Cara Memperbaiki Layar Beku di Ponsel Android

Apa pun jenis ponsel Android yang Anda miliki atau seberapa baru ponsel itu, sistem operasi terkadang dapat membeku atau berhenti bekerja secara tiba-tiba. Apakah Android Anda telah membeku di layar kuncinya, atau tidak mau mati, gangguan ini bisa sangat membuat frustrasi. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai alasan mengapa Android Anda mungkin membeku dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Android Anda Menjadi Tidak Responsif

Ketika Android Anda “membeku”, artinya menjadi tidak responsif, dan mengetuk layar tidak ada hasil.

Mungkin ada banyak alasan mengapa Android Anda berhenti bekerja. Dalam kebanyakan kasus, Anda berurusan dengan prosesor yang lambat atau kurangnya penyimpanan. Lebih tepatnya, ketika kurang dari 10% penyimpanan Anda gratis, ponsel Anda mungkin akan mulai mogok. Di sisi lain, Anda mungkin telah menginstal aplikasi yang menggunakan terlalu banyak daya pemrosesan pada Android Anda dan menyebabkannya lag.

Masalah ini biasanya terjadi pada ponsel lama, karena akan melambat setelah beberapa saat. Aplikasi kompleks dan versi sistem operasi yang lebih canggih mungkin terlalu banyak untuk digunakan oleh perangkat Android lama Anda.

Memulai ulang perangkat Anda juga dapat membantu, tetapi ada beberapa solusi lain yang juga patut dicoba. Misalnya, mengosongkan beberapa ruang dan membersihkan cache telepon selalu merupakan pilihan yang baik, bahkan ketika perangkat Anda tidak tertinggal. Jika tidak ada solusi yang membantu, opsi terakhir Anda mungkin adalah memulihkan Android ke pengaturan aslinya.

Android Beku di Layar Terkunci

Dalam banyak kasus, Android Anda mungkin macet saat masih terkunci atau di layar pengaktifannya. Lebih merepotkan jika dibekukan di layar kuncinya karena mencegah Anda melakukan apa pun. Hal terbaik untuk dilakukan pada saat ini adalah mematikan perangkat. Untuk me-restart telepon Anda, yang harus Anda lakukan adalah:
Tekan dan tahan tombol daya sampai mati. Ini dapat memakan waktu dari 10 hingga 30 detik. Tunggu beberapa menit. Tekan dan tahan tombol daya hingga menyala kembali.
Jika ini tidak berhasil, Anda harus memulai ulang ponsel secara paksa. Caranya dengan menekan dan menahan tombol power dan volume down secara bersamaan. Ketika ponsel Anda dihidupkan lagi, itu akan berfungsi dengan baik.

Layar Beku dan Tidak Mau Mati

Restart paksa biasanya merupakan perbaikan cepat, tetapi bagaimana jika Android beku Anda tidak mau mati? Karena ada kemungkinan besar bahwa Android Anda berhenti bekerja karena aplikasi yang tidak responsif, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya:
Tekan tombol beranda beberapa kaliIni akan segera membawa Anda ke layar beranda ponsel Anda. Setelah itu, hapus semua aplikasi yang baru saja Anda lihat dan buka dengan mengetuk kotak kecil di sudut kiri bawah layar Anda. Anda biasanya dapat menghapus semuanya dengan mengetuk “x” di tengah layar. Hapus atau hentikan paksa aplikasi korup yang membuat ponsel Anda lag. Aplikasi yang menghabiskan banyak ruang penyimpanan biasanya menjadi penyebab utama di balik masalah ini. Beginilah cara Anda menghentikan aplikasi secara paksa: Buka Pengaturan ponsel Anda. Temukan “Aplikasi” di daftar. Ketuk tab “Menjalankan aplikasi”. Temukan aplikasi yang membuat ponsel Anda lag. Ketuk tombol “Paksa Berhenti” di halaman detail.
Jika Anda bertanya-tanya aplikasi mana yang memperlambat ponsel Anda, biasanya aplikasi yang menggunakan paling banyak memori. Untuk mengetahui aplikasi mana yang harus Anda paksa berhenti, buka tab “Penyimpanan” di pengaturan ponsel Anda dan lihat jumlah memori yang dibutuhkan setiap aplikasi. mungkin membuatnya bekerja lebih cepat. Begini caranya: Buka Google Chrome di ponsel Anda. Ketuk tiga titik di sudut kanan atas layar Anda. Pilih “Riwayat” dari daftar opsi. Pilih “Hapus data penjelajahan.” Centang “Gambar yang di-cache dan file”. Buka kotak “Hapus data.” Keluarkan baterai dari telepon secara manualIni mungkin tidak dapat dilakukan jika Anda memiliki model telepon yang lebih baru, jadi pertama-tama, pastikan baterai Anda dapat dilepas. Cukup lepas penutup dari bagian belakang ponsel Anda, keluarkan baterainya, tunggu beberapa saat, lalu masukkan kembali baterainya. Meskipun metode ini sudah ketinggalan zaman, terkadang berhasil. Ini pasti akan mematikan ponsel Anda karena tidak dapat bekerja tanpa baterai.
Android Frozen di Layar Startup

Jika Android Anda membeku di layar startup, mungkin dayanya tidak cukup. Jika itu masalahnya, colokkan dan tunggu hingga terisi daya. Setidaknya 10 menit harus dilakukan, tetapi semakin Anda menunggu, semakin baik.

Hal lain yang dapat Anda lakukan saat ini adalah memulai ulang paksa. Begini caranya:
Tahan tombol daya dan tombol volume turun secara bersamaan selama sekitar 20 detik.Tunggu beberapa menit.Nyalakan kembali dengan menahan tombol daya.
Ini tidak hanya akan membuat ponsel Anda bekerja secara normal, tetapi itu juga akan secara otomatis menghapus memori dan cache dari penyimpanan Android Anda. Jika Anda tidak ingin memulai ulang ponsel secara paksa, Anda juga dapat mengaktifkan “Mode Aman”. Saat Anda me-restart telepon Anda, prompt “Reboot to Safe Mode” akan muncul. Cukup pilih “OK.”

Metode ini bekerja untuk semua Android dengan 6.0 Marshmallow atau sistem operasi yang lebih baru. Saat Anda ingin menonaktifkan “Safe Mode”, reboot ponsel Anda lagi.

Android Frozen pada Pembaruan Firmware

Memperbarui sistem ponsel Anda membutuhkan waktu setidaknya 30 menit, dan penting untuk tidak menyentuh atau melepas kabel USB saat sedang diperbarui. Namun, apa yang harus Anda lakukan jika macet di awal atau di tengah pembaruan firmware?

Jika indikator pembaruan tidak bergerak dalam satu jam atau lebih, Anda tidak punya pilihan selain menghentikan pembaruan sistem. Cara paling efisien untuk melakukannya adalah dengan memulai ulang perangkat Anda. Jika tidak berhasil, Anda mungkin perlu memulai ulang secara paksa. Saat Anda menyalakannya kembali, coba perbarui sistem lagi.

Android Frozen dalam Mode Pemulihan

Mode pemulihan diaktifkan dengan menekan tombol yang berbeda, tergantung pada model ponsel. Misalnya, untuk ponsel Samsung, Anda perlu menahan dan menekan tombol daya, tombol beranda, dan tombol volume atas secara bersamaan. Di sisi lain, untuk ponsel Sony, Anda perlu menekan dan menahan tombol daya dan tombol volume atas secara bersamaan.

Jika Android Anda membeku dalam Mode Pemulihan, memulai ulang secara paksa adalah perbaikan cepat. Jika itu tidak berhasil, Anda mungkin perlu menghapus semua data dari ponsel Anda. Ini berarti Anda akan kehilangan semua pesan, kontak, dan file apa pun yang mungkin Anda miliki di ponsel Anda.

Untuk melakukannya, cukup pilih opsi hapus data/reset pabrik saat ponsel Anda masih dalam Mode Pemulihan. Ini akan mengatur ulang ponsel Anda kembali ke pengaturan aslinya.

Mengaktifkan dan Menjalankan Android Anda Lagi

Banyak faktor yang dapat memengaruhi kinerja Android yang buruk, mulai dari kurangnya ruang penyimpanan hingga aplikasi yang rusak. Cara terbaik untuk mencairkan Android Anda adalah dengan memulai ulang paksa. Setelah Anda menyalakannya kembali, pastikan untuk menghapus semua aplikasi, cache, atau apa pun yang tidak perlu yang mungkin mencegah Android Anda berfungsi secara normal.

Pernahkah Anda mencoba memperbaiki Android yang beku sebelumnya? Bagaimana Anda memperbaiki masalah ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: