Cara Membuat Folder di Gmail

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Banyak pengguna Gmail mungkin tidak mengetahui bahwa folder dapat dibuat karena platform menyebut fitur ini “Label”. Label, seperti Folder, nyaman digunakan untuk mengatur dan menemukan data atau file. Oleh karena itu, fitur Gmail ini dapat membuat kotak masuk Anda lebih mudah dinavigasi.

Tetapi bagaimana cara membuat atau menambahkan label di Gmail? Dalam artikel ini, Anda akan menemukan langkah-langkah untuk membuat label di Gmail menggunakan perangkat yang berbeda.

Cara Membuat Folder Gmail di Android

Aplikasi Gmail untuk Android memungkinkan Anda memeriksa email, membalasnya, dan mengirim yang baru saat bepergian. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda membuat label untuk mengatur email dengan lebih baik. Berikut adalah cara melakukannya:
Ketuk tiga garis horizontal di sudut kiri atas aplikasi Gmail di dekat bidang pencarian.Gulir ke bawah dan pilih “Pengaturan.”Pilih alamat email yang ingin Anda sesuaikan.Buka bagian “Label” dan pilih “Setelan label”. Ketuk label yang ingin Anda ubah atau hapus pada layar “Setelan Label”. Masukkan nama baru di bidang Nama, atau hapus label dengan mengetuk tombol Hapus [nama label] di bagian bawah.
Perhatikan bahwa langkah-langkahnya dapat sedikit berbeda di berbagai perangkat Android, tetapi ide utamanya tetap sama.

Cara Membuat Gmail Folder di iPhone

Aplikasi Gmail untuk iPhone berfungsi serupa dengan aplikasi Android. Oleh karena itu, langkah-langkah untuk membuat label juga serupa.
Di sudut kiri atas aplikasi Gmail, di dekat area pencarian, ketuk tiga garis horizontal. Di bagian bawah, klik “Pengaturan.” Pilih alamat email yang akan ditetapkan sebuah label. Pilih “Pengaturan label” dari bagian “Label”. Pada halaman “Pengaturan Label”, ketuk label yang ingin Anda ubah atau hapus. Masukkan nama baru di bidang Nama, atau klik tombol Hapus [nama label] di bagian bawah untuk menghapus label.
Meskipun aplikasi iOS dan Android serupa, aplikasi iOS memungkinkan Anda menetapkan label secara otomatis. Ini tidak dapat dilakukan di aplikasi Android. Langkah-langkah untuk menyiapkan label otomatis di iPhone Anda adalah sebagai berikut:
Klik tombol “Menu” di aplikasi Gmail.Pilih “Setelan” dari menu.Pilih akun Google Mail Anda.Pilih “Setelan label” dari daftar pilihan di “Menu Setelan”. Pilih label untuk folder dari daftar label. Ketuk “Tambah” di jendela berikutnya. Di area “Dari”, masukkan nama atau alamat email. Untuk memasukkan parameter pencarian lainnya (seperti kata kunci), klik “Dan.” Ketuk “Simpan.”
Email dari alamat email yang ditentukan sekarang akan diberi label secara otomatis. Meskipun Anda dapat menyetel label baru untuk email menggunakan aplikasi seluler, label tersebut memiliki beberapa batasan. Mereka tidak mengizinkan Anda mengganti nama atau memperbarui folder Gmail. Selain itu, aplikasi seluler tidak mendukung pembuatan label khusus.

Cara Membuat Folder di Gmail di iPad

Karena iPad menggunakan sistem operasi yang sama dengan iPhone, aplikasi Gmail juga sama. Oleh karena itu, langkah-langkah untuk membuat folder juga mirip.
Ketuk tiga garis horizontal di sudut kiri atas aplikasi Gmail di dekat bidang pencarian.Ketuk “Pengaturan” di bagian bawah halaman.Pilih alamat email yang Anda ingin melampirkan label. Di bagian “Label”, klik “Pengaturan label.” Ketuk label yang ingin Anda ubah atau hapus pada layar “Pengaturan Label”. Ketik nama baru untuk label di area Nama, atau klik tombol Hapus [nama label] di bagian bawah untuk menghapusnya.
Berikut adalah petunjuk untuk mengaktifkan pelabelan otomatis di iPad Anda:
Di aplikasi Gmail, klik “Menu ”. Dari menu, ketuk “Setelan.” Pilih akun Google Mail Anda dari menu tarik-turun. Dari “Menu Setelan”, pilih “Setelan label”. Pilih label untuk folder. Di jendela berikutnya, klik “Tambah.” Masukkan nama atau alamat email di bidang “Dari”. Klik “Dan” untuk menentukan parameter pencarian lainnya (seperti kata kunci). Tekan “Simpan.”
Cara Membuat Folder di Gmail di PC

Anda dapat membuat label di akun Gmail Anda dengan berbagai cara di PC Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengatur label melalui opsi email. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya:
Buka akun Gmail Anda.Centang centang di samping email untuk memilihnya.Klik kanan untuk mendapatkan menu opsi.Pilih opsi “Label” dengan mengarahkan penunjuk mouse ke atasnya dan mengeklik “ Buat baru.” Beri label baru Anda nama di pop-up yang terbuka dan klik tombol “Buat” .
Cara lain adalah dengan menggunakan opsi bilah sisi kiri. Inilah cara melakukannya:
Gulir ke bawah bilah sisi kiri Gmail hingga Anda menemukan “Lainnya.” Pilih opsi ini.Klik “+ Buat label baru” dari opsi tambahan yang muncul.Masukkan nama untuk label, lalu klik “Buat”.
Alih-alih memilih “Buat label baru”, Anda dapat melakukannya:
Masukkan “ Label” dengan mengeklik “Kelola label” di bilah sisi kiri. Lanjutkan menggulir ke bawah hingga Anda menemukan tombol, “Buat label baru”. Saat Anda mengeklik tombol ‘Buat label baru’, kotak pop-up yang sama, seperti yang disebutkan sebelumnya , muncul. Beri nama folder baru Anda dan klik “Buat.”
Atur Email Anda

Menjaga kotak surat Anda tetap teratur bisa jadi merepotkan. Namun, dengan label Gmail, tugas ini menjadi jauh lebih mudah. Dalam beberapa menit, Anda dapat membuat, menghapus, mengganti nama, dan bahkan label kode warna. Dan meskipun aplikasi seluler kurang di beberapa area, versi online menawarkan lebih dari cukup kemungkinan.

Membuat label hanyalah langkah pertama untuk meningkatkan pengelolaan kotak masuk Anda. Dengan beberapa perawatan rumah dan bantuan fitur pelabelan email Gmail, Anda mungkin akan mencapai “Kotak Masuk Nol” yang terkenal suatu hari nanti.

Pernahkah Anda membuat folder di Gmail? Apa cara favorit Anda untuk mengatur email? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: