Cara Memeriksa DPI Gambar

Saat bekerja dengan gambar di komputer Anda, resolusi DPI mereka mungkin menjadi relevan. DPI adalah singkatan dari Dots Per Inch, dan itu mewakili berapa banyak piksel yang ada dalam rentang satu inci. DPI yang lebih tinggi biasanya menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Karena DPI bukanlah informasi yang biasa ditemui pengguna dalam pekerjaan sehari-hari, Anda harus memeriksa detail gambar untuk mendapatkan info ini. Untuk melakukan ini, buka properti file gambar melalui Windows Explorer. Tentu saja, program pengeditan gambar seperti Adobe Photoshop atau GIMP juga dapat memberi Anda info ini.

File Explorer Windows

Cara termudah untuk memeriksa resolusi DPI suatu gambar adalah dengan menggunakan File Explorer Windows.
Untuk membuka File Explorer, tekan Windows + Tombol E pada keyboard Anda secara bersamaan. Anda juga dapat mengklik logo Windows di sudut kiri bawah bilah tugas Anda dan mulai mengetik “File Explorer.” Gunakan File Explorer untuk menavigasi ke lokasi gambar yang ingin Anda periksa. Klik kanan pada file gambar dan klik ” Properties” di bagian bawah menu. Di menu Properties, klik tab “Details”. Gulir ke bawah ke bagian “Image” pada menu. Di sini Anda akan melihat dua nilai yang memberi Anda DPI gambar Anda: “Horizontal Resolution ” dan “Resolusi Vertikal.”

Jika Anda sering bekerja dengan gambar di komputer, dan info DPI relevan bagi Anda, Anda dapat menyesuaikan tata letak File Explorer agar selalu menampilkan info ini juga.
Menggunakan File Explorer, navigasikan ke folder yang berisi gambar Anda. Klik tab “Lihat” di menu atas. Pilih “Rincian” sebagai tata letak tampilan untuk folder ini. Bagian tengah jendela sekarang akan menampilkan file gambar Anda (dan file lainnya juga) diurutkan ke kiri. Perhatikan kolom yang berisi berbagai detail di sebelah kanan file e nama, dan klik kanan pada salah satu nama kolom. Klik “Lainnya …” di bagian bawah menu. Menu “Pilih Detail” akan muncul. Di sini, gulir ke bawah ke “Resolusi Horizontal” dan “Resolusi Vertikal” opsi dan centang kotak masing-masing. Klik “OK” untuk menutup menu.
Sekarang Anda akan melihat dua kolom baru, menunjukkan resolusi DPI untuk setiap gambar. Anda juga dapat mengurutkan file dengan mengklik setiap nama kolom. Jika Anda mencari DPI tertentu, arahkan kursor mouse ke header kolom hingga Anda melihat panah di sebelah kanan nama kolom, mengarah ke bawah. Klik panah untuk membuka menu filter dan pilih nilai DPI yang mungkin dimiliki file Anda.

Adobe Photoshop

Sebagai alat pengeditan gambar terbaik bagi banyak profesional, Photoshop memungkinkan Anda memeriksa DPI gambar kapan saja. Untuk memeriksa ini, ikuti beberapa langkah ini.
Buka gambar yang Anda inginkan di Photoshop. Di menu atas, klik tab “Gambar”. Klik “Ukuran Gambar.” Anda juga dapat mengakses menu ini dengan menekan Alt+Shift+I pada keyboard Anda. Di bagian “Document Size”, Anda akan melihat nilai “Resolution”. Itu DPI Anda. Pastikan unit di menu drop-down di sebelahnya adalah “Pixels/Inch.”
Meskipun Photoshop tidak secara eksplisit memberi label nilai ini sebagai DPI, melainkan PPI (piksel per inci), secara praktis memberi Anda informasi yang hampir sama .

GIMP

Dengan harganya yang mahal, Photoshop mungkin bukan alat yang paling mudah diakses oleh sebagian besar orang. Itu sebabnya banyak yang menggunakan GIMP, aplikasi pengeditan gambar sumber terbuka yang gratis digunakan. Dan itu memberi Anda informasi tentang resolusi DPI gambar Anda juga.
Buka gambar yang Anda inginkan di GIMP. Sama seperti di Photoshop, klik tab “Gambar” dari menu atas. Sekarang klik opsi “Skala Gambar …”. Di sebelah nilai “resolusi X” dan “resolusi Y”, pilih opsi “piksel/dalam” dari menu tarik-turun. Nilai resolusi sekarang akan menunjukkan kepada Anda DPI gambar.
Logika yang sama berlaku di sini seperti di Photoshop – piksel per inci mewakili DPI gambar Anda.

Menemukan Gambar DPI

Apakah Anda ingin memeriksa DPI gambar atau ingin mengubahnya, ada beberapa cara untuk melakukannya. Sementara File Explorer di Windows memungkinkan Anda hanya untuk melihat DPI, aplikasi pengeditan foto memungkinkan Anda untuk memanipulasi ukuran gambar dan resolusi DPI.

Apakah menurut Anda tips ini berguna? Seberapa penting nilai DPI untuk pekerjaan Anda? Silakan bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: