Cara Membuat Kolom di Notion

Apakah terkadang Anda berharap bisa membawa papan memo ke mana-mana? Di situlah semua rencana, tujuan, dan pengingat Anda berada. Tentu saja, itu terlalu besar, dan perencana Anda mungkin terlalu berat untuk dibawa-bawa.

Sebagai alternatif, apakah Anda sudah mencoba aplikasi Notion? Anda tidak hanya dapat menyimpan semua yang Anda butuhkan di satu tempat, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk tetap berhubungan dengan tim Anda setiap saat. Semua tugas Anda akan terstruktur dengan baik, berkat opsi desain dan penyesuaian yang disediakan oleh Notion.

Jika Anda tertarik untuk membuat kolom, menambahkan subjudul, dan hal-hal lain untuk membuat laporan terbaru Anda di Notion lebih mudah dibaca, ikuti artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut!

Membuat Kolom di Notion

Di antara fitur berguna lainnya, Notion memungkinkan Anda mengelompokkan teks atau gambar tanpa membuat tabel. Anda dapat membuat kolom sebanyak yang Anda inginkan jika Anda perlu menempatkan data di samping satu sama lain agar lebih mudah dibaca.

Langkah-langkahnya mungkin lebih mudah dari yang Anda bayangkan. Ini karena Anda sebenarnya dapat menyeret konten apa pun di sekitar halaman Notion. Baik Anda perlu memindahkan gambar atau teks, Anda dapat menempatkannya di mana pun Anda mau. Saat Anda ingin membuat kolom, Anda perlu melakukan hal berikut:
Arahkan kursor ke bagian teks yang ingin Anda buat kolom. Anda akan melihat ikon kecil dengan titik-titik yang akan muncul sebagai pegangan di sebelah kiri. Klik untuk dapat memindahkan konten. Anda dapat menyeret konten ke mana pun Anda inginkan di sekitar halaman. Anda akan melihat panduan biru yang menunjukkan ke mana teks akan pergi. Pastikan Anda menyeret teks sepenuhnya ke kiri atau kanan karena jika tidak, teks akan ditempatkan di bawah garis biru. Ketika Anda melihat garis biru vertikal, itu pertanda Anda sedang membuat kolom. Letakkan teks di tempat yang Anda inginkan dengan melepaskan mouse. Voila! Itu dia. Sekarang Anda memiliki kolom, dan Anda dapat mengulangi langkah yang sama jika Anda ingin menyusun ulang kolom di bilah sisi di sebelah kiri.

Anda juga dapat menggunakan kolom ini untuk membuat daftar tugas terpisah atau mengatur data sesuka Anda .

Cara Menambahkan Judul ke Kolom

Jika Anda perlu memberi nama kolom Anda sesuai dengan informasi yang dikandungnya, Anda dapat dengan mudah menambahkan judul ke masing-masing kolom. Anda dapat memilih di antara tiga ukuran judul yang disediakan oleh Notion dan ada beberapa cara untuk menambahkannya.

Metode 1
Arahkan kursor ke baris baru pada halaman yang telah Anda buka.Pilih tanda + di margin kiri.Pilih ukuran judul yang sesuai untuk ditambahkan it.
Method 2
Buka catatan dan ketik /.Masukkan ukuran judul yang Anda inginkan: h1, h2, atau h3.Tekan Enter pada keyboard Anda.
Method 3
Ketik judulnya.Tekan Ctrl (atau Cmd untuk Mac) +/ tombol pada saat yang sama.Pilih ukuran heading yang Anda inginkan.
Method 4
Gunakan Markdown.Masukkan # jika Anda ingin teks menjadi H1, ## untuk H2, dan ### untuk menjadikannya H3.Tekan Spasi pada keyboard Anda.
Ketika Anda menambahkan heading, teks Anda akan tampak lebih terstruktur dan rapi.

Cara Membuat Kolom di Notion di iPad

Meskipun Notion tersedia untuk berbagai perangkat, termasuk iOS dan Android, tidak semua fitur dapat digunakan di semua ponsel dan tablet.

Sayangnya, membuat kolom adalah salah satu fitur ini. Jika Anda membuat kolom di komputer dan mencoba melihatnya di perangkat seluler, itu tidak akan mungkin. Anda hanya akan melihat teks dari kolom kanan di bawah konten dari kolom kiri.

Cara Membuat Kolom Berspasi Merata dalam Gagasan

Tahukah Anda bahwa Anda sebenarnya dapat membuat kolom dengan spasi merata bahkan tanpa mencoba?

Ikuti instruksi kami dari atas dan seret sepotong konten di seluruh halaman Anda untuk membuat kolom. Saat melakukannya, Anda akan melihat garis biru vertikal dan horizontal yang memandu Anda, sehingga Anda tahu di mana harus meletakkan konten. Pastikan teks atau gambar yang Anda pindahkan sejajar dengan konten di atasnya. Begitulah cara konten baru apa pun yang Anda tambahkan di bawah teks atau judul sebelumnya akan disejajarkan dengannya.

Namun, jika Anda ingin memastikan bahwa semua kolom Anda memiliki lebar yang sama, itu bahkan lebih mudah. Saat Anda membuat kolom ini, kolom tersebut akan secara otomatis ditempatkan secara merata tidak peduli berapa banyak kolom yang Anda buat.

Dan jika Anda ingin menyesuaikannya dan mengubah lebarnya agar sesuai dengan data yang dikandungnya, Anda dapat menyesuaikannya. Arahkan kursor Anda di antara kolom, dan sebuah garis akan muncul. Klik garis dan pindahkan ke kiri atau kanan untuk mengubah lebar kolom.

FAQ Tambahan

Berikut ini beberapa info berguna lainnya yang mungkin menarik bagi Anda jika Anda baru saja mulai menggunakan Notion.
Bagaimana Cara Menjumlahkan Kolom dalam Notion?

Notion memungkinkan Anda untuk membuat tabel dan merupakan alternatif yang sangat baik untuk Excel dan Google Sheets. Di aplikasi Notion, tabel berisi berbagai fitur penyesuaian dan semua jenis operasi matematika juga. Itu memungkinkan Anda mengelola data dengan lebih mudah, jadi inilah cara menjumlahkan kolom di Notion.

• Buka tabel Notion atau database tempat Anda ingin menjumlahkan data Anda.

• Cari kolom yang diinginkan dan arahkan kursor ke area kosong di bawahnya baris terakhir kolom.

• Pilih Hitung untuk melihat menu tarik-turun.

• Pilih operasi Jumlah dari menu.

Dalam menu ini, Anda juga akan menemukan banyak operasi matematika berguna lainnya. Misalnya, Anda dapat menghitung nilai median atau rata-rata kolom, menghitung nilai unik, menemukan nilai minimum atau maksimum, dan banyak lagi.
Bagaimana Cara Menambahkan Pembagi ke Gagasan?

Dividers adalah fitur lain yang dapat membuat teks Anda terlihat lebih terorganisir. Ini sangat membantu ketika Anda memiliki beberapa ide atau tugas yang berbeda dalam satu catatan, dan Anda ingin memisahkannya. Ada tiga cara untuk menambahkan pembagi dan memecah teks Anda menjadi beberapa bagian. Ini dijelaskan di bawah ini:

Method 1

• Arahkan kursor ke baris baru di dokumen Anda.

• Anda akan melihat tanda plus di margin kiri, klik untuk melihat menu.

• Dari menu ini, pilih bagian Divider.

Method 2

• Ketik / di catatan Anda.

• Masukkan “div“.

• Tekan tombol Enter.

Metode 3

• Navigasikan ke tempat di dokumen tempat Anda ingin meletakkan pembagi.

• Masukkan tiga tanda hubung (—).

• Sebuah pembagi akan menggantikan tanda hubung.

Atau Anda cukup menyeret pembagi seperti blok lain dan meletakkannya di tempat yang Anda inginkan.
Bagaimana Anda Menghapus Kolom di Notion?

Menghapus kolom dari dokumen Notion Anda sangatlah mudah. Yang harus Anda lakukan adalah membalikkan tindakan yang Anda lakukan saat membuatnya.

• Sorot konten dari kolom kanan yang ingin Anda pindahkan kembali.

• Pilih titik (ikon kolom) dan seret konten kembali ke kiri. Anda dapat meletakkannya di atas atau di bawah konten di kolom kiri.

• Ikuti garis biru untuk menyelaraskan konten dan lepaskan mouse.

• Jika Anda melihat bahwa kolom kanan tidak dihapus tetapi hanya kosong, arahkan kursor ke atasnya dan klik ikon kolom. Klik Hapus untuk menghapusnya.

Menikmati Notion

Notion adalah alat yang sangat baik untuk penggunaan pribadi, manajemen proyek, dan komunikasi antar anggota tim. Apa pun yang terlintas dalam pikiran Anda, Anda dapat menuliskannya di Notion. Simpan jurnal Anda, buat daftar tugas, bahkan buat tabel yang rumit, dan gunakan aplikasi sebagai database.

Mengapa tidak? Ini dapat disesuaikan, ramah pengguna, dan menawarkan banyak opsi. Anda bahkan dapat dengan cepat membuat kolom dan menjaga catatan Anda tetap rapi dan terstruktur.

Sudahkah Anda mencoba Notion? Untuk apa Anda menggunakannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: