Cara Memeriksa Pembaruan Game di PS5

PS5 adalah konsol tangguh yang menawarkan fitur luar biasa seperti game 4K. Saat Anda menginstal game, itu bahkan dapat memperbaruinya untuk Anda secara otomatis. Namun, ada kalanya Anda ingin memeriksa pembaruan dan versi game secara manual.

Untuk pemilik PS5 baru, mengetahui cara melakukannya membantu memeriksa game Anda. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengetahui apakah Anda terbarui, dan jika tidak, Anda dapat segera mengunduh tambalan atau pembaruan apa pun. Versi kedaluwarsa dapat menjadi masalah, dan sebaiknya selesaikan masalah lebih cepat daripada nanti.

Terus membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang pembaruan game PS5, pembaruan sistem, dan apa yang harus dilakukan ketika Anda tidak dapat memperbarui sama sekali.

PS5: Cara Memeriksa untuk Pembaruan Game

Agar game Anda diperbarui, PS5 Anda harus tetap terhubung ke internet. Tanpa itu, pembaruan tidak mungkin dilakukan. Setelah Anda memastikan bahwa konsol Anda terhubung ke internet, Anda dapat secara manual memeriksa setiap pembaruan game.

Berikut adalah petunjuk untuk memeriksa status pembaruan game Anda secara manual:
Nyalakan PS5 Anda.Buka layar Beranda.Ke atas menu utama.Pindah ke tab “Permainan”. Gulir melalui permainan Anda sampai Anda menemukan satu untuk diperiksa. Sorot permainan dengan kursor Anda. Tekan “Opsi” pada pengontrol Anda. Pilih “Periksa Pembaruan” dari drop-down menu.
Jika tidak ada pembaruan, Anda dapat melanjutkan permainan Anda yang menyenangkan. Jika ada pembaruan yang entah bagaimana terlewatkan, PS5 akan segera menangani proses pengunduhan. Anda harus memainkan game lain atau melakukan sesuatu yang lain saat game Anda menerima pembaruan terbarunya.

Pengguna bukan penggemar berat bagaimana Anda tidak dapat memeriksa pembaruan game di perpustakaan Anda. Sebagai gantinya, Anda hanya dapat memeriksa beberapa game terakhir yang Anda mainkan. Jika Anda ingin memeriksa game yang sudah lama tidak Anda mainkan, Anda mungkin harus memainkannya, sehingga muncul di menu.

Mengaktifkan Pembaruan Otomatis untuk Game PS5

PS5 dilengkapi dengan pengaturan pembaruan otomatis yang diaktifkan . Namun, jika Anda telah menonaktifkannya, Anda mungkin ingin mengaktifkan kembali opsi tersebut. Memeriksa pembaruan di PS5 itu merepotkan, itulah sebabnya mengaktifkan pembaruan otomatis adalah tindakan terbaik. Pengaturan Aplikasi.” Pilih “Pembaruan Otomatis” dari daftar. Temukan opsi “Unduh Otomatis” atau “Instal Otomatis dalam Mode Istirahat”. Setelah Anda mengaktifkan salah satu atau keduanya, Anda tidak perlu khawatir untuk memperbarui secara manual game lagi.
Auto-download akan selalu memeriksa pembaruan terbaru saat Anda terhubung ke internet. Meskipun konsol Anda dalam mode Istirahat, ia masih dapat menangani proses pengunduhan.

Namun, jika Anda lalai mengaktifkan fungsi instal otomatis, Anda harus menginstal pembaruan yang diunduh secara manual. Mungkin perlu beberapa saat, meskipun sisi baiknya adalah Anda tidak perlu menutup aplikasi atau game yang dimaksud saat pembaruan sedang diunduh. Namun demikian, dengan mengaktifkan kedua opsi tersebut, Anda dapat menghindari menekan tombol tambahan atau menunggu.

Dengan koneksi internet yang stabil, Anda seharusnya tidak mengalami masalah dengan pembaruan otomatis.

Tidak masalah jika game yang Anda perbarui adalah salinan digital atau hard copy, karena PS5 akan tetap menginstal pembaruan untuk itu. Namun, jika Anda kehabisan ruang, Anda harus menambah ruang penyimpanan atau menghapus beberapa game untuk membuat ruang.

Sony kemungkinan menjadikan pembaruan otomatis sebagai opsi masuk karena versi game yang sudah ketinggalan zaman dapat mengalami malfungsi. Gangguan dan bug sering ditambal saat pembaruan baru ditayangkan, meskipun ada juga saat pembaruan baru membawa bug serius. Dalam kebanyakan kasus, versi game yang lebih baru selalu lebih baik.

Namun, beberapa pemain suka menyimpan versi lama untuk mengeksploitasi gangguan untuk kecepatan lari atau tujuan lain. Dengan demikian, orang-orang ini mungkin bukan penggemar pembaruan otomatis yang dipaksakan dan mungkin lebih suka memiliki cara yang lebih mudah diakses untuk memperbarui game secara manual.

Memeriksa Pembaruan Sistem PS5

Perlu juga memperbarui firmware PS5 Anda. Karena pengembang terus menyempurnakan dan merilis firmware baru, Anda mungkin memerlukannya untuk memperbaiki beberapa masalah mendasar yang mungkin dimiliki PS5. Jadi, Anda harus selalu memeriksa apakah versi konsol memiliki patch terbaru.

Dengan pembaruan terbaru diinstal, PS5 Anda dapat berfungsi lebih baik. Misalnya, pada September 2021, ada pembaruan yang memungkinkan ekspansi SSD. Dengan pembaruan itu, pengguna dapat meningkatkan ruang penyimpanan secara signifikan.

Baru-baru ini, pembaruan kecil mendarat yang diklaim dapat meningkatkan kinerja sistem. Meskipun tidak semua pembaruan bersifat inovatif, pembaruan tersebut masih dapat bermanfaat bagi Anda dalam beberapa hal.

Untuk memperbarui sistem PS5 Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
Hidupkan PS5 Anda dari mode Istirahat. Buka menu Pengaturan yang ditandai dengan ikon roda gigi. Buka “Sistem. Pilih “Perangkat Lunak Sistem” dari daftar di sebelah kiri. Buka “Pembaruan dan Pengaturan Perangkat Lunak Sistem.” Pilih “Perbarui Perangkat Lunak Sistem.” Pilih “Perbarui Menggunakan Internet” untuk melanjutkan. Kembali ke “Perangkat Lunak Sistem”, tapi kali ini buka “Pembaruan Fitur Sistem.” Jika ada pembaruan, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya.
Terkadang, ada kesalahan tak terduga dalam memperbarui firmware PS5 Anda. Cara terbaik untuk memperbaiki masalah ini adalah memulai ulang pembaruan. Jika gagal, semoga tidak hilang.

Anda dapat mengunduh file pembaruan ke drive USB dan menghubungkannya ke PS5 Anda. Berikut langkah-langkahnya:
Pada drive USB FAT32 Anda, buat folder dan folder lain di dalamnya. Beri nama folder kedua “UPDATE”.Simpan file pembaruan ke dalam folder sebagai “PS5UPDATE.PUP”. Colokkan ke konsol Anda.Kapan PS5 Anda dalam Mode Istirahat, tekan dan tahan tombol daya. Lepaskan tombol saat Anda mengeluarkan bunyi bip kedua. Pilih “Perbarui Perangkat Lunak Sistem.” Pilih “Perbarui Dari Penyimpanan USB.” Konfirmasikan pilihan Anda dan tunggu. masalah akan terjadi, mengetahui metode pencadangan ini akan membantu memastikan PS5 Anda tetap diperbarui.

Ingatlah untuk memberi nama file dan folder persis seperti yang kami tulis di atas tanpa tanda baca tambahan. Melakukannya akan memungkinkan konsol Anda untuk mendeteksi dan menjalankan file.

FAQ Tambahan
Mengapa Saya Tidak Dapat Memperbarui PS5 Saya?

Jika PS5 Anda tidak diperbarui, Anda harus memeriksa koneksi internet Anda. Biasanya pelakunya, tetapi jika itu tidak berhasil, coba mulai ulang pembaruan. Pilihan terakhir adalah mengunduh file pembaruan dan menginstalnya secara manual.

Jika semuanya gagal, Anda mungkin harus melakukan reset pabrik atau meminta bantuan dukungan pelanggan.
Apa itu Mode Aman PS5?

Mode aman memungkinkan PS5 Anda untuk boot tanpa membahayakan data game Anda. Anda tidak perlu menggunakannya jika konsol Anda berfungsi dengan baik. Namun, dalam beberapa kasus, seperti menginstal pembaruan secara manual, Anda akan memerlukannya.

Anda juga dapat menggunakan mode aman untuk:

• Mengubah resolusi konsol

• Melakukan reset pabrik

• Mengedit basis data penyimpanan PS5
Berapa Lama untuk Memperbarui a PS5?

Tergantung pada ukuran file, dibutuhkan beberapa menit dalam kondisi yang tepat. Namun, file yang lebih besar akan memakan waktu lebih lama tergantung pada koneksi internet Anda dan jika Anda mengunduh file lain secara bersamaan.

Lebih Baru Lebih Baik

Sementara pembaruan permainan dan sistem otomatis dapat nyaman bagi sebagian besar pengguna, yang lain mengatakan bahwa sistem saat ini masih menyisakan lebih banyak hal yang diinginkan. Namun demikian, memiliki konsol mengunduh dan menginstal pembaruan untuk Anda di luar kotak tentu dapat menghemat waktu Anda. Pastikan kamu juga tidak lupa untuk mengecek update secara manual.

Apa yang menurutmu perlu ditingkatkan untuk proses update PS5? Apakah Anda menemukan game Anda kehilangan pembaruan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: