Cara Memeriksa Port Mana yang Terbuka pada PC Windows 10

Mungkin Anda sedang memecahkan masalah konektivitas jaringan untuk program tertentu dan Anda perlu memeriksa apakah akses portnya dibuka atau Anda bertanya-tanya apakah perangkat NAS Anda dapat berkomunikasi dengan PC Windows 10 Anda, apa pun alasannya, Anda perlu memeriksa buka port.

Dalam artikel ini, kami akan memberi Anda langkah-langkah mendetail tentang cara memeriksa port terbuka di Windows 10 menggunakan beberapa alat yang tersedia, baik bawaan atau gratis untuk diunduh dan digunakan.

Cara Memeriksa Port Mana yang Terbuka di a Windows 10 PC

Ada beberapa alat praktis yang dapat Anda gunakan untuk memindai port terbuka di Windows. Kami akan menunjukkan cara melakukannya di NetStat, PortQry.exe, dan NirSoft CurrPorts.

NetStat

Salah satu cara paling sederhana adalah NetStat.exe, Anda dapat menemukan alat ini di folder “System32” di Windows 10. Dengan NetStat, Anda dapat melihat port terbuka atau port yang digunakan oleh host tertentu.

Ada dua perintah yang akan berguna, tergantung pada kebutuhan Anda. Opsi pertama akan mencantumkan semua port aktif dan nama proses yang menggunakannya, yaitu “netstat -ab.” Opsi kedua, “netstat -aon” juga akan memberikan ID proses yang nantinya dapat Anda cari di Pengelola Tugas. Ini akan menampilkan statistik protokol serta koneksi jaringan

TCP dan IP saat ini. Dan inilah penjelasan dari arti setiap huruf dari perintah:
“a” akan menampilkan semua koneksi dan port listening.“b” akan menampilkan semua executable yang terlibat dalam pembuatan setiap listening port.“o” akan menampilkan ID proses yang memiliki yang terkait dengan masing-masing koneksi.“n” akan menampilkan alamat dan nomor port sebagai numerik.
Kita akan mulai dengan bentuk yang lebih sederhana: netstat -ab. Cukup ikuti langkah-langkah ini dan Anda akan baik-baik saja:
Buka menu Start, ketik “Command Prompt” dan pilih Run as administrator. Sekarang, ketik “netstat -ab” dan tekan Enter. Tunggu hasilnya dimuat, nama port akan terdaftar di sebelah alamat IP lokal. Cukup cari nomor port yang Anda butuhkan, dan jika tertulis MENDENGARKAN di kolom Negara, itu berarti port Anda terbuka.
Opsi kedua akan berguna ketika nama proses tidak cukup untuk mengidentifikasi program apa yang memiliki port tertentu yang diikat. Dalam hal ini, cukup ikuti langkah-langkah ini:
Sekali lagi, jika belum terbuka, ketik “Command Prompt” dan pilih Jalankan sebagai administrator. Setelah masuk, ketik perintah “netstat -aon” dan tekan Enter. Anda sekarang akan melihat lima kolom: Protokol, Alamat Lokal, Alamat Asing, Negara Bagian, dan PID (Process ID). Di Alamat Lokal, di sebelah kolom alamat IP Anda akan memiliki nomor port. Misalnya: 0.0.0.0:135. Di sini, 135 adalah nomor port. Di kolom bernama State, Anda akan melihat apakah port tertentu dibuka. Untuk port yang dibuka, akan tertulis LISTENING.
Ini adalah bagian pertama yang akan memberi Anda port dan ID proses. Untuk memverifikasi aplikasi mana yang menggunakannya, lanjutkan dengan langkah berikut:
Di Command Prompt, temukan PID (nomor dari kolom terakhir) untuk port tertentu. Buka Pengelola Tugas dengan menggunakan pintasan Ctrl + Shift + Esc, atau klik kanan di ruang terbuka di bilah tugas Windows Anda dan buka Pengelola Tugas. Sekarang, buka tab Detail atau Layanan. Anda akan melihat semua proses pada Windows 10 Anda. Urutkan berdasarkan kolom PID dan temukan PID milik port yang Anda coba pecahkan masalahnya. Anda dapat melihat aplikasi mana yang mengikat port di bagian Deskripsi.
NirSoft CurrPorts

Jika Anda menemukan solusi Command Prompt terlalu sulit – kami hadir dengan alternatif yang lebih sederhana. Ini adalah alat yang akan menampilkan port yang sedang Anda buka (TCP atau IP serta UDP). Anda juga dapat melihat informasi tentang proses tertentu seperti nama, jalur, info versi, dan banyak lagi.

Alat ini telah ada cukup lama dan tersedia untuk Windows 10. Anda dapat menemukan tautan unduhan di bagian bawah dari halaman ini.

Catatan: Pastikan Anda mengunduh versi yang benar: mereka memiliki versi 32x bit dan 64x bit, dan, Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini karena aplikasi ini portabel, Anda hanya perlu membuka zip dan menjalankannya.

Setelah Anda menjalankan CurrPorts, kita dapat mulai dengan langkah-langkah tentang cara melihat port yang terbuka:
Anda akan melihat daftar proses komputer Anda, urutkan berdasarkan Port Lokal agar lebih mudah mencarinya.Sekarang temukan dan pilih port Anda pemecahan masalah. Anda sekarang dapat melihat semua detail seperti Nama Proses, ID Proses, Status, dll.
Cara lain adalah dengan mengklik dua kali proses untuk melihat semua detailnya dalam satu jendela.

PortQry.exe

PortQry.exe adalah cara lain alat praktis yang memungkinkan Anda memindai port terbuka, Anda hanya perlu mengunduh dan ekstra ct alat untuk menjalankannya melalui Command Prompt.

Dengan portqry.exe, Anda akan memasukkan parameter tertentu yang Anda temukan di folder executable.
Misalnya, jika Anda menjalankan “portqry.exe -local”, ini akan menunjukkan TCP dan UDP bekas port untuk host lokal. Selain semua parameter yang dapat Anda lihat di NetStat, Portqry.exe juga menunjukkan sejumlah pemetaan port serta jumlah port di setiap negara bagian. Anda juga dapat memeriksa port yang terbuka untuk host jarak jauh. Jalankan saja perintah ini di Command Prompt: “portqry.exe -n [hostname/IP]” Pastikan untuk mengganti nama host dan IP dengan nama dan alamat IP remote host. Jika Anda ingin mencari port tertentu, Anda bisa jalankan perintah ini: “-e [port_number]”.
Tambahan FAQs
Bagaimana Saya Memeriksa apakah Port 3306 Terbuka di Windows 10?

Jika Anda membaca bagian utama artikel ini, Anda akan memiliki gagasan tentang cara memeriksa apakah port tertentu adalah “mendengarkan” – dalam hal ini, port 3306. Untuk mempermudah, berikut adalah gambaran singkatnya:

Anda memiliki tiga opsi: yang pertama adalah melalui NetStat, dan yang kedua adalah melalui CurrPorts.

Kami merekomendasikan NetStat, saat Anda menang Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak baru untuk ini:

• Jalankan Command Prompt sebagai administrator.

• Jalankan perintah ini: “netstat -ab” dan tekan enter.

• Tunggu hingga hasilnya dimuat. Nama port akan dicantumkan di sebelah alamat IP lokal.

• Cari saja nomor port yang Anda butuhkan, dalam hal ini 3306. Anda dapat menekan Ctrl + F dan ketik “3306” di kotak kata. Jika port terbuka, maka akan muncul di hasil.

Untuk memeriksa apakah port 3306 terbuka melalui CurrPorts, cukup ikuti langkah-langkah di atas dari bagian “NirSoft CurrPorts”. Pada langkah 2, cari port “3306” dari daftar. Jika port terbuka, itu akan muncul di list.

For PortQry.exe, jalankan perintah ini di Command Prompt “-e [3306]” dan tekan enter.

Configuring Open Ports in Windows 10

Mengetahui cara memeriksa apakah port tertentu terbuka atau tidak dapat berguna jika Anda memecahkan masalah koneksi jaringan program. Untungnya, ada cara mudah untuk melakukannya.

Kami menyarankan untuk menggunakan NetStat melalui Command Prompt karena sudah ada di dalamnya dan biasanya akan memberikan semua detail yang Anda butuhkan. Mungkin ada beberapa langkah tambahan yang diperlukan dibandingkan dengan CurrPorts, tetapi Anda tidak perlu mengunduh apa pun.

Cara mana yang menurut Anda paling nyaman untuk memeriksa port yang terbuka di Windows 10? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: