Cara Membuat Potret Hanya Satu Slide di PowerPoint Menggunakan Solusi

Saat membuat presentasi, PowerPoint memungkinkan Anda memilih antara orientasi potret atau lanskap. Setelah dipilih, itu akan diterapkan di semua slide. Bagaimana jika Anda ingin mencampurnya?

Kita akan membahas apakah mungkin membuat salah satu potret slide di PowerPoint dan banyak lagi.

Dapatkah Saya Membuat Hanya Satu Potret Slide di PowerPoint?

Sayangnya, PowerPoint tidak mengizinkan Anda mengubah orientasi untuk slide tertentu. Anda harus mengubah orientasi seluruh presentasi Anda.

Anda selalu dapat menyisipkan gambar berorientasi potret atau memotong foto Anda agar sesuai dengan layar. Selain itu, PowerPoint memungkinkan Anda menyesuaikan ukuran slide ke monitor.

Meskipun PowerPoint tidak mengizinkan orientasi campuran, ada solusi yang melibatkan dua dek presentasi.

Cara Membuat Potret Hanya Satu Slide di Windows

Pengguna Windows dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyisipkan satu slide potret:
Buat dua file presentasi. File pertama adalah dek master dalam mode lansekap dan file kedua harus berisi satu slide potret itu. Dalam presentasi resmi (file pertama), buka lokasi di mana Anda ingin menyisipkan slide potret dan pilih teks, gambar, atau objek yang ingin Anda tautkan. Buka tab “Sisipkan”. Di bawah bagian “Tautan”, ketuk “Tindakan.” Pilih kapan Anda ingin slide potret muncul. Anda dapat memilih “Klik Mouse” atau “Mouse Over.” Jika Anda memilih yang terakhir, slide potret akan terbuka saat Anda mengarahkan kursor ke lokasi yang ditautkan. Tekan “Hyperlink to.” Di menu tarik-turun, pilih “Presentasi PowerPoint lainnya.” Temukan presentasi yang ingin Anda tautkan ke aslinya dan tekan “Ok.” Tekan “Ok” lagi.
Saat Anda memasuki tayangan slide dan membuka teks, gambar, atau objek yang ditautkan, arahkan kursor atau klik, tergantung pada opsi yang dipilih. Slide potret akan muncul di layar Anda. Saat Anda ingin keluar dari slide potret, tekan “Esc” dan Anda akan kembali ke presentasi lanskap.

Jika Anda ingin menggunakan beberapa slide potret, kami sarankan untuk membuat file PowerPoint terpisah untuk semuanya dan menautkannya ke file utama .

Tip: Saat membuat dua file presentasi, lakukan di folder yang sama untuk navigasi yang lebih mudah.

Cara Membuat Potret Hanya Satu Slide di Mac

Seperti dengan Windows, ada solusinya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buat dua file PowerPoint: satu untuk presentasi resmi Anda dan yang lainnya untuk slide potret tunggal yang akan disisipkan. Simpan keduanya di folder yang sama.Buka dek presentasi dan pergi ke tempat Anda ingin menyisipkan slide potret. Pilih teks, objek, atau gambar yang akan dihubungkan ke slide potret. Buka tab “Sisipkan” dan tekan “Tindakan”. Jika Anda memiliki Mac yang lebih lama, buka tab “Slide Show” dan tekan “Action.” Pilih kapan Anda ingin slide potret muncul. Anda dapat memilih “Klik Mouse” atau “Mouse Over.” Untuk yang terakhir, slide potret akan terbuka saat Anda mengarahkan kursor ke lokasi yang ditautkan. Tekan “Hyperlink to.” Pilih “Presentasi PowerPoint lainnya” dari menu tarik-turun. Temukan presentasi yang ingin Anda tautkan dan tekan “Ok” dua kali .
Link Dua atau Lebih Presentasi untuk Beralih Orientasi

Sayangnya, PowerPoint tidak memungkinkan Anda untuk menggabungkan potret dan lanskap dalam satu file. Tetapi Anda dapat membuat hanya satu slide potret dalam file PowerPoint dan menautkannya ke presentasi lanskap Anda. Meskipun mungkin tampak rumit, ini adalah solusi terbaik yang tersedia sejauh ini dan berfungsi untuk Windows dan Mac.

Bagaimana Anda mengatasi masalah ini? Apakah Anda menemukan solusi lain atau apakah Anda puas dengan metode seperti yang dibahas di atas? Beri tahu kami di komentar.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: