Cara Memperbaiki ‘Pip’ Tidak Diakui sebagai Perintah Internal atau Eksternal

Pip Installs Packages (“pip”) adalah sistem organisasi paket untuk menginstal dan mengoperasikan paket perangkat lunak Python. Ini biasanya digunakan untuk paket Indeks Paket Python.

Saat menginstal paket Python, banyak pengguna melaporkan menerima pesan “‘pip'” tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal dan tidak yakin bagaimana memecahkan masalah. Jika Anda melihat kesalahan ini, baca terus untuk tips tentang cara memperbaikinya.

‘Pip’ Tidak Diakui sebagai Program yang Dapat Dioperasikan Perintah Internal atau Eksternal atau File Batch

Mari kita lihat dua alasan paling umum untuk kesalahan ini:

Instal Pip Tidak Ada dalam Variabel Sistem

Untuk perintah Python untuk dijalankan dari Prompt Perintah Windows, jalur pemasangan pip Anda perlu ditambahkan ke variabel sistem PATH Anda. Itu harus ditambahkan secara otomatis jika Anda menginstal Python melalui file instalasi.

Instalasi Telah Ditambahkan ke PATH Anda Salah

Jika Anda telah menambahkan jalur secara manual, masalahnya mungkin salah ketik. Satu titik koma yang hilang sebelum jalur baru atau ruang ekstra di suatu tempat akan menghasilkan kesalahan.

‘Pip’ Tidak Diakui sebagai Perintah Internal atau Eksternal Windows 10

Coba perbaikan berikut untuk menyelesaikan masalah di Windows 10:

Fix 1: Pastikan Pip Telah Ditambahkan ke Variabel PATH Anda

Jika Anda yakin telah ditambahkan, lanjutkan ke Perbaiki 3.

Berikut cara cepat untuk memeriksa:
Buka kotak dialog “Jalankan” dengan menekan tombol Windows + R. Ketik “cmd” dan tekan “Enter .“Untuk daftar semua lokasi yang ditambahkan ke variabel PATH Anda, ketik “echo %PATH%“ ke dalam command prompt, lalu tekan “Enter.“Jika Anda menemukan jalur seperti “C:Python39Scripts” (tergantung pada versi Python Anda), jalur telah ditambahkan ke variabel PATH.
Jika pip belum ditambahkan, coba perbaikan berikutnya.

Fix 2: Tambahkan Pip ke Variabel Lingkungan PATH

Berikut cara menambahkan pip secara manual ke lingkungan PATH menggunakan GUI Windows dan prompt perintah. Setelah jalur ditambahkan, buka jendela perintah baru dan coba instal paket pip untuk melihat apakah masalah telah terpecahkan.

Tambahkan pip ke PATH menggunakan GUI Windows:
Buka kotak dialog “Jalankan” dengan menekan tombol Windows + R . Ketik “sysdm.cpl” dan tekan “Enter” untuk mengakses “System Properties.” Pilih tab “Advanced”, lalu “Variabel Lingkungan.” Buka “Variabel sistem” dan pilih “Path.” Klik “Edit” button.Klik “Baru” untuk menambahkan jalur instalasi pip. Lokasi default adalah: “C:users“your-username“AppDataProgramsPythonPython39“ untuk Python 3.9.
Tambahkan pip ke PATH menggunakan CMD:
Luncurkan kotak dialog “Run“ dengan menekan tombol Windows + R.Untuk jendela prompt perintah baru, ketik “cmd” dan kemudian tekan “Enter.” Ketik perintah “setx PATH”%PATH%; C:Python39Scripts“ dan tekan enter untuk menjalankannya.
Catatan: Jika Anda menginstal Python di lokasi yang berbeda, ubah jalur setelah “;“ sesuai.

Fix 3: Buka Paket Python Tanpa Menambahkan Variabel Pip

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuka Python menginstal paket di CMD tanpa menambahkan variabel pip:
Tekan tombol Windows + R untuk membuka “Run.” Ketik “cmd” dan tekan “Enter” untuk membuka command prompt. Masukkan perintah “python -m pip install (nama paket )“ dan jalankan.
Fix 4: Pastikan Pip Termasuk dalam Instalasi

Beberapa penginstal Python mengecualikan pip dari instalasi default. Anda dapat memperbaikinya dengan mengubah instalasi Python untuk memasukkan pip, dan berikut caranya:
Tekan tombol Windows + R untuk membuka “Run.” Ketik “appwiz.cpl” dan “Enter.” Dalam “Program dan Fitur,” klik kanan “Python” dan klik “Ubah.” Pilih “Ubah.” Dalam “Fitur Opsional,” centang kotak “pip” dan tekan “Berikutnya.” Untuk menerapkan perubahan, klik “Instal.” Ketika instalasi selesai, buka Jendela CMD untuk memverifikasi apakah Anda dapat menginstal paket Python tanpa menerima kesalahan.
Jika Anda masih melihat kesalahan, buka bagian terakhir artikel ini untuk langkah-langkah tentang cara menghapus dan menginstal ulang Python 3.9.

‘Pip’ Is Not Diakui sebagai Perintah Internal atau Eksternal Visual Studio Code

Jika Anda melihat pesan kesalahan ini saat bekerja dengan Kode Visual, biasanya itu berarti ada masalah dengan instalasi Python, atau PATH belum disetel dengan benar. Coba tips berikut untuk memperbaiki masalah:

Fix 1: Pastikan ‘Pip’ Ditambahkan ke Variabel PATH Anda

Jika Anda yakin pip telah ditambahkan, lanjutkan ke Fix 3.

Untuk memeriksa apakah pip telah ditambahkan ke variabel PATH Anda:
Tekan tombol Windows + R untuk membuka “Run.” Ketik “cmd” dan kemudian tekan “Enter” untuk command prompt. Untuk daftar lokasi yang ditambahkan ke variabel PATH Anda, ketik “echo %PATH%” dan tekan “Enter .“Melihat jalur seperti “C:Python39Scripts“ berarti jalur telah ditambahkan ke variabel PATH.
Jika pip belum ditambahkan, coba salah satu dari dua metode berikut untuk menambahkannya:

Fix 2: Tambahkan Pip ke Variabel Lingkungan PATH

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menambahkan pip secara manual ke lingkungan jalur menggunakan GUI Windows atau CMD. Setelah jalur ditambahkan, buka jendela CMD baru dan coba instal paket pip untuk melihat apakah masalah telah terpecahkan.

Tambahkan pip ke PATH menggunakan GUI Windows:
Buka kotak dialog “Jalankan” dengan menekan tombol Windows + R. Ketik “sysdm.cpl” dan tekan “Enter” untuk mengakses “System Properties.” Pilih tab “Advanced”, lalu “Variabel Lingkungan.” Buka “Variabel sistem” dan pilih “Path.” Klik tombol “Edit” .Klik “Baru” untuk menambahkan jalur instalasi pip. Lokasi default adalah: “C:users”nama-pengguna”AppDataProgramsPythonPython39” untuk Python 3.9.
Tambahkan pip ke PATH menggunakan CMD:
Luncurkan kotak dialog “Jalankan” dengan menekan tombol Windows + R.Untuk jendela prompt perintah baru, ketik “cmd” dan kemudian tekan “Enter.” Ketik perintah “setx PATH”%PATH%; C:Python39Scripts” dan tekan enter untuk menjalankannya.
Fix 3: Buka Paket Python Tanpa Menambahkan Variabel Pip

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuka paket instalasi Python di CMD tanpa menambahkan variabel pip:
Buka kotak dialog “Jalankan”. Ketik “cmd” dan tekan “Enter” untuk membuka command prompt. Masukkan perintah “python -m pip install (nama paket)” dan jalankan.
Fix 4: Pastikan Pip Termasuk dalam Instalasi . Anda dapat memperbaikinya dengan mengubah instalasi Python untuk memasukkan pip, dan begini caranya:
Tekan tombol Windows + R untuk membuka “Run.” Ketik “appwiz.cpl” dan “Enter.” Di “Program dan Fitur,” klik kanan “Python” dan klik “Ubah.” Pilih “Ubah.” Di “Fitur Opsional,” centang kotak “pip” dan tekan “Berikutnya.” Untuk menerapkan perubahan, klik “Instal.” Ketika instalasi selesai, buka a Jendela CMD untuk memverifikasi apakah Anda dapat menginstal paket Python tanpa menerima kesalahan.
Jika Anda masih melihat kesalahan, buka bagian terakhir artikel ini untuk langkah-langkah tentang cara menghapus dan menginstal ulang Python 3.9.

‘Pip’ Is Not Diakui sebagai Perintah Internal atau Eksternal Python 3.9

Kesalahan ini biasanya berarti ada masalah dengan instalasi Python, atau variabel sistem PATH tidak diatur dengan benar. Coba instal ulang Python dan semua komponennya untuk memperbaiki masalah. Cara termudah adalah melalui penginstal Python yang dapat dieksekusi. Berikut cara melakukannya:
Buka kotak dialog “Jalankan”. Jalankan “appwiz.cpl” untuk membuka “Program dan Fitur.” Gulir ke bawah ke daftar program untuk menemukan instalasi Python. Klik kanan dan pilih “Hapus, Kemudian ikuti petunjuknya. Setelah Python dihapus, restart komputer Anda. Unduh penginstal Python terbaru untuk OS Anda. Luncurkan file instalasi dan pastikan bahwa kotak centang “Tambahkan Python ke PATH” dicentang. Pilih “Sesuaikan instalasi.” Dari “Fitur Opsional,” pastikan opsi “pip” dicentang, lalu klik “Berikutnya.” Lokasi default dapat dibiarkan apa adanya. Klik Install “Pesan kesalahan sering terjadi. Penyebabnya biasanya karena jalur pemasangan pip yang tidak tersedia atau salah ditambahkan ke jalur variabel sistem.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Anda dapat menambahkannya secara manual melalui GUI Windows atau CMD, mengubah instalasi Python untuk menyertakan pip, atau menghapus dan menginstal ulang Python untuk memastikan opsi “pip” dicentang.

Apakah Anda dapat mengenali pip? Apa yang Anda lakukan untuk memperbaiki masalah? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...