Cara Memeriksa Apakah Orang Lain Menggunakan Akun WhatsApp Anda

Seperti banyak aplikasi online lainnya, WhatsApp melakukan yang terbaik untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data penggunanya. Dengan fitur seperti satu login pada satu waktu dan otentikasi dua faktor, platform ini relatif aman.

Tapi, seperti apa pun yang terhubung ke internet, ada kerentanan keamanan yang terlalu senang dijelajahi oleh orang-orang jahat. Karena sifat WhatsApp, penting untuk bertindak cepat jika Anda merasa akun Anda dilanggar.

Artikel ini akan mengajari Anda cara menemukan aktivitas mencurigakan di WhatsApp dan mengajari Anda cara mengamankan akun Anda. Mari selami!

Mendaftar Masuk

Untuk lebih memahami cara kerja keamanan WhatsApp, pertama-tama kami akan memandu Anda masuk ke akun Anda. WhatsApp menyediakan dua cara untuk mengakses; online dan melalui aplikasi (tersedia di iOS dan Android).

Menggunakan versi web WhatsApp membuat lebih mudah untuk mengetik, karena Anda dapat melakukannya di keyboard daripada mengetuk layar ponsel Anda.
Buka sesi WhatsApp Web dengan memilih ikon menu tiga titik di jendela utama WhatsApp. Pilih WhatsApp Web. Ini membuka kamera Anda. Anda akan diarahkan untuk memindai kode QR yang bisa Anda dapatkan dengan membuka WhatsApp Web di browser Anda. Buka WhatsApp Web di browser Anda. Pindai kode QR di jendela browser Anda dengan kamera ponsel Anda.
Jendela WhatsApp Anda aktif ponsel Anda harus tercermin di browser, memungkinkan Anda untuk mengobrol dan berinteraksi seperti biasa.

Memeriksa apakah Seseorang Menggunakan Akun WhatsApp Anda

WhatsApp relatif mudah digunakan. Sayangnya, sulit untuk menemukan penyusup jika mereka tidak berinteraksi dengan aplikasi. Skenario ini kemungkinan besar adalah seseorang yang hanya ingin menguping percakapan Anda. Namun, beberapa peretas juga ingin mengambil alih akun Anda.

Terlepas dari niat mereka, kami akan menggunakan bagian ini untuk mengedukasi Anda tentang beberapa tanda peringatan bahwa seseorang ada di akun Anda.

Periksa Aktivitas WhatsApp Anda

Pertama dan terutama, jika orang lain menggunakan akun Anda. akun, mereka akan meninggalkan jejak. Di sinilah mencarinya:

Periksa pesan Anda – Sebagai permulaan, tanda paling jelas dari orang lain yang menggunakan akun Anda terletak pada pesan Anda. Dari pesan yang tidak Anda kirim ke pesan dari orang yang tidak dikenal, ini harus menjadi perhentian pertama Anda.

Ketika Anda membuka WhatsApp, Anda akan melihat daftar pesan terlebih dahulu. Tinjau daftar ini untuk pesan apa pun yang tidak Anda kirim dan pesan apa pun yang Anda terima dari orang yang tidak Anda kenal.

Jika Anda melihat aktivitas perpesanan yang aneh, kemungkinan ada seseorang di akun Anda.

Periksa informasi kontak Anda – Jika penyusup mencoba membajak akun Anda, mereka akan mulai mengubah informasi kontak Anda.

Menggunakan aplikasi seluler WhatsApp, lakukan ini:
Ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas. Kemudian, ketuk ‘Pengaturan.’ Ketuk profil Anda di bagian atas menu. Tinjau informasi dan verifikasi bahwa informasi tersebut akurat dan terkini.
Jika ada yang berubah, atau ada informasi di sini yang tidak Anda kenal, Anda Anda perlu mengamankan akun Anda, yang akan kita bahas lebih detail di bawah ini.

Periksa Komunikasi WhatsApp – Pada titik ini, Anda juga harus memeriksa pesan teks Anda untuk komunikasi apa pun dari WhatsApp. Jika Anda menggunakan iPhone, buka Pesan dan gunakan bilah pencarian di bagian atas untuk mengetik ‘WhatsApp.’ Jika Anda menggunakan perangkat Android, gunakan kaca pembesar untuk mencari teks dari WhatsApp.

Yang kami cari di sini adalah komunikasi apa pun tentang perubahan akun atau akses akun.

Periksa Teman Baru

Tanda lain bahwa seseorang ada di akun Anda adalah ketika Anda memiliki orang atau teman baru. Yang perlu Anda lakukan untuk meninjau kontak Anda di WhatsApp adalah membuka aplikasi dan mengetuk ikon obrolan di sudut kanan bawah.

Di bagian atas halaman, Anda akan melihat jumlah kontak (36 dalam contoh ini). Di bawahnya, Anda harus menggulir ke bawah dan memastikan bahwa Anda mengenali semua orang di daftar.

Satu hal hebat tentang WhatsApp adalah ia akan secara otomatis mendeteksi kontak dari ponsel Anda menggunakan aplikasi. Jadi, jika seseorang masuk ke perangkatnya, Anda mungkin akan melihat orang yang tidak Anda kenal.

Periksa WhatsApp Web

Jika Anda sudah menggunakan WhatsApp Web, Anda mungkin tahu bahwa Anda dapat melihat sesi terakhir atau sesi terbuka apa pun jika Anda memilihnya menu pengaturan tiga titik. Tindakan ini adalah cara yang pasti untuk mengetahui apakah ada orang yang menggunakan akun Anda.
Buka WhatsApp dan pilih ikon menu tiga titik dari jendela utama.Pilih Perangkat Tertaut.Tinjau perangkat yang masuk.
Jika kamera terbuka, di sana tidak ada sesi Web WhatsApp yang aktif dan sedang berlangsung. Jika Anda melihat jendela yang mencantumkan komputer yang masuk, berarti ada sesi aktif.

Ketuk pada setiap sesi, lalu ketuk ‘Log Out’ untuk mengusir penyusup dari akun WhatsApp Anda.

Tidak seperti layanan lain, ini adalah satu-satunya cara untuk melihat aktivitas login WhatsApp Anda.

Mengamankan Akun WhatsApp Anda

Sekarang kami telah menentukan seseorang menggunakan Anda akun, mari masuk ke mengamankannya. Ingatlah, jika ada situasi yang disebutkan di atas, Anda harus bertindak cepat.

Aktifkan Otentikasi Dua Faktor di WhatsApp

Jika seseorang telah menggunakan akun WhatsApp Anda, Anda harus menguncinya. Jika Anda beruntung, itu adalah saudara atau pasangan yang memata-matai apa yang Anda lakukan. Jika Anda tidak seberuntung itu, bisa jadi peretas mencuri kontak dan data Anda dan merusak kehidupan sosial Anda. Apa pun itu, Anda harus menguncinya dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor.

WhatsApp tidak menggunakan kata sandi. Sebagai gantinya, Anda perlu mengaktifkan otentikasi dua faktor. Dengan begitu, siapa pun yang mencoba masuk harus memasukkan kode verifikasi.
Buka WhatsApp dan pilih ikon menu tiga titik dari jendela utama.Pilih Pengaturan dan Akun.Pilih Verifikasi dua langkah.Aktifkan dan atur kode PIN Anda .
Setelah disetel, setiap kali Anda membuka WhatsApp, Anda harus memasukkan kode PIN itu untuk mengautentikasi. Pastikan PIN tidak jelas, dan Anda telah mengamankan akun WhatsApp Anda lebih jauh.

WhatsApp adalah aplikasi yang sangat aman tetapi hanya seaman Anda menyimpannya. Menggunakan autentikasi dua faktor adalah cara yang layak untuk mengunci akun Anda jika seseorang telah mengaksesnya.

Pertanyaan Umum

Berikut adalah beberapa jawaban untuk pertanyaan Anda tentang WhatsApp.
Apa yang dapat saya lakukan jika saya kehilangan akses ke akun WhatsApp saya?

Dalam situasi skenario terburuk, seorang peretas telah sepenuhnya mengambil alih akun Anda. Ketika ini terjadi, Anda tidak dapat masuk, dan semua informasi akun Anda ada di tangan peretas. Mendapatkan kembali akun Anda bisa jadi rumit. Untungnya, kami memiliki artikel di sini yang akan memandu Anda untuk mengklaim kembali akun WhatsApp Anda.
Saya menerima kode verifikasi teks dari WhatsApp. Apakah itu berarti seseorang menggunakan akun saya?

Salah satu cara yang lebih terkenal untuk mendapatkan akses ke akun WhatsApp Anda adalah dengan mendapatkan kode verifikasi teks. Jika WhatsApp mengirimi Anda kode verifikasi teks, sebaiknya abaikan saja.

Anda bahkan dapat menerima banyak kode secara berurutan. Pasalnya, WhatsApp hanya akan mengirimkan begitu banyak kode verifikasi dalam satu periode waktu. Setelah itu, aplikasi akan mengunci Anda jika Anda keluar.

Apakah Anda mengetahui cara lain agar seseorang dapat mengakses WhatsApp Anda? Beri tahu kami di bawah jika Anda melakukannya!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: