Cara Membuka Port Tertentu di Firewall Windows Anda

The Windows Firewall adalah tindakan keamanan yang memblokir akses tidak sah ke PC Anda. Secara default, firewall diaktifkan, tetapi Anda dapat membuka port tertentu bergantung pada layanan yang ingin Anda gunakan.

Jika Anda menjalankan server FTP di komputer, misalnya, membuka port 20 dan 21 akan memungkinkan komputer lain aktif jaringan lokal untuk terhubung dengan Anda dan berbagi data.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda cara membuka port tertentu di firewall Windows Anda.

Cara Membuka Port di Windows Firewall

Tujuan firewall adalah untuk memfilter lalu lintas dan melindungi jaringan Anda dari jenis tertentu serangan. Sama seperti palang pintu yang dapat digunakan untuk mencegah orang masuk ke rumah Anda, firewall akan menghentikan pengguna dan program yang tidak diinginkan mengakses sistem Anda melalui internet.

Fitur ini membantu Anda menjaga privasi saat menjelajah, misalnya, jika Anda secara tidak sengaja menavigasi ke situs yang mengandung malware. Firewall juga memastikan bahwa siapa pun yang menargetkan Anda dengan aktivitas kejahatan dunia maya tidak dapat melewati dan mengakses komputer Anda.

Firewall Windows Anda memiliki serangkaian lubang yang disebut port untuk membantu komputer Anda berkomunikasi dengan komputer dan server aman lainnya di internet.

Setiap port memiliki bilangan bulat unsigned 16-bit positif mulai dari 0 hingga 65535.

Firewall port terutama melayani dua tujuan. Pertama, port meningkatkan keamanan PC Anda dengan membatasi akses ke perangkat tertentu di jaringan Anda dan di luarnya. Kedua, mereka mengamankan lalu lintas dengan menjatuhkan paket jika port tujuan untuk paket data tidak cocok dengan port tujuan dari paket respons yang diharapkan. Proses ini dikenal sebagai port filtering.

Secara default, setiap PC memiliki banyak port terbuka untuk memfasilitasi komunikasi yang lancar antara komputer Anda dan dunia luar. Tetapi ada juga sejumlah besar port yang tidak terbuka, terutama yang jarang digunakan.

Masalahnya adalah jika port yang memfasilitasi jenis lalu lintas web tertentu ditutup, Anda tidak akan dapat menggunakan layanan tertentu.

Misalnya , jika Anda penggemar Xbox, port berikut harus dibuka sebelum Anda dapat terhubung dengan pemain lain dan memungkinkan konsol Xbox Anda berkomunikasi dengan jaringan Xbox:
Port 500 (UDP)Port 88 (UDP)Port 4500 (UDP) )Port 53 (UDP dan TCP)Port 80 (TCP)Port 3544 (UDP)Port 3074 (UDP dan TCP)
Kabar baiknya adalah firewall Windows memungkinkan Anda untuk membuka hampir semua port dan menjalankan layanan terkait.

Mari kita lanjutkan cara membuka port masuk dan keluar di PC Anda.

Cara Membuka Port Masuk di Firewall Windows?

Port firewall masuk merujuk ke port yang memungkinkan komputer eksternal di internet (komputer jarak jauh) mengakses PC Anda atau perangkat lain di lokal jaringan daerah. Itu termasuk printer, router, dan peralatan jaringan lainnya.

Berikut cara membuka port untuk lalu lintas masuk:
Buka utilitas Panel Kontrol. Arahkan ke “Sistem dan Keamanan” lalu pilih “Windows Defender Firewall.” Klik “Pengaturan Lanjutan.” Klik kanan “Aturan Masuk” dan pilih “Aturan Baru” dari menu pop-up. Pilih opsi “Port” dan klik “Berikutnya”. Tambahkan protokol (TCP atau UDP). Informasi ini biasanya merupakan bagian dari nama resmi port. Masukkan nomor port di kotak yang disediakan dan tekan “Next.” Klik “Allow the connection” dan kemudian “Next.” Pilih jenis jaringan. Jika PC Anda terhubung ke domain perusahaan, pilih “Domain.” Jika PC Anda terhubung ke jaringan pribadi, pilih “Pribadi.” Untuk jaringan publik, pilih “Pribadi.” Klik “Berikutnya.” Beri nama aturan baru dan kemudian klik “Selesai.”
How untuk Membuka Port Keluar di Windows Firewall

Port keluar digunakan untuk memblokir semua lalu lintas keluar dari port tertentu. Operator jaringan dapat memblokir port keluar untuk mencegah pengguna di jaringan lokal mengunjungi situs web tertentu atau bahkan menjalankan program tertentu yang memerlukan koneksi internet.

Jika Anda ingin membuka port keluar, berikut langkah-langkahnya:
Buka Control Panel .Buka “Sistem dan Keamanan” dan kemudian klik “Windows Firewall.” Pilih “Pengaturan Lanjutan” dari panel kiri. Klik kanan pada “Aturan Keluar”. Tekan “Aturan Baru” di menu popup dan klik ” Port” tombol sakelar. Klik “Berikutnya.” Tentukan apakah port menggunakan protokol TCP atau protokol UDP. Ketik nomor port di jendela berikutnya dan klik “Berikutnya.” Alihkan tombol di sebelah “Izinkan koneksi” dan kemudian tekan “Berikutnya .”Pilih jenis jaringan.Klik “Berikutnya” lagi.Ketikkan nama untuk aturan baru dan kemudian tekan tombol “Selesai” di bagian bawah jendela.
Tanya Jawab Tambahan
Bagaimana Cara Memeriksa Port Mana yang Terbuka?

1. Buka menu Mulai.

2. Ketik “Command Prompt” dan klik “Run as administrator.”

3. Ketik “netstat-ab” dan kemudian tekan Enter. Dalam beberapa saat, Anda akan melihat daftar semua port yang terbuka.
Apa Bahaya Membuka Port?

Membuka port firewall dapat memungkinkan orang luar mengakses layanan yang seharusnya dilindungi dari aktor eksternal. Misalnya, membuka port TCP untuk membuat FTP tersedia di komputer Anda dapat memungkinkan peretas untuk mengeksekusi perintah sewenang-wenang di sistem Anda.

Selain itu, membuka port keluar dapat memudahkan malware yang telah menyusup ke salah satu mesin di jaringan Anda untuk menyebar ke semua komputer lain di jaringan.

Terhubung Dengan Freedom

Firewall di Windows menempatkan jaring pengaman untuk memastikan tidak ada yang dapat mengakses informasi Anda tanpa izin untuk mengorek file Anda, melacak alamat IP atau lokasi Anda, atau mencari tahu situs apa Anda kunjungi.

Namun, terkadang Anda perlu membuka satu atau dua port untuk mengakses layanan tertentu, seperti bermain video game dengan pemain lain di seluruh dunia. Hal baiknya adalah Microsoft telah memastikan Anda dapat membuka port apa pun yang Anda inginkan hanya dalam beberapa langkah.

Sebelum membuka port apa pun, penting untuk menganalisis semua risiko dan mengevaluasi bagaimana langkah tersebut akan memengaruhi perangkat lain di jaringan lokal Anda.

To amannya, Anda tidak boleh membuka port apa pun di firewall PC Anda jika Anda belum menginstal alat keamanan tambahan seperti Windows Defender dan program antivirus yang kuat. Utilitas tersebut dapat memperkuat kemampuan pertahanan sistem Anda dan menolak penyerang yang mungkin mencoba menyusup ke sistem Anda.

Port mana yang telah Anda coba buka di PC Anda? Bagaimana hasilnya?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: