Cara Membuat Polling di WhatsApp

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Jika Anda adalah anggota grup WhatsApp, Anda mungkin pernah berada dalam situasi di mana Anda perlu membuat keputusan “demokratis” yang mencerminkan pendapat mayoritas dari grup tersebut. Ini bisa berupa pemungutan suara tentang apa saja, mulai dari siapa yang akan memimpin grup selama beberapa bulan ke depan hingga investasi keuangan terbaik bagi grup hingga siapa yang diundang untuk menjadi pembicara tamu pada pertemuan berikutnya.

Apa pun tujuan Anda, polling adalah cara sempurna untuk mengumpulkan umpan balik dan membuat keputusan yang disetujui oleh sebagian besar anggota grup.

Tidak seperti kebanyakan platform media sosial, WhatsApp tidak menawarkan layanan polling bawaan.

Hal baiknya adalah bahwa sejumlah pihak ketiga pengembang telah menjembatani kesenjangan dan menciptakan alat yang dapat membantu Anda menjalankan polling cepat di WhatsApp. Baik perangkat Anda berjalan di Android, iOS, atau Windows, kebutuhan Anda terpenuhi.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara kerja alat ini. Ini akan mempersiapkan Anda dengan baik untuk jajak pendapat informatif yang dapat membantu Anda membuat keputusan dengan lebih mudah dan transparan.

Cara Membuat Jajak Pendapat di Grup WhatsApp di iPhone

Jika Anda menggunakan iPhone, alat berikut dapat membantu Anda membuat jajak pendapat yang sempurna dan kumpulkan umpan balik untuk pengambilan keputusan:

(a) Ferendum

Ferendum adalah pembuat polling online gratis yang sempurna untuk membuat polling cepat untuk dibagikan dalam obrolan grup WhatsApp Anda. Ini memungkinkan Anda membuat survei yang unik dan sepenuhnya disesuaikan dengan pertanyaan Anda sendiri dan hingga 10 opsi untuk dipilih.

Setelah Anda puas dengan cara pertanyaan dan opsi disiapkan, Anda dapat membuat tautan dan membagikan dalam obrolan grup Anda. Untuk memilih, yang harus dilakukan anggota hanyalah mengklik atau mengetuk tautan. Sebagai bonus tambahan, baik pembuat polling maupun peserta tidak perlu membuat akun.

Berikut cara membuat polling WhatsApp menggunakan Ferendum:
Buka Safari dan kunjungi bagian pembuat polling WhatsApp di situs web resmi Ferendum.Ketik pertanyaan yang Anda inginkan untuk bertanya dalam jajak pendapat Anda. Tambahkan “Komentar” untuk membocorkan informasi lebih lanjut tentang jajak pendapat. Anda dapat menggunakan bagian ini untuk menjelaskan secara singkat cara kerja polling atau membuat ajakan bertindak. Masukkan nama atau email Anda. Jika Anda tidak ingin memberikan informasi ini, Anda dapat dengan mudah melewati bagian ini. Tambahkan hingga 10 opsi khusus. Pada titik ini, Anda diizinkan untuk mengonfigurasi pemungutan suara sesuai keinginan Anda. Misalnya, Anda dapat memilih pemungutan suara anonim atau menggunakan “Daftar Suara” jika Anda ingin detail setiap anggota muncul di samping suara mereka. Terima syarat dan ketentuan penggunaan Ferendum. Ketuk “Buat jajak pendapat untuk WhatsApp.” Ini akan membuka halaman baru tempat Anda dapat menyalin tautan yang kemudian dapat ditempelkan ke obrolan grup.
Untuk transparansi, suara secara otomatis dihitung saat mereka tiba. Setelah anggota memberikan suara mereka, mereka akan dapat melihat hasil polling.

(b) Chat2Desk

Chat2Desk adalah bot yang membantu Anda membuat polling langsung dari dalam akun WhatsApp Anda dalam empat langkah mudah. Anda tidak perlu mengunjungi situs eksternal atau menginstal apa pun di iPhone Anda. Meskipun pengembangnya berbasis di Polandia, Anda dapat menggunakan bot dari bagian mana pun di dunia, termasuk US

Berikut cara kerjanya:
Tambahkan nomor berikut ke kontak Anda dan simpan sebagai “Polling Gratis”– +48 735 062 996. Buka sebagai obrolan baru dengan “Polling Gratis” dan kirim kata “Buat.” Ini akan secara otomatis meluncurkan “Langkah 1,” di mana Anda harus memasukkan pertanyaan Anda. Ketik pertanyaan khusus Anda dan tekan “Kirim.” Pada titik ini, bot akan meminta Anda untuk menentukan jumlah opsi untuk disertakan dalam jajak pendapat Anda. Tanggapi dengan angka apa pun antara “2” dan “10.” Sekarang, ketik opsi Anda secara berurutan. Setelah setiap entri, bot akan meminta Anda untuk “Kirim kemungkinan jawaban berikutnya dari jajak pendapat Anda.” Setelah memasukkan semua opsi Anda, tentukan apakah Anda ingin peserta “memilih lebih dari satu jawaban.” Untuk menyetujui ini, ketik “Ya.” Jika Anda ingin peserta dibatasi hanya pada satu opsi, balas dengan “Tidak.”
Setelah melakukan ini, bot akan mengirimkan tautan yang kemudian dapat Anda bagikan di grup WhatsApp Anda. Tautan tersebut disertai dengan petunjuk tentang cara memilih.

Cara Membuat Poll di Grup WhatsApp di Perangkat Android

Meskipun WhatsApp tidak memiliki layanan polling bawaan, beberapa alat pihak ketiga dapat melakukan pekerjaan itu dengan aman, nyaman, dan aman. mode yang efisien. Salah satu opsi paling populer bernama Panggung Opini.

Pembuat jajak pendapat Tahap Opini telah dibangun dari bawah ke atas dengan fitur yang dibuat khusus yang memungkinkan Anda merancang jajak pendapat, kuesioner, atau kampanye media sosial interaktif berikutnya tanpa pengetahuan teknis apa pun .

Ini adalah platform sempurna untuk memanfaatkan kekuatan obrolan grup WhatsApp. Dengan alat ini, Anda dapat memanfaatkan pendapat, wawasan, dan saran anggota tentang cara menangani hal-hal penting.

Berikut cara membuat polling WhatsApp menggunakan Tahap Opini:
Buka browser Anda dan kunjungi situs web Tahap Opini resmi.Isi formulir pembuatan polling. Anda akan dapat mengatur pertanyaan dan memberikan hingga 10 opsi. Saat polling Anda sudah siap, buka dasbor Anda dan ketuk “Sematkan & Bagikan”. Untuk membagikan polling Anda langsung di WhatsApp, ketuk ikon WhatsApp di bagian bawah layar Anda.
Cara Membuat Poll di Grup WhatsApp di PC

Handy Polls adalah salah satu alat pembuatan polling termudah yang pernah dikembangkan untuk digunakan di PC. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi halaman web resmi, masukkan pertanyaan dan opsi Anda, lalu buat tautan.

Anda kemudian dapat membagikan tautan di grup WhatsApp Anda, di mana anggota akan diarahkan ke halaman web tempat mereka dapat mengirimkan vote.

Gunakan Jajak Pendapat untuk Membuat Keputusan yang Diinformasikan

Meskipun jajak pendapat media sosial mungkin kurang teliti dalam desain penelitian dan analisis data yang sebenarnya, mereka menyediakan cara yang hemat biaya bagi orang-orang untuk mengukur pendapat mereka tentang topik tertentu tanpa harus melakukan terlalu banyak time or effort.

Menjalankan polling di WhatsApp adalah cara terbaik untuk melibatkan semua orang dan memelihara semangat tim. Ini mengirimkan pesan bahwa grup menghargai transparansi dan keputusan yang mempertimbangkan pandangan semua orang.

Sudahkah Anda mencoba membuat jajak pendapat menggunakan salah satu alat yang dibahas dalam artikel ini? Bagaimana hasilnya?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: