Cara Membuat Hanya Satu Halaman Lansekap di Word

Jika Anda pengguna OS Windows, Anda pasti terbiasa bekerja dengan Microsoft Word. Saat membuka dokumen baru, Anda mungkin memperhatikan bahwa orientasi halaman diatur secara otomatis ke Potret. Formatnya berfungsi dengan baik untuk teks, tetapi jika Anda perlu menambahkan gambar atau grafik, Lansekap jauh lebih cocok.

Untungnya, pemformatan teks di Microsoft Word tidak terlalu rumit. Tetapi mengubah tata letak default pada halaman individual memerlukan beberapa langkah tambahan. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat hanya satu halaman Lansekap di Word.

Cara Membuat Lanskap Satu Halaman di Word 2010

Ketika Microsoft merilis Office 2010, versi terbaru dari Office 2007, ia mendapat ulasan yang bagus. Pengguna sangat puas dengan peningkatan yang dilakukan pada MS Word. Perubahan yang paling disambut adalah pengenalan kembali menu File, yaitu tampilan Backstage.

Versi sebelumnya juga memiliki beberapa masalah dengan Pengeditan yang diselesaikan dengan peningkatan 2010. Fitur-fitur baru menawarkan pemahaman yang lebih baik tentang alat pemformatan. Masalah tata letak tertentu juga ditangani untuk pertama kalinya. Ini mengacu pada penggunaan ligatur – penggabungan dua huruf (misalnya; ), khususnya.

Saat mengubah orientasi halaman di dokumen Word Anda, ada dua opsi. Tata letak potret lebih memanjang dan karenanya cocok untuk file teks. Namun, jika Anda berencana menggabungkan grafik, kolom, atau gambar besar, Anda harus beralih ke Lansekap. Dengan begitu, halaman Anda akan jauh lebih luas dan mampu menampung file berukuran besar.

Secara alami, Anda bisa bolak-balik di antara keduanya. Jika Anda tidak memiliki banyak tambahan pada teks Anda, Anda dapat menggunakan Potret untuk sebagian besar halaman. Mereka yang berisi penyisipan membutuhkan Lansekap sekalipun. Berikut cara membuat satu halaman Landscape di Word 2010 dengan menggunakan Section Breaks:
Klik pada dokumen Word Anda untuk membukanya. Pergi ke bagian atas halaman yang Anda inginkan untuk Landscape. Itu berarti jika Anda ingin mengubah tata letak di Halaman 4, gulir ke awal dan klik di sana. Temukan “Tata Letak Halaman” pada menu pita dan ketuk “Breaks.” Pilih “Halaman Berikutnya” dari menu drop-down. Buka “Tata Letak Halaman” dan pergi ke “Orientasi.” Pilih “Lanskap.” Buka kembali tab “Beranda” untuk mengaktifkan tanda paragraf. Klik “Tampilkan/Sembunyikan Tanda Paragraf”, yaitu simbol . Itu memberi Anda gambaran umum tentang pemisah bagian yang telah Anda buat. Sekarang Anda harus membuat pemisah bagian lain. Gulir ke awal halaman berikut (dalam hal ini Halaman 5).Ulangi langkah 3-4 untuk membuat pemisah bagian baru.Buka tab “Orientasi” lagi, tapi kali ini pilih “Potret.”
Setelah selesai, semua yang terletak di antara dua jeda bagian sekarang akan memiliki tata letak Lansekap. Jangan lupa untuk mengubah orientasi kembali ke Potret setelah istirahat bagian kedua. Jika tidak, halaman berikut juga akan menjadi Landscape.

Cara Membuat Satu Halaman Lansekap di Word 2016

Microsoft Office 2016 adalah versi terakhir yang mendukung sistem operasi Windows lama, seperti Windows 7 dan 8. Ini termasuk edisi MS Office sebelumnya, khususnya 2003, 2007 , dan 2010. Sama seperti pendahulunya, ia memperkenalkan beberapa pemutakhiran ke produk Office.

Banyak pemutakhiran dibuat khusus untuk MS Word baru. Terlepas dari antarmuka yang diperbarui, pengguna memuji fitur kolaborasi baru. Integrasi dengan platform penyimpanan online seperti OneDrive juga disempurnakan dalam versi ini. Selanjutnya, Microsoft menambahkan alat pencarian baru untuk menemukan perintah tertentu.

Sejauh menyangkut perubahan orientasi halaman, tidak ada yang berubah. Ulangi saja cara dari angsuran 2010. Anda dapat membuat satu halaman Landscape dengan menggunakan fitur Section Break di bawah tab Page Layout.

Namun, jika Anda ingin menghindari menambahkan section break ke dokumen Anda secara manual, ada cara lain. Berikut cara membuat satu halaman Landscape di Word 2016 dengan menggunakan Page Setup:
Sorot konten yang ingin Anda buat Landscape.Buka “Page Layout” pada menu pita di atas.Buka bagian “Page Setup”. Temukan ikon panah kecil di sudut kanan bawah. Cari opsi “Orientasi”. Klik pada kotak yang bertuliskan “Lanskap.” Di bagian bawah bagian, klik “Terapkan ke” untuk membuka menu tarik-turun. Kemudian klik “Teks yang dipilih” dan konfirmasikan dengan “OK.”
Bagian yang disorot dari dokumen Anda sekarang akan muncul di halaman berbeda dengan orientasi Lansekap. Metode ini sedikit lebih mudah karena Anda tidak perlu menambahkan pemisah bagian ke dokumen Anda secara manual. Microsoft Word akan melakukannya untuk Anda.

Cara Membuat Lanskap Satu Halaman di Word 2019

Pembaruan 2019 membawa perubahan signifikan pada grafik MS Office dan memperkenalkan beberapa fitur baru. MS Word ditingkatkan dengan penambahan “Alat Pembelajaran” ke menu pita. Alat yang paling menonjol adalah “Baca dengan Keras” – opsi agar dokumen Anda dibacakan untuk Anda.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana membuat satu halaman Lansekap di Word 2019, sekali lagi tidak ada yang berbeda. Anda dapat menggunakan dua metode yang sama dari versi 2016 dan 2010. Artinya Anda dapat menambahkan pemisah bagian sendiri atau membiarkan program melakukannya untuk Anda melalui Page Setup.

Cara Membuat Semua Halaman Lanskap di Word

Landscape berfungsi paling baik untuk dokumen yang menyertakan daftar isi, representasi data, dan file gambar besar. Tata letaknya lebih lebar daripada Potret yang berarti Anda dapat menambahkan lebih banyak kolom ke spreadsheet dan menggunakan foto beresolusi tinggi.

Mengubah orientasi pada semua halaman jauh lebih mudah, bukan hanya satu halaman. Berikut cara membuat semua halaman menjadi Lanskap di Word:
Buka bagian “Tata Letak Halaman” pada menu pita. Klik “Orientasi.” Pilih “Lanskap.”
Sekarang seluruh dokumen Anda akan diformat dalam Lanskap. Dengan cara ini, Anda akan memiliki ruang tambahan untuk file Anda dan dapat menyertakan lebih banyak informasi.

Jika Anda bertanya-tanya apakah prosesnya berbeda untuk laptop MAC, jangan khawatir. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1983, MS Word telah berhasil diterapkan ke banyak platform lainnya. Hampir setiap fitur pemformatan teks juga tersedia untuk pengguna Apple.

Sehubungan dengan orientasi halaman, prosesnya sama untuk macOS seperti halnya untuk sistem operasi Windows.

Cara Memformat Dokumen Microsoft Word

Setiap versi MS Word menyertakan pilihan fitur pemformatan teks lanjutan . Mampu mengubah orientasi halaman individual hanyalah salah satu karakteristik yang berguna.

Tentu saja, Anda akan menggunakan alat yang berbeda untuk berbagai jenis dokumen. Antarmukanya tertata rapi dan cukup jelas. Secara umum, ini adalah cara memformat Microsoft Word Documents:
Sorot teks yang ingin Anda format. Anda dapat memilih kata tunggal dan seluruh baris.Jelajahi menu pita di atas ruang kerja.Pilih opsi.
Menu pita dibagi menjadi beberapa bagian dengan berbagai jenis fitur. Misalnya, jika Anda ingin mengubah orientasi halaman, klik bilah “Tata Letak Halaman”. Kemudian Anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah yang disebutkan di paragraf sebelumnya.

Cara Membuat Lanskap Satu Halaman di Google Docs

Dalam hal popularitas, satu-satunya editor file yang dapat bersaing dengan MS Word adalah Google Docs. Jika Anda lebih dari pengguna Google, Anda tahu pemformatan halaman individual juga tersedia.

Prosesnya mirip dengan pemformatan MS Word, dengan sedikit perbedaan. Berikut cara membuat satu halaman Lansekap di Google Documents dengan menggunakan pemisah bagian:
Buka Google Documents di Peramban Anda dan temukan file Anda. Klik di mana Anda ingin menambahkan pemisah bagian. Temukan “Sisipkan” pada bilah menu di atas. Klik dan pilih Break > Section Break. Buka “File” dan klik “Page Setup.” Pergi ke “Page Orientation.” Sebuah jendela kecil akan muncul. Di bawah “Terapkan ke” pilih “Bagian ini.” Ubah orientasi ke “Lanskap.” Konfirmasi.
Seperti halnya dengan MS Word, dimungkinkan untuk membuat semua halaman menjadi Lanskap. Begini caranya:
Temukan dokumen Google Documents yang ingin Anda format. Di bagian atas laman, ada bilah menu. Klik “File.” Pilih “Page Setup” untuk membuka menu pop-up. Di bawah “Orientation” centang lingkaran kecil di sebelah “Landscape.” Konfirmasi dengan “OK.”
Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan jeda bagian. Ikuti langkah yang sama, selain dari #5. Alih-alih memilih “Bagian ini”, klik “Bagian ini maju” dan halaman berikut juga akan berada di Landscape.

Tidak Ada Bercak di Lanskap Ini

Microsoft Word dianggap sebagai salah satu pengolah kata paling populer di dunia. Karena antarmuka yang ramah pengguna dan banyak fitur bagus, Word dapat ditemukan di berbagai platform.

Menjadi bagian integral dari perangkat lunak MS Office, Word secara teratur ditingkatkan setiap beberapa tahun. Namun, terlepas dari versinya, membuat satu halaman Lansekap di dokumen Anda selalu sama. Ada dua opsi untuk dipilih – membuat pemisah bagian secara manual atau meminta Word melakukannya untuk Anda.

Mengubah orientasi halaman individual juga dimungkinkan di Google Documents. Sesederhana itu, dan ada juga opsi untuk mengubah orientasi beberapa bagian.

Tahukah Anda cara memformat tata letak halaman sebelum ini? Kapan dan mengapa Anda menggunakan orientasi Lansekap? Komentar di bawah dan beri tahu kami jika Anda memiliki cara lain untuk melakukannya.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: