dan pilih “Toolbox” dari daftar drop-down. Temukan dua kotak berwarna di bawah toolbox di sidebar kiri. Pilih warna foreground (warna lingkaran) dan warna latar belakang (warna kanvas). Catatan: Warna latar depan dan latar belakang secara default adalah hitam putih. Pilih “Ellipsis Select Tool” pada toolbox. Klik pada kanvas dan seret tepi lingkaran untuk membuatnya menjadi ukuran yang diinginkan. Lanjutkan ke tab “Edit” di atas. Pilih “Isi dengan Warna FG” dari daftar opsi.
Lingkaran Anda akan muncul di kanvas. Anda dapat menggunakan Ellipsis Select tool untuk membuat bentuk bulat atau oval. Jika Anda ingin membuat lingkaran yang hanya berupa garis luar (tanpa warna isian), inilah yang perlu Anda lakukan:
Pilih “Alat Pilihan Ellipsis” dari kotak alat. Gambar lingkaran di kanvas dengan mengkliknya dan menyeret line.Buka tab “Edit” lagi.Pilih “Stroke Selection…” dari daftar pilihan.Pilih jenis garis stroke (warna solid, pola, atau anti-aliasing).Tentukan lebar garis.Klik pada Kotak “Stroke with a paint tool”. Pilih “Paint tool.” Pilih tombol “Stroke”.
Lingkaran hanya akan memiliki garis, dengan warna latar depan yang telah Anda pilih. Jika Anda ingin mengubah dimensi lingkaran setelah Anda membuatnya, cukup klik pada batasnya dan seret sampai Anda puas dengan ukurannya.

Cara Membuat Segitiga

GIMP hanya memungkinkan Anda membuat bentuk dengan Rectangle dan Ellipsis Pilih alat. Karena tidak ada alat seleksi untuk membuat segitiga, ini sedikit lebih rumit. Alat yang Anda perlukan untuk membuat segitiga adalah Alat Pilih Gratis. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui bagaimana melakukannya:
Buka kanvas kosong baru di GIMP.Buat layer baru dengan mengklik ikon “+”. Buka “Tools” di menu atas, dan pilih “Toolbox.”Klik “Alat Pilih Gratis” pada kotak alat di bilah sisi kiri.Klik kiri pada kanvas kosong untuk memulai baris pertama.Klik kanan untuk melepaskannya.Klik kiri lagi untuk membuat sisi kedua segitiga.Ulangi proses ini sampai Anda menautkan ketiga garis tersebut. Tekan “Enter” pada keyboard Anda untuk memilih segitiga. Buka “Bucket tool” dan klik segitiga untuk mewarnainya.
Itu saja. Anda telah berhasil menggambar segitiga di GIMP.

Cara Membuat Persegi

Membuat persegi di GIMP tidak lebih rumit, dan hanya perlu beberapa detik untuk melakukannya. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Buka GIMP dan pilih “File” dari menu atas. Buka opsi “Baru” dan pilih “OK” untuk membuka dokumen kosong. Klik ikon “Buat Layer Baru” di bagian bawah -pojok kanan GIMP.Buka “Tools” di menu atas, dan pilih “Toolbox.” Arahkan ke “Rectangle Select Tool” di sidebar kiri.Klik pada kotak “Expand from Center” di sudut kiri bawah .Klik pada kanvas kosong dan buat alat persegi dengan menyeret batasnya.Buka “Edit” di bilah alat atas.Pilih opsi “Isi Garis Besar Pilihan” pada daftar drop-down.Klik “Warna Padat” pada pop -up window. Kotak akan segera diwarnai dengan warna default foreground, yaitu hitam. Jika Anda ingin mengubah warna kotak, begini caranya: Pilih “Bucket Tool” dari kotak alat. Klik kotak warna latar depan. Pilih warna baru untuk kotak Anda dan pilih “OK.” Klik kotak untuk mewarnainya.
Jika Anda ingin membuat persegi yang sempurna, Anda dapat mengatur rasio aspek tetap pada kotak alat. Anda dapat melakukannya dengan pergi ke sudut kiri bawah GIMP dan mengklik panah ke bawah di sebelah “Aspect Ratio.” Untuk membuat persegi, pilih rasio aspek 1:1.

Cara Membuat Persegi Panjang

Membuat persegi panjang di GIMP sangat mirip dengan membuat persegi. Mari kita lihat bagaimana melakukannya:
Luncurkan GIMP dan pilih tab “File” di sudut kiri atas program. Buka dokumen kosong baru. Buka “Create a New Layer” di sudut kanan bawah. Selanjutnya, pergilah ke “Tools” dan pilih “Toolbox” dari menu drop-down. Pilih “Rectangle Select Tool.” Centang kotak “Expand from Center”. Klik pada kanvas dan seret ujungnya ke panjang yang diinginkan. Buka ” Edit” dan pilih “Isi dengan FG Color.”
Cara lain untuk membuat persegi panjang atau bentuk lainnya di GIMP adalah dengan Brush Tool. Begini caranya:
Di kotak alat, temukan “Alat Pensil.” Pilih ikon “Kuas” di menu opsi “Alat”. Temukan “Jenis Kuas” yang sesuai untuk Anda. Di bawah “Kekerasan”, pilih “100 .”Ubah tinggi dan berat persegi panjang.Klik pada kanvas dan seret tepinya hingga Anda memiliki ukuran persegi panjang yang Anda inginkan.Klik kiri pada persegi panjang untuk menyimpannya.
Membuat Garis dan Bentuk di GIMP

GIMP bisa tampak cukup rumit untuk pertama -pengguna waktu. Tapi begitu Anda menguasainya, Anda dapat menggunakan program ini untuk membuat lingkaran, kotak, segitiga, persegi panjang, dan bentuk lain yang dapat Anda pikirkan.

Pernahkah Anda membuat bentuk di GIMP? Apakah Anda menggunakan salah satu metode yang kami lalui dalam panduan ini? Beri tahu kami di komentar.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: