Cara Mempercepat Unduhan Steam

Steam masih menjadi salah satu platform game paling populer di PC, dengan jutaan pengguna aktif. Aplikasi ini menawarkan sejumlah besar game yang dapat dibeli dengan harga terjangkau dan dimainkan secara instan. Yah, tidak benar-benar instan. Pertama, Anda perlu mengunduh gim Anda, yang terkadang sulit. Game modern menjadi lebih besar setiap tahun karena semua peningkatan grafis dan penyesuaian. Judul AAA dapat memakan ruang hingga 100 GB, yang sangat besar dibandingkan dengan ukuran game dari 5 tahun yang lalu.

Pengunduhan memakan waktu lebih lama dari biasanya, terutama karena ukuran file yang lebih besar, tetapi kecepatan unduh Anda juga memainkan peran yang signifikan. peran. Gamer lain akan meminta Anda untuk mendapatkan koneksi yang lebih baik atau keluar dari Wi-Fi McDonald’s, tetapi terkadang game diunduh selamanya bahkan jika Anda memiliki internet serat optik ultracepat. Masalah ini biasanya bukan karena koneksi bandwidth Anda melainkan karena masalah dalam aplikasi atau bahkan komputer Anda.

Baca terus untuk mengetahui cara mempercepat unduhan uap Anda.

5 Cara Terbaik untuk Mengunduh Game Steam Lebih Cepat

Jangan putus asa jika Anda Kecepatan unduhan Steam tetap sama setelah mencoba salah satu metode ini. Telusuri semuanya dan Anda pasti akan melihat beberapa peningkatan.
1. Hentikan Proses yang Tidak Perlu

Semua orang harus tahu yang satu ini, tetapi perlu disebutkan.
Buka Task Manager dengan menekan Ctrl + Alt + Delete dan memilihnya atau dengan menekan Ctrl + Shift + Esc. Sekarang, tutup semua browser dan program lain, yang dapat memengaruhi kecepatan unduhan Anda. Lihat tab Jaringan untuk melihat apakah ada sesuatu yang mengganggu bandwidth Anda, jika ya, cukup klik Akhiri tugas setelah memilih program yang membuat Anda bermasalah dan itu harus segera ditutup.2. Berikan Prioritas pada Unduhan Steam

Anda juga dapat menggunakan Pengelola Tugas untuk memastikan kecepatan unduhan maksimum di Steam.
Pastikan Steam berjalan lalu buka Task Manager. Temukan Klien Steam pada daftar proses, klik kanan, dan klik Buka detail. Sekarang, di jendela Detail, Anda perlu mengklik kanan proses SteamService.exe dan mengatur prioritasnya ke Tinggi. Metode ini mungkin tidak memberikan keajaiban untuk kecepatan unduh Steam Anda, tetapi setidaknya ini akan memprioritaskannya di atas program lain yang sedang berjalan. Catatan: Windows 10 tidak menyimpan pengaturan setelah dimatikan. Anda harus mengganti tingkat prioritas setelah setiap bootup.
3. Periksa Wilayah Unduhan dan Batas Bandwidth Anda

Tahukah Anda bahwa Steam menggunakan lokasi Anda untuk mengunduh? Kecepatan unduhan Anda akan dipengaruhi oleh wilayah tempat Anda berada, tetapi Steam terkadang dapat mendeteksi wilayah yang salah. Untuk hasil yang optimal, Anda harus selalu memilih wilayah Anda atau yang terdekat dengan Anda.

Anda dapat memilih wilayah Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka Steam dan klik menu Steam di sudut kiri atas dan pilih Pengaturan. Sekarang, klik Unduhan bagian.Dari sini, Anda akan melihat menu tarik-turun Unduh Wilayah tempat Anda dapat memilih wilayah terdekat dengan Anda. Selain itu, pastikan bahwa opsi Batasi bandwidth ke disetel ke Tidak ada batas.
Perhatikan bahwa terkadang wilayah yang paling dekat dengan Anda bukanlah yang paling pilihan yang cocok. Skenario ini disebabkan oleh lalu lintas yang tinggi di wilayah tersebut, jadi memilih lokasi yang berbeda terkadang dapat meningkatkan kecepatan unduhan Anda, meskipun jaraknya lebih jauh.
4. Nonaktifkan Antivirus dan Firewall Anda

Terkadang firewall atau program antivirus Anda mengganggu kecepatan unduhan Anda. Coba nonaktifkan masing-masing untuk melihat apakah ada perubahan. Lihat manual atau situs web penyedia antivirus Anda untuk melihat cara menonaktifkannya.
Buka menu Start, ketik “firewall”, lalu pilih Windows Defender Firewall. Kemudian, pilih Hidupkan atau matikan Windows Defender Firewall. Terakhir, Anda perlu mengonfirmasi ini dengan memilih kotak centang Matikan Windows Defender Firewall dan kemudian tekan OK.5. Optimalkan Koneksi Internet Anda

Tidak semua orang mampu mendapatkan kecepatan koneksi internet terbaik, tetapi setidaknya Anda dapat mengoptimalkannya secara maksimal. Pertama-tama, coba gunakan koneksi Ethernet saat mengunduh apa pun, termasuk game di Steam. Wi-Fi tidak selalu memberikan kecepatan pengunduhan yang optimal.

Pastikan driver LAN Anda mutakhir untuk mendapatkan manfaat penuh dari jenis koneksi ini. Banyak program dapat dengan mudah memperbarui semua driver Anda, tetapi kebanyakan dari mereka mahal. SlimDrivers hadir dalam versi gratis dan premium, yang cocok untuk mengunduh semua driver terbaru.

Meningkatkan Kecepatan Unduhan di Steam

Sebagai penutup, kecepatan internet yang lambat adalah salah satu hal yang paling membuat frustrasi dalam masyarakat modern. Mudah-mudahan, ini akan membantu Anda mengunduh game lebih cepat, tepat pada waktunya untuk penjualan Steam besar berikutnya.

Apakah ada saran yang membantu? Apakah Anda tahu trik lainnya? Jangan ragu untuk membagikannya dengan komunitas di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: