Cara Memperbaiki Start Menu Windows 10 Jika Beku

Haruskah saya meningkatkan ke Windows 10? 5 Fitur Windows 10 terbaik Cara mengunduh Windows 10 Cara membakar Windows 10 ISO ke disk Tips dan trik Windows 10 yang perlu Anda ketahui Cara memperbaiki Pembaruan Windows jika macet di Windows 10 Cara memperbaiki menu Start di Windows 10 Cara memperbaiki semua masalah Windows 10 Anda yang lain Cara menonaktifkan Cortana di Windows 10 Cara mendefrag di Windows 10 Cara mendapatkan bantuan di Windows 10 Cara memulai Windows 10 dalam Safe Mode Cara mencadangkan Windows 10 Cara menghentikan Windows 10 dari mengunduh
Ketika Windows 10 berfungsi, ini adalah sistem operasi yang hebat. Ketika tidak, itu menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan banyak frustrasi. Di antara tumpukan keanehan Microsoft adalah bakatnya untuk memuntahkan bug penggaruk otak. Tentu saja, masalah teknologi ini diharapkan ketika Anda membuang tim Jaminan Kualitas Anda dan mengandalkan umpan balik pengguna sebagai gantinya. Terlepas dari itu, salah satu bug ini adalah pembekuan menu Start.

Kabar baiknya adalah ada beberapa solusi untuk Start Menu yang membeku di Windows 10. Beberapa di antaranya mudah; yang lain lebih rumit. Anda dapat mencoba empat perbaikan teratas di bawah ini, dari sekadar mematikan program hingga mengotak-atik Alat Pembuatan Media Windows Microsoft. Berikut adalah detailnya.

Memperbaiki Masalah Start Menu yang Beku

Mengingat banyak gejala yang dapat menyebabkan menu mulai yang beku terjadi di Windows 10, berikut adalah ikhtisar solusi yang mungkin cocok untuk Anda.
1. Periksa File Rusak yang Menyebabkan Menu Mulai Windows 10 Beku Anda

Banyak masalah dengan Windows disebabkan oleh file yang rusak, dan masalah menu Mulai tidak terkecuali. Untuk memperbaikinya, luncurkan Task Manager baik dengan mengklik kanan pada taskbar dan memilih Task Manager atau menekan ‘Ctrl+Alt+Delete.’
Type “PowerShell” ke dalam “Cortana/Search bar,” klik satu kali pada “Windows PowerShell” dari daftar jika diperlukan, lalu klik kanan dan pilih “Run as administrator” atau pilih di panel kanan. Sekarang, ketik “sfc / scannow” tanpa tanda kutip dan tekan “Enter.” Catat jarak antara “sfc” dan “/ scannow.” Jika Anda melihat “Windows Resource Protection menemukan file yang rusak tetapi tidak dapat memperbaiki beberapa (atau semua) dari mereka”, ketik “DISM / Online / Cleanup-Image /RestoreHealth,” tanpa tanda kutip. Anda harus terhubung secara online, karena Windows akan mengunduh versi bersih dari file yang rusak dan menggantinya. Jika Anda melihat “Perlindungan Sumber Daya Windows menemukan file yang rusak dan berhasil memperbaikinya,” Anda sudah siap.
Jika solusi di atas tidak memperbaiki masalah pembekuan menu Mulai Windows 10 Anda, lanjutkan ke opsi berikutnya.
2. Membunuh Proses Windows Explorer

Membunuh Windows Explorer adalah perbaikan cepat dan mudah yang mungkin berguna untuk berbagai situasi, seperti saat Anda memiliki jendela yang tidak responsif atau masalah sporadis di desktop Windows. Proses ini tidak dijamin berhasil tetapi telah menyelamatkan banyak pengguna Windows dari menginstal ulang sistem operasi mereka. Berikut cara mematikan proses Windows Explorer.
Klik kanan ikon “Start Menu” dan pilih “Task Manager” dari menu, atau tahan “Ctrl+Shift+Escape.” Sekarang, gulir melalui tab “Processes” sampai Anda temukan “Windows Explorer.” Jika Windows Explorer sudah terbuka, Anda akan melihat entri lain dengan opsi dropdown, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Abaikan entri itu dan pilih yang tanpa dropdown. Selanjutnya, klik kanan pada tugas “Windows Explorer” yang ditentukan di atas dan pilih “Restart” dari menu.
Jika memulai ulang Windows Explorer tidak menyelesaikan masalah Start Menu yang membeku, lanjutkan ke Solusi #3.
3. Bangun Kembali Indeks untuk Memperbaiki Menu Mulai Windows 10 Beku Anda

Indexing adalah proses memeriksa file, email, dan jenis konten lainnya di dalam OS Windows 10 Anda. Metode ini juga melibatkan pembuatan katalog data penting, seperti kata, lokasi file, metadata, dll. Jika Anda melakukan pencarian kata kunci di Windows Explorer, Anda menggunakan proses pengindeksan yang meninjau semua data yang disimpan agar sesuai dengan kriteria pencarian Anda. Indeks data membantu mempercepat proses pencarian secara signifikan. Berikut cara membangun kembali Windows 10 index.
Tahan “Windows Key + R” untuk membuka jendela “Run”. Atau, klik kanan “Start Menu” dan pilih “Run.” Sekarang, ketik “kontrol / nama Microsoft.IndexingOptions” tanpa tanda kutip, dan klik “OK.” Selanjutnya, klik “Ubah” di kiri bawah Jendela “Opsi Pengindeksan”. Dari sini, klik tombol “Tampilkan semua lokasi”. Kemudian, hapus centang semua lokasi yang saat ini dicentang dan pilih “OK.” Sekarang, klik “Advanced,” lalu klik “Rebuild” di bagian Troubleshooting. Sebuah pesan muncul yang menyatakan bahwa ini mungkin memakan waktu. Klik “OK” untuk melanjutkan. Setelah pembangunan kembali selesai, tahan tombol “Windows Key + R” untuk membuka jendela “Run” lagi, lalu ketik “shutdown /r” tanpa tanda kutip, dan klik “OK” untuk memulai ulang machine.
Jika membangun kembali indeks Windows 10 belum memperbaiki penguncian Start Menu Windows 10 Anda yang enggan, saatnya untuk membuat beberapa media.
4. Gunakan Media Creation Tool untuk Memperbaiki Windows 10 Start Menu

Ada beberapa perbaikan untuk masalah menu Start Windows 10, tetapi Media Creation Tool adalah satu-satunya metode yang dilaporkan secara luas untuk memecahkan masalah Start Menu yang membeku. Jadi, jika Anda telah membuat kesalahan dengan memulai beberapa perbaikan bertele-tele dari forum internet acak dan tidak berhasil, cobalah proses ini.

Kabar baiknya adalah saat menggunakan Media Creation Tool sedikit memanjang, ini adalah metode yang paling mungkin untuk memperbaiki masalah Anda. Alat ini tidak akan menghapus file Anda yang ada saat digunakan dengan benar, meskipun ada baiknya mencadangkan sesuatu yang penting.

Kabar buruknya adalah prosedur ini melibatkan pengunduhan Alat Pembuatan Media Microsoft Windows dan membuat media instalasi Windows 10 pada perangkat penyimpanan DVD atau USB . Jika terjadi kesalahan, Anda harus melakukan instalasi bersih Windows 10 dan memulihkan data Anda dari cadangan.

Cara Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool.
Buka situs Media Creation Tool Microsoft dan unduh Media Creation Tool, yang muncul di bagian bawah halaman.Buat disk instalasi sistem menggunakan Windows Media Creation Tool.Klik dua kali pada “setup .exe” dari media yang Anda buat untuk meluncurkan proses penginstalan.
Catatan: Saat Anda membuka menu untuk penginstalan di atas, pastikan Anda mengeklik “Simpan file dan aplikasi.” Langkah ini menjamin bahwa proses penginstalan memperbarui atau mengganti file yang diperlukan dan mempertahankan data dan aplikasi Anda. Namun, umumnya tidak akan menyimpan program yang terinstal.
Lakukan Instalasi Baru

Ketika tidak ada prosedur di atas yang menghentikan Start Menu Windows 10 dari pembekuan atau penguncian, cadangkan semua data Anda dan mulai penginstalan Windows 10 baru, tetapi pastikan Anda siapkan kunci produk Windows 10 Anda! Jika Anda memiliki USB thumb drive atau SSD eksternal yang cepat, menginstal Windows dari sana adalah pilihan terbaik Anda—Anda akan selesai dalam waktu sekitar setengah jam.

Satu Solusi Sekaligus

Banyak yang bisa salah dengan OS, terutama yang seproduktif Windows 10. Lagi pula, ada lebih dari 50 juta baris kode yang berjalan di belakang layar perangkat Anda.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: