Cara Membuka File dari Command Prompt

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Command Prompt di Windows 10. Meski begitu, ini adalah salah satu aplikasi yang paling kurang dimanfaatkan; beberapa pengguna bahkan tidak pernah membukanya. Antarmuka Command Prompt mungkin terlihat sedikit menakutkan karena baris perintah, sintaks/kode tertentu, dan kurangnya antarmuka grafis yang dapat diklik.

Namun, tidak ada yang perlu ditakutkan, memasukkan kode/perintah yang salah tidak akan mengacaukan PC Anda , perintah tidak akan dijalankan. Anda harus tahu bahwa tindakan tertentu jauh lebih cepat melalui Command Prompt – akses file, misalnya.

Artikel ini akan menjelaskan semua perintah yang diperlukan untuk membuka file, menutupnya, membuka folder, dan pindah ke folder

Membuka File

Untuk mengakses file secara langsung , Command Prompt mengharuskan Anda untuk memasukkan jalur tertentu. Ini berarti Anda harus memasukkan nama file dan ekstensinya masing-masing. Ikuti langkah-langkah ini:
Ketik “Cmd” di pencarian Windows dan klik aplikasi di hasil untuk menjalankannya. Arahkan ke lokasi file Anda dengan mengetikkan perintah berikut ke jendela prompt perintah: Users “Username”> cd C: ” Users”Username””Location” Dalam contoh ini, “Username” akan menjadi Pengguna dan “Location” akan menjadi desktop. Kemudian ketik nama dan ekstensi file yang Anda coba buka: “Filename.filetype .” Dalam contoh ini, “Filename” akan menjadi screenshot dan “Filetype” akan menjadi .png
Menutup File

Perintah untuk menutup file lebih sederhana dan mengikuti sintaks ini: taskkill /im “filename.filetype” /t. Contoh Filetype dalam perintah ini akan menjadi “i_view64” dan Filetype akan menjadi “.exe”

Perintah ini menutup semua file yang terbuka, bahkan jika mereka berjalan di aplikasi yang berbeda seperti Microsoft Word atau IrfanView. Jadi Anda perlu menggunakannya dengan hati-hati, untuk menghindari kehilangan kemajuan atau data Anda.

Cara Membuka Folder

Perintah ini untuk membuka folder mengikuti sintaks ini: start %windir%explorer.exe path-to-folder. Berikut adalah contoh jalur yang tepat: start %windir%explorer.exe “C:UsersLelaDesktop“.

Penting untuk dicatat bahwa perintah untuk membuka file dan folder bekerja tanpa hak administrator. Anda harus menyertakan jalur file atau folder dalam tanda kutip ganda karena mereka memiliki nama khusus dengan spasi di antaranya. Di sisi lain, jika tidak ada spasi dalam nama, perintah dijalankan tanpa tanda kutip ganda.

Catatan: Untuk tujuan tata bahasa, beberapa contoh kode dalam artikel ini memiliki titik di akhir kalimat. Saat Anda menggunakan perintah, hilangkan tanda titik.

Menjalankan Program Dasar

Seperti yang ditunjukkan, Anda dapat menjalankan program apa pun dengan perintah sederhana dan agar ini berfungsi, Anda mungkin memerlukan hak administratif. Sintaks untuk menjalankan program dasar adalah: start program_name. Berikut adalah daftar perintah yang mungkin berguna bagi Anda:
start calc (Kalkulator)mulai notepadstart explorer (File Explorer)mulai cmd (jendela Command Prompt baru)mulai wmplayer (Windows Media Player)mulai mspaint (Paint)mulai taskmgr (Task Manager)mulai charmap (Peta Karakter)
Hit Masuk ketika Anda mengetik perintah dan program yang diberikan akan muncul dalam sekejap. Anda harus memastikan ada ruang antara bagian “mulai” dan nama program, tetapi meskipun demikian, beberapa aplikasi mungkin tidak berjalan. Ini biasanya berarti folder mereka tidak berada di jalur pencarian Command Prompt.

Command/Path-EndThisArticle

Ketika semua dikatakan dan dilakukan, membuka file melalui Command Prompt jauh lebih cepat daripada menavigasi semua folder di komputer Anda. Anda memang perlu mengetahui jalur/lokasi file yang tepat, tetapi Anda dapat dengan mudah menemukannya dengan File Explorer di komputer Anda. Punya pengalaman, tips atau pertanyaan terkait membuka file menggunakan command prompt? Tinggalkan mereka di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: