Cara Memperbaiki Data Rusak di PS4

Data yang rusak di Sony PlayStation 4 Anda terdengar seperti hal yang sangat buruk, tetapi sebenarnya cukup mudah untuk diperbaiki. Jadi, jika Anda mendapatkan pesan kesalahan ‘Data terkorupsi’, Anda tidak perlu khawatir.

File dapat mengalami malfungsi dalam banyak hal. Terkadang instalasi mungkin tidak lengkap, atau proses lain dapat mengganggunya. Jika Anda memiliki disk game yang rusak, itu mungkin tidak akan menginstal game dengan benar. Di lain waktu, menyimpan ke file dapat mengalami masalah dan merusak seluruh file game.

Biasanya, data yang rusak hanya memengaruhi game atau aplikasi terkait. Oleh karena itu, menginstal ulang mereka harus memperbaiki masalah. Namun, ada kasus yang jarang terjadi di mana beberapa data penting rusak. Ini lebih terlibat jika itu masalahnya.

Artikel ini membahas beberapa cara untuk memperbaiki masalah ‘Data yang rusak’.

Menemukan dan Menghapus File Game PS4 yang Rusak Secara Manual

Ketika Anda mendapatkan layar kesalahan data yang rusak untuk data game yang disimpan atau ketika ikon game muncul dengan ikon zigzag ke bawah, sistem mengidentifikasinya sebagai rusak dan menyimpan file dalam folder terpisah. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat menemukan file dan menghapusnya secara manual. Begini caranya.
Masuk ke “Pengaturan.” Temukan menu “Manajemen Penyimpanan Sistem” dan buka “Data Tersimpan.” Buka folder “Pemutar Media”. Di folder tersebut, Anda akan melihat file “data rusak” .Tekan tombol “Opsi”. Pilih “Hapus” untuk menghapus file yang rusak dari drive Anda.
Ketika Anda membuka kembali “Pemutar media”, file yang rusak seharusnya tidak muncul lagi. Jika file berasal dari video game, coba instal ulang.

Hapus File yang Diunduh Secara Manual

Jika file rusak saat sedang diunduh, file tersebut akan muncul di folder Unduhan sebagai ikon kotak rusak berwarna abu-abu.

Untuk memperbaikinya, Anda perlu :
Buka menu ‘Notifikasi’ di layar beranda.Tekan tombol ‘Opsi’ dan pilih Unduhan.Temukan file yang rusak.Tekan ‘Opsi’ lagi.Hapus file.
Setelah Anda melakukannya, coba unduh file lagi.

Buat ulang file PS4 Database

Jika masalah di atas tidak terjadi, Anda dapat mencoba proses ‘Rebuild database’. Ini akan memindai seluruh sistem PS4 Anda untuk mencari bug, gangguan, dan apa pun yang tidak berfungsi dengan benar. Itu tidak akan menghapus apa pun dari drive Anda tetapi akan mencoba untuk memperbaiki file yang rusak.

Untuk memulai proses ini:
Matikan PS4 Anda.Hubungkan pengontrol ke PS4 melalui port USB. (Pengontrol Bluetooth tidak berfungsi dalam mode aman.) Tahan tombol daya. Seharusnya berbunyi bip dua kali sebelum Anda melepaskannya. PS4 akan memasuki mode aman. Pilih opsi ‘Bangun Ulang Database’. Biasanya, ini adalah opsi ke-5 di menu mode aman. Tunggu hingga proses selesai. Nyalakan konsol Anda dan periksa apakah data yang rusak masih ada.
Untuk Masalah Utama – Inisialisasi PS4

Jika metode di atas tidak menyingkirkan yang rusak file, atau jika file terus muncul, Anda mungkin harus menghapus semua data Anda dan mulai dari awal.

Ikuti langkah 1-5 dari bagian sebelumnya untuk masuk ke mode aman. Alih-alih memilih ‘Rebuild database’, Anda harus memilih ‘Initialize PS4’. Itu harus tepat di bawahnya.

Metode ini akan menghapus semua yang ditambahkan pengguna dan mengembalikan PS4 kembali ke pengaturan default. Pastikan untuk mencadangkan semua file yang relevan untuk menghindari kehilangan data. Setelah selesai, semua file yang rusak dan tidak berfungsi akan hilang dari drive Anda.

Masih Memiliki Masalah dengan Data yang Rusak?

Jika Anda telah melalui semua metode di atas dan masih menemukan data yang rusak sepanjang waktu, masalahnya mungkin bukan di sistem .

Biasanya, ini berarti disk game mungkin rusak dan Anda mungkin harus mendapatkan yang baru. Mungkin saja hard drive Anda yang harus disalahkan. Ada dua skenario potensial:

Hard Drive Kehabisan Ruang

Hard drive internal PS4 mungkin tidak cukup besar untuk Anda gunakan. Dalam situasi itu, Anda akan mengalami masalah dengan pembaruan, menyimpan game, dan menginstal aplikasi baru. Terkadang sistem tidak dapat mengatasi masalah ini dengan sendirinya dan file akan rusak dalam prosesnya.

Jika HDD Anda hampir penuh, Anda harus mempertimbangkan untuk mengosongkan beberapa ruang atau meningkatkan ke disk yang lebih besar.

Hard Disk Rusak

Anda HDD PS4 terkadang memiliki bad sector yang lolos dari ‘Rebuild database’, yang mungkin harus Anda coba lagi. Tergantung pada jumlah dan penyebaran sektor buruk, ini mungkin atau mungkin tidak mengakibatkan data sering rusak. Anda dapat menggunakannya atau mengganti hard disk.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: