Cara Membuat Kuis di Google Classroom

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Anda ingin siswa Anda merasa terlibat dan berinvestasi dalam metode pengajaran Anda jika Anda seorang pendidik. Salah satu caranya adalah dengan membuat kuis di Google Classroom. Kuis adalah cara yang bagus bagi siswa untuk menguji pengetahuan mereka dalam berbagai mata pelajaran dan membantu mereka mengikuti apa yang telah mereka pelajari sejauh ini. Mereka juga memberi petunjuk kepada pendidik tentang area yang mungkin membutuhkan lebih banyak perhatian.

Membuat kuis adalah cara mudah untuk menilai pengetahuan siswa Anda tentang suatu topik dengan cepat dan memberi mereka umpan balik tentang kemajuan mereka. Setelah membuat kuis, Anda dapat membagikannya dengan seluruh kelas atau siswa secara individual sesuai kebutuhan.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat kuis di Google Classroom di berbagai perangkat.

Cara Membuat Kuis di PC di Google Classroom

Ketika Anda ingin membuat kuis, Anda mungkin ingin melakukannya di PC karena banyak manfaat yang ditawarkannya.

Pertama, Anda akan memiliki layar besar tempat Anda dapat merakit semua alat yang Anda butuhkan. Misalnya, Anda dapat membuka Google Classroom di satu jendela dan kemudian menyusun pertanyaan Anda di jendela lain sebelum akhirnya menempelkan pertanyaan yang sudah disempurnakan ke dalam kuis.

Jika mau, Anda bahkan dapat menyambungkan layar tambahan dan memberikan lebih banyak ruang untuk item yang Anda butuhkan. Misalnya, Anda mungkin ingin menggunakan layanan konferensi video untuk berkolaborasi dengan guru lain saat Anda membuat kuis. Menghosting rekan kerja Anda di satu layar dan kemudian menggunakan yang lain untuk pengeditan yang sebenarnya dapat membantu merapikan layar Anda dan tetap teratur.

Saat menjalankan Google Classroom di PC, Anda juga memiliki kesempatan untuk memanfaatkan alat lain dalam keluarga G Suite secara maksimal , termasuk Gmail, Drive, Documents, Spreadsheet, Slide, dan Forms.

Berikut cara membuat kuis di Google Classroom di PC:

Menyiapkan Kuis
Masuk ke halaman kursus Google Classroom Anda.Klik “Tugas Kelas” di bagian atas halaman kursus.Pilih tombol “Buat” di bagian atas halaman Tugas Kelas.Buka “Tugas Kuis” dari menu tarik-turun untuk memunculkan layar yang terlihat seperti layar tugas Google Kelas standar.Beri kuis Anda judul, lalu berikan petunjuk tambahan jika Anda mau. Setelah Anda menyiapkan semua “aturan dasar” tentang kuis, klik gambar mini Google Formulir tepat di bawah tab lampiran. Ini akan memunculkan halaman baru di mana Anda sekarang dapat mulai mengatur pertanyaan.
Mengisi Kuis
Pilih jenis pertanyaan atau ubah format dengan mengklik tombol sakelar di sudut kanan atas dan pilih format yang Anda inginkan dari submenu tarik-turun.Buat yang pertama pertanyaan dengan mengklik kolom teks “Pertanyaan Tanpa Judul” dan ketik atau tempel pertanyaan Anda. Isi pilihan jawaban. Jika opsinya berupa teks, ketikkan di kotak yang tersedia. Jika itu gambar, klik ikon “Tambah Gambar” di paling kanan. Ini akan memunculkan jendela di mana Anda dapat mengunggah gambar dari hard drive Anda atau mengambil beberapa dari Google Drive atau internet. Pilih tautan “Kunci Jawaban” di bawah pertanyaan Anda, atur nilai poin pertanyaan dan jawaban yang benar. Klik “Selesai ” untuk keluar dari jendela Kunci Jawaban dan kembali mengedit kuis. Gulir ke bawah ke bagian bawah pertanyaan Anda dan klik “Diperlukan” untuk mencegah siswa Anda melewatkannya. Untuk menambahkan pertanyaan baru, klik tanda tambah (+ ) di bilah alat mengambang. Anda dapat menambahkan pertanyaan sebanyak yang Anda butuhkan. Setelah selesai merumuskan pertanyaan, keluar dari jendela Google Formulir dan kembali ke halaman Tugas Kuis. Tambahkan detail lebih lanjut tentang kuis jika diperlukan, lalu tetapkan. Misalnya, Anda dapat menentukan topik dan menambahkan tanggal jatuh tempo. Semua opsi ini tersedia di pojok kanan atas.
Cara Membuat Kuis di Google Kelas di iPhone

Aplikasi Google Kelas untuk iPhone sangat cocok untuk guru yang perlu mengelola ruang kelas mereka saat bepergian. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat tugas, membuat pengumuman, mengirim email ke siswa Anda, dan bahkan membaca posting dari siswa Anda secara real-time.

Aplikasi ini tidak menawarkan cara untuk membuat cepat, namun Anda masih dapat menggunakan versi web platform dari iPhone Anda untuk membuat quizzes

Berikut cara melakukannya:
Buka browser Anda dan kunjungi Google Classroom dan masuk.Ketuk “Kelas.”Pilih “Tugas Kelas” di bagian atas halaman kursus.Ketuk tanda plus (+ ) dan pilih “Tugas Kuis” dari menu tarik-turun. Beri kuis Anda judul yang tepat, dan masukkan beberapa petunjuk jika diperlukan. Ketuk tab “Kuis Kosong” untuk mulai mengedit pertanyaan Anda. Ini akan membuka jendela Google Formulir kosong. Ketuk pada bidang teks “Pertanyaan Tanpa Judul” dan ketik pertanyaan Anda. Untuk menambahkan gambar, ketuk ikon gambar di paling kanan. Tentukan jenis pertanyaan yang ingin Anda atur. Isi beberapa pilihan jawaban. Pilih tautan “Jawaban Umpan Balik” untuk memilih jawaban yang benar dan tentukan poin untuk pertanyaan. Buka opsi “Selesai” untuk menyimpan dan kembali ke jendela pengeditan kuis. Ketuk “Diperlukan” untuk menghentikan siswa melewatkan pertanyaan. Ketuk tombol plus (+) di bagian bawah jendela untuk menambahkan pertanyaan lain .Setelah Anda mengatur semua pertanyaan yang Anda butuhkan, ketuk panah maju di bagian atas untuk mengirimkannya ke siswa.
Cara Membuat Kuis di Google Classroom di Ponsel Android

Seperti aplikasi Google Classroom untuk iPhone, Anda juga harus menggunakan versi web untuk membuat kuis

Berikut cara melakukannya:
Buka browser Anda, kunjungi Google Classroom dan masukkan kredensial Anda untuk masuk. Ketuk “Kelas.” Pilih “Tugas Kelas” di bagian atas halaman kursus. Ketuk “+” ikon dan pilih “Tugas Kuis” dari menu popup. Beri nama kuis Anda dan masukkan instruksi atau pedoman apa pun yang mungkin Anda pikirkan. Ketuk “Kuis Kosong” untuk membuka jendela Google Formulir kosong tempat Anda dapat mengedit kuis Anda. Ketuk pada Bidang teks “Pertanyaan Tanpa Judul” untuk mengetik pertanyaan pertama Anda. Secara opsional, Anda dapat menambahkan gambar dengan mengetuk ikon gambar di paling kanan. Di kotak tepat di bawah pertanyaan Anda, tentukan formatnya. Tambahkan opsi jawaban ke pertanyaan Anda. Ketuk tautan “Jawab Umpan Balik” untuk menentukan jawaban yang benar dan mengalokasikan poin. Setelah Anda siap, ketuk “Selesai” untuk kembali ke area pengeditan pertanyaan. Ketuk “Wajib” untuk membuat pertanyaan wajib bagi semua siswa. Untuk menambahkan pertanyaan baru, ketuk tombol plus di bagian bawah jendela.Saat kuis Anda siap, ketuk panah maju di bagian atas untuk menetapkannya kepada siswa.
Bawa Pelajaran Anda ke Tingkat Berikutnya

Google Kelas adalah cara yang bagus untuk menciptakan lingkungan kelas yang lebih interaktif yang akan meningkatkan keterlibatan siswa. Ini juga berpotensi menghemat waktu dan uang bagi guru dan siswa. Jika Anda mencari alat bantu pengajaran yang mudah digunakan dan terjangkau, Google Classroom mungkin yang Anda butuhkan.

Sudahkah Anda mencoba membuat kuis di kelas Google saat menggunakan PC atau perangkat seluler? Bagaimana hasilnya?

Bagikan pengalaman Anda dengan siswa dan guru lain di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: