Cara Memperbaiki Komputer yang Restart Secara Acak

Jika Anda adalah pengguna PC atau laptop biasa, mungkin tidak ada yang mengganggu seperti perangkat Anda restart sendiri secara berkala. Ini tidak hanya tidak menyenangkan, tetapi juga menyebabkan Anda kehilangan pekerjaan penting yang sedang berlangsung.

Jika Anda mengalami masalah dengan komputer Anda yang memulai ulang secara acak dan menginginkan jawaban, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan membagikan tips untuk menyelesaikan masalah di Windows 10, 7, dan Mac. Pelajari cara mendapatkan kembali kendali atas perangkat Anda dengan mudah.

PC Windows 10 Memulai Ulang Secara Acak

Jika Windows 10 Anda reboot segera setelah Anda membuka program, jangan khawatir. Banyak pengguna mengalami masalah yang sama. Di bawah ini adalah perbaikan paling umum untuk masalah memulai ulang Windows 10 secara acak. Periksa apakah ini masalahnya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Masukkan “This PC/My Computer/computer” ke dalam kotak pencarian di sebelah “Start.” Klik kanan pada hasilnya. Buka “Properties.” Arahkan ke “Advanced System Settings,” lalu “Settings….” Hapus centang pada fitur “Automatically Restart” dan tekan “OK.”
Anda sekarang telah menonaktifkan fitur yang membuat komputer Anda restart secara acak. Lanjutkan bekerja pada PC Anda untuk melihat apakah masalah telah terpecahkan.

Nonaktifkan Pembaruan Driver Otomatis

Mungkin ada pembaruan driver otomatis yang mengharuskan PC Anda untuk restart setiap saat. Jika Anda yakin driver Anda terinstal dengan benar, Anda dapat menonaktifkan fitur pembaruan driver otomatis.
Arahkan ke Bilah Pencarian Windows dan masuk ke “Pengaturan Lanjutan.” Pilih “Lihat Pengaturan Lanjutan” dari hasil. Arahkan ke “Perangkat Keras,” lalu “Pengaturan Instalasi Perangkat.” Centang “Tidak (perangkat Anda mungkin tidak berfungsi seperti yang diharapkan)” dan pilih “Simpan Perubahan.”
Tweak Pengaturan Daya

Alasan lain komputer Anda mungkin memulai ulang adalah karena pengaturan daya tidak dikonfigurasi dengan benar. Berikut cara mengonfigurasi ulang pengaturan untuk semoga menyelesaikan masalah:
Masukkan “Opsi Daya” di kotak pencarian di Windows 10 Anda. Pilih “Edit Paket Daya” atau item serupa di pengaturan daya. Pilih “Ubah pengaturan daya lanjutan.” Tetap aktif bagian “Seimbang” dan klik “Manajemen daya prosesor.” Pilih “Status prosesor minimum” dan atur ke 5% atau bahkan 0%. Klik “Terapkan,” lalu “OK.”
Jika komputer Anda terus restart setelah mengedit opsi daya, lanjutkan ke bagian berikutnya.

Update BIOS

AndaMemperbarui BIOS adalah cara lain untuk mengatasi gangguan Windows acak. Cukup navigasikan ke situs web produsen motherboard Anda dan dapatkan versi BIOS terbaru. Sangat penting untuk memeriksa manual motherboard, sehingga Anda mendapatkan versi yang tepat. Jika tidak, Anda berisiko merusak komputer Anda. Jika Anda tidak yakin tentang BIOS mana yang Anda butuhkan, yang terbaik adalah menghubungi profesional.

Periksa Overheating

Jika PC Anda terlalu panas, hal itu dapat menyebabkan restart sesekali. Anda dapat memeriksa suhu komputer Anda dengan mengakses BIOS atau dengan perangkat lunak pihak ketiga. Selain itu, perangkat Anda mungkin memerlukan pembersihan udara atau debu bertekanan untuk membersihkan ventilasi atau celah lain dari kotoran.

Periksa Komputer Anda untuk Masalah Perangkat Keras

Jika tidak ada saran di atas yang berfungsi, masalah perangkat keras mungkin membuat Anda memulai ulang secara acak. Periksa CPU (central processing unit) atau catu daya dan pastikan semuanya dalam keadaan sempurna. Jika laptop atau PC Anda masih dalam garansi, periksalah di bengkel lokal Anda. Komputer

Mac Terus Memulai Ulang Secara acak

Komputer Mac dikenal tahan terhadap banyak masalah umum untuk OS Windows. Namun, mereka tidak sempurna. Jika Anda mengalami masalah boot ulang dengan Mac Anda, coba saran di bawah ini.

Periksa Perangkat Lunak Anda

Pastikan Anda menginstal semua pembaruan perangkat lunak di Mac Anda. Jika sistem operasi menunjukkan aplikasi yang menyebabkan restart, Anda mungkin melihat pemberitahuan yang menyarankan untuk memindahkannya ke “Sampah.” Lakukan dan lihat apakah masalah telah diperbaiki.

Selain itu, Anda dapat mengisolasi penyebabnya dengan menjalankan Mac dalam mode aman.

Akhirnya, Anda dapat menginstal ulang macOS. Jika masalah tidak teratasi, periksa perangkat keras seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Periksa Perangkat Keras Mac

Anda ingin memulai dengan memeriksa perangkat periferal Anda. Jika Anda tidak memilikinya, lewati langkah-langkah di bawah ini dan lanjutkan ke bagian berikutnya.
Matikan Mac Anda.Putuskan sambungan semua printer, hard drive, dan perangkat lain. Untuk pengguna Mac desktop, biarkan keyboard, layar, dan mouse tetap terhubung.Nyalakan Mac.Periksa apakah perangkat terus memulai ulang.Jika ya, periksa RAM internal dan perangkat keras pihak ketiga dari bagian di bawah.Jika tidak , sambungkan kembali setiap perangkat periferal hingga Anda mengetahui penyebabnya.Periksa RAM dan Perangkat Keras Pihak Ketiga
Beberapa model Mac dilengkapi dengan RAM yang dapat dilepas. Mungkin SSD yang baru saja Anda pasang tidak kompatibel dengan sistem Anda, atau tidak terpasang dengan benar. Hapus jika memungkinkan dan jalankan tes dengan disk atau memori asli.

Jika tidak ada langkah di atas yang membantu, hubungi Dukungan Apple.

Komputer Windows 7 Memulai Ulang Secara Acak

Apakah Windows 7 Anda gagal setiap kali Anda membuka program tertentu atau cukup menelusuri web? Coba saran di bawah ini untuk memperbaiki masalah.

Matikan Fitur Restart Otomatis
Navigasi ke “Mulai,” lalu “Komputer.” Klik kanan pada “Properti” dan pindah ke “Pengaturan Sistem Lanjut.” Klik “Pengaturan” di “Startup dan Pemulihan”. Hapus centang pada kotak di sebelah “Mulai ulang secara otomatis” di bawah “Kegagalan sistem.” Pilih “OK” dan lanjutkan dengan menggunakan komputer secara normal.
Jika masalah muncul kembali, lanjutkan dengan saran di bawah ini.

Periksa Masalah RAM

Jika ada masalah dengan RAM Anda, ini dapat menyebabkan restart acak PC Anda. Gunakan MemTest86 atau lakukan tes pembandingan untuk mengetahui apakah RAM yang menyebabkan masalah.

Untuk menggunakan MemTest86, cukup unduh di komputer Anda, dan aplikasi akan berjalan secara otomatis. Jalankan enam atau tujuh pemindaian untuk hasil yang akurat. Hasil merah berarti RAM rusak.

Jalankan tes benchmark dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka Performance Monitor Anda dengan menekan “Windows Key + R” dan ketikkan “perfmon /report.” Tunggu selama 60 detik hingga sistem mengumpulkan data.
The hasilnya akan terlihat di tab “Hasil Diagnostik”. Akan ada tiga bagian – Informasi, Pemeriksaan Sistem Dasar, dan Tinjauan Sumber Daya. Jika ada masalah parah yang dihadapi PC Anda, Anda juga akan melihat bagian “Peringatan”. Jika tidak, cari masalah RAM di bawah “Ikhtisar Sumber Daya.”

Periksa atau Ganti Catu Daya

Gunakan langkah ini jika Anda yakin debu atau kotoran dapat memengaruhi catu daya Anda.
Matikan komputer dan cabut sistem.Buka penutup samping casing PC atau penutup belakang laptop Anda dengan membuka atau membuka tutup. Akan ada kotak kecil di salah satu sudut yang menampilkan kipas dan stiker peringkat. Ini adalah catu daya. Putuskan sambungan kabel yang terhubung ke motherboard Anda. Lepaskan dan buka kunci catu daya setelah Anda melepaskan kabel. Cari jalur udara yang tersumbat atau debu di catu daya. Bersihkan dan kembalikan semuanya.
Periksa Overheating

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa komputer Anda restart secara acak setelah menjalankan program tertentu? Jika demikian, CPU Anda mungkin bekerja terlalu keras dan menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas, yang menyebabkan restart secara acak. Anda dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga seperti CPUID atau sensor bawaan PC Anda untuk menyelidiki masalah tersebut.

Anda dapat mengunduh HWMonitor PRO di sini. Cukup instal di komputer Anda dan jalankan. Anda akan melihat daftar proses dan nilainya dalam hal suhu. Periksa suhu setelah menjalankan program intensif tugas.

Anda juga dapat menggunakan sensor bawaan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Reboot PC atau laptop Anda. Tekan F2 saat logo Windows muncul. Untuk perangkat Dell, tekan F10. Anda akan ditransfer ke BIOS. Jika tidak, Anda akan melihat menu dengan opsi berbeda. Pilih BIOS menggunakan tombol panah Anda dan tekan “Enter” setelah Anda berada di sana. Gunakan tombol panah untuk memilih monitor H/W dan tekan “Enter.” Bergantian, pilih “Status” dan tekan “Enter.”
Sistem akan menampilkan pembacaan suhu dan tegangan untuk PC Anda. Pembacaan harus dalam batas. Jika tidak, itu berarti perangkat Anda mungkin mengalami masalah panas berlebih.

Untuk mengatasi masalah panas berlebih, bersihkan sistem Anda dan pastikan sistem pendingin (kipas) dalam keadaan baik. Anda mungkin harus mengganti pasta termal (zat seperti gel) atau membersihkan unit pendingin (benda kecil yang menarik dan mendistribusikan panas secara merata).

Komputer Memulai Ulang Secara Acak Saat Bermain Game

Jika komputer terus menyala ulang saat Anda bermain game, Anda mungkin ingin coba salah satu saran di bawah ini.

Cegah Overheating

Salah satu alasan paling umum PC restart selama bermain game adalah karena CPU terlalu sibuk. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu membersihkan komputer Anda. Bersihkan debu di PC dan pastikan kipas berfungsi dengan baik. Jika tidak ada perubahan setelah membersihkan kipas, dan CPU terus kepanasan, pertimbangkan untuk mengganti pendingin CPU.

Periksa Masalah GPU

Jika komputer Anda sebagian besar restart saat Anda bermain game, masalahnya mungkin ada di GPU Anda (unit pemrosesan grafis). Cabut GPU Anda dari perangkat dan gunakan grafik terintegrasi sistem. Jika komputer tidak restart lagi, itu berarti Anda harus memeriksa kartu grafis Anda.

Juga, selalu pastikan Anda memiliki sistem pendingin yang tepat dan lakukan pembaruan driver secara teratur.

Mendapatkan Kembali Kontrol Atas PC Anda

Hampir tidak ada yang lebih mengganggu bagi pengguna komputer selain acak restart. Masalahnya menjengkelkan tetapi juga mudah dipecahkan dalam banyak kasus. Artikel ini telah memberi Anda solusi untuk perangkat Windows atau Mac Anda agar tidak terjadi ulang lagi.

Metode mana yang paling cocok untuk Anda? Apakah Anda harus mengganti GPU Anda? Bagikan pemikiran dan pengalaman Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: