Cara Memeriksa FPS di Minecraft

Fenomena kotak pasir pembangun blok yang dikenal sebagai Minecraft mungkin bukan game yang paling menarik secara visual, tetapi memiliki cukup banyak penggemar setia. Dan terlepas dari grafisnya yang bergaya retro, gim ini adalah salah satu sumber daya terbesar di industri gim. Anda mungkin berpikir perangkat Anda harus menanganinya dengan baik, tetapi penurunan FPS terlalu umum. Mungkin ada baiknya memeriksa FPS Anda dari waktu ke waktu. Anda dapat menggunakan angka sebagai dasar saat menyesuaikan pengaturan video atau pengaturan GPU untuk meningkatkan pengalaman bermain game Anda.

Berikut adalah cara untuk memeriksa FPS Anda di Minecraft di sebagian besar platform.

Cara Memeriksa FPS di Minecraft di Mac

Komputer Mac melakukan hal yang berbeda, jadi diharapkan memiliki pintasan yang berbeda dari rekan Windows mereka saat mencoba menjalankan suatu tindakan.

Anda dapat menekan FN + F3 di Mac untuk membuka jendela debug dan memeriksa FPS Minecraft Anda.

Cara Memeriksa FPS di Minecraft di Windows 10 PC

Windows 10 memungkinkan Anda untuk memeriksa FPS dalam game tanpa perangkat lunak pihak ketiga jika aplikasi Xbox Game Bar diaktifkan. Jika Anda mengaktifkan Bilah Game, lihat langkah-langkah di bawah ini:
Buka “Pengaturan Windows.” Pilih “Permainan.” Alihkan opsi Bilah Game Xbox ke “Aktif.” Secara opsional, atur pintasan keyboard. Nyalakan ulang PC Anda. Luncurkan Minecraft. Buka Xbox Game Bar.
Setelah panel Performa mengambang muncul, Anda dapat menyesuaikannya untuk hanya menampilkan statistik yang Anda butuhkan.

FPS berada di bawah tab Performa dan berada opsi kelima dalam daftar setelah angka penggunaan CPU, GPU, VRAM, dan RAM.

Selain itu, Anda dapat menyematkan overlay Performa agar terlihat setiap saat atau melepas pin dan menampilkannya kapan saja.

Cara Memeriksa FPS di Minecraft PE

Karena Pocket Edition cenderung memiliki grafik yang jauh lebih halus daripada versi PC aslinya, semakin banyak pemain yang memilih untuk memainkan game tersebut di ponsel dan tablet mereka.

Tapi gameplaynya sendiri bisa mengecewakan jika Anda tidak memiliki perangkat yang kuat.

Untungnya, Anda dapat mengubah pengaturan dan memeras lebih banyak kinerja. Sebaiknya periksa penghitung FPS Anda dan lihat apakah tweak Anda memiliki efek yang diinginkan.

Untuk mengaktifkan FPS di Minecraft PE, Anda dapat menginstal aplikasi Game Booster dari Google Play. Ini adalah aplikasi peluncur game Android yang memungkinkan pemantauan FPS dalam game yang tidak memiliki fitur asli, seperti Minecraft PE.

Cukup masuk ke akun Google Play Anda, temukan dan instal aplikasi dan gunakan untuk meluncurkan dan mengelola Minecraft PE. Anda juga dapat melakukan ini untuk game lain, menjadikan Game Booster sebagai alat yang mudah digunakan, terutama pada smartphone lama.

Perlu diingat bahwa Anda hanya bisa mendapatkan maksimum 60 FPS di Minecraft PE saat bermain di perangkat seluler secara default. Namun, jika Anda bermain menggunakan emulator seperti Bluestacks, gim ini dapat berjalan pada FPS yang lebih tinggi, tergantung pada perangkat keras Anda.

Cara Melihat FPS di Minecraft Education Edition

Minecraft Education Edition memiliki beberapa keterbatasan dibandingkan dengan versi sandbox standar gim tersebut. Salah satu perbedaannya adalah tidak adanya menu debug. Oleh karena itu, jika Anda ingin melihat penghitung FPS di Minecraft Education Edition, Anda harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga.

Jika Anda memiliki GPU khusus dari Nvidia atau AMD, Anda dapat menggunakan perangkat lunak asli untuk mengaktifkan overlay FPS. Ini akan menampilkan FPS di atas jendela permainan. Perhatikan bahwa ini harus berlaku untuk semua game lain saat bermain.

Opsi lainnya termasuk aplikasi pihak ketiga, seperti perangkat lunak utilitas kartu grafis RivaTuner yang populer, yang bekerja dengan semua GPU dan memiliki opsi overlay FPS.

Cara Memeriksa FPS di Minecraft Bedrock

Sama seperti Edisi Pendidikan atau PE, Minecraft Bedrock tidak memiliki penghitung FPS bawaan bawaan.

Namun, Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti Nvidia GeForce Experience atau RivaTuner. Atau, Anda juga dapat menggunakan Xbox Game Bar dengan menekan Windows Key + G (default) untuk membuka Windows Performance Overlay.

Cara Melihat FPS di Minecraft OptiFine

OptiFine adalah salah satu mod Minecraft paling populer. Ini memungkinkan pengguna untuk mengubah beragam pengaturan dengan mudah dan dapat menampilkan penghitung FPS. Beginilah cara Anda melihat FPS Anda dengan mod ini:
Unduh mod OptiFine dari situs web resmi. Jalankan file Java. Ikuti tutorial penginstalan. Mulai Minecraft. Buka “Opsi.” Pilih “Pengaturan Video.” Buka “Pengaturan Lainnya .”Ubah opsi Tampilkan FPS ke “ON.”
Jika ternyata FPS Anda terbatas, kembali ke menu Pengaturan Video dan pindahkan penggeser Max Framerate ke target yang diinginkan.

Cara Memeriksa FPS di Minecraft Tlauncher

Meskipun Tlauncher tidak didukung oleh Mojang atau Microsoft, tidak diragukan lagi salah satu peluncur terbaik untuk gim ini. Ini meningkatkan kinerja, memungkinkan Anda untuk beralih di antara versi permainan yang berbeda, dan memberi Anda lebih banyak kontrol atas pengaturan.

Berikut ini cara Anda dapat memeriksa FPS menggunakan Tlauncher.
Unduh mod OptiFine.Jalankan file Java.Ikuti tutorial penginstalan.Buka Tlauncher .Pilih versi permainan Optifine.Buka “Opsi.”Pilih “Pengaturan Video.”Buka “Pengaturan Lainnya.”Ubah opsi Tampilkan FPS ke “ON.”
Pastikan untuk memilih framerate maksimum yang mungkin di menu Pengaturan untuk menghindari pembatasan.

Perlu diingat bahwa mungkin ada beberapa masalah saat menggunakan Tlauncher alih-alih peluncur asli game, seperti tidak dapat mengakses beberapa server resmi. Meskipun demikian, Anda masih dapat menggunakan informasi login akun Anda.

FAQ Tambahan
Cara Meningkatkan FPS Minecraft?

Minecraft edisi Java dan C++ menghabiskan banyak sumber daya. Sementara yang terakhir lebih memaafkan pada konfigurasi sistem yang lebih lama, itu masih dapat menyebabkan penurunan FPS saat Anda tidak mengharapkannya.

Biasanya, menjalankan game dalam mode layar penuh akan memungkinkan FPS Anda menjadi mulus dan meminimalkan lonjakan penurunan. Mengurangi pengaturan kualitas video dan meminimalkan FOV juga dapat membantu Anda mendapatkan beberapa FPS.
Mengapa FPS Minecraft Saya Rendah?

Pengaturan game default mungkin membatasi FPS Anda pada 30 atau bahkan 60 frame per detik. Periksa menu Pengaturan Video dan cari opsi “Max Framerate”. Seret penggeser ke kanan hingga Anda memaksimalkannya untuk menghilangkan batasan FPS. Ini akan meningkatkan penghitung FPS Anda jika perangkat Anda cukup kuat.

Tidak Ada Lagi Sandbox Stuttering

Tidak ada kesenangan diledakkan oleh creeper di hardcore hanya karena Anda menjatuhkan beberapa FPS saat mencoba naik ke tempat yang lebih tinggi. Memantau FPS Anda sangat penting di Minecraft, meskipun, yang mengejutkan, banyak versi gim tidak menawarkan fitur pemantauan bawaan.

Namun, kebanyakan aplikasi pihak ketiga, perangkat lunak GPU, dan pelacak kinerja Windows bawaan dapat membantu Anda melihat bagaimana rig Anda menangani permainan. Setelah Anda mendapatkan beberapa angka real-time, Anda dapat mulai bermain dengan pengaturan video Anda, konfigurasi GPU dan mencoba berbagai trik untuk meningkatkan kinerja.

Semoga panduan ini menjawab pertanyaan Anda tentang tampilan penghitung FPS Minecraft. Jangan ragu untuk memberi tahu kami di bagian komentar di bawah jika Anda mengetahui alat lain yang membantu menyelesaikan tugas ini pada versi Minecraft apa pun. Atau, bagikan kepada kami trik Anda untuk mendapatkan FPS tiga digit.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: