Cara Memperbarui OS di Ponsel atau Tablet Android atau Samsung

Sebagai pemilik perangkat Android, Anda mungkin tahu bahwa sistem operasi (OS) Android membutuhkan pembaruan sesering mungkin. Pembaruan ini meningkatkan keamanan, memperbaiki bug, dan menambahkan lebih banyak fitur ke perangkat Anda.

Jika Anda ingin memperbarui perangkat Android tetapi tidak yakin bagaimana melakukannya, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami memberi Anda petunjuk langkah demi langkah tentang cara memperbarui perangkat Android Anda secara manual atau mengaturnya untuk memperbarui secara otomatis setiap kali OS baru tersedia. Dan, jika Anda memiliki ponsel lama, kami dapat membantu Anda memperbarui perangkat lunak itu juga.

Cara Memperbarui OS Android Secara Manual

Dalam kebanyakan kasus, perangkat Android Anda akan memberikan pemberitahuan pembaruan secara otomatis. Anda dapat memilih untuk segera menginstal pembaruan atau mengaturnya untuk lain waktu. Namun mungkin ada kalanya Anda ingin melakukan pembaruan secara manual. Berikut adalah cara melakukannya:
Buka ponsel Android Anda dan pastikan Anda terhubung ke Wi-Fi. Terkadang pembaruan berukuran besar dan dapat menghabiskan banyak data Anda, jadi disarankan menggunakan Wi-Fi. Arahkan ke ikon “Pengaturan” Anda, biasanya digambarkan dengan roda gigi, dan klik di atasnya. Di menu “Pengaturan”, gulir ke bawah untuk menemukan opsi “Tentang Telepon” dan ketuk di atasnya. Temukan “Pembaruan Sistem” dan pilih. Kemudian pilih “Periksa Pembaruan,” diikuti oleh “Perbarui untuk Mengunduh dan Menginstal Versi Android Terbaru.”
Ponsel Anda sekarang akan diperbarui.

Cara Memperbarui OS Android Secara Manual di Ponsel Samsung
Buka perangkat Anda dan navigasikan ke “Pengaturan.” Gulir ke bawah menu “Pengaturan” untuk menemukan “Pembaruan Perangkat Lunak.” Klik di atasnya. Pilih “Unduh dan Instal.” Ponsel Anda akan memeriksa untuk melihat apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ada, pilih pembaruan untuk mulai berjalan. Tapi, jika tidak ada pembaruan, ia akan memberi tahu Anda, “Perangkat lunak Anda sudah diperbarui.”
Cara Memperbarui OS Android di Tablet

Memperbarui tablet Android Anda cukup sederhana; ini adalah bagaimana Anda melakukannya untuk Android Pie (9.0), Android 10, dan 11:
Pastikan perangkat Anda terhubung ke Wi-Fi untuk menghindari menggunakan banyak data Anda. Arahkan ke ikon “Pengaturan” dengan menarik ke bawah bilah notifikasi atau mencari di layar “Beranda” Anda. Ikon ini menampilkan gambar roda gigi atau roda gigi. Saat Anda menemukannya, ketuk ikonnya. Di menu “Pengaturan”, gulir ke bawah hingga Anda melihat “Pembaruan Perangkat Lunak” dan klik di atasnya. Pilih “Unduh dan Instal.” Tablet Anda kemudian akan memeriksa untuk melihat apakah pembaruan tersedia; jika tidak, ini akan memberi tahu Anda bahwa sistem Anda mutakhir. Jika ada pembaruan yang tersedia, Anda dapat mengkliknya untuk mulai menjalankan perangkat lunak.
Untuk memperbarui Android Nougat (7.0) dan Oreo 8.0, gunakan metode ini:
Buka tablet Anda dan sambungkan ke Wi-Fi. Kemudian, navigasikan ke “Pengaturan.” Dari menu “Pengaturan”, pilih “Pembaruan Perangkat Lunak.” Pilih “Unduh Pembaruan Secara Manual.” Anda kemudian dapat menjalankan pembaruan setelah diunduh.
Cara Memperbarui OS Android di Ponsel Lama

Android tidak akan memperbarui ponsel yang lebih lama dari dua atau tiga tahun dalam upaya membuat pengguna membeli ponsel baru. Jadi, jika Anda telah memiliki ponsel selama empat tahun dan tidak mengizinkan Anda memperbarui OS Android meskipun Anda tahu ada versi yang lebih baru, ini mungkin alasannya.

Tapi, ada cara untuk menyiasatinya, dan itu mengharuskan Anda untuk menjalankan ROM kustom. Metode ini canggih. Kami menyarankan untuk mencadangkan sistem Anda sebelum mencoba mengikuti metode ini.
Mulailah dengan me-rooting perangkat Anda. Anda dapat menemukan berbagai jenis perangkat lunak rooting yang tersedia untuk diunduh. Kami sarankan mencoba Kingo Root. Perangkat lunak ini akan memandu Anda pada langkah-langkah yang diperlukan untuk perangkat Android khusus Anda. Anda juga perlu menginstal alat pemulihan khusus di ponsel Anda. TWRP adalah alat yang hebat untuk digunakan dan akan memberi Anda langkah-langkah yang tepat untuk diikuti untuk perangkat spesifik Anda. Selanjutnya, unduh versi terbaru Lineage OS untuk ponsel Anda dan instal. Anda juga perlu menginstal Gapps, aplikasi Google untuk ponsel yang menyertakan Maps, Play Store, dan Search. Untuk menemukan versi Open Gapps yang benar untuk perangkat Anda, Anda harus terlebih dahulu menentukan arsitektur apa yang digunakan perangkat Anda dan versi Android baru, lalu memilih varian. Untuk mengetahui arsitektur perangkat, unduh aplikasi seperti aplikasi CPU-Z. Setelah diinstal, buka tab “SOC” dan lihat “Nilai Arsitektur.” Ini akan memberi tahu Anda arsitektur perangkat. Jika Anda tidak yakin, lakukan pencarian Google untuk mengetahui arsitektur apa yang digunakan ponsel Anda. Versi Android yang Anda gunakan bergantung pada versi Lineage OS yang Anda unduh. Pilih varian Open Gapps Anda. Ada beberapa opsi untuk dipilih, dan masing-masing menawarkan layanan yang berbeda. Jangan terlalu khawatir tentang mana yang Anda pilih, karena Anda selalu dapat menginstal aplikasi yang hilang nanti.Unduh versi Open Gapps yang telah Anda pilih.
Sekarang Anda perlu mem-flash perangkat Anda.
Boot perangkat Anda ke mode pemulihan dengan menekan tombol Tombol “Daya” dan “Kecilkan Volume” secara bersamaan. Ini akan memulai TWRP.TWRP akan menanyakan apakah Anda ingin “Keep System Read Only.” Anda tidak ingin menerima opsi ini, jadi pilih “Izinkan modifikasi.” Kemudian pilih “Wipe” dan kemudian “Advanced Wipe.” Pilih “Dalvik / ART Cache,” diikuti oleh “System,” “Data,” dan kemudian “Cache,” lalu ketuk untuk menghapus. Arahkan kembali ke menu utama dan tekan “Install.” Pilih file Lineage OS yang Anda unduh sebelumnya dari folder “Unduhan” Anda. Kemudian ketuk untuk mengkonfirmasi flash. Setelah flashing selesai, tombol “Wipe cache/Dalvik” akan muncul; ketuk dan geser untuk menghapus. Sekali lagi, navigasikan kembali ke menu utama dan pilih “Instal.” Pilih file “Buka Gapps” dari folder unduhan Anda. Ketuk dan geser untuk mengonfirmasi flash. Klik “Reboot System,” dan ketika “Install TWRP App?” muncul, pilih “Jangan Instal.” Ponsel Anda sekarang akan boot ke OS Android versi terbaru.
Cara Memperbarui OS Android Secara Otomatis

Android biasanya mendorong pembaruan ke perangkat Anda secara otomatis. Namun, terkadang Anda mungkin tidak menerima pembaruan ini karena pengaturan perlu diaktifkan. Langkah-langkah ini menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkan pembaruan otomatis:
Buka perangkat Android Anda dan arahkan ke “Pengaturan.” Gulir ke bawah menu “Pengaturan” hingga Anda menemukan “Pembaruan Perangkat Lunak.” Di sini, Anda akan melihat opsi untuk “Unduh otomatis melalui Wi- Fi.” Geser sakelar ke kanan untuk mengaktifkan opsi ini; sakelar kemudian akan berubah menjadi hijau. Tutup menu. Perangkat Android Anda sekarang akan diperbarui secara otomatis, asalkan Anda berada dalam jangkauan Wi-Fi.
Tanya Jawab Tambahan
Mengapa Saya Tidak Dapat Memperbarui Versi Android Saya?

Ada beberapa alasan mengapa perangkat Android Anda tidak dapat diperbarui. Ini bisa berupa apa saja dari daya baterai yang tidak mencukupi, ruang penyimpanan yang tidak cukup pada perangkat Anda, atau sesuatu yang kurang mudah diperbaiki seperti perangkat Anda terlalu tua.

Pertama, coba isi daya ponsel Anda dan kosongkan ruang penyimpanan dengan menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan atau mentransfer foto dan video ke PC Anda. Jika ini tidak berhasil, lakukan pencarian Google untuk melihat versi OS Android apa yang kompatibel dengan perangkat spesifik Anda. Jika perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi terbaru, ikuti langkah-langkah di atas untuk memperbarui ponsel lama dengan OS Android yang lebih baru.

OS Android Diperbarui!

Memperbarui OS di perangkat Android Anda dapat menjadi tantangan. Tetapi, jika Anda mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda akan menemukan prosesnya relatif mudah. Segera Anda akan memiliki OS terbaru di perangkat Android Anda, dan Anda akan tahu bagaimana melakukan pembaruan untuk versi mendatang juga.

Apakah Anda sudah memperbarui OS Android di perangkat Anda? Apakah Anda menggunakan metode yang mirip dengan yang ditunjukkan dalam artikel ini? Jika sudah, beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: