Cara Memeriksa apakah Seseorang Menggunakan WiFi Anda

Administrator jaringan
A dulunya adalah pekerjaan bagi spesialis IT di perusahaan besar. Namun, dunia telah berkembang lebih maju secara teknologi, jadi sekarang, usaha kecil dan besar, rumah tangga, dan perpustakaan memiliki jaringan sendiri untuk dikelola dan dipelihara. Saat ini, menyiapkan koneksi WiFi mudah dan murah.

Beberapa pengguna memiliki jaringan WiFi yang menggunakan kabel atau layanan Internet DSL, sementara yang lain menjalankan WiFi menggunakan ponsel cerdas mereka sebagai titik akses. Sebagian besar ponsel cerdas memiliki kapasitas untuk bertindak sebagai hot spot seluler. Bagaimanapun, selalu ada risiko akses tidak sah ke jaringan dan router wi-Fi Anda. Artikel ini menjelaskan berbagai metode untuk mengetahui apakah seseorang menggunakan Wi-Fi Anda tanpa izin, serta ringkasan cara mengamankan Wi-Fi Anda dari penyusup potensial.

Tanda Seseorang Mengakses Wifi Anda

Terlepas dari berapa banyak orang yang menggunakan WiFi sekarang, sebagian besar surga belum dilatih atau dididik dalam keamanan jaringan. Itu berarti jaringan WiFi Anda mungkin rentan terhadap peretas jahat atau mereka yang hanya ingin menggunakan akses Internet Anda secara gratis; bagaimanapun, itu tidak diinginkan dan melanggar hukum.

Anda harus mengetahui tanda-tanda peringatan tertentu yang menunjukkan bahwa seseorang terhubung ke jaringan Anda tanpa izin. Salah satu tanda umum adalah kecepatan Internet yang lebih lambat. Setiap sambungan Internet menggunakan sebagian bandwidth, dan jika seseorang mengunduh torrent atau bermain game online di jaringan Anda tanpa izin Anda, lalu lintas Anda akan melambat.

Mengetahui siapa yang menggunakan WiFi Anda dan kapan sangat penting untuk menjaga keamanan jaringan Anda. Tutorial ini menjelaskan cara memeriksa apakah seseorang menggunakan WiFi Anda, cara memulainya, dan cara membantu mencegah mereka dan orang lain mengakses WiFi Anda lagi.

Memeriksa Siapa yang Menggunakan Jaringan WiFi Anda

Ada beberapa cara untuk mendeteksi apakah seseorang sedang menggunakan jaringan nirkabel Anda, seperti memperoleh akses router langsung melalui browser atau menggunakan aplikasi pemeriksa router.
Matikan Semua Perangkat untuk Memeriksa apakah Seseorang Mengakses WiFi Anda

Salah satu cara berteknologi rendah adalah dengan mematikan semua komputer, ponsel cerdas, dan tablet Anda sehingga tidak ada perangkat Anda yang dihidupkan. Kemudian, periksa lampu aktivitas pada router nirkabel Anda (sering disebut modem nirkabel jika Anda terhubung ke Internet broadband kabel atau DSL). Jika aktivitas rutin masih muncul di router meskipun tidak ada pengguna yang berwenang yang dihidupkan, maka itu biasanya merupakan tanda bahwa seseorang menggunakan WiFi Anda tanpa izin Anda. Istilah “biasanya” digunakan karena router Anda mungkin juga mengalami proses konfigurasi sesekali atau menerima pembaruan, atau mungkin melakukan ping ke perangkat yang disimpan untuk memeriksa konektivitas, apakah sedang aktif atau tidak. Devices

Langkah selanjutnya adalah menggunakan browser web untuk masuk ke halaman akses router nirkabel Anda. Hampir semua router rumah memiliki halaman akses online yang dapat Anda akses dari komputer mana pun yang terhubung ke router. Berikut adalah prosedur paling umum berdasarkan brand.
Umum URL untuk Routers
URL untuk mengetik ke jendela browser Anda bervariasi dari router ke router, tetapi hampir selalu berupa alamat IP. Anda dapat menemukan URL yang tepat dengan memeriksa dokumentasi router Anda. Informasi juga biasanya ditemukan di bagian belakang router. Periksa untuk melihat apakah alamat tercetak pada label, atau dengan menggunakan alamat default: sejumlah besar router menggunakan http://192.168.0.1 atau http://192.168.1.1.

Jika Anda menggunakan Xfinity (Comcast) untuk mengakses Internet, URL default untuk mengakses router/modem Anda kemungkinan besar adalah http://10.0.0.1/.

Anda cukup memasukkan nomor (misalnya, “192.168.0.1”) di bilah alamat browser Anda dan tekan enter. Ini akan membawa Anda ke antarmuka administratif untuk router Anda. Anda dapat menemukan detail tentang prosedur penyiapan router Netgear, bantuan penyiapan router Belkin, dan informasi tentang proses penyiapan router Asus.
Kredensial Login Router Defaults
Anda harus mengetahui sandi administrator untuk router Anda untuk login. Tentu saja, Anda harus mengubahnya dari kata sandi default yang dapat Anda ingat, tetapi jangan membuatnya terlalu mudah! Apapun, Anda harus mencatat default atau kata sandi baru ketika Anda mengatur router Anda, atau setelah ditetapkan untuk Anda oleh teknisi instalasi.

Nama pengguna default yang paling umum adalah “admin”, dan kata sandi default yang paling umum biasanya ” nirkabel” atau “admin” juga. Kata sandi default lain yang sangat umum adalah “1234.”

Jika Anda menggunakan router/modem yang disediakan dengan layanan Comcast/Xfinity Anda dan belum mengubah kata sandi dari yang asli, nama pengguna default mungkin adalah “admin” dan kata sandi default mungkin “password.”
Identifying Connected Devices
Setelah Anda berhasil masuk ke router Anda, navigasikan ke halaman administrasi untuk melihat daftar perangkat yang terhubung. Pada router Netgear, ini biasanya tercantum di bawah “Pemeliharaan> Perangkat Terlampir.” Pada router Linksys, biasanya ditemukan di bawah “Peta Jaringan.”

Router lain memiliki struktur organisasinya sendiri untuk informasi ini, tetapi setiap router harus menyediakannya. Setelah Anda masuk dalam daftar, Anda dapat mengidentifikasi setiap perangkat berdasarkan alamat MAC-nya.

Yang perlu Anda ketahui sekarang adalah bahwa setiap perangkat memiliki nomor uniknya sendiri yang digunakan untuk mengidentifikasinya di Jaringan Area Lokal (LAN), yaitu jaringan WiFi Anda dalam hal ini, menjadikannya Jaringan Area Lokal Nirkabel (WLAN).

Anda dapat menemukan alamat MAC untuk semua komputer Anda, membandingkannya dengan daftar, dan kemudian melihat apakah ada perangkat dalam daftar yang tidak Anda ‘ tidak mengenali. Sebagian besar perangkat Wi-Fi memiliki opsi di menu pengaturan yang menampilkan alamat MAC, seperti smartphone dan tablet Android, laptop, perangkat Roku, Fire TV Sticks, Smart TV, dll. semua perangkat mati atau segarkan peta. Ini adalah proses eliminasi. Jangan lupa sertakan perangkat yang dikontrol Google atau Alexa dan peralatan lain yang terhubung ke WLAN Anda. Ada beberapa alat pihak ketiga yang sangat baik yang akan membantu Anda melakukan pekerjaan itu.
Gunakan F-Secure Router Checker

Salah satu alat hebat tersebut adalah F-Secure Router Checker. Ini adalah solusi gratis dan cepat untuk melihat apakah router Anda telah dibajak atau tidak.

Cukup navigasikan ke situs web, pilih tombol biru “Periksa Router Anda” dan biarkan situs web melakukan tugasnya. Ini akan menilai setiap kerentanan di router Anda dan memberi tahu Anda tentang kerentanan tersebut.
Gunakan Monitor Wi-Fi di Android

Rute lain adalah mengunduh Wi-Fi Monitor, aplikasi Google Play yang memindai jaringan WiFi Anda dan memberi tahu perangkat apa yang menggunakannya. Ini adalah cara terbaik untuk mengidentifikasi perangkat yang mengakses jaringan Anda.

Cara Mengamankan Jaringan WiFi Anda Dari Penyusup

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda mengidentifikasi seseorang yang menggunakan jaringan WiFi Anda tanpa izin Anda? Langkah pertama adalah menghapusnya dan kemudian memastikan mereka tidak akan dapat melakukannya lagi.

Petunjuk di bawah ini diuji menggunakan Linksys Smart Router. Router Anda mungkin sedikit berbeda dan menggunakan terminologi yang berbeda. Cukup sesuaikan instruksi berikut dengan model.
Log spesifik Anda ke router Anda dan akses antarmuka admin.Pilih bagian Nirkabel dari antarmuka atau temukan jaringan Tamu.Matikan jaringan Tamu kecuali Anda menggunakannya secara khusus.Matikan nirkabel. Pada router Linksys, ini adalah sakelar. Ini akan membuat semua orang keluar dari WiFi Anda, jadi beri tahu siapa pun sebelumnya. Pilih WPA2 sebagai mode keamanan nirkabel jika belum dipilih. Ini adalah opsi terbaik untuk sebagian besar pengguna. Ubah kata sandi akses nirkabel dan simpan perubahan. Aktifkan nirkabel sekali lagi. Ubah kata sandi pada perangkat apa pun yang terhubung ke WiFi.
Jika router Anda tidak mendukung WPA2, Anda harus meningkatkan; ini adalah standar de facto untuk keamanan nirkabel.

Ubah kata sandi menjadi sesuatu yang sesulit praktis sambil tetap dapat mengingatnya. Campur huruf besar dan kecil serta angka. Jika router Anda mengizinkan karakter khusus, gunakan karakter tersebut untuk ukuran yang baik.

Tindakan Keamanan WiFi Tambahan

Langkah tambahan yang dapat Anda ambil untuk mengamankan Wi-Fi Anda dari penyusup termasuk menonaktifkan penyiapan yang dilindungi WiFi (WPS) dan meningkatkan firmware router.
Nonaktifkan Wi-Fi Protected Setup (WPS) untuk meningkatkan Keamanan WLAN
Seharusnya ada pengaturan di bagian nirkabel router Anda yang menonaktifkan WPS. Ini adalah kerentanan yang diketahui di properti bersama, asrama, dan tempat lain di mana Anda tidak mengontrol siapa yang datang dan pergi. Matikan untuk menghentikan orang agar tidak mengautentikasi di jaringan Anda jika mereka memiliki akses fisik ke perangkat keras router.
Tingkatkan Firmware Router untuk Meningkatkan Keamanan WLAN
Dengan meningkatkan firmware router, Anda dapat memanfaatkan patch atau perbaikan keamanan apa pun. Kerentanan KRACK adalah salah satu contoh yang menemukan kelemahan di WPA2 yang dengan cepat ditambal. Hanya pembaruan firmware router yang dapat sepenuhnya melindungi Anda, jadi izinkan pembaruan otomatis pada router Anda jika memungkinkan atau periksa pembaruan secara berkala.

Sebagai penutup, rekomendasi di atas membantu mengamankan router WLAN dan Wi-Fi Anda untuk mencegah pengguna yang tidak sah, serta hacker. Jika Anda ingin mengambil privasi Anda selangkah lebih maju, lihat cara mengamankan PC Anda.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: