Cara Memeriksa Siapa yang Menghosting Situs Web

Setiap situs web di internet harus memiliki semacam host. Jika Anda ingin mengetahui siapa yang meng-hosting situs web tertentu, seharusnya tidak terlalu sulit, karena jenis informasi ini tersedia untuk umum. Anda mungkin hanya perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau alat online serupa untuk mengetahuinya.

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara mengetahui siapa yang menghosting situs web, apakah itu milik Anda atau milik orang lain. Kami juga akan menjelaskan mengapa mungkin berguna untuk mengetahui layanan hosting web mana yang digunakan situs web.

Cara Memeriksa Siapa yang Menghosting Situs Web

Sebelum menyiapkan nama domain dan mulai membangun situs web, Anda memerlukan tempat untuk menyimpan semua file, foto, kode HTML, dan jenis data lainnya. Untuk itulah layanan hosting web atau penyedia hosting.

Ada ribuan layanan hosting web untuk semua jenis bisnis. Beberapa layanan hosting situs web terpopuler saat ini adalah GoDaddy, HostGator,  BlueHost, Hostinger,  IONOS, DreamHost, WordPress, dan banyak lagi. Anda mungkin pernah mendengar beberapa di antaranya jika Anda telah memeriksa pesaing Anda, dan mencoba menemukan layanan hosting web mana yang mereka gunakan.

Pemilik situs web harus membayar biaya bulanan untuk menjaga dan menjalankan situs web mereka, yang serupa dengan membayar sewa untuk penyimpanan dalam kehidupan nyata. Sampai Anda memilih penyedia hosting, situs web Anda tidak akan tersedia secara online.

Ada banyak alasan lain mengapa Anda mungkin ingin mencari tahu siapa yang menghosting situs web tertentu. Mungkin orang lain membangun situs web Anda untuk Anda, dan Anda tidak tahu layanan hosting web mana yang mereka pilih dan siapa yang Anda bayar untuk layanan tersebut. Atau Anda mungkin telah mengambil alih perusahaan dan mewarisi situs web perusahaan dari pemilik sebelumnya. Apapun masalahnya, mencari tahu siapa yang menghosting situs web tidak terlalu rumit, dan itu bisa sangat berguna.

Jika Anda mempertimbangkan untuk membuat situs web untuk bisnis kecil Anda, atau jika Anda ingin mulai menulis blog, Anda perlu pilih layanan hosting web yang sesuai untuk Anda.

Ada berbagai situs web dan aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui siapa yang menghosting situs web. Salah satu yang paling efisien adalah HostingChecker. Ini sangat sederhana untuk digunakan. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Salin URL situs web.Buka HostingChecker.Tempel URL di bilah pencarian di bagian atas halaman.Klik tombol “Temukan Host”.
Hanya perlu satu detik untuk situs web menemukan tuan rumah. Di bawah bilah pencarian, Anda akan melihat bagian “Dihosting oleh”. Bahkan lebih banyak informasi tersedia: nama organisasi, alamat IP, nomor dan organisasi AS (sistem otonom), bahkan kota dan negara organisasi.

Situs web ini menggunakan berbagai alat untuk mengidentifikasi host web, seperti alat pencarian hosting situs web , pencarian alamat IP web hosting, alat lokasi situs web, pencarian domain, dll. Tidak hanya menemukan host web, tetapi juga dapat digunakan untuk memeriksa alamat IP, DNS, dan port. Fitur tambahan termasuk pencarian gambar terbalik dan pemeriksa IP terbalik.

Ada banyak situs web lain yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa siapa yang menghosting situs web, dan kebanyakan gratis. Pilihan bagus lainnya adalah Accu Web Hosting. Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk menemukan host situs web:
Buka situs web yang ingin Anda periksa.Salin URL (Anda juga dapat menggunakan nama domain).Buka Accu Web Hosting.Tempel URL di bilah pencarian.Klik pada tombol “Dapatkan Informasi”. Gulir ke bawah untuk melihat tab “Situs web ini dihosting oleh”.
Semua informasi tentang situs web ini akan dicantumkan di bawah. Selain penyedia hosting, beberapa informasi yang tersedia termasuk alamat IP situs web, penyedia layanan internet (ISP), lokasi kantor pusat situs web, catatan kepemilikan nama domain (catatan WHOIS), dan banyak lagi.

Jika Anda menggulir kembali ke atas, Anda akan melihat alat yang berbeda di atas bilah pencarian. Yang pertama adalah “Show Web Host,” yang dipilih secara default. Pilihan lainnya termasuk “Show DNS Records”, “Show SPF”, “Show Web Server Details”, “Show DMARC”, dan “Other Tools”.

Satu lagi situs web yang menawarkan informasi hosting web yang akurat adalah WHOis.net. Untuk menemukan siapa yang menghosting situs web tertentu, Anda mengikuti langkah yang sama seperti yang Anda lakukan dengan opsi lain yang disebutkan: salin dan tempel URL situs web ke bilah pencarian di WHOis.net. dan semua informasi yang diperlukan terkait dengan situs web itu akan muncul di bawahnya. Nama penyedia hosting akan dicantumkan di entri “Server Nama”.

Anda juga dapat menggunakan situs web ini untuk melihat apakah nama domain tertentu sudah digunakan. Jika itu masalahnya, mereka akan menawarkan beberapa saran yang mirip dengan apa yang ingin Anda gunakan.

Host Dengan Paling

Setiap situs web membutuhkan layanan hosting web bahkan untuk tersedia secara online. Karena ini adalah informasi publik, Anda benar-benar dapat mengetahui siapa yang menghosting situs web apa pun di internet, bahkan situs Anda sendiri. Untungnya, ada banyak situs web dan aplikasi pihak ketiga yang akan memberi Anda jenis informasi ini secara gratis.

Pernahkah Anda bertanya-tanya layanan hosting web apa yang digunakan situs web? Apakah Anda mencoba untuk memeriksa siapa itu? Bagaimana kamu melakukannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: