Cara Membuat Tugas di Google Classroom

Device Links
Siswa PeroranganSeluruh KelasBuat SalinanPerangkat Hilang?
Google Classroom adalah salah satu alat teratas untuk mengajar kelas online. Jika Anda seorang guru, mempelajari cara mengelola tugas di platform adalah keterampilan yang hebat. Selain membuatnya, Anda dapat menyimpan versi draf, menyalinnya, menjadwalkannya untuk dikirim nanti, memilih siswa mana yang menerimanya, dll.

Jika Anda baru menggunakan Google Classroom dan ingin tahu cara membuat tugas, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan membahas penugasannya ke semua atau siswa tertentu serta menawarkan tips dan trik untuk memanfaatkan Google Classroom sepenuhnya.

Cara Membuat Tugas di Google Classroom untuk Setiap Siswa

Terkadang, Anda perlu membuat tugas yang berbeda untuk siswa yang berbeda. Apakah siswa Anda membutuhkan pekerjaan rumah tambahan, menginginkan nilai yang lebih baik, atau menerima penahanan dan perlu membuat pelajaran, mempelajari cara membuat tugas untuk masing-masing siswa sangat penting. Untungnya, Google Classroom mempermudah prosesnya.

Cara Membuat Tugas di Google Classroom untuk Setiap Siswa di PC

Berikut cara membuat tugas untuk masing-masing siswa di Google Classroom:
Buka Google Classroom.Pilih kelas dan tekan “Tugas Kelas.”Tekan “Buat” dan pilih “Tugas.” Masukkan judul dan berikan informasi yang diperlukan. Tekan panah yang mengarah ke bawah di samping “Semua siswa.” Tekan “Semua siswa” untuk membatalkan pilihan semua orang. Pilih siswa. Tekan “Tugaskan” untuk memposting tugas atau jadwalkan untuk nanti.
Cara Membuat Tugas di Google Kelas untuk Setiap Siswa di Android

Jika Anda sedang bepergian atau tidak memiliki komputer di dekat Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Kelas di perangkat Android Anda. Meskipun Anda mungkin berpikir sulit untuk bekerja di layar yang lebih kecil, Google Classroom melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk membuat prosesnya cepat dan sederhana.

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat tugas untuk setiap siswa di perangkat Android Anda:
Jika Anda belum memilikinya, unduh aplikasi Google Classroom dari Play Store dan buka. Pilih kelas. Ketuk ikon tugas kelas. Ketuk tanda plus dan ketuk “Tugas.” Masukkan nama dan tulis instruksi yang diperlukan. Ketuk “Semua siswa” dua kali untuk membatalkan pilihan mereka .Ketik nama siswa yang ingin Anda kirimi tugas. Ketuk “Tugaskan” untuk mengirim tugas segera atau jadwalkan.
Cara Membuat Tugas di Google Kelas untuk Setiap Siswa di iPhone atau iPad

Aplikasi Google Kelas adalah juga tersedia untuk pengguna iPhone/iPad. Membuat tugas untuk setiap siswa dapat dilakukan dalam beberapa klik. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk membuat tugas bagi masing-masing siswa di iPhone/iPad:
Jika Anda tidak memilikinya, unduh aplikasi Google Classroom dari App Store dan luncurkan.Pilih kelas.Tekan ikon tugas kelas.Ketuk plus tanda tangani untuk membuat tugas baru.Masukkan namanya dan berikan petunjuk, jika ada.Ketuk “Semua siswa” dua kali untuk membatalkan pilihan.Tambahkan siswa dengan mengetikkan nama mereka. Anda dapat memilih hingga 100 siswa. Setelah selesai, ketuk “Tugaskan” untuk mengirim tugas atau menjadwalkannya untuk nanti.
Cara Membuat Tugas di Google Kelas untuk Semua Siswa

Jika Anda telah menyiapkan satu tugas untuk seluruh kelas, Google Classroom memungkinkan Anda mengirimkannya ke semua siswa sekaligus. Sebenarnya, ini adalah opsi default yang dapat Anda sesuaikan jika perlu. Anda juga dapat memilih apakah Anda ingin menyimpannya sebagai draf, segera menetapkannya, menjadwalkannya untuk nanti, dll.

Cara Membuat Tugas di Google Kelas untuk Seluruh Kelas di PC

Buat tugas untuk semua siswa di kelas Anda dengan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka browser Anda dan buka Google Classroom. Pilih kelas yang ingin Anda buatkan tugas dan tekan “Tugas Kelas.” Pilih “Buat” dan tekan “Tugas.” Masukkan nama dan berikan instruksi jika perlu. Di bawah bagian “Untuk” di sisi kanan, pastikan opsi “Semua siswa” dipilih. Pilih apakah Anda ingin mengirim tugas, menjadwalkannya untuk nanti, atau menyimpannya sebagai draf.
Cara Membuat Tugas di Google Classroom untuk Seluruh Kelas di Perangkat Android

Jika Anda tidak berada di dekat komputer tetapi ingin mengirimkan tugas kepada siswa, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Classroom untuk Android. Membuat dan mengirim tugas di Android semudah melakukannya di komputer.

Ini yang perlu Anda lakukan:
Buka aplikasi Google Classroom. Jika Anda tidak memilikinya, unduh dari Play Store. Pilih kelas tujuan pengiriman tugas. Tekan ikon tugas kelas. Ketuk tanda plus dan ketuk “Tugas.” Ketik nama tugas dan berikan instruksi, jika ada.Periksa ulang apakah opsi “Semua siswa” dipilih.Kirim tugas segera, jadwalkan untuk nanti, atau simpan sebagai draf.
Cara Membuat Tugas di Google Kelas untuk Seluruh Kelas di iPhone

iTelepon/ Pengguna iPad akan senang mengetahui bahwa mereka dapat mengunduh aplikasi Google Classroom dari App Store. Menavigasi melalui aplikasi sangat mudah, sehingga Anda dapat membuat tugas untuk semua siswa bahkan saat Anda tidak di rumah atau di dekat komputer.

Berikut cara membuat tugas di Google Classroom untuk semua siswa di iPhone/iPad:
Buka Google Aplikasi kelas. Jika Anda belum memilikinya, unduh dari App Store dan luncurkan.Pilih kelas tempat Anda ingin memposting tugas.Tekan ikon tugas kelas.Ketuk tanda plus dan buat tugas baru.Masukkan judul tugas dan berikan instruksi (ini opsional).Pastikan “Semua siswa” dipilih.Setelah selesai, pilih apa yang ingin Anda lakukan dengan tugas tersebut.
Cara Membuat Salinan Tugas di Google Classroom

Jika Anda memiliki satu tugas untuk beberapa kelas atau ingin menggunakannya dari tahun-tahun sebelumnya, kabar baiknya adalah Anda tidak perlu membuang waktu untuk membuatnya dari awal. Sebagai gantinya, Google Classroom menawarkan opsi “Gunakan Kembali” yang memungkinkan Anda mengirim tugas yang ada ke siswa di kelas lain.

Cara Membuat Salinan Tugas di Google Classroom di PC

Jika Anda menggunakan PC dan ingin membuat salinan dari tugas yang ada, inilah yang perlu Anda lakukan:
Buka browser Anda dan buka Google Classroom.Pilih kelas yang ingin Anda kirimi tugas.Tekan “Tugas Kelas” dan pilih “Buat.”Tekan “Gunakan kembali pos”.Pilih kelas tempat Anda memposting tugas yang Anda butuhkan. Tekan tugas. Klik “Gunakan kembali.” Jika mau, Anda dapat mengubah informasi, menyesuaikan lampiran, atau petunjuk. Pilih apakah Anda ingin mengirim tugas, menjadwalkannya, atau menyimpannya it as draft.
Cara Membuat Salinan Tugas di Google Classroom pada Perangkat Android

Opsi “Reuse” Google Classroom sangat cocok untuk saat Anda tidak berada di dekat komputer dan ingin “mendaur ulang” tugas lama. Aplikasi Android memungkinkan Anda melakukan ini hanya dengan beberapa klik:
Buka aplikasi Google Classroom atau unduh dari Play Store jika Anda tidak memilikinya.Ketuk kelas yang ingin Anda kirimi tugas.Ketuk “Tugas Kelas. ”Ketuk tanda plus dan pilih “Gunakan kembali pos”. Jelajahi kelas Anda dan ketuk kelas yang berisi tugas. Pilih tugas yang dimaksud. Edit informasi tugas jika Anda mau. Segera poskan tugas Anda, atau pilih tiga titik untuk dijadwalkan atau simpan sebagai draft.
Cara Membuat Salinan Tugas di Google Classroom pada iPhone

iPengguna iPhone/iPad dapat menyalin tugas Google Classroom yang ada dan membagikannya dengan kelas atau menyimpannya untuk nanti. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:
Buka aplikasi Google Classroom (atau instal dari App Store jika Anda belum memilikinya). Ketuk kelas tempat Anda akan mengirim tugas yang ada. Ketuk “Tugas Kelas.” Tekan tanda plus dan ketuk “Gunakan kembali postingan”.Pilih kelas yang berisi tugas.Pilih tugas.Jika perlu, ubah informasi atau edit lampiran yang ada.Segera posting tugas, simpan sebagai draf, atau jadwalkan untuk nanti.
Google Classroom Memiliki Banyak Tawaran

Sebagai salah satu alat pengajaran online terbaik, Google Classroom memungkinkan Anda memanfaatkan berbagai opsi terkait tugas. Ini tersedia di komputer dan ponsel/tablet Anda, yang membuat pembuatan tugas menjadi lebih nyaman. Jika Anda telah membuat tugas, Anda dapat dengan mudah menyalinnya dan mengirimkannya ke kelas lain, yang dapat menghemat waktu.

Kami harap artikel ini mengajari Anda cara membuat tugas di Google Classroom. Bersamaan dengan itu, kami harap Anda mempelajari informasi tambahan tentang opsi aplikasi yang berguna.

Pernahkah Anda menggunakan Google Classroom? Pilihan mana yang menjadi favorit Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: