Cara Memperbaiki Kabel Pengisi Daya yang Tidak Dapat Mengisi Daya Lagi

Device Links
AndroidiPhoneDevice Missing?
Anda mungkin kehilangan hitungan jumlah kabel pengisi daya yang rusak selama bertahun-tahun. Tampaknya dirancang untuk menjadi setipis dan rapuh mungkin, kabel ini memiliki kebiasaan putus dengan penggunaan yang lama. Sayangnya, sepertinya tidak masalah apakah Anda pengguna iPhone dan Android. Apa pun mereknya, kabel pengisi daya yang Anda terima dengan produk Anda sepertinya tidak tahan lama.

Kabel pengisi daya cenderung mudah putus karena sambungan antara kepala pengisi daya dan kabel sering kali lemah. Terlebih lagi, banyak orang tanpa sadar menyalahgunakan pengisi daya mereka, menyebabkan retakan dan putus yang mencegah kabel mengisi daya lagi.

Kabar baiknya adalah Anda mungkin dapat memperbaiki kabel pengisi daya. Artikel ini membahas beberapa teknik yang mungkin dapat Anda gunakan.

Cara Memperbaiki Pengisi Daya iPhone Rusak

Mengganti kabel pengisi daya iPhone Anda dengan Kabel Lightning bermerek resmi lainnya adalah upaya yang mahal. Dengan memperbaiki kabel, Anda memiliki kesempatan untuk menghemat beberapa dolar sambil memperpanjang umur produk Anda.

Sebelum berfokus pada memperbaiki kabel, Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah kabel itu sendiri yang bermasalah. Terkadang, masalah pengisian daya dapat muncul karena masalah yang tidak ada hubungannya dengan kabel yang Anda gunakan. Sebelum menerapkan perbaikan, ikuti langkah-langkah berikut:
Periksa stopkontak Anda dengan mencolokkan sesuatu yang lain ke dalamnya. Jika perangkat atau pengisi daya baru tidak menerima daya, Anda mungkin telah memutuskan sekring yang memengaruhi steker. Mengganti sekring dan menyetel ulang pemutus daya Anda adalah solusi dalam situasi ini. Mungkin ada masalah dengan perangkat Apple Anda. Jika Anda memiliki perangkat Apple lain yang berguna, coba gunakan kabel di atasnya. Jika perangkat kedua mulai mengisi daya, perangkat pertama Anda mengalami masalah yang mungkin perlu diperbaiki oleh seorang profesional. Jika Anda menggunakan adaptor untuk kabel, coba sambungkan kabel lain ke sana. Jika kabel itu juga tidak berfungsi, adaptor mungkin menjadi masalah. Periksa apakah pengisi daya kompatibel dengan perangkat Anda. Periksa port pengisian daya perangkat Anda untuk tanda-tanda penyumbatan, seperti bulu dari saku Anda. Gunakan pinset untuk menghilangkan penyumbatan, jika memungkinkan.
Dengan asumsi bahwa Anda telah menyelesaikan langkah-langkah ini dan tidak menemukan masalah dengan perangkat lain, Anda dapat mengalihkan fokus ke kabel iPhone.

Ada beberapa cara untuk mencoba memperbaiki kabel .

Yang pertama melibatkan penggunaan pita listrik. Periksa kabel apakah ada tanda-tanda retak atau pecah, terutama di sekitar titik sambungan antara kabel dan port pengisi dayanya. Setelah ditemukan, Anda dapat membungkus pita listrik di sekitar split untuk mengikatnya kembali. Terkadang, ini cukup untuk memperbaiki sambungan, sehingga kabel berfungsi kembali.

Jika Anda menginginkan solusi yang lebih permanen, Anda memiliki dua opsi:
Gunakan tabung panas menyusut dan senapan panas.Perbaiki kabel menggunakan besi solder.
Metode 1 – Menggunakan Heat Shrink Tube dan Heat Gun

Metode ini melibatkan pembelian kedua heat shrink tubing dan heat gun. Berikut langkah-langkah untuk caranya:
Beli beberapa tabung heat shrink yang memiliki perbandingan 3:1. Tabung dengan rasio 2:1 biasanya lebih murah. Namun, mereka juga tidak cukup kuat untuk pengisi daya iPhone biasa. Beli senapan panas. Usahakan untuk memilih yang ringkas dan mudah dipegang karena presisi adalah kunci saat mengerjakan kabel iPhone.Gunakan gunting untuk memotong tabung heat shrink Anda dengan panjang yang sesuai. Tabung harus menutupi sebagian kecil kepala pengisi daya untuk memastikan sambungan yang kuat. Namun, itu tidak boleh menutupi seluruh kepala karena ini dapat menyebabkan ketidakamanan. Tabung juga harus menutupi celah di kabel dengan ruang kosong. Menggunakan tang untuk menahan tabung panas menyusut di tempatnya, gunakan panas menggunakan senapan panas Anda. Pertahankan pengaturan rendah dan putar kabel sehingga tabung menyusut secara merata. Lanjutkan menyusut sampai Anda memiliki seragam, kencangkan pas di sekitar kedua kepala pengisi daya kabelnya. Biarkan dingin dan atur selama beberapa menit.
Dalam banyak kasus, metode ini akan perbaiki sambungan yang rusak mirip dengan solusi pita listrik. Namun, ini juga memperkuat titik di mana kabel terlemah, yang membuatnya lebih tahan lama.

Metode 2 – Gunakan Besi Solder untuk Memperbaiki Kabel

Jika sambungan antara kepala pengisi daya dan kabel tidak bermasalah, Anda mungkin memiliki kabel yang rusak di dalamnya. kabel. Biasanya, ini adalah masalah yang akan menyebabkan pembelian pengganti. Namun, Anda mungkin dapat memperbaiki masalah ini jika Anda dapat menggunakan besi solder.

Untuk mengikuti metode ini, Anda memerlukan alat berikut:
A alat pemotongSetrika solderKawat solderA lem gun
Dengan asumsi Anda memiliki alat yang diperlukan, lakukan hal berikut:
Dengan lembut gunakan alat pemotong Anda untuk memotong casing kepala pengisi daya menjadi dua. Iris secara horizontal di tengah kepala sambil memastikan Anda tidak memotong terlalu dalam sehingga Anda mengiris kabel di dalam casing kepala pengisi daya. Luangkan waktu Anda dengan proses ini untuk memastikan Anda tidak menyebabkan kerusakan tambahan pada kabel. Tarik kedua bagian kepala pengisi daya dari satu sama lain untuk mengekspos kabel di dalamnya. Sekali lagi, lakukan ini dengan lembut, sehingga Anda tidak merusak kabel atau menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada kepala pengisi daya. Perhatikan urutan kabel. Dari kiri ke kanan, kabel harus berwarna merah, putih, hijau, dan hitam. Kabel merah dan hitam mengirimkan daya, dengan putih dan hijau bertanggung jawab untuk data. Jika salah satu kabel ini terlepas atau terbelah dari bundel kabel di dalam kepala pengisi daya, Anda dapat menggunakan besi solder Anda. Panaskan setrika dan gunakan, bersama dengan kawat solder Anda, untuk memperbaiki sambungan antara kabel yang putus.Gunakan pistol lem untuk mengisolasi kabel, sehingga tidak saling bersentuhan.Lampirkan kedua bagian kepala kabel menjadi satu. Anda dapat menggunakan pita listrik, pistol lem, atau metode tabung panas menyusut yang disebutkan sebelumnya.
Teknik ini membutuhkan tingkat keahlian tertentu dengan besi solder. Ini juga tidak akan berfungsi jika kabel internal yang rusak bukan masalah yang menyebabkan kabel pengisian daya Anda berhenti bekerja.

Cara Memperbaiki Pengisi Daya Android yang Rusak

Meskipun kabel pengisian daya Android lebih umum daripada Kabel Lightning Apple, mereka beroperasi dengan cara yang sama. Dengan demikian, beberapa perbaikan yang dijelaskan di atas juga akan berfungsi untuk kabel Android. Misalnya, solusi pita listrik dan tabung panas menyusut sama efektifnya untuk kabel Android. Dalam kedua kasus tersebut, Anda menggunakan solusi untuk memperkuat koneksi antar kabel sambil memperbaiki kabel yang terbelah.

Demikian pula, metode penyolderan yang dijelaskan untuk pengisi daya Apple juga dapat berfungsi untuk pengisi daya Android. Namun, perbedaan utama di sini berkaitan dengan warna kabel internal kabel.

Dengan kabel resmi Apple, kabel akan selalu berwarna merah, putih, hijau, dan hitam. Namun, pengisi daya Android mungkin tidak mengikuti pola ini, terutama jika Anda menggunakan pengisi daya pihak ketiga. Ini berarti perhatian ekstra harus dilakukan untuk memastikan Anda menyambungkan kabel yang benar saat menyolder.

Selesaikan Fix

Apakah Anda memperbaiki kabel pengisi daya atau tidak, tergantung pada tingkat pekerjaan yang harus Anda lakukan. Jika Anda dapat memperbaiki kabel menggunakan pita listrik atau pipa pendingin, Anda akan mendapatkan perbaikan yang murah dan tepat waktu yang dapat memperpanjang umur kabel hingga beberapa bulan.

Metode penyolderan menawarkan perbaikan yang lebih permanen. Namun, Anda harus memiliki beberapa alat, selain memiliki keahlian menyolder yang diperlukan untuk menyambungkan kembali kabel tipis di dalam kabel pengisi daya dengan hati-hati. Anda mungkin menemukan bahwa solusi ini terlalu padat karya, mengarahkan Anda pada keputusan untuk membeli kabel baru.

Pada akhirnya, pilihan ada di tangan Anda.

Jadi, apakah Anda akan mencoba memperbaiki kabel pengisi daya perangkat yang rusak? Atau, apakah Anda hanya menggantinya dan membuang yang lama? Apakah salah satu dari solusi ini cukup membuat Anda tertarik untuk mencobanya? Mungkin Anda bahkan memiliki solusi sendiri yang belum kami bahas di sini. Apa pun masalahnya, beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: