Cara Memeriksa Berapa Banyak Daya yang Digunakan PC Windows atau Mac

PC adalah perangkat yang sangat serbaguna. Mereka telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita, apakah kita menggunakannya untuk bekerja, bermain game, atau aktivitas lainnya. Mereka dapat mengambil tugas yang sangat menantang dengan cepat. Tetapi berapa banyak daya yang sebenarnya dikonsumsi komputer untuk melakukan tugas-tugas ini? Artikel ini akan menjawabnya.

Baca terus untuk mempelajari tentang berbagai metode untuk memeriksa berapa banyak daya yang digunakan PC Anda. Kami akan membahas dua teknik utama yang memungkinkan Anda mengetahuinya, melalui perangkat keras dan perangkat lunak.

Cara Memeriksa Berapa Banyak Daya yang Digunakan PC Anda Dengan Perangkat Keras

Memeriksa konsumsi daya PC menggunakan wattmeter bisa dibilang cara terbaik untuk melakukannya. Monitor penggunaan listrik khusus ini sempurna jika Anda berencana untuk sering memeriksa penggunaan daya PC dan laptop Anda.

Perkiraan margin kesalahannya sekitar 0,5%, menawarkan hasil paling akurat yang bisa Anda dapatkan. Plus, pengukur konsumsi daya cukup mudah digunakan. Anda hanya perlu mencolokkan PC atau laptop ke meteran dan mencolokkan meteran ke stopkontak. Pengukuran membutuhkan waktu beberapa detik, dan Anda akan melihat konsumsi energi dalam kilowatt-jam (KWh).

Beberapa unit dengan nilai tertinggi di internet termasuk Kuman dan Poniie.

Jika Anda belum pernah menggunakan perangkat serupa sebelumnya, Anda mungkin kesulitan menganalisis hasil. Namun Anda selalu dapat membandingkan konsumsi daya PC Anda dengan jumlah penggunaan rata-rata untuk mendapatkan gambaran yang baik tentang seberapa banyak atau sedikit daya yang dihabiskan perangkat Anda.

Komputer game memerlukan hingga 500 watt per jam untuk beroperasi secara efisien, sementara penggunaan yang tidak berat (menjelajahi internet, pengolah kata, dll.) membutuhkan daya hingga tiga kali lebih sedikit. Namun, angkanya bervariasi tergantung pada perangkat lunak dan perangkat keras yang diinstal pada PC, serta lokasi Anda.

Jika Anda menggunakan PC untuk penambangan kripto berat, yang mengharuskan komputer beroperasi 24 jam sehari, jelas tagihan listrik Anda akan meroket. Gigi hemat energi dapat sangat mengurangi konsumsi daya. Misalnya, HDD 10TB mengkonsumsi watt empat kali lebih banyak daripada rekan SSD-nya. Selain itu, semakin besar RAM dan jumlah core, semakin sedikit daya yang digunakan oleh komputer. Seperti yang Anda lihat, banyak faktor yang berperan di sini.

Cara Memeriksa Berapa Banyak Daya yang Digunakan PC Anda Dengan Aplikasi Windows

Cara termudah untuk mengetahui berapa banyak daya yang dikonsumsi PC Anda adalah melalui perangkat lunak. Alat online melakukan analisis konsumsi daya dengan cepat, dan mudah digunakan. Namun, ada satu kelemahan. Mereka adalah pilihan yang kurang dapat diandalkan dibandingkan dengan kalkulator perangkat keras. Mereka hanya melakukan analisis untuk waktu yang singkat dan mungkin tidak secara akurat mewakili konsumsi daya yang sebenarnya.

Anda dapat menggunakan alat online seperti kalkulator OuterVision untuk mengukur konsumsi daya Windows Anda. Analisis ini gratis dan menyediakan data tentang watt beban, perkiraan biaya, dan catu daya (PSU) yang direkomendasikan. Ada juga mode “Pakar” untuk mereka yang berpengalaman dalam spesifikasi PC.

Berikut cara menggunakan OuterVision:
Kunjungi situs web OuterVision.Klik “Dasar” untuk perhitungan standar atau “Pakar” untuk yang tingkat lanjut.Masukkan informasi untuk setiap bagian ke dalam masing-masing kotak.Klik “Hitung” untuk hasil.
Setelah analisis selesai, situs memberikan rekomendasi tentang opsi catu daya terbaik untuk berbagai kategori. Anda dapat membandingkan catu daya yang direkomendasikan, menyesuaikan biaya untuk melihat informasi biaya energi tahunan, dan memilih catu daya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi lain yang dapat Anda gunakan di PC Windows adalah LocalCooling. Freeware ini menunjukkan berapa banyak daya yang digunakan komputer Anda, dengan data spesifik tentang hard drive, monitor, dan elemen lainnya. Anda dapat mengonfigurasinya untuk mematikan monitor, memutar disk, atau bahkan mengirim komputer ke mode sleep.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi ini, sebaiknya gunakan selama beberapa hari dan selama aktivitas yang berbeda. Hal yang menyenangkan bagi para pencinta lingkungan adalah ia menunjukkan kepada Anda berapa banyak pohon dan bahan bakar galon energi yang Anda hemat. Anda dapat membawa pertarungan lingkungan Anda ke tingkat berikutnya dan bersaing dengan pengguna lain!

Namun, kelemahan utamanya adalah Anda tidak dapat mengubah satuan pengukuran.

Berikut cara menggunakan LocalCooling:
Unduh aplikasi dari situs web ini.Jalankan aplikasi di PC.Navigasikan ke “Pengaturan” dan klik “Tab Daya Saya.” Anda akan melihat perkiraan kasar berapa banyak daya yang digunakan PC Anda.
Cara Memeriksa Berapa Banyak Daya yang Digunakan PC Anda Dengan Aplikasi Mac

Mengetahui berapa banyak daya yang digunakan Mac Anda kegunaan dapat berguna karena berbagai alasan. Anda dapat mempelajari bagian mana dari sistem Anda yang paling banyak menggunakan daya dan apakah Anda dapat mengurangi konsumsi secara keseluruhan.

Macs memungkinkan Anda melihat konsumsi energi di Monitor Aktivitas. Anda dapat menggunakan panel “Energi” untuk menganalisis penggunaan daya secara keseluruhan dan mendapatkan detail selengkapnya tentang berapa banyak daya yang digunakan setiap aplikasi.

Berikut cara memeriksa konsumsi energi Anda di Monitor Aktivitas:
Mulai aplikasi Monitor Aktivitas di Mac Anda. Cukup ketik “Monitor Aktivitas” di bilah pencarian Anda dan klik aplikasi dari hasil. Klik tombol “Energi”. Pilih “Lihat,” lalu “Kolom” untuk menampilkan lebih banyak kolom. Pilih yang Anda inginkan dari tampilan.
Anda akan dapat melihat penggunaan energi untuk setiap aplikasi dan proses di Mac Anda di bagian atas jendela.

Berikut adalah beberapa info dasar yang harus dicari:
Energy Impact. Ini adalah ukuran relatif dari konsumsi daya aplikasi saat ini. Semakin rendah angka dampak energi, semakin baik. Daya 12 jam. Dampak energi aplikasi selama 12 jam terakhir atau sejak perangkat di-boot. Perhatikan bahwa kolom ini hanya tersedia untuk notebook Mac.Kartu grafis. Ini menunjukkan kepada Anda apakah aplikasi memerlukan kartu grafis berperforma tinggi. Info ini hanya tersedia untuk Mac dengan lebih dari satu kartu grafis.
Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui berapa banyak daya yang digunakan Mac Anda.

Salah satu perangkat lunak paling kaya informasi dan efisien untuk memeriksa daya Anda konsumsi adalah OuterVision. Aplikasi gratis ini memberi Anda informasi tentang perkiraan biaya listrik yang terkait dengan penggunaan daya Mac Anda, memuat watt, dan banyak lagi.

Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menjalankan tes OuterVision di Mac Anda:
Buka situs web OuterVision.Pilih “ Dasar” untuk perhitungan standar atau “Pakar” untuk lanjutan.Masukkan informasi untuk setiap bagian.Klik tombol biru “Hitung” untuk melihat hasil.
Perangkat lunak ini akan memberi Anda tip tentang opsi catu daya terbaik untuk Mac Anda. Ini juga akan memungkinkan Anda menyesuaikan biaya untuk melihat pengeluaran konsumsi energi tahunan dan banyak lagi.

Tetap di Jalur Dengan Konsumsi Daya PC

Jumlah daya yang dikonsumsi setiap unit PC sangat individual. Banyak faktor yang mempengaruhi watt, termasuk perangkat lunak, perangkat keras, lokasi, dll. Cara paling akurat untuk menghitung penggunaan daya adalah dengan menggunakan perangkat keras seperti kalkulator konsumsi daya yang Anda colokkan ke stopkontak. Sedikit kurang akurat tetapi sama berharganya adalah alat online seperti OuterVision, LocalCooling, atau Monitor Aktivitas Mac Anda sendiri.

Apa pun metode yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan perkiraan konsumsi daya PC yang layak. Pastikan untuk memeriksa konsumsi daya beberapa kali sehari dan selama aktivitas yang berbeda. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait topik tersebut, kirimkan komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: