Cara Membuka File BIN

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookLinuxMacWindowsPerangkat Hilang?
Format file BIN adalah cara lama dan ketinggalan zaman untuk menyimpan data. File BIN adalah file biner, yang berarti tidak dapat dibaca oleh program yang memerlukan format teks seperti .doc atau .pdf.

Namun demikian, file BIN sering kali berisi data penting. Misalnya, mereka dapat digunakan untuk membuat gambar disk, yang dapat membantu jika Anda perlu menginstal sistem operasi atau program perangkat lunak lainnya. BIN juga dapat menyertakan jenis data lain seperti musik dan video.

Ini menimbulkan pertanyaan: Bagaimana Anda dapat membuka file BIN di perangkat Anda?

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa cara untuk membuka file BIN tergantung pada jenisnya. perangkat yang Anda gunakan.

Cara Membuka File BIN di Windows

Ekstensi file seperti .bin mungkin tidak biasa seperti dulu dengan munculnya teknologi dan format baru. Untungnya, Windows masih dilengkapi dengan alat yang Anda butuhkan untuk membuka dan melihat file BIN. Setelah membuka file, Anda bahkan dapat mengekstrak file individu penting atau executable yang dapat membantu Anda menginstal program di sistem Anda.

Untuk membuka file BIN di sistem Anda, Anda dapat membakarnya ke disk atau memasangnya ke drive virtual.

Mari lihat cara kerja masing-masing opsi.

Metode 1: Membakar File ke Disk

Berikut cara membakar file BIN ke disk kosong di PC:
Langkah 1: Masukkan Disk di Komputer Anda.
Sebelum proses pembakaran dimulai dengan sungguh-sungguh, Anda’ Anda harus memasukkan disk kosong ke dalam disk drive PC Anda. Jika Anda menggunakan disk yang sudah memiliki beberapa gambar atau video, pastikan ada cukup ruang untuk konten file BIN Anda.
Langkah 2: Temukan File CUE
Ketika Anda ingin membakar file BIN, Anda mungkin harus menemukan CUE terkait file.

A file CUE (singkatan dari Closed User Group) adalah file metadata yang berisi informasi tentang trek pada CD audio. File

CUE biasanya ditemukan di folder yang sama dengan file BIN terkait. Meskipun biasanya memiliki nama yang sama dengan file BIN, mereka memiliki ekstensi .cue.

Setelah Anda menemukan file CUE, pastikan untuk mencatat lokasinya karena Anda mungkin memerlukannya saat pembakaran sebenarnya dimulai.
Langkah 3: Temukan a Burning Program
Anda memerlukan program khusus untuk membakar file BIN ke disk Anda.

Karena BIN adalah format usang, sebagian besar program pembakaran saat ini tidak mendukungnya. Namun, beberapa program paling populer masih menerima file BIN, termasuk Nero, Alcohol 120%, dan CDRWIN.
Langkah 4: Muat File BIN/CUE Ke Program Pembakaran Setelah menginstal program pembakaran yang kompatibel, buka dan pilih opsi untuk membakar . Pada titik ini, Anda akan diminta untuk memilih file BIN/CUE yang ingin Anda bakar. Dengan sebagian besar program pembakaran, Anda hanya perlu menarik dan melepaskan file ke antarmuka program.
Langkah 5: Uji Disk
AndaSetelah file BIN telah dibakar ke disk, Anda dapat mengeluarkannya dengan aman dari drive disk komputer Anda. Anda juga dapat memasukkan kembali disk dan kemudian klik kanan untuk membukanya dan melihat file. Semua item dalam file BIN sekarang akan terlihat di pemutar media komputer Anda.

Metode 2: Memasang File ke Drive Virtual

Membakar file BIN ke disk fisik dapat menjadi cara yang efisien untuk membuka file dan melihat atau memutar kontennya . Tetapi bagaimana jika Anda tidak memiliki disk? Di situlah pemasangan masuk.

Mounting adalah proses yang digunakan untuk membuka kunci file yang disimpan di disk atau file, membuatnya dapat diakses melalui sistem file komputer.

Anda dapat membuka file BIN dengan memasangnya ke perangkat lunak drive virtual yang diinstal pada PC Anda. Berikut cara melakukannya:
Langkah 1: Temukan Perangkat Lunak Drive Virtual yang Cocok
Pertama, Anda memerlukan perangkat lunak drive virtual yang mendukung file BIN.

Perangkat lunak drive virtual diinstal pada komputer Anda untuk mensimulasikan penggunaan CD-ROM atau DVD-ROM fisik. Dengan drive virtual, Anda tidak perlu memasukkan disk ke komputer Anda setiap kali Anda menginstal, menjalankan, memutar, mencadangkan, atau menyimpan data.
Langkah 2: Temukan CUE File
Sebagian besar perangkat lunak drive virtual mungkin meminta file CUE yang terkait dengan file BIN sebelum pemasangan dimulai. Perangkat lunak menggunakan file CUE untuk membuka kunci dan membuka file BIN.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kemungkinan besar Anda akan menemukan file CUE dan file BIN yang sesuai dalam folder yang sama di komputer Anda.
Langkah 3: Pasang perangkat lunak drive virtual CUE File
Most datang dengan alat seleksi yang membantu Anda menentukan file CUE di sistem Anda. Setelah file diidentifikasi, klik tombol “mount”. Perangkat lunak akan segera membuat salinan file dan mengubahnya menjadi disk virtual yang dapat dibaca.

Setelah proses pemasangan selesai, Anda dapat membuka disk virtual dengan cara yang sama seperti Anda membuka disk fisik yang terpasang pada PC Anda melalui disk drive.

How untuk Membuka File BIN di Mac

Meskipun PC dan Mac memiliki fitur yang berbeda, metode yang digunakan untuk membuka file BIN adalah sama.

Seperti dengan PC, Anda dapat membuka file BIN dengan membakarnya ke disk fisik atau memasangnya ke virtual drive.

Tetapi jika Anda tidak menyukai salah satu metode ini, ada yang ketiga: mengonversi file BIN menjadi file ISO.

File ISO adalah versi “sulingan” dari file BIN yang mengecualikan sebagian besar metadata asli sambil mempertahankan elemen terpenting. Anda juga bisa menyebutnya file BIN yang disempurnakan atau disunting yang hanya menyimpan informasi terpenting yang terkandung dalam file asli.

Untuk mengonversi file BIN menjadi file ISO, Anda memerlukan program konversi khusus seperti AnyToISO atau Roxio Toast. Sebagai ilustrasi, mari kita lihat proses konversi saat menggunakan Roxio Toast.
Instal Roxio Toast di Mac Anda. Seret file BIN ke antarmuka aplikasi. Pilih “Save Image Disk” dari menu File. Ketik nama untuk file Anda dan klik “Simpan.”
Setelah file BIN Anda diubah menjadi file ISO, Anda dapat memasangnya ke drive virtual yang dapat dibuka seperti disk fisik.

Cara Membuka File Bin di Linux

Jika Anda memiliki file BIN di perangkat yang sedang berjalan di Linux, Anda dapat membukanya dengan mengonversinya ke file ISO dan kemudian memasangnya ke drive virtual menggunakan Disk Image Mounter bawaan.

Berikut cara melakukannya:
Gunakan program yang sesuai untuk mengonversi file BIN Anda menjadi file ISO . PowerISO adalah salah satu program yang paling populer. Setelah konversi selesai, klik kanan pada file ISO, pilih “Open With,” lalu klik “Disk Image Mounter.” Pada titik ini, file akan diubah menjadi gambar disk yang dapat dibaca.
Cara Membuka File BIN di Chromebook

Jika Anda memiliki beberapa file BIN di Chromebook, Anda dapat dengan mudah mengekstraknya untuk dilihat menggunakan Archive Extractor – alat ekstraksi file khusus untuk Chrome OS.

Begini cara kerjanya:
Tambahkan ekstensi Archive Extractor ke browser Chrome Anda. Setelah ekstensi dipasang, luncurkan, lalu seret dan lepas file BIN Anda ke jendela Archive Extractor.
Saat ekstraksi selesai, Anda akan bisa membuka semua file penyusunnya hanya dengan beberapa klik.

Cara Membuka File BIN di Android

File BIN di perangkat Android terjadi karena kesalahan pada sistem Android.

Seperti yang Anda ketahui, semua aplikasi yang dapat diinstal pada Android perangkat dikembangkan dalam format APK. Tetapi jika ada kesalahan dalam proses pengunduhan, file .apk dapat disimpan sebagai file .bin, sehingga tidak memungkinkan untuk menginstal aplikasi yang dimaksud.

Hal baiknya adalah Anda dapat mengonversi file .bin kembali ke file .apk hanya dalam beberapa menit langkah:
Pastikan perangkat Android Anda dapat menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Untuk melakukannya, buka “Application Settings” dan centang kotak di samping “Unknown Sources.” Sambungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB yang kompatibel. Akses penyimpanan internal Android Anda melalui komputer dan navigasikan ke folder yang berisi BIN file.Ubah ekstensi file dari .bin ke .apk.Putuskan sambungan perangkat Android dari komputer Anda.
File yang baru diganti namanya kemudian dapat diinstal pada perangkat Android Anda melalui Penginstal Aplikasi.

Jika Anda memiliki file BIN yang tidak dapat dieksekusi di perangkat Android Anda , Anda masih dapat membukanya dan melihat isinya menggunakan komputer. Untuk melakukannya:
Transfer file ke komputer Anda menggunakan kabel USB. Klik kanan pada file, pilih “Open with”, lalu pilih “Notepad.” Sekarang Anda dapat membuka teks dan membacanya tanpa masalah.
Cara Membuka File BIN di iPhone

Jika Anda ingin membuka file BIN di iPhone, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi bernama Arsip dari App Store.

Setelah Anda selesai melakukannya:
Luncurkan aplikasi dan buka menu “Cara Membuka Arsip”. Ikuti petunjuk di layar untuk membuka file BIN dan melihat isinya.
Buka Semua File yang Anda Inginkan

Format file BIN mungkin sudah usang, tetapi itu masih memberikan pengembang cara yang aman dan aman untuk berbagi file atau bahkan mengunduh program untuk instalasi di komputer dan perangkat seluler.

Jika Anda ingin membuka file BIN yang dimuat dengan program komputer yang dapat dieksekusi, Anda dapat mencoba membakarnya ke disk, memasang ke drive virtual. Anda juga dapat mengonversinya menjadi file ISO lalu memasangnya ke drive virtual yang dapat dibuka dengan cara yang sama seperti Anda membuka disk fisik.

Jika aplikasi mengunduh dalam format .bin pada perangkat Android, Anda masih dapat melakukan sideload, tetapi pertama, Anda perlu mengubah namanya melalui komputer. File BIN yang tidak dapat dieksekusi dapat dilihat melalui Notepad di PC.

Untuk iPhone, Arsip telah terbukti menjadi aplikasi luar biasa yang dapat membuka file BIN dan mengekstrak kontennya hanya dalam beberapa langkah.

Sudahkah Anda mencoba menggunakan salah satu alat yang dibahas di artikel ini untuk membuka file BIN di perangkat Anda?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: