Cara Memotong Gambar di GIMP

Terkadang, bahkan foto yang paling sempurna pun tidak dimulai seperti itu. Sebuah gambar mungkin memiliki ruang, objek, atau orang yang tidak diinginkan di dalamnya. Ruang atau objek tidak selalu buruk, tetapi dapat menghilangkan fokus gambar Anda. Lagi pula, gambar adalah kenangan saat-saat indah – mengapa Anda harus membiarkan pengebom foto yang tidak diinginkan merusaknya?

Dalam kasus seperti itu, alat pemotong gambar dapat menyelamatkan gambar indah yang dirusak oleh objek latar belakang yang tidak sedap dipandang. Memotong gambar untuk menangkap kembali fokus pemirsa adalah alat penting dalam gudang pengeditan Anda, dan ada berbagai cara untuk melakukannya, termasuk alat seperti GIMP.

Artikel ini akan memandu Anda melalui proses pemotongan gambar menggunakan GIMP dan garis besar langkah-langkah untuk memotong gambar Anda dalam berbagai cara, mulai dari mengubah ukuran hingga memotong bentuk gambar yang tidak beraturan.

Di Mana Alat Pangkasnya?

Seperti kebanyakan aplikasi pengeditan gambar, alat potong GIMP ada di kotak alat aplikasi. Jika Anda ingin memotong gambar Anda menggunakan GIMP, Anda dapat menemukan alat potong dengan langkah-langkah di bawah ini:
Buka aplikasi GIMP. Temukan “Kotak Alat.” Itu harus ditampilkan di sisi kanan atau kiri layar. Temukan ikon “Pisau Kertas” untuk memotong gambar Anda.
Jika Anda menemukan ikon yang kurang intuitif, Anda juga dapat menemukan alat potong dengan metode lain seperti diuraikan di bawah ini:
Klik pada “Alat” di jendela gambar. Pilih “Alat Transformasi.” Temukan tombol “Pangkas”.
Cara Memotong Gambar

Jika Anda telah mengambil gambar yang memukau, tetapi objek di latar belakang merusak fokus gambar Anda, potonglah adalah opsi untuk menyimpan foto Anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mulai menggunakan GIMP:
Luncurkan GIMP di komputer desktop Anda.Klik “Alat” di jendela gambar. Pilih “Alat Transformasi” dari daftar tarik-turun.Klik pada “Alat” tombol Pangkas”. Tombol ini mengaktifkan kursor untuk menguraikan area pemotongan di atas gambar. Tekan tombol kiri mouse dan gambar melintasi gambar yang ingin Anda potong. Dialog baru akan muncul. Pilih “Tetap” untuk rasio aspek tertentu. Sesuaikan “Posisi, ” yang menentukan kemiringan gambar.Klik dua kali di dalam persegi panjang.
Crop, dukung dan jatuhkan cerita Instagram atau umpan posting Facebook Anda dengan menggunakan alat pemangkasan GIMP.

Ingat bahwa saat Anda mengeklik dan menyeret gambar melalui area yang berbeda, kursor akan mengubah. Ini sangat normal dan hanya menandakan kapan dan di mana aplikasi akan mengubah dimensi gambar. Anda dapat memeriksa dimensi dan rasio saat Anda menyeret gambar melalui kotak dialog.

Jika tidak, Anda dapat mengatur rasio aspek yang disesuaikan di Langkah 7, termasuk 1:1 untuk kotak dan 6:9 untuk lanskap. Dalam kebanyakan kasus, Anda mungkin akan menjaga rasio aspek “tetap” agar sesuai dengan gambar aslinya. Namun, ini adalah opsi yang bagus jika Anda perlu memotong gambar untuk avatar, gambar profil, dan blog.

Cara Memotong Gambar ke Ukuran Tertentu

Terkadang Anda perlu memotong gambar ke ukuran tertentu. Mengubah ukuran mungkin tidak dapat dilakukan dengan alat potong sederhana. Namun, GIMP memudahkan untuk mengubah ukuran gambar ke ukuran tertentu – ukuran apa pun.

Berikut cara memulai:
Luncurkan GIMP di desktop Anda.Klik “File.” Buka “Buka” dan pilih gambar yang ingin Anda potong. Pilih “Gambar.” Pilih “Skala Gambar.” Sebuah jendela baru akan muncul. Di bawah “Ukuran Gambar,” masukkan “Lebar” dan “Tinggi” yang Anda inginkan.Masukkan “Resolusi” yang Anda inginkan.Klik “Skala.”
Anda dapat mengubah lanskap sederhana menjadi gambar sampul Facebook atau potret sederhana ke Instagram posting menggunakan alat penskalaan GIMP.

Cara Memotong Bentuk Gambar Tidak Beraturan di GIMP

Jika Anda ingin memotong bentuk gambar yang unik atau tidak beraturan untuk menggambarkan kreativitas dan keterampilan berseni Anda, GIMP menawarkan alat yang fantastis untuk memotong bentuk gambar yang tidak beraturan. Untuk memulai, yang perlu Anda lakukan adalah:
Buka gambar yang ingin Anda potong. Buka “Toolbox.” Klik “Paths.” Gambar bebas di sekitar gambar yang ingin Anda potong. Tekan “Enter.” Buka “Menu ” dan klik “Edit.” Pilih “Salin” dan buka “Menu” lagi. Pilih “Edit.” Pilih “Tempel sebagai” dan tempel pilihan sebagai “Gambar Baru.”
Anda dapat mulai menambahkan bentuk tidak beraturan ke portofolio seni Anda dan perkuat halaman Instagram Anda dengan seni bentuk surealis.

Potong untuk Membuat Gambar Anda Pop

Memotong gambar memungkinkan Anda mempertahankan fokus pemirsa. Ini menghilangkan objek dan detail yang tidak perlu yang akan membagi perhatian pemirsa. Anda juga dapat menskalakan dan mengubah ukuran gambar agar sesuai dengan ukuran khusus. Mengubah ukuran sangat berguna saat Anda perlu mengubah gambar persegi menjadi gambar lanskap. Secara keseluruhan, GIMP adalah alat pengeditan grafis yang mudah yang dapat membuat gambar Anda terpotong dan muncul.

Seberapa sering Anda memotong gambar? Apakah Anda memotong bentuk tidak beraturan menggunakan fitur pangkas? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: