Cara Membuat Mod Minecraft

Minecraft terkenal dengan beragam modnya. Anda dapat menemukan mod untuk apa saja, mulai dari meningkatkan grafik hingga menambahkan bioma atau monster baru. Seharusnya tidak mengejutkan karena komunitas pemain Minecraft adalah salah satu yang terbesar dan paling berdedikasi di seluruh industri game.

Jika Anda juga ingin mencoba keterampilan Anda dalam membuat mod, kami di sini untuk membantu.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan cara membuat mod Minecraft kustom dengan atau tanpa coding. Selain itu, kami akan memberikan instruksi tentang cara membuat paket mod Minecraft dan server modded. Baca terus untuk berkontribusi pada komunitas modding game.

Cara Membuat Mod

Mod Minecraft dapat dibuat menggunakan metode yang berbeda. Mungkin, software paling populer untuk membuat mod baru adalah Minecraft Forge. Ingatlah bahwa metode ini membutuhkan pengetahuan pemrograman yang luas. Berikut ini cara menginstal Forge dan mengaturnya sebelum Anda mulai coding:
Head ke situs resmi Forge dan pilih versi yang sesuai dengan versi Minecraft Anda. Pilih “MDK” ketika jendela “Download Recommended” muncul. Unduh file instalasi dan jalankan. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan instalasi. Buka folder “forge-[version]-mdk” dan salin item berikut dari folder: folder “src”, folder “gradle” , file “gradlew”, file “gradlew.bat”, dan file “build.gradle”. Buat folder baru dengan nama pilihan Anda di Dokumen Anda. Tempel item yang disalin ke dalam folder. Instal perangkat lunak IntelliJ IDEA. Kemudian, luncurkan. Anda akan diminta untuk memilih file yang akan diimpor. Pilih file “build.gradle” dari folder yang dibuat pada Langkah 5, lalu klik “Ok.” Luncurkan panel Gradle dan klik dua kali entri “genIntellijRuns” di folder “fg_runs”. Ini akan membuat konfigurasi run baru untuk mod masa depan Anda. Mengodekan mod terlalu panjang dan rumit untuk dijelaskan dalam satu artikel. Anda dapat menemukan tutorial tanpa akhir untuk mengkode item dan perintah tertentu di web.

Atau, Anda dapat membuat kode mod online menggunakan alat seperti LearnToMod. Jauh lebih mudah digunakan untuk pemula, meskipun Anda perlu berlangganan. Anda dapat membuat kode mod menggunakan JavaScript atau menggunakan editor drag-and-drop. Setelah membeli langganan, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mulai membuat mod:
Di halaman utama, klik “Mulai Server”. Tunggu lima hingga 10 menit saat server dimuat. Setelah server dimuat, Anda akan melihat alamat IP-nya di layar Anda. Salin. Luncurkan Minecraft Java dan buka “Multiplayer,” lalu “Direct Connect.” Tempelkan alamat IP server ke bidang khusus dan klik “Bergabung dengan Server.” Klik “Mainkan,” lalu “Mod” dari menu navigasi atas. Klik “Kode.” Beri nama mod Anda dan klik “Blocky” atau “JS” untuk membuat mod di editor drag-and-drop atau kode di JavaScript.
Langkah selanjutnya berbeda tergantung pada metode yang Anda pilih. Untungnya, situs ini menyediakan panduan terperinci untuk membuat mod dengan editor kotak-kotak. Untuk kode JS, Anda perlu mempelajari beberapa pemrograman.

Cara Membuat Modpack

Modpacks Minecraft memungkinkan Anda untuk menggabungkan mod yang dipilih tanpa jeda. Membuatnya tidak memerlukan pengetahuan teknologi yang luas. Berikut cara melakukannya:
Unduh versi file instalasi aplikasi CurseForge yang sesuai untuk sistem operasi Anda. Luncurkan file dan ikuti petunjuk penginstalan di layar. Saat aplikasi diinstal, buka dan navigasikan ke tab “Minecraft”. Klik “Buat Profil Kustom.” Masukkan nama profil Anda dan pilih Versi Minecraft Anda, lalu klik “Buat. Klik “Tambahkan Lebih Banyak Konten” pada halaman yang muncul. Pilih mod yang diinginkan dari katalog Forge dan klik “Instal” di sebelah masing-masing. Setelah paket dibuat, klik “Mainkan” di sebelah namanya untuk mulai bermain dengan mod yang dipilih.
Cara Membuat Server Modded Minecraft

Langkah pertama dalam membuat server Minecraft mod adalah mengunduh Minecraft Forge. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menginstal aplikasi penting ini:
Buka situs resmi Minecraft Forge dan klik ikon tiga garis di sudut kiri atas untuk memperluas menu bilah sisi. Pilih versi Forge yang sesuai dengan versi Minecraft Anda dari bilah sisi. Kemudian, klik “Install.” Temukan file instalasi Forge di komputer Anda dan klik dua kali. Ikuti petunjuk instalasi di layar. Pilih “Instal Server” saat diminta. Buka Minecraft Launcher dan buka “Opsi Luncurkan.” Klik “Tambah Baru,” lalu perluas menu tarik-turun di bawah “Versi” dan pilih “lepaskan [versi] forge.” Kembali ke utama Minecraft Launcher halaman dan klik panah di sebelah tombol “Mainkan”. Saat game diluncurkan, Anda akan melihat tombol “Mods” di menu awal.
Selanjutnya, terima perubahan EULA dengan menyesuaikan kode file Forge. Kedengarannya rumit, tetapi dalam praktiknya, ini relatif mudah. Inilah cara melakukannya:
Arahkan ke folder “Server” Minecraft Anda dan temukan file “tempa [versi] universal.jar”. Luncurkan. Folder “logs”, “mods”, dan “eula.txt” akan muncul di folder “Servers”. Buka file “eula.txt” dan ubah baris “false” menjadi “true”. Tekan Ctrl + S untuk menyimpan perubahan dan keluar dari file. Luncurkan “forge [version] universal.jar” sekali lagi. Anda akan melihat lebih banyak file muncul di folder “Server”. Tunggu hingga jendela “Minecraft server” muncul. Tutup jendela.
Selamat, Anda sekarang memiliki server Minecraft yang telah dimodifikasi. Sekarang, saatnya menambahkan beberapa mod ke dalamnya dan mengonfigurasi pengaturan penggunaan RAM server. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Unduh mod yang diinginkan dari database mod Forge. Tempel file mod .jar yang diunduh ke folder server modded Anda. Klik kanan folder “Server” utama dan pilih “Baru,” lalu “Dokumen Teks.” Beri nama “Peluncur Server.” Rekatkan baris berikut ke dalam dokumen: “java -Xmx2048M -Xms2048M -jar forge-1.12.2-14.23.5.2838-universal.jar -o true nogui”. Bagian “2048” menunjukkan jumlah RAM yang akan digunakan server, dua gigabyte. Ganti dengan “4096” untuk memungkinkan server menggunakan empat gigabyte RAM. Ini akan membantu mengurangi lag di server Anda. Simpan file sebagai “Server Launcher.bat.” Klik dua kali file ini setiap kali Anda ingin memulai server.
Cara Membuat Mod Minecraft Tanpa Pengalaman Coding

Anda tidak perlu memiliki pengalaman coding untuk membuat mod Minecraft. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak khusus, seperti MCreator, tersedia untuk Mac, Windows, dan Linux.

Dengan itu, Anda dapat membuat baju besi, bioma, menambahkan tekstur animasi atau massa dengan AI kustom. Perangkat lunak ini memiliki alat yang mudah digunakan seperti editor animasi, wizard animasi mob, dan pengelola suara. Mod Anda juga dapat diuji selama proses pengembangan. Anggap saja sebagai editor situs web drag-and-drop seperti Wix.

Selain itu, MCreator memiliki fitur editor kode terintegrasi yang memungkinkan Anda menguji pengetahuan pemrograman Anda jika diinginkan. Kode Minecraft dan Minecraft Forge sudah diunggah ke editor. Jika Anda tertarik, situs resmi MCreator menyediakan panduan terperinci untuk membuat berbagai elemen mod.

Apakah Minecraft Bedrock mendukung mod?

Minecraft Bedrock tidak mendukung mod secara resmi atau tidak resmi. Itu terkait dengan basis kode universal yang digunakannya. Saat ini, satu-satunya cara untuk mengubah segalanya di edisi Bedrock adalah dengan mendapatkan paket tekstur, skin, dan add-on lainnya di Minecraft Marketplace.

Dukung Komunitas

Sekarang setelah Anda mengetahui cara membuat mod Minecraft, Anda bisa mempelajari coding untuk komunitas atau mulai mempelajari dasar-dasarnya. Modding membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan pengetahuan, sehingga komunitas layak mendapat penghargaan besar karena memberi kami pengalaman baru. Dan tetap saja, gamer membagikan kreasi mereka sepenuhnya secara gratis. Jadi, pastikan untuk mengatakan “terima kasih!” kepada sesama modder setiap kali Anda mendapat kesempatan.

Apa mod Minecraft favorit Anda? Bagikan pilihan teratas Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: