Cara Memperbaiki MacBook Tidak Mendeteksi Tampilan Eksternal

Kebanyakan MacBook hadir dengan port layar eksternal yang praktis untuk membantu Anda menyambungkan monitor eksternal. Monitor eksternal dapat digunakan untuk memperluas desktop Anda, menciptakan lebih banyak ruang visual untuk lebih banyak aplikasi, atau meminimalkan gangguan saat berada di ruang publik.

Hanya ada satu masalah: MacBook tidak selalu mendeteksi saat layar eksternal tersambung. Jika Anda mencoba menghubungkannya, yang mungkin Anda dapatkan hanyalah layar kosong dan mati. Monitor bahkan mungkin menyala selama beberapa detik, hanya untuk berubah menjadi hitam beberapa saat kemudian. Ini bisa membuat frustrasi, terutama jika Anda memiliki sesuatu yang mendesak untuk dikerjakan.

Tapi jangan khawatir. Ada beberapa metode pemecahan masalah yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah.

Dalam artikel ini, kami akan membahas setiap kemungkinan perbaikan untuk membantu Anda kembali ke jalur semula.

Cara Memperbaiki Saat MacBook Tidak Mendeteksi Tampilan Eksternal

Sebagian besar pemilik MacBook menyukai ide monitor eksternal karena banyak manfaat yang diberikannya:
Ini dapat membantu Anda mengunci pengalaman bermain game yang lebih mendalam dengan memperbesar area bermain Anda.Jika Anda seorang artis atau editor video, Anda dapat menampilkan hasil Anda di satu monitor sambil menggunakan yang lain layar sebagai area kerja Anda. Fasilitas seperti multitugas dan mengubah ukuran layar dapat dilakukan lebih efisien pada monitor eksternal yang besar daripada di layar internal yang kecil. Jika Anda berencana untuk menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan, ruang layar yang lebih besar akan membantu Anda tetap teratur. Anda tidak akan membuat jendela Anda terbentur di semua tempat – sesuatu yang dapat menghemat waktu Anda yang berharga.
Tetapi untuk semua manfaatnya, monitor eksternal tidak selalu disinkronkan dengan sempurna dengan MacBook. Mac Anda bahkan mungkin mendeteksi monitor untuk sementara tetapi kemudian kehilangan koneksi setelah reboot.

Jika ini terjadi pada Anda, tidak perlu panik. Situasi ini dapat muncul karena beberapa alasan, dan dalam entri ini, kami akan membahas beberapa yang paling umum.

Kami juga akan memberikan kiat tentang cara memperbaiki masalah ini sehingga Anda dapat kembali bekerja tanpa penundaan.

Pemecahan Masalah Metode 1 – Periksa Sambungan Kabel Anda

Sebelum mencoba sesuatu yang rumit, pastikan kedua ujung kabel yang menghubungkan kedua perangkat dicolokkan dengan aman dan dicolokkan ke port yang kompatibel (seperti HDMI atau Mini DisplayPort). Jika koneksi tampak baik-baik saja, tetapi MacBook Anda masih tidak dapat mendeteksi tampilan eksternal, Anda dapat mencoba mengganti port koneksi.

Metode Pemecahan Masalah 2 – Restart Komputer Anda

Jika komputer Anda masih tidak dapat mendeteksi monitor eksternal, bahkan setelah mengonfirmasi bahwa semua kabel terhubung dengan benar dan aman, Anda harus mencoba memulai ulang Mac Anda. Reboot adalah salah satu metode pemecahan masalah tertua yang dapat menyelesaikan berbagai masalah konektivitas, termasuk masalah deteksi monitor eksternal.

Saat memulai ulang komputer, Anda tidak boleh mencabut monitor eksternal. Cukup klik logo Apple Anda dan pilih “Restart.”

Jika memulai ulang tidak berhasil, Anda dapat mencoba menidurkan MacBook. Untuk melakukannya, klik logo Apple dan pilih “Tidur.” Kemudian tunggu satu atau dua menit sebelum membangunkan MacBook.

Anda juga dapat mengaktifkan mode tidur hanya dengan menutup MacBook.

Metode Pemecahan Masalah 3 – Periksa Preferensi Tampilan Anda

Jika Anda mengalami masalah saat menyambungkan monitor eksternal ke MacBook, salah satu kemungkinannya adalah pengaturan tampilan Anda tidak dikonfigurasi dengan benar. Untuk lebih spesifiknya, monitor eksternal mungkin tidak berfungsi jika pengaturan kecerahan dan resolusi Mac Anda tidak benar.

Untungnya, mudah untuk mengubah preferensi tampilan Anda. Begini caranya:
Klik logo Apple Anda dan pilih “System Preferences.” Klik “Display.” Klik “Kumpulkan display” di sudut kanan bawah layar Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat pengaturan tampilan untuk semua monitor yang terhubung ke sistem Anda. Coba sesuaikan opsi kecerahan dan warna monitor eksternal Anda. Untuk membatalkan perubahan apa pun, cukup klik tombol “Escape”. Untuk menyesuaikan ukuran gambar di monitor Anda, klik menu penggeser Overscan atau Underscan.
Selain dari pengaturan tampilan pada sistem Anda, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk memeriksa monitor eksternal Anda. preferensi tampilan. Beberapa model memerlukan pengaturan tampilan khusus agar berfungsi.

Metode Pemecahan Masalah 4 – Hubungkan Monitor Uji

Terkadang masalahnya mungkin disebabkan oleh monitor yang rusak. Jika monitor eksternal yang Anda coba sambungkan rusak, maka penyesuaian pengaturan tidak akan menyelesaikan masalah. Anda harus mendapatkan monitor baru.

Untuk mengetahui apakah monitor Anda rusak, putuskan sambungannya lalu sambungkan layar eksternal kedua. Jika monitor kedua berfungsi dengan baik, itu berarti monitor pertama rusak atau tidak kompatibel dengan MacBook Anda.

Metode Pemecahan Masalah 5 – Perbarui Sistem Operasi Anda

Memperbarui perangkat lunak dan firmware komputer Anda dapat menjadi cara yang bagus untuk menyelesaikan banyak masalah tampilan yang muncul di MacBook .

Berikut cara melakukan pembaruan perangkat lunak:
Hubungkan komputer Anda ke internet.Klik logo “Apple” di sudut kiri atas layar Anda.Pilih “Pembaruan Perangkat Lunak” dari menu yang dihasilkan.Ikuti petunjuk di layar untuk mengunduh dan instal perangkat lunak dan peningkatan firmware yang tersedia.
Ubah MacBook Anda Menjadi Pekerja Keras

Dengan monitor eksternal, Anda dapat mengubah MacBook yang sudah produktif menjadi pekerja keras. Selain menciptakan ruang untuk lebih banyak aplikasi, Anda dapat menghindari kekacauan atau bahkan mengunci pengalaman bermain game yang lebih mendalam.

Dikatakan, masalah koneksi layar eksternal relatif umum terjadi. Jika MacBook Anda tidak mendeteksi tampilan eksternal, kami telah menguraikan beberapa metode pemecahan masalah. Salah satu dari mereka dapat menyelesaikan masalah dan mengatur Anda dengan baik dengan lingkungan komputasi yang lebih produktif.

Apakah Anda mengalami masalah saat menyambungkan layar eksternal ke MacBook Anda? Bagaimana Anda bisa mengelilingi mereka? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: