Cara Memperbaiki iPhone yang Tidak Mengirim Pesan Teks SMS

Layanan pesan teks SMS
iPhone biasanya sangat andal. Setelah pesan terkirim Anda tiba di ujung yang lain, Anda biasanya akan melihat pemberitahuan “Terkirim” di bawahnya.

Namun, ada kalanya Anda akan melihat tanda seru besar dan pesan merah “Tidak Terkirim” ditampilkan. Yang berarti ada masalah di pihak penerima atau Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda mencari tahu mengapa pesan SMS Anda tidak terkirim, dan semoga komunikasi Anda lancar kembali.

SMS Tidak Terkirim ke Satu Orang Tertentu

Ada adalah beberapa kemungkinan alasan mengapa Anda tidak dapat mengirim SMS ke nomor tertentu. Ponsel mereka mungkin tidak memiliki sinyal, bisa dimatikan atau ada masalah dengan ponsel Anda. Mari kita periksa beberapa dasar sebelum mempertimbangkan penyebab yang lebih spesifik.

Setelah Anda mencoba salah satu tips kami, kirim ulang pesan untuk melihat apakah kali ini berhasil.

Tips 1: Periksa Anda Memiliki Nomor yang Benar

Pernahkah Anda berhasil sebelumnya di SMS nomor itu? Apakah penerima masih menggunakannya? Jika mereka mengubah nomor dan lupa menonaktifkan iMessage, nomor lama mereka sekarang tidak aktif, dan Anda akan menerima pesan “Tidak Terkirim” setiap kali Anda mengirim SMS.

Jika Anda memiliki metode lain untuk menghubungi mereka, misalnya melalui email, gunakan itu untuk memverifikasi bahwa nomor yang Anda miliki benar, atau mungkin periksa dengan teman bersama.

Tip 2: Tutup dan Mulai Ulang Pesan

Memaksa aplikasi untuk menutup kemudian meluncurkannya kembali dapat menyelesaikan bug, konflik, atau masalah terkait memori. Masalah seperti ini akan menyebabkan aplikasi seperti Pesan melakukan hal-hal aneh. Coba mulai ulang aplikasi Pesan dengan menutupnya, lalu luncurkan kembali.

Tips 3: Mulai Ulang Ponsel Anda

Selain menyelesaikan masalah aplikasi, memulai ulang ponsel Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai, mempertahankan memori, dan membantu ponsel Anda berjalan lebih lancar. Ini mungkin tidak memperbaiki masalah khusus ini, tetapi patut dicoba sebelum mempelajari opsi yang lebih tepat.

Tip 4: Hapus dan Buat Pesan Baru

Jika Anda telah berhasil berkomunikasi melalui SMS, terkadang menghapus utas pesan dan memulai yang baru adalah cukup untuk menyelesaikan masalah. Untuk melakukannya:
Buka Pesan. Buka utas pesan dan geser ke kiri. Ketuk “Hapus.” Pilih ikon pesan baru untuk membuat utas baru lalu coba kirim lagi ke penerima.
Tip 5: Periksa Apakah Masalahnya Ada Pada Apple

Bisa jadi masalahnya tidak ada hubungannya dengan iPhone Anda dan penyebabnya adalah dengan apel. Periksa halaman status sistem Apple untuk mengonfirmasi. Di sana Anda dapat melihat apakah ada masalah dengan layanan iMessage mereka. Jika ada, mereka pasti akan melakukan semua yang mereka bisa untuk mengaktifkan dan menjalankannya dengan cepat, jadi terus periksa statusnya.

Penerima Mungkin Telah Memblokir Anda

Apakah mungkin nomor Anda telah diblokir? Apple tidak memberi tahu orang setelah mereka diblokir di ponsel orang lain, jadi Anda harus mencari tahu sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi dan apa artinya:
Jika Anda menelepon dan berdering sekali lalu masuk ke pesan suara, bisa jadi mereka sedang menelepon, tidak ada penerimaan, atau telepon mereka dimatikan. Coba telepon lagi lain kali dan lihat apa yang terjadi. Jika Anda terus dikirim ke pesan suara, coba telepon dari nomor lain. Jika telepon mereka berdering beberapa kali kemudian masuk ke pesan suara, nomor Anda mungkin diblokir. Jika Anda menerima pesan standar yang terputus, itu jelas masalahnya. Coba minta kontak bersama untuk nomor baru penerima yang dituju.
Periksa pesan pemberitahuan pengiriman:
Jika “Terkirim” atau “Baca” tidak ditampilkan di bawah pesan yang Anda kirim, ponsel mereka mungkin tidak berfungsi, tidak ada Wi-Fi , dimatikan, atau nomor Anda mungkin diblokir. Jika Anda sudah mencoba beberapa kali, coba lagi setelah beberapa jam dan lihat apa yang terjadi.
SMS Tidak Mengirim ke Pesan Grup

Dengan asumsi Anda dapat mengirim pesan SMS ke kontak lain, ada beberapa hal yang dapat Anda periksa untuk memecahkan masalah. Misalnya, Anda mungkin perlu mengaktifkan “Pesan Grup” atau mengosongkan sebagian ruang penyimpanan di perangkat Anda. Berikut adalah beberapa tip pemecahan masalah untuk dicoba dari iPhone Anda.

Setelah Anda mencoba tip, kirim ulang pesan untuk melihat apakah sekarang berhasil.

Tips 1: Pastikan Grup SMS Diaktifkan

Jika ini pertama kalinya Anda mengirim teks ke grup SMS, Anda harus mengaktifkan pengaturan “Pesan Grup” untuk dapat melakukannya. Begini caranya:
Buka “Pengaturan.” Pilih “Pesan” untuk mengakses layar pengaturan. Pada opsi “Pesan Grup”, ketuk sakelar untuk mengaktifkan fitur.
Tip 2: Pastikan iPhone Anda Memiliki Ruang Penyimpanan yang Cukup

Jika ruang penyimpanan di ponsel Anda hampir habis, Anda mungkin akan mengalami masalah dalam mengirim dan menerima teks grup. Anda dapat memeriksa situasi ruang penyimpanan Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini:
Buka “Pengaturan.” Ketuk “Umum” lalu “Penyimpanan & Penggunaan iCloud.” Layar ini menampilkan berapa banyak ruang memori yang tersisa dari ponsel Anda. Jika Anda ingin melihat aplikasi mana yang digunakan ruang paling banyak, ketuk “Kelola Penyimpanan.” Setelah Anda menghapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan, kembali ke “Penyimpanan & Penggunaan iCloud” untuk melihat berapa banyak ruang yang telah Anda kosongkan.
Tip 3: Tutup dan Mulai Ulang Pesan

Menutup aplikasi Pesan kemudian meluncurkannya kembali dapat memperbaiki konflik, bug, atau masalah memori. Masalah seperti ini akan menyebabkan aplikasi berhenti bekerja seperti yang diharapkan. Coba mulai ulang Pesan dengan menutupnya lalu luncurkan kembali.

Tips 4: Mulai Ulang Ponsel Anda

Selain memperbaiki masalah aplikasi, memulai ulang ponsel membantu memperpanjang masa pakai baterai, menghemat memori ponsel, dan, secara keseluruhan, membantu ponsel berjalan lebih lancar. Melakukan ini mungkin tidak memperbaiki masalah khusus ini tetapi patut dicoba.

Tip 5: Hapus dan Buat Pesan Baru

Jika Anda pernah berhasil mengirim SMS ke grup ini sebelumnya, coba hapus utas pesan dan coba lagi. Berikut cara melakukannya:
Luncurkan aplikasi Pesan.Buka utas pesan grup dan geser ke kiri di atasnya.Ketuk “Hapus.”Ketuk ikon pesan untuk membuat utas baru lalu coba kirim ke grup lagi.
Akhirnya Mendapatkan Anda Pesan Lintas

Komunikasi melalui pesan teks cepat, nyaman, dan sebagian besar dapat diandalkan. Namun, meskipun media ini sudah ada sejak awal 1990-an, ada kalanya pengiriman tidak berhasil. Penyebab yang dapat mengembalikan pesan “Tidak Terkirim” yang ditakuti dapat mencakup telepon penerima yang tidak tersedia untuk layanan yang sebenarnya tidak tersedia.

Ketika mengalami masalah mengirim pesan SMS ke seseorang, periksa apakah nomornya benar dan Anda belum diblokir. Saat mengirim ke grup, pastikan Anda mengaktifkan opsi “Pesan Grup”, dan memori penyimpanan yang cukup.

Apa yang membuat Anda memutuskan untuk membeli iPhone? Apa saja hal yang Anda suka/tidak suka tentangnya?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: